Manfaat Penggunaan Search Engine Marketing Secara Optimal

Search Engine Marketing

Search engine marketing atau yang biasa disingkat SEM merupakan suatu aktivitas atau praktik mengiklankan website yaitu di hasil pencarian. Pada dasarnya hasil pencarian terdiri dari dua bagian yaitu organik dan juga iklan. Bagian iklan yang muncul dihasil pencarian inilah yang kemudian disebut sebagai search engine marketing atau SEM. Sebenarnya hampir semua mesin pencari memiliki fitur SEM yang tentunya dapat semakin mempermudah penggunanya. Namun biasanya mesin pencari yang paling sering digunakan adalah Google sebab Google memang telah menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dan termasuk pula di tanah air. Sedangkan untuk menggunakan SEM maka Anda mungkin perlu mengeluarkan sedikit biaya misalnya dengan metode PPC atau pay per click. Dengan sedikit biaya saja maka Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebenarnya SEM ini bisa menjadi sebagai suatu strategi marketing terbaik terutama di era digital yang penuh dengan adanya keterlibatan dari teknologi canggih seperti sekarang ini. SEM ini akan membantu Anda untuk bisa mengembangkan bisnis dengan lebih cepat dan hasilnya maksimal.

Kelebihan Search Engine Marketing

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan melalui penggunaan Search Engine Marketing, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Biaya tidak terlalu banyak

Untuk mengoperasikan SEM memang diperlukan biaya. Namun biaya yang dibutuhkan untuk SEM ini sebenarnya tidaklah besar. Jadi Anda tidak memerlukan biaya besar untuk memulai penggunaan SEM ini. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan dialokasikan untuk menggunakan SEM. Budget yang dibutuhkan bisa beragam mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Bahkan bisa saja Anda membutuhkan biaya sebanyak puluhan juta rupiah untuk bisa mengoperasikan SEM.

Bisa menentukan target secara spesifik

Melalui SEM maka Anda juga bisa menentukan target tentunya secara lebih spesifik. Dalam hal ini Anda bisa menentukan beberapa karakteristik pengunjung yang bisa melihat iklan Anda. Mulai dari karakteristik berdasarkan usia dan jenis kelamin serta karakteristik yang berdasarkan ketertarikan hingga lokasi. Semua ini bsia ditentukan dengan adanya peran dari SEM.

Meningkatkan conversion rate

SEM umumnya juga digunakan untuk meningkatkan conversion rate pada sebuah website. Metode untuk meningkatkan conversion rate ini bisa pula digunakan untuk menemukan berbagai kata kunci. Conversion rate sendiri menjadi sebuah metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan bahkan pelanggan di suatu web sehingga pelanggan nantinya akan semakin meningkat.

Hasil relatif lebih cepat

Bagi Anda yang ingin memulai sebuah website atau blog maka sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan SEM. Pada dasarnya SEM cenderung lebih cepat memberikan hasil dibanding dengan lainnya seperti misalnya SEO. Tentu saja hal ini akan sangat membantu website Anda agar website Anda ini bisa muncul di hasil pencarian dengan lebih cepat.

Kegunaan Dan Manfaatnya

Menggunakan Search Enginme Marketing ini juga bisa memberikan beberapa kegunaan yang lain, misalnya kegunaan-kegunaan berikut ini.

Meningkatkan conversion

SEM sebenarnya merupakan suatu bagian yang bisa mendorong para pengunjung atau pembaca situs wes untuk mengarah pada konversi atau conversion. Sebab SEM ini cenderung memberikan target kata kunci yang biasanya lebih spesifik dan juga lebih mendetail bila dibanding dengan yang lainnya. Anda tentunya bisa menggunakan berbagai kata kunci yang lebih banyak dan juga memiliki intensi pembelian yang tentunya lebih akurat. Tentu saja hal ini akan mendukung adanya peningkatan jumlah pengunjung pada suatu situs web.

Meningkatkan brand awareness

Rupanya penggunaan SEM tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah conversion saja. tetapi penggunaan SEM ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang tentunya Anda miliki. Bahkan berdasarkan hasil riset diketahui pula bahwa peningkatan brand awareness bisa menjadi lebih tinggi dan bahkan mencapai 80% dengan adanya penggunaan SEM. Sebab dalam hal ini user internet bisa tetap melihat iklan pada hasil pencarian yang ditemuinya sekalipun user tidak melakukan klik pada iklan tersebut. Tentu saja iklan yang pernah dilihatnya di pencarian membuatnya selalu teringat akan brand Anda. Maka pada akhirnya produk Anda dengan brand tertentu bisa lebih dikenal bila dibandingkan dengan produk yang lainnya.

Biaya bisa disesuaikan budget

Untuk menggunakan SEM memang diperlukan biaya. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penggunaan SEM membutuhkan biaya namun bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Hal ini tentunya lebih menguntungkan bagi Anda karena Anda bisa menyesuaikan penggunaan SEM dengan dana yang telah tersedia. Biasanya adabanyak paket yang ditawarkan dan bisa Anda pilih. Sebaiknya Anda memilih paket yang sesuai dengan budget yang tersedia. Anda bisa memilih paket yang lebih murah. Namun bila Anda memiliki budget yang lebih besar maka Anda bisa memilih paket yang lebih besar dan lebih mahal. Sebaiknya Anda memilih paket yang bagus walaupun dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Sebab hasil penggunaan SEM dengan pilihan paket yang lebih bagus tentunya bisa memberikan hasil yang maksimal berupa semakin banyaknya pendapatan.

Bisa dioperasionalkan secara efektif

Pelanggan tentunya bisa didapatkan dengan memanfaatkan peran SEM. Dengan kata lain penggunaan SEM ini bisa digunakan pula untuk mencapai prospek bisnis atau target marketing Anda. Dengan bantuan SEM maka bisa saja usaha atau bisnis Anda direkomendasikan pada para pengunjung atau user internet. Maka tak heran bila SEM ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda pemilik bisnis yang ingin mencapai target pasar secara lebih efektif. SEM akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan jumlah pengunjung toko Anda dengan memasukkan bisnis Anda ke jajaran hasil pencarian teratas.

Search engine marketing atau SEM menjadi suatu bagian yang penting terutama di era digital seperti ini. Memang di zaman sekarang ini promosi produk dan toko kebanyakan dilakukan secara online. Promosi dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi lebih tepatnya menggunakan media internet. Berbagai rekomendasi bisa didapatkan oleh user internet di kolom pencarian sehingga user dapat memperoleh apa yang dicari dan dibutuhkan. Demikiaan pula untuk usaha atau bisnis Anda yang ingin dikembangkan termasuk di mesin pencari. Anda bisa menggunakan bantuan SEM untuk meletakkan iklan bisnis Anda di mesin pencari. Tentu saja akan ada banyak user yang menemukan produk Anda.

Hal ini sama pentingnya untuk memastikan pemantauan keuangan perusahaan yang lebih optimal. Salah satunya melalui penggunaan JojoExpense. Dimana produk ini dapat membantu melihat pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan yang lebih optimal. Terutama melalui fitur-fiturnya yang menarik seperti Capture Expense, Budget Controlling, Cash Advanced, dan sebagainya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Dapatkan segera coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan buktikan sendiri perbedaannya pada sistem keuangan perusahaan yang lebih baik.