Sales Associate Adalah : Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Pertanyaan Interview untuk Posisi Sales dan Jawabannya

Sales associate adalah salah satu posisi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang retail. Nah, tahukah Anda apa saja tugas dari posisi seorang sales associate? Berikut kami akan membahasnya secara lengkap berikut ini.

Sales associate masih berada di entry level, jadi untuk Anda yang fresh graduate bisa menjajaki permulaan karir ini jika tertarik di dunia sales / penjualan. Umumnya, tugas seorang sales associate adalah sebagai penghubung antara perusahaan dan konsumen. Untuk informasi lebih lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab pekerjaan seorang sales associate. Berikut ini sudah kami paparkan untuk Anda tugas dari sales associate.

Tugas dari Sales Associate

Product Knowledge

Tugas sales associate adalah membantu para customer dalam menemukan layanan atau produk yang mereka butuhkan. Itulah mengapa, posisi ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan retail. Karena dalam tugasnya sales associate membantu customer untuk mendapatkan produk yang dibutuhkannya.

Selanjutnya tugas dari sales associate adalah menjadi pemberi saran kepada customer untuk meningkatkan customer retention. Hal ini penting dilakukan, karena sudah sewajarnya tugas sales adalah untuk meyakinkan pelanggan agar setia berbelanja di toko mereka.

Selain yang dijelaskan di atas, berikut ini rincian tugas sales associate yang dilansir dari Career Builder, diantaranya :

  • Menyambut pelanggan yang datang ke toko
  • Berkomunikasi dengan pelanggan untuk mencari tahu keperluan produk yang dibutuhkan.
  • Merekomendasikan produk kepada pelanggan
  • Menjelaskan manfaat dan kegunaan produk kepada pelanggan
  • Menjawab segala pertanyaan dari pelanggan
  • Menjelaskan keunggulan masing-masing produk agar memotivasi customer untuk membelinya.
  • Menginformasikan kepada pelanggan jika terdapat promosi  pada produk yang ada.
  • Mendorong pembeli untuk membeli produk tambahan lainnya.
  • Menjelaskan diskon hingga syarat dan ketentuan pembelian hingga pengembalian barang
  • Membantu proses pembayaran pelanggan.
  • Membangun loyalitas pelanggan dengan menawarkan program keanggotaan.
  • Membuat catatan penjualan dan inventaris.
  • Membantu mengatur display toko dan mengatur stok.

Itulah beberapa tugas sales associate, jika kita lihat memang cukup banyak. Oleh karenanya seorang sales associate sangat berperan penting dalam kemajuan penjualan produk perusahaan.

Anda harus memahami bahwa sales associate adalah orang pertama yang akan berhadapan langsung kepada customer yang datang ke toko. Oleh karena itu, posisi ini membutuhkan skill komunikasi yang tidak boleh disepelekan.

Persyaratan untuk Menjadi Sales Associate

sales representative

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa tugas sales associate adalah membantu pelanggan dalam mencari kebutuhan produknya. Hal itu membuat profesi sebagai sales associate ini harus memiliki latar belakang yang relevan dan bisa menjalankan tugas di bidang penjualan dengan baik.

Nah, berikut ini akan kami bahas persyaratan untuk menjadi sales associate. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pendidikan

Pendidikan minimal seorang sales associate adalah berijazah  Sekolah Menengah Atas (SMA) atau pendidikan diploma. Namun, untuk perusahaan yang menjual produk kelas atas, terdapat persyaratan minimal gelar sarjana di bidang marketing atau bisnis.

2. Training

Karena berhubungan langsung dengan customer dan dengan produk perusahaan. Sebelum bekerja, biasanya terdapat perusahaan yang memberikan traing terlebih dahulu kepada kandidat sales associate. Hal ini dilakukan agar kandidat memahami lebih jauh tentang produk yang dijual perusahaan. Selain itu, dalam training juga dijelaskan mengenai standar ketika berhadapan dan berinteraksi dengan pelanggan dan kebijakan-kebijakan perusahaan. Untuk lama pelatihannya, semua tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, biasanya dilakukan beberapa bulan yang akan dimentori langsung oleh sales associate senior untuk mengetahui proses kerjanya secara langsung.

Skill yang Dibutuhkan

Sales associate adalah

Setelah mengetahui apa saja tugas dan persyaratan menjadi sales associate, apakah Anda tertarik untuk berkarir di bidang penjualan ini ? Jika ya, ketahui terlebih dahulu skill apa yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan sebagai sales associate, berikut ini :

1. Komunikasi

Tugas utama seorang sales associate adalah meningkatkan penjualan produk dan akan berhadapan langsung dengan pelanggan dalam menawarkan produk. Jadi, tentu saja skill utama yang dibutuhkan ialah komunikasi. Dalam tugasnya sehari-hari, komunikasi sangat penting dalam menarik pelanggan untuk membeli produk. Pemilihan kata-kata saat berbicara juga nada bicara perlu diperhatikan saat berkomunikasi dengan pelanggan.

Tanpa memiliki komunikasi yang baik, tentu akan kesulitan jika harus berhadapan dengan pelanggan, menjelaskan keunggulan produk kepada mereka. Dalam hal ini Anda harus memiliki skill berbicara yang persuasif agar mampu menarik minat pelanggan untuk membeli produk.

2. Customer Service

surat permohonan
Two women partners handshaking after signing business contract at meeting, female client or customer and manager agent broker closing good deal, female hands shaking making agreement, close up view

Selain komunikasi, skill selanjutnya yang harus dikuasai jika Anda tertarik di bidang sales ini adalah customer service. Berinteraksi langsung dengan pelanggan tentu bukanlah hal yang mudah. Diperlukan skill customer service yang memumpuni agar komunikasi dengan pelanggan menjadi lancar. Dengan memiliki kemampuan customer service, akan memudahkan Anda saat menjawab pertanyaan dan keluhan dari pelanggan.

Selain itu, kemampuan ini juga dibutuhkan oleh sales associate untuk menunjukkan sikap hormat kepada pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik dan professional. Walaupun terdapat banyak pelanggan yang cerewet dan menguras emosi, tetap Anda harus tenang dan professional saat menghadapi tipe pelanggan yang seperti ini.

3. Interpersonal Skill

Selanjutnya Interpersonal skill yang sangat diperlukan oleh setiap jenis pekerjaan, termasuk bagi sales associate. Contoh dari interpersonal skill adalah mampu menunjukkan empati kepada customer/ pelanggan. Karena memiliki sifat empati sangat penting. Jadi, kita memposisikan diri seolah kita adalah pelanggan, sehingga bisa lebih mudah mengetahui apa saja kebutuhannya. Selain itu, Anda juga perlu memiliki kemampuan interpersonal yang bagus tentunya akan lebih mudah untuk membaca komunikasi verbal dan nonverbal yang ditunjukkan oleh pelanggan.

4. Penjualan

Sudah pasti kemampuan dalam berjualan memang pasti diperlukan oleh seorang sales associate dalam mengerjakan tugasnya. Seseorang yang memiliki kemampuan dalam melakukan penjualan pasti sangat di idamkan oleh banyak perusahaan. Selain bisa berkomunikasi dan meyakinkan pelanggan, sales memang perlu gigih. Tanpa sifat yang aktif dan gigih, seorang sales associate pasti akan kesulitan untuk membuat customer melakukan pembelian.

Demikianlah informasi soal sales associate adalah, mulai dari tugas, skill yang dibutuhkan, persyaratan, hingga informasi jika Anda ingin berkarir di bidang ini. Sales associate adalah menjadi pemandu pelanggan dan memahami kebutuhan pelanggan saat memasuki toko. Hal itulah mengapa posisi sebagai sales associate ini berperan besar dalam proses penjualan produk di sebuah toko dari perusahaan retail.

Sales associate adalah

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”!

Tersedia melalui berbagai macam opsi harga, JojoPayroll menyediakan benefit khusus yang dibutuhkan bisnis Anda: waktu implementasi yang lebih cepat, kemampuan rapid innovation, dan kelincahan bisnis yang luar biasa. Manfaatkan aplikasi terbaik yang dikembangkan melalui kemitraan dengan ribuan perusahaan terkemuka di setiap industri, di seluruh Indonesia