Mengenal Salesforce CRM Lebih Dekat, Apa dan Bagaimana

Akhir-akhir ini tentu banyak yang mulai mendengar adanya teknologi berupa salesforce CRM yang banyak digunakan perusahaan terkemuka. Namun, masih banyak pula yang sebenarnya kurang paham apa itu salesforce dan apa itu CRM? Apakah keduanya merupakan satu sistem yang sama, atau bukan? Lantas bagaimana aplikasinya dan apa sih manfaat penggunaan salesforce CRM di dalam perusahaan?

Nah, munculnya beragam pertanyaan seperti di atas memang membutuhkan jawaban yang cukup kompleks. Tidak sedikit yang masih meraba-raba saat ingin mengaplikasikan sistem ini sepenuhnya. Baik dari sisi kendala teknis maupun dari pemahaman awal tentang sistem tersebut. Bila hal ini adalah pikiran yang sama dengan Anda, maka sebaiknya sisihkan sedikit waktu untuk membaca mengenai salesforce CRM, termasuk penjelasan apa, bagaimana, dan manfaatnya.

Tentang Salesforce

Bagi yang masih awam akan hal tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa salesforce adalah suatu bentuk perusahaan yang bekerja untuk menyediakan teknologi supaya dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis suatu perusahaan. Bentuknya berupa perangkat lunak CRM dengan berbagai macam tools untuk membantu tim penjualan. Selain itu menggunakan sistem yang satu ini juga membantu pengelolaan perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Mulai dari mengetahui semua aktivitas pelanggan di tempat dan melakukan analisa yang mendalam tentangnya.

Oops! We could not locate your form.

Tentang CRM

Adapun CRM (Customer Relationship Management) sendiri merupakan strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Melalui strategi yang diterapkan tersebut, perusahaan bisa mengoptimalkan penjualan, mempertahankan pelanggan maupun mendapatkan pelanggan baru. CRM sendiri juga memiliki beberapa tujuan, antara lain mengetahui sebanyak mungkin tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan,
mempertahankan hubungan dengan pelanggan, menjangkau banyak bidang dalam perusahaan termasuk penjualan, layanan pelanggan dan pemasaran.

Aplikasi Salesforce CRM

Salesforce CRM sendiri merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Marc Benioff di Delaware Amerika Serikat pada tahun 1999. Aplikasi ini menyediakan segala kebutuhan untuk mengelola penjualan dan layanan yang terintegrasi dengan Cloud dan memiliki fitur-fitur menarik berupa:

  • Sales Cloud : Bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan, pendapatan, produktivitas dan visibilitas suatu bisnis.
  • Service Cloud : Bermanfaat sebagai upaya untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
  • Marketing Cloud : Bekerja melalui media sosial untuk peningkatan pemasaran.
  • Salesforce Platform and AppExchange : Fokus pada media sosial yang mobile dan Real-Time pada platform yang tepat.
  • Salesforce Chatter : Membantu proses bisnis itu sendiri terutama melalui media sosial.

Manfaat Salesforce CRM

Menggunakan aplikasi ini sebenarnya merupakan bentuk untuk mempermudah pekerjaan perusahaan dalam banyak hal. Terutama jika berbicara mengenali layanan dan pelanggan. Oleh sebab itu aplikasi salesforce CRM ini bisa memberikan banyak manfaat serta kegunaan, di antaranya yaitu berikut ini:

  • Membantu meningkatkan kualitas dan pengelolaan data pelanggan

Dalam sebuah perusahaan, upaya untuk meningkatkan sistem pengelolaan data pelanggan itu sangat penting. Mengapa? Karena dengan sistem tersebut akan lebih mudah mengetahui kebutuhan pelanggan secara tepat. Perusahaan jadi dapat mengembangkan ide dan kreasi baru yang jauh lebih inovatif menggunakan data yang tersedia dan melihat apa yang menjadi sebagian besar permintaan para konsumen. Disinilah pentingnya analisa pasar, dan hal ini hanya bisa dilakukan saat data para pelanggan dikelola dengan benar.

  • Membantu meningkatkan layanan dan dukungan pelanggan

Melalui penggunaan salesforce CRM, maka secara tidak langsung aplikasi ini akan membantu dalam memperbaiki dan mengelola hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Dimana hal tersebut nantinya akan tercipta ataupun terwujud dengan jalan meningkatkan efisiensi, otomatisasi, dan kualitas interaksi pelanggan. Sangat penting untuk memahami kemauan pelanggan seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Sehingga analisa perusahaan terhadap keinginan pelanggan ini adalah langkah yang tepat dalam mensuplai kebutuhan pelanggan dan menjadikan perusahaan lebih maju karenanya. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa terjadi begitu saja. Perlu sistem yang akurat untuk menjembatani perusahaan dengan para pelanggan mereka. Dan disinilah salesforce CRM akan membantu secara maksimal.

  • Mencari pelanggan baru

Kunci suatu bisnis yang sukses salah satunya memiliki banyak pelanggan, terutama pelanggan yang loyal dan setia. Oleh sebab itu berusaha untuk selalu mendapatkan pelanggan baru dan kemudian mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan usaha yang tidak mudah. Berkat salesforce CRM maka semua ini menjadi jauh lebih efisien. Dengan bantuan sistem yang tepat maka lebih mudah bagi perusahaan untuk mencari pelanggan baru yang potensial dan sesuai. Sehingga nantinya perusahaan bisa memperoleh keuntungan yang lebih signifikan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

  • Meningkatkan efisiensi kampanye

Dengan menggunakan sistem ini, maka perusahaan dapat dengan bebas memantau jalannya sistem serta hasilnya. Termasuk ada pula laporan mengenai hasil kampanye pemasaran yang dituangkan dalam bentuk laporan terstruktur yang mudah dipahami. Dengan demikian perusahaan bisa lebih mudah mengetahui mana sistem yang tepat dan mana yang tidak perlu dilanjutkan.

  • Meningkatkan margin keuntungan

Seiring meningkatnya rasa puas yang dialami oleh para pelanggan, otomatis efisiensi penjualan dan biayanya bisa semakin lebih optimal. Dalam hal ini saat perusahaan berhasil melakukan efisiensi, maka secara tidak langsung batas margin yang diperoleh perusahaan juga akan meningkat. Oleh sebab itu dengan menggunakan sistem yang tepat ini maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan berlipat dan makin berkembang seterusnya.

Melalui informasi menarik tentang salesforce CRM di atas, maka dapat disimpulkan bawah sistem dan pengaturan yang tepat merupakan hal yang cukup penting dalam meraih kesuksesan. Aplikasi terbaik yang efisien dan pasti efektif adalah langkah untuk mengatur segalanya menjadi lebih baik maupun kondusif. Demikian halnya dalam suatu perusahaan dalam mengatur banyak karyawan di dalamnya. Dibutuhkan sistem yang tepat baik untuk pengelolaan dan pemantauan. Termasuk dalam hal ini yaitu mengelola dan mengatur manajemen pengeluaran perusahaan.

Tentunya sistem pengeluaran di dalam perusahaan perlu pengawasan yang optimal untuk membawa perusahaan makin maju dan berkembang. Oleh sebab itu perusahaan di era masa kini tentunya akan sangat membutuhkan JojoExpense. Yang mana melalui sistem ini maka perusahaan dapat memperoleh manfaat baik berupa sistem kontrol keuangan perusahaan yang lebih tepat dan cepat, maupun manfaat lainnya seperti otomatisasi anggaran yang mudah untuk dipantau dari mana saja. Sehingga nantinya perusahaan tidak perlu melakukan semuanya secara manual, namun cukup dengan cara yang lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

loyalty program

Hal ini pastinya tidak luput dari fitur-fitur terbaik yang disematkan di dalam JojoExpense. Aneka ragam fitur tersebut meliputi antara lain:

  • Mobile Approval
  • Cash Advance
  • Budget Controlling
  • Auto Reimbursement
  • Custom Approval Flow
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan fitur-fitur menarik tersebut, maka Anda tidak perlu berpikir ulang untuk mencobanya. Segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Lihat lebih dekat bagaimana sistem ini bekerja secara otomatis dan membantu pengelolaan keuangan perusahaan Anda yang lebih kondusif. Jika ingin maju, ya JojoExpense!