Sales Representative : Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

sales representative

Istilah Sales Representative adalah istilah yang umum digunakan dalam bisnis dan pemasaran. Sales Representative merupakan profesional di perusahaan yang tugasnya menjual produk atau layanan ke pedagang, organisasi, atau pemerintah.

Biasanya, Sales Representative menjual produk non-teknis, yang berarti baik pembeli maupun penjual tidak perlu memiliki pengetahuan khusus tentang produk dalam transaksi pembelian dan penjualan. Tidak seperti mitra penjualan, Sales Representative biasanya bekerja langsung dengan pabrik atau penyedia barang dan jasa. Mereka menjual produk ke semua pihak, dan peserta ini kemudian menjual produk atau layanan kembali ke konsumen.

Di semua area bisnis, pekerjaan Sales Representative sangat penting dan tidak boleh dianggap enteng. Bagi yang pernah bekerja di posisi ini pasti akan paham bahwa sales representative adalah pemimpin dari perusahaan yang menjual produk dan membuka peluang pasar baru.

Untuk orang yang tidak tahu, Sales Representative ini berasal dari bahasa Inggris. Sales berasal dari kata “sale” yang artinya penjualan dan penjualan itu sendiri adalah bentuk tunggal penjual, sedangkan bentuk jamak adalah sales. Istilah “Representative” berarti sesuatu untuk diwakili atau dideskripsikan.

Oleh karena itu, ketika seorang sales representative digabung maka dapat diartikan sebagai orang yang harus menjual produk perusahaan (baik barang maupun jasa) sekaligus mewakili perusahaan itu sendiri. Sales Representative memiliki tugas yang sangat penting.

Pengertian Sales Representative

sales representative

Sales Representative adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk dan membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan dan pemimpin perusahaan serta Tanggung jawabnya yang sangat penting dan tidak boleh dianggap enteng.

“Sales representative” berasal dari bahasa Inggris, dari kata “sale” yang artinya “penjualan”, dan kata “representative” artinya sesuatu yang mewakili atau menjelaskan. Oleh karena itu, jika perwakilan penjualan dikelompokkan bersama, mereka didefinisikan sebagai orang yang bertanggung jawab untuk menjual produk (barang atau jasa) dan mewakili perusahaan itu sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

sales representative

Kewajiban mungkin tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Namun, secara umum, berikut tugas dan tanggung jawab Sales Representative perusahaan:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jual barang atau jasa

Tugas utama adalah menjual barang atau jasa yang tersedia. Ini termasuk menemukan calon pelanggan atau pembeli, mempromosikan produk kepada pelanggan, dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Ada tugas lain, seperti bekerja sama dengan dukungan pelanggan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan mencapai target penjualan secara teratur.

Menjaga kebutuhan administratif konsumen

Perwakilan penjualan juga bertanggung jawab menyediakan dokumen dan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan atau konsumen untuk memfasilitasi transaksi jual beli. Dokumen ini dapat mencakup perkiraan anggaran, perjanjian pembayaran, perjanjian kontrak dan laporan data. Mereka juga bertanggung jawab untuk membantu dan membantu pelanggan dengan pertanyaan purna jual.

Ikuti terus perubahan dan tren pasar

Perwakilan penjualan harus mengikuti tren terbaru dan perubahan pasar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membaca semua jenis publikasi, menghadiri seminar, mengamati fluktuasi pasar dan mengamati aktivitas pesaing.

Membuka peluang pasar baru bagi perusahaan

Tugas utama sales representative adalah memastikan produk-produk yang dimiliki perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Cara pengenalan produk juga tergantung dari profesi penjual itu sendiri. Ada yang memperkenalkan produk melalui media sosial, ada yang menggunakan metode canvassing, dan ada yang menggunakan metode door-to-door. Ada banyak cara untuk memberikan pengetahuan produk kepada konsumen.

Menjaga hubungan baik dengan konsumen

Tugas perwakilan penjualan selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen. Menjadi pelanggan baru atau pelanggan baru. Bahkan calon konsumen yang tidak berbelanja pun harus menjaga hubungan baik dengan mereka, karena perlu Anda ketahui bahwa setiap orang berpotensi untuk membeli suatu produk atau jasa, bergantung pada kemampuan masing-masing.

Membantu pengiriman dan pengembalian produk yang dikembalikan oleh konsumen

Perlu Anda ketahui bahwa situasi ini pasti ada. Salah satu kendala dalam melayani sebagai perwakilan penjualan adalah jika produk mengalami kesalahan dalam hal kualitas dan kuantitas, maka perwakilan penjualan tersebut harus mengembalikan produk tersebut. Perlu adanya tindak lanjut dengan konsumen untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Menjaga reputasi perusahaan

Pekerjaan terakhir dari perwakilan penjualan adalah menjaga reputasi perusahaan. Hal ini perlu diterapkan pada semua aspek kehidupan, seperti dalam kehidupan sehari-hari, menjaga reputasi yang baik sangatlah penting.

Kemampuan yang harus dimiliki Sales Representative

sales representative

Apa yang dibutuhkan perwakilan penjualan? Jika Anda tertarik dengan pekerjaan ini, Anda harus memiliki keterampilan berikut:

Keterampilan Layanan Pelanggan (Costumer Service)

Keterampilan pertama adalah layanan pelanggan. Sales representative harus mampu berkomunikasi secara ramah dengan konsumen agar konsumen merasa nyaman.

Keterampilan mendengarkan

Tidak hanya memiliki kemampuan untuk menghubungi dan berkomunikasi dengan ramah konsumen. Sebaliknya, perwakilan penjualan juga membutuhkan keterampilan untuk mendengarkan kebutuhan konsumen.

Keterampilan komunikasi

Agen penjualan harus mampu menjelaskan fitur dan keunggulan produk atau layanan yang mereka jual. Selain itu, sebagai seorang seller, Anda harus pandai menjawab pertanyaan yang akan diajukan konsumen. Pentingnya memiliki keterampilan komunikasi terletak pada kemampuan untuk memberikan penjelasan yang komprehensif dan meyakinkan kepada konsumen.

Fleksibel

Agen penjualan mungkin harus bekerja di luar jam kerja orang lain. Mereka perlu menyesuaikan waktu pelanggan, beberapa di antaranya mungkin berada di luar zona waktu perwakilan penjualan, seperti sepulang kerja. Mereka bahkan harus bekerja pada malam akhir pekan. Oleh karena itu, diperlukan fleksibilitas di sini.

Gigih

Sebenarnya, transaksi jual beli tidak selalu berjalan mulus. Akan ada banyak calon pembeli yang bertindak di luar ekspektasi. Mungkin, beberapa transaksi baru akan berhasil dalam pertemuan ke-3 atau ke-4. Di sinilah ketekunan dipertahankan. Mereka tidak boleh mudah menyerah dan dapat menghadapi tantangan yang mereka hadapi saat berhadapan dengan pelanggan dan konsumen.

Berpikir kritis

Melanjutkan dari poin sebelumnya, Sales Rep membutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk menemukan solusi dari semua masalah saat ini. Mereka harus mampu mempertimbangkan semua kemungkinan dan membuat keputusan bijak dalam memecahkan masalah.

sales representative

Langkah Mudah Menemukan Sales Representative yang Tepat Bagi Perusahaan

Jika anda sedang mencari seorang sales representative, atau sedang menimbang untuk memilikinya, maka ulasan di bawah ini merupakan Langkah yang tepat bagi anda. Sebuah perusahaan mungkin sedang berkembang atau memang berniat untuk mengembangkannya sehinga membutuhkan banyak talent baru untuk bergabung ke dalam tim yang ada.

Anda mungkin sedang benar – benar membutuhkan seorang sales representative atau bahkan beberapa sales representative namun tidak tahu bagaimana cara ‘memilih’ dengan benar. Pun, anda tidak terlatih untuk menyiapkan wawancara yang baik dalam mengetahui bagaimana kepribadian kandidat itu sendiri yang sebenarnya.

Untuk membantu dalam meningkatkan keberhasilan suatu perekrutan, dan memudahkan pengambilan keputusan, berikut adalah beberapa tahapan – tahapan yang bisa anda ikuti untuk mencari bakat yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan.

Mengidentifikasi Kebutuhan Perusahaan Secara Spesifik Dalam Memilih Sales Representative yang Baru

Ketika membutuuhkan seorang pegawai atau kryawan yang baru, menyebar ‘pamflet’ lowongan kerja beserta seluruh deskripsi pekerjaannya bukan merupakan hal yang pertama harus dilakukan. Hal pertama yang haryus anda lakukan sebelum Menyusun deskripsi pekerjaan adalah meninjau kebutuhan bisnis serta kesenjangan ‘pengalaman’ yang ada di perusahaan atau organisasi tersebut.

Buatlah kebutuhan yang jujur dengan tingkat pengalaman atau keahlian yang spesifik. Selain itu, hal lain yang perlu anda Analisa adalah tentang berapa gaji yang akan anda berikan. Apakah total gaji tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki perusahaan atau tidak.

Mungkin anda tidak hanya membutuhkan satu atau dua orang sales representative saja, namun perusahaan mungkin ingin memiliki sebuah tim khusus yang menangani masalah penjualan dengan alasannya masing – masing. Antara memang membutuhkan sjeumlah orang tersebut karna perusahaan kekurangan sumber daya manusia atau memang karna perusahaan belum memiliki pegawai khusus yang ahli dalam menjadi sales.

Pastikan anda mengetahui dengan benar alas an yang ada dibalik pembukaan lowongan kerja tersebut. Temukan alas an yang paling mendesak dengan dana yang juga harus diperhitungkan. Jika anda sudah memiliki staff sales representative sebelumnya namun tidak ‘berjalan’ dengan semestinya, harap dipastikan untuk menemukan alasan dibalik kegagalan tersebut. Dengan begitu  anda dapat menghindari hal yang serupa untuk terjadi lagi. Sesuaikan deskripsi pekerjaan dengan tipe kandidat ideal yang anda inginkan.

sales representative

Tulis Deskripsi Pekerjaan Secara Ringkas dan Spesifik

Salah satu kesalahan fatal yang biasa dilakukan Ketika membuat poster lowongan pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan yang terlalu ‘lebay’. Sebuah perusahaan bahkan bisa membuat deskripsi pekerjaan yang lebih dari 3 lembar penuh polio.

Pastikan lowongan pekerjaan yanganda buat merupakan jenis lowongan yang jelas dan ringkas. Pastikan untuk menekankan ‘fitur’ utama pada skill atau pengalaman yang benar – benar anda butuhkan. Jangan sampai dengan banyaknya deskripsi pekerjaan yang ada, hal ini justru membuat kandidat bingung denga napa yang benar – benar anda inginkan.

Aturan praktisnya : usahakan ‘poster’ tersebut hanya cukup menghabiskan satu halaman kertas saja dan ttidak lebih.

Tekankan pada ‘harapan’ yang anda inginkan untuk dimiliki oleh seorang kandidat. Jujur terhadap bagaimana situasi kerja yang akan mereka hadapi serta lingkungan kerja yang ada. Jangan terlalu mengagung – agungkan perusahaan karna hal tersebut justru bisa menjadi kekecewaan suatu hari nanti. Tidak perlu menarik banyak kandidat, anda mungkin hanya perlu mendapatkan kandidat yang benar – benar anda butuhkan.

Bahasa yang digunakan sebaiknya bersifat jelas dan tidak bertele – tele. Cantumkan dalam diri anda bahwa ‘poster’ tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan – pesan seperti “Anda akan bergabung dalam tim sales yang tepat” namun jangan sampai terlalu berlebihan seperti “Anda akan tergabung ke dalam sebuah tim yang berisikan 6 orang anggota, yang nantinya akan menggunakan alat X untuk memperkirakan hasil perjualan dan bla bla bla”.

Perusahaan harus bisa memberikan gambaran yang singkat namun pas mengenai lingkungan kerja serta apa saja kebutuhan yang diinginkan.

Pertimbangkan baik – baik mengenai tingkat skill atau pengalaman apa yang benar – benar anda atau perusahaan butuhkan. Ini akan berpengaruh sangat besar bagi penyeleksian kandidat yang tidak sesuai.

sales representative

Menjangkau Kandidat yang Sesuai Skill yang Anda Butuhkan

Sales representative bisa jadi sulit untuk ‘diukur’. Anda mungkin perlu menggunakan semua pengetahuan yang ada demi melacak mana kandidat ideal yang benar – benar perusahaan inginkan. Anda juga bisa menggunakan beberapa portal atau media dalam menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan untuk menjangkau kandidat yang lebih banyak lagi.

Kebanyakan pelamar memang ‘mereka’ yang sedang benar – benar membutuhkan karyawan. Namun, di sisi lain, ada juga jenis pelamar yang tidak terlalu ‘tertarik’ untuk melamar karna berbagai hal. Akan sangat membantu apabila anda bisa membuat jenis lowongan pekerjaan yang menarik bahkan bagi mereka yang sebelumnya tidak ingin melamar.

Mungkin kandidat yang bersifat passive tersebut tidak akan mencari lowongan – lowongan dari internet, namun dengan tingkat persuais yang tepat, anda mungkin bisa membuat mereka tertarik bergabung dengan perusahaan yang anda miliki.

Di sisi lain, para kandidat yang bergerak aktif mencari pekerjaan biasanya akan menggunakan akun – akun seperti Indeed. Untuk menggapai para kandidat passive akan lebih cocok apabila menggunakan LinkedIn dan email Ketika mereka dirasa sesuai dengan karakter yang anda butuhkan.

sales representative

Mereview Kandidat Secara Strategis

Akan sangat disarankan untuk memiliki pikiran terbuka terhadap background serta tingkat pengalaman yang dimiliki oleh kandidat. Namun, anda juga harus tegas terhadap apa saja detal yang tidak bisa dikompromikan.

Contoh sederhananya ialah, dengan kandidat yang memiliki pengalaman bekerja 5 tahun bi bagian sales representative sebuah perusahaan manufaktur, mungkin tidak akan cocok Ketika diharuskan menjadi seorang sales representative sebuah perusahaan property. Pun, memilih seorang kandidat yang masih fresh ke dalam posisi yang tinggi akan menyukitkan diri anda sendiri dan karyawan baru itu sendiri.

Mengambil Langkah ini sama saja dengan membuang uang dan bisa dipastikan akan gagal meski calon karyawan tersebut menjanjikan banyak hal besar. Anda pasyti ingin memiliki seorang kandidat yang memiliki track record jelas – konsisten juga memiliki nilai yang luar biasa di perusahaan sebelumnya. Perlu digaris bawahi bahwa pekerjaan sales tidak semudah yang anda bayangkan. Cobalah untuk mengerti ‘cerita’ perjalanan kandidat yang melamar dan apa saja yang sudah mereka lakukan.

Hati – hati dengan seorang kandidat yang terlalu membangga – banggakan pekerjaan sales yang pernah dia lakukan tanpa memiliki bukti yang nyata. Lebih dari itu, akan lebih baik untuk fokus kepada pencapaian – pencapaian apa saja yang telah mereka miliki dalam pekerjaan sebelumnya. Beberapa kandidat mungkin memasukkan sejumlah penghargaan atau sertifikat kedalam resume atau CV yang mereka kirim. Dan hal ini merupakan salah satu tanda yang bisa anda gunakan dalam mengukur kemampuan serta prospek dari kandidat itu sendiri.

Kesimpulan

tugas

Beberapa perusahaan biasanya memilih untuk mempekerjakan orang yang sudah memiliki gelar sarjana. Sebagian besar perwakilan penjualan telah mempelajari pemasaran dan bisnis selama kuliah, jadi mereka terkait dengan pekerjaan.

Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dalam berkomunikasi dengan pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukannya. Anda juga dapat mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan bisnis dan pemasaran untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman Anda.

JojoTimes hadir sebagai aplikasi layanan HRD terbaik saat ini di Indonesia. Dengan pengenalan wajah dan fungsi GPS yang tepat, Anda dapat memahami pekerjaan karyawan anda di mana pun mereka berada. Baik di kantor, menghadiri rapat atau bekerja dari jarak jauh. Jangan khawatir, ini untuk bukti menghindari dan pencegahan penipuan.

Dapatkan data komprehensif dari semua karyawan yang disimpan dengan aman di perangkat lunak JojoTimes berbasis cloud. Anda dapat dengan mudah mengimpor dan mengekspor sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kapan saja.

Daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati uji coba gratis JojoTimes sekarang juga!