Sales Funnel, Tahapan Serta Kelebihan Yang Diberikan

sales funnel

Sales funnel merupakan suatu cara yang bisa dengan mudah digunakan untuk memvisualisasikan perjalanan pelanggan. Istilah sales funnel ini sering pula disebut dengan customer journey yaitu suatu hal yang melalui proses penjualan Anda. Proses perjalanan pelanggan ini umumnya terjadi karena adanya kesadaran yang dimiliki oleh para pelanggan tersebut bahwa mereka sedang membutuhkan produk yang Anda tawarkan dan Anda jual. Pada akhirnya karena timbulnya kesadaran tersebut maka pelanggan memutuskan untuk membeli produk Anda.

Jadi dasar dari proses ini adalah adanya perjalanan yang dimulai dari langkah Anda dalam mengundang branded traffic atau pengunjung dan kemudian Anda bisa mendapatkan kontak pengunjung. Kemudian bagaimana Anda mengubah kontak tersebut hingga menjadi prospek bisnis. Pada akhirnya Anda sampai di tahap meyakinkan pengunjung untuk melakukan transaksi pembelian produk Anda. Jadi dalam hal ini terdapat unsur mengukur dan mengelola serta memprediksi dan memperbaiki proses penjualan Anda sebagai pemilik dan pelaku bisnis. Diharapkan melalui berbagai tahap ini maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak transaksi pembelian oleh para customer.

Tahapan Pada Sales Funnel

Ada beberapa tahapan dari salles funnel yang perlu dipahami, dimulai dari tahapan berikut ini.

Awareness

Awareness memiliki arti yang sama dengan kesadaran. Dalam hal ini lebih ditekankan pada adanya kesadaran dari konsumen mengenai kebutuhannya terhadap suatu produk. Kebutuhan itu mendorongnya untuk melakukan pembelian produk yang dibutuhkan. Bisa jadi juga bahwa konsumen langsung melakukan pembelian begitu mengetahui kebutuhannya akan produk yang Anda jual atau apa yang Anda tawarkan sebab konsumen tahu bahwa produk Anda tersebut sedang dibutuhkannya.

Interest

Interest atau ketertarikan disini dimaksudkan sebagai adanya rasa tertarik pada konsumen terhadap produk Anda. Rasa tertarik ini kemudian membuat konsumen mencari banyak informasi mengenai produk Anda sehingga mengerti benar tentang keunggulan produk Anda. Pada tahap ini Anda bisa mengenalkan kelebihan produk namun hal ini jangan dilakukan secara agresif. Sebab bisa saja pengenalan produk yang agresif ini memberikan kesan buruk bagi konsumen.

Decision

Desicion atau keputusan merupakan sebuah tahap saat konsumen akan membuat keputusan mengenai produk Anda. Apakah ia akan membeli produk Anda atau terus meninggalkannya. Untuk itulah Anda bisa memberikan penawaran yang terbaik bagi konsumen. Misalnya dengan memberikan harga promo sehingga konsumen bisa lebih tertarik pada produk Anda. Sebab pada tahap ini rupanya konsumen mulai memberikan beberapa pertimbangan mengenai produk Anda.

Action

Action yang bisa pula diartikan sebagai aksi atau tindakan menjadi tahap akhir dalam hal ini. Jika memang konsumen telah melalui beberapa tahap di atas dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk milik Anda maka hal ini berarti bahwa tujuan Anda tercapai. Selanjutnya Anda perlu melakukan peningkatan kualitas produk agar tetap layak untuk dibeli.

Manfaat Yang Diberikan

Beberapa manfaat dari sistem sales funnel ini adalah:

Mengetahui perjalanan customer

Melalui customer journey maka Anda bsia mengetahui perjalanan customer. Perjalanan ini dimulai dari adanya kesadaran pada diri customer mengenai produk yang Anda tawarkan hingga melakukan aksi berupa pembelian produk. Dengan mengetahui perjalan customer ini maka Anda bisa melakukan berbagai pengamatan dan tindakan untuk selalu mendukung customer dalam setiap tahap.

Meninjau kinerja tim

Kinerja tim pada sebuah perusahaan atau pada bisnis Anda juga perlu untuk ditinjau. Bertambahnya jumlah pembelian produk berarti menunjukkan kinerja tim yang maksimal. Kinerja tim yang meningkat akan diikuti pula dengan peningkatan hasil berupa pembelian produk oleh beberapa customer. Oleh karena itu dengan adanya rekaman perjalanan customer maka Anda bisa melakukan pengamatan lebih lanjut apakah tim Anda telah mengalami peningkatan kinerja atau tidak.

Mengevaluasi strategi

Tidak hanya kinerja tim saja yang bisa diamati dan dinilai melalui sistem customer journey. Tetapi strategi yang Anda gunakan dalam hal ini juga turut menjadi bahan evaluasi bagi Anda pemilik bisnis. Berbagai strategi yang digunakan mulai dari tahap awareness sampai dengan action bisa menjadi evaluasi bagi Anda apakah cara yang diterapkan sudah bisa dibilang efektif. Selanjutnya apakah strategi Anda telah memberikan hasil terbaik ataukah perlu ditingkatkan lagi.

Memprediksi pendapatan

Dengan adanya perjalanan customer maka Anda bisa melakukan prediksi terhadap pendapatan yang akan diterima. Prediksi mengenai pendapatan sebagai hasil penjualan produk ini tentunya memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan prediksi pendapatan tanpa sistem sales funnel. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa melakukan perencanaan selanjutnya untuk semakin meningkatkan pendapatan.

Kelebihan Sales Funnel

Tidak hanya manfaat, tapi ada beberapa kelebihan dari sales funnel, misalnya yaitu kelebihan berikut ini.

Jelas dan konsisten

Perjalanan customer mulai dari tahap kesadaran hingga aksi berupa pembelian produk akan tergambar secara jelas melalui sistem sales funnel. jadi dalam sistem ini seluruh tahapan bisa tergambarkan secara jelas. Sistem ini juga lebih bersifat konsisten dalam mendukung setiap customer di setiap tahapan.

Informatif dan komunikatif

Anda bisa mengetahui kinerja tim dan efektivitas strategi yang digunakan pada bisnis Anda melalui sistem customer journey. Oleh karena itu penggunaan cara ini dapat mengkomunikasikan segala informasi kepada Anda mengenai berbagai hal yang terjadi di seluruh departemen pada perusahaan Anda. Kinerja seluruh divisi bisa ditinjau ulang untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi sehingga bsinis Anda bisa semakin meningkat.

Perkiraan pendapatan lebih akurat

Customer journey memang memiliki salah satu kelebihan yaitu kemampuannya untuk bisa membantu Anda dalam melakukan prediksi pendapatan. Tentunya prediksi ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan sistem lainnya dalam pengembangan bisnis Anda.

Sales funnel yang cenderung memberikan gambaran mengenai perjalanan pelanggan secara visual melalui beberapa tahap tentunya bisa memberikan keuntungan pada bisnis Anda. Informasi mengenai perjalanan customer ini bsia menjadi suatu bahan evaluasi bagi Anda untuk melakukan peningkatan bisnis. Baik peningkatan di bidang pemasaran dan penjualan hingga bidang SDM. Kinerja tim di berbagai departemen bisa turut digambarkan melalui adanya gambaran mengenai perjalanan customer tersebut. Oleh karena itu sales funnel ini bisa disebut pula sebagai suatu sistem terbaik yang akan membantu bisnis Anda untuk bisa berkembang secara maksimal dengan adanya peningkatan produktivitas dan efektivitas di dalamnya.

Hal ini tidak kalah pentingnya dengan memastikan sistem absensi perusahaan yang efektif dan efisien. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes. Dimana absensi karyawan dapat dipantau secara otomatis kapan saja dan dimana saja. Hal ini berkat adanya fitur yang terselip di dalam produk tersebut. Mulai dari fitur Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS location via Geotagging, Check In & Check Out Monitoring, dan sebagainya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih, segera dapatkan coba gratis dan percayakan sistem absensi perusahaan Anda pada JojoTimes.