Mau Jadi Sales Representative? Kenali Tugas dan Tanggung Jawabnya

sales representative

Sales representative menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Pasalnya, bisa dibilang profesi ini menjadi salah satu ujung tombak perusahaan. Di mana mereka yang menjabat posisi ini dituntut untuk melakukan prospek secara langsung pada klien atau konsumen serta harus mampu meningkatkan angka penjualan produk dalam perusahaan.

Tak seperti sales associate yang langsung menawarkan produknya pada konsumen. Mereka yang memegang jabatan sales representative lebih menyasar konsumen atau klien-klien besar yang berasal dari perusahaan atau industri lain, organisasi hingga lembaga pemerintahan. Karenanya, mereka yang diberikan tanggung jawab sebagai sales representative ini diwajibkan menguasai skill komunikasi dan negosiasi yang mumpuni serta attitude yang baik.

Karena bagaimana pun, seorang sales tak hanya bertugas untuk menjual atau menawarkan produk dari perusahaan mereka ke pelanggan. Namun juga sebagai orang yang menjembatani kerja sama antar pihak perusahaan dengan klien. 

Jika seorang sales representative ini memiliki etika yang buruk, nama baik perusahaan tempatnya bekerjalah yang akan dipertaruhkan. Akibatnya, hal ini dapat menghambat terjadinya penjualan atau kerja sama dengan klien-klien besar tersebut.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai profesi sales representative ini. Pada artikel berikut Jojonomic sudah merangkumkan informasi dari berbagai sumber secara lengkap. So, simak terus artikelnya hingga tuntas, ya!

Mengenal Lebih dalam Profesi Sales Representative

Mengenal Sales Representative

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, profesi sales representative memegang peranan yang cukup penting dalam penjualan produk sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab secara langsung terhadap proses branding atau mengenalkan produk pada klien, meningkatkan grafik penjualan, mengikuti perubahan trend pasar, menjaga komunikasi dengan klien dan masih banyak lagi lainnya.

Sesuai namanya, sales representative bertugas untuk mewakili perusahaan dalam menjumpai klien dan membuat kesepakatan dengan mereka. Karena itulah mereka juga diwajibkan untuk memiliki pemahaman secara menyeluruh terhadap produk yang ditawarkan serta mengerti cara berkomunikasi dengan baik dan benar. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Seorang sales yang tidak memahami produk yang mereka jual hanya akan membuat klien atau calon konsumennya ragu. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai minus tersendiri bagi mereka. Tak hanya itu, perusahaan juga secara tidak langsung akan merasakan dampaknya. Mulai dari dianggap mempekerjakan orang yang kurang profesional hingga kurangnya kualifikasi dalam perusahaan.

Tanggung Jawab Umum Sales Representative

tanggung jawab umum sales representative
Car saleswoman talking with client

Secara spesifik, tugas atau tanggung jawab dari sales representative ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Tetapi secara umum, berikut adalah beberapa tanggung jawab yang biasa diemban oleh mereka:

1. Membantu menjualkan produk perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tugas utama seorang sales representative adalah membantu penjualan produk pada klien-klien besar yang berasal dari industri atau perusahaan lain, organisasi dan lembaga pemerintahan. Pada dasarnya, mereka hanya akan menyasar pangsa pasar yang lebih profesional dan bukan perorangan atau door to door. Mereka lebih menargetkan klien yang nantinya akan menjual kembali produk dari perusahaannya tersebut sebagai distributor atau perantara pada konsumen akhir. 

Selain membantu penjualan produk, seorang sales representative juga diharuskan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan klien atau konsumen. Mereka akan berperan sebagai seorang customer support yang harus siap menjawab dan membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh klien.

2. Menguasai product knowledge dan menjelaskannya pada konsumen

Tentu saja pada saat menjual produk, seorang sales tidak bisa langsung menawarkannya tanpa memberikan penjelasan terlebih dahulu. Tugas seorang sales representative sebelum menghasilkan penjualan adalah dengan melakukan presentasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Mereka harus menguasai seluk beluk produk tersebut mulai dari sejarah atau latar belakang munculnya, tujuan dari pembuatan produk tersebut, kelebihan atau manfaat yang diberikan, harga yang dilabelkan, komposisi dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, jika relasi dengan klien seperti yang disebutkan pada poin pertama sudah terjalin dengan cukup baik. Hal ini akan membantu sales tersebut dalam proses presentasi hingga menghasilkan penjualan produk dengan lebih mudah.

3. Menjaga image dan nama baik perusahaan

Kata representative jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti mewakili. Dalam hal ini, seorang sales representative juga sangat diharapkan dapat menjaga brand image perusahaan. Tak hanya di depan klien atau konsumen saja, tetapi juga hampir di seluruh aspek kehidupannya. Seperti di depan teman-teman, keluarga, tetangga bahkan hingga di sosial media. 

Mereka diharuskan untuk memiliki attitude yang baik dan dapat menjaga lisannya agar tidak mencoreng nama perusahaan tempatnya bekerja.

4. Mengurus seluruh keperluan administratif klien

Menyiapkan seluruh keperluan administratif klien juga merupakan tanggung jawab seorang sales representative, lho. Mereka harus membantu mengurus seluruh keperluan tersebut agar dapat memperlancar transaksi jual beli yang akan dilakukan. Mulai dari membuat dokumen kontrak perjanjian, laporan, metode pembayaran dan lain-lain.

5. Mengikuti trend pasar yang sedang berlangsung

Berikutnya, seorang sales representative juga dituntut untuk selalu mengikuti trend yang sedang berlangsung di tengah-tengah target market. Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan informasi untuk diberikan pada perusahaan mengenai apa yang sedang diminati atau banyak dicari oleh konsumen.

Seperti yang kita tahu, inovasi memegang peranan penting dalam setiap lini bisnis. Tanpa adanya inovasi, bisnis tersebut hanya akan berjalan di tempat tanpa perkembangan atau bahkan bisa saja berjalan mundur karena tergerus oleh pesaing lain yang mau mengembangkan produknya. Penggunaan sosial media dan mengikuti seminar merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti trend dan memantau perkembangan pasar.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Sales Representative

skill sales

Nah, setelah membahas definisi serta tanggung jawab yang akan diemban oleh seorang sales representative. Berikutnya Anda juga perlu memahami kira-kira skill apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan jabatan yang satu ini.

1. Skill komunikasi yang baik

Seperti yang telah disinggung di awal, seorang sales harus memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang bagus. Hal ini akan memudahkan mereka dalam membuat penawaran dan melakukan prospek terhadap klien yang dituju.

2. Harus mau mendengarkan

Selain skill komunikasi, sales representative juga dituntut untuk memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Entah itu berupa pertanyaan atau keluhan dari klien maupun pelanggan. Dengan demikian, sales tersebut dapat mengetahui kira-kira produk seperti apa yang sebenarnya banyak dibutuhkan oleh konsumennya.

3. Kemampuan membantu permasalahan pelanggan

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, mereka yang menjabat profesi sales harus memiliki kesabaran dan kemampuan untuk membantu permasalahan setiap pelanggan. Respon yang diberikan pun harus secara ramah agar klien atau konsumen nyaman untuk berkomunikasi.

4. Attitude yang baik

Karena sales akan mewakili perusahaan dalam bertemu dengan klien atau pelanggan, maka sangat diwajibkan bagi mereka untuk memiliki etika yang baik dalam bekerja. Baik secara lisan maupun perlakuan, seorang sales harus benar-benar bisa memberikan image yang positif terhadap konsumen.

5. Bersikap gigih

Tidak semua klien yang diprospek berakhir sesuai dengan apa yang diinginkan. Beberapa di antaranya mungkin tampak memberikan respon yang di luar ekspektasi. Namun demikian, seorang sales dilarang untuk mudah menyerah.

Mereka harus memiliki sikap yang gigih dalam dirinya dan mau terus mencoba. Sebab, bisa jadi transaksi penjualan baru terjalin pada prospek klien yang ke-2, ke-3, ke-4 atau seterusnya. 

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan artikel mengenai sales representative mulai dari definisi, tanggung jawab serta skill yang dibutuhkan. Bagaimana pun, keberadaan posisi ini dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu yang terpenting dan banyak dicari. 

Jika Anda adalah orang yang tertarik untuk bekerja sebagai sales representative, maka pastikan Anda memiliki keterampilan yang sudah kami sebutkan di atas. Tentu Anda bisa mempelajarinya jika ini adalah pengalaman pertama Anda dalam bekerja.

Sedangkan jika Anda adalah seorang pelaku usaha yang sedang mencari kandidat sales terbaik untuk perusahaan. Pastikan juga untuk melakukan seleksi yang ketat dengan kualifikasi sesuai standar perusahaan.

Selain membutuhkan sales, dalam bisnis juga akan membutuhkan sistem manajemen keuangan yang praktis dan efisien. Jojo Expense dapat dijadikan solusi bagi Anda yang ingin melakukan pencatatan keuangan perusahaan dengan cara yang lebih simple dan hemat waktu.

Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat mengontrol anggaran perusahaan dengan baik dan mencatat setiap pengeluaran secara otomatis. Dilengkapi juga dengan teknologi modern berupa Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging, Jojo Expense memungkinkan Anda terhindar dari segala risiko fraud financial atau penipuan keuangan yang kerap terjadi dalam sebuah bisnis. 

Pengajuan reimbursement dan approval-nya pun juga dapat dilakukan dengan mudah di aplikasi ini. Sehingga karyawan tak perlu repot-repot mengisi formulir untuk pengajuan reimbursement mereka. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense secara GRATIS sekarang juga!