Sejarah Bhinneka Tunggal Ika – Pengertian, Tujuan, dan Maknanya

Sejarah Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bagi bangsa Indonesia yang kedudukannya patut dijunjung tinggi. Tanpa adanya Bhinneka Tunggal Ika, maka bangsa Indonesia tidak akan mudah untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Peran Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia sangatlah besar, dimana semboyan ini mampu menyatukan perbedaan bangsa. Bhinneka Tunggal Ika merupakan ikrar pemersatu bangsa yang mampu menggetarkan jiwa. Bhinneka Tunggal Ika ditulis oleh Mpu Tantular yang dikutip dari karangan Kakawin jawa Kuno.

Karena Bhinneka Tunggal Ika bukanlah suatu perpecahan melainkan pemersatu, karena jika itu adalah perpecahan maka akan berujung pada kehancuran. Manfaat Bhinneka Tunggal Ika bagi pemersatu bangsa sangatlah besar. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas tuntas mengenai Pengertian Bhinneka Tunggal Ika, Sejarah, Fungsi, Tujuan dan Makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

Pengertian

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bagi bangsa Indonesia yang memiliki arti ‘berbeda-beda tetapi tetap satu jua’. Yang artinya, Indonesia memiliki keragaman mulai dari suku, budaya, adat istiadat, agama, bahasa dan ras. Keragaman perbedaan ini membuat Bhinneka Tunggal Ika pada akhirnya dibentuk. Bhinneka Tunggal Ika adalah pedoman bangsa Indonesia sebagai ikrar pemersatu bangsa. Ikrar ini juga sebagai bentuk pembeda antara bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.

Bhinneka Tunggal Ika sesungguhnya berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang terdrii dari kata Bhinneka yang artinya ‘Beraneka atau Beragam’, kata Tunggal yang artinya ‘satu’ dan kata Ika yang memiliki arti ‘itu’. Jadi intinya, Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti Beraneka satu itu.

Sejarah

Bhinneka Tunggal Ika diikrarkan bukan tanpa sejarah. Bhinneka Tunggal Ika memiliki sejarah terbentuknya yang jelas sangat penting kita ketahui. Dengan mengetahui sejarah Bhinneka Tunggal Ika maka kita dapat memperkuat arti Bhinneka Tunggal Ika yang sesungguhnya di mata bangsa dan negara. Tanpa mengetahui dan memahami sejarahnya, maka arti Bhinneka Tunggal Ika bukanlah sebuah apa-apa.

Semboyan dalam Bhinneka Tunggal Ika awalnya ditemukan dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang terdapat dalam masa Kerajaan Majapahit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti Beraneka satu itu yang dibuat untuk mengajarkan tentang sikap bertoleransi agama, khususnya pada agama Hindu – Siwa dan Buddha.

Sampai saat itu, Bhinneka Tunggal Ika pun menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia. Dan Mohammad Yamin lah yang menjadi orang pertama yang mengusulkan kutipan tersebut kepada Presiden Ir. Soekarno untuk dijadikan semboyan bangsa Indonesia.

Pada tanggal 17 Oktober 1951, akhirnya Pemerintah menetapkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan resmi bangsa Indonesia. Hal ini juga ditetapkan pada Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1951 tentang Lambang Negara.

Dalam Peraturan Pemerintah tersebut dijelaskan bahwa lambang negara Indonesia terdiri dari Burung Garuda Pancasila dan Perisai sebagai jantung yang digantung dengan rantai pada leher burung Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang terletak dekat kaki burung Garuda.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini sejatinya menggambarkan keadaan Nusantara yang kaya akan keberagaman suku, budaya, ras, agama dan lain-lainnya. Meskipun Indonesia memiliki keragaman, dengan semboyan ini mengingatkan kita untuk saling bertoleransi dan menyadari bahwa pada hakikatnya semua Warga Negara Indonesia adalah satu kesatuan.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kata yang sangat sederhana namun memiliki arti kata yang luas yang sangat erat dengan kesatuan dan persatuan bangsa indonesia. Jadi, seluruh Warga Negara Indonesia harus menerapkan sikap toleransi tinggi dan saling mencintai agar masyarakat Indonesia tetap aman, tentram dan damai.

Fungsi

Bangsa Indonesia sudah sangat lama hidup dalam keberagaman suku, ras, budaya dan lainnya. Namun hal ini tidak pernah menampilkan adanya perseeruan antar rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada dasarnya Bhinneka Tunggal Ika berfungsi menyatukan keberagaman yang menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berdaulat.

Sejarah mencatat bahwa semua anak bangsa Indonesia yang tergabung dalam berbagai macam suku turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dengan mengambil perannya masing-maing. Bahkan para tokoh bangsa yang bergerak dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah menyadari adanya tantangan yang harus dihadapi negara ini.

Sudah diketahui bahwa keberagaman menjadi sebuah realitas yang tidak bisa dihindari dalam negeri ini. Untuk itu, pemikiran dan tindakan masyarakat Indonesia adalah untuk ditunjukkan pada dunia bahwa cita-cita bangsa Indonesia akan terwujud dengan adanya keanekaragaman tersebut.

Ke-Bhinnekaan merupakan sebuah hakikat yang sudah benar-benar ada dalam bangsa Indonesia. Sedangkan ke-Tunggal Ika-an merupakan sebuah cita-cita bangsa sehingga semboyan ini menjadi jembatan emas dalam menghubung bangsa menuju pembentukan negara yang berdaulat dan menunjukkan kebesaranynya di mata dunia.

Konsep Bhinneka Tunggal Ika merupakan sebuah semboyan yang menjadi dasar Negara Indonesia. Sehingga semboyan ini patut dijadikan landasan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, sikap bersungguh-sungguh dalam menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini haruslah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan tanpa adanya kesadaran rakyat Indonesia maka bangsa Indonesia bisa saja hancur dan terpecah belah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tujuan

Setelah mengetahui pengertian, sejarah dan fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika, tentu saja Bhinneka Tunggal Ika dibentuk bukan tanpa tujuan. Adapun tujuan dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yaitu:

  • Mempersatukan bangsa Indonesia
  • Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
  • Meminimalisir konflik atas kepentingan pribadi atau kelompok
  • Mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia
  • Menciptakan masyarakat madani
  • Menciptakan negara yang aman, tentram dan damai

Makna

Sudah sangat jelas bahwa Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan negara yang sangat penting karena semboyan ini digunakan untuk mempersatukan bangsa. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau yang berisikan penduduk dengan ras, suku dan agama yang berbeda-beda.

Dengan adanya perbedaan yang sangat besar ini antar wilayah maka Indonesia perlu disatukan dengan salah satunya adalah semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dapat menyatukan daerah dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu saja, semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga sangat penting sebagai tonggak pencapaian tujuan bangsa. Tidak heran jika Bhinneka Tunggal Ika bertujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

the intelligent investor

Dalam menjalankan sebuah bisnis demi kemajuan bangsa, Anda tidak hanya butuh kerjasama dan pasar yang luas, Anda juga perlu adanya pencatatan keuangan yang baik. Kerjasama dan kerapihan administrasi menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Untuk membuatnya lebih mudah dan lebih efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Nantinya keuangan dalam bisnis Anda akan lebih  baik dan efisien. Coba gratis JojoExpense sekarang juga!