Cara Meningkatkan Self Esteem Jika Kamu Sering Minder

Merasa rendah diri dan minder karena self-esteem atau harga diri yang tidak sehat, mungkin beberapa kali Anda rasakan. Meski kondisi tersebut normal adanya, Anda tetap perlu berusaha mengendalikannya, agar tidak menjadi negatif.

Dalam ilmu psikologi, self-esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa keberhargaan dan nilai personal seseorang, terhadap dirinya sendiri. Self-esteem merujuk pada cara individu tersebut menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri.

Memiliki self-esteem yang sehat, sdengan cara menghargai diri sendiri, sangat penting untuk dilakukan. Dengan kondisi harga diri yang sehat, Anda menjadi lebih percaya diri dalam menjalani hidup. Tak hanya itu, self-esteem yang baik juga meningkatkan kualitas hubungan, dan membuat Anda tidak takut dalam mengekspresikan pendapat.

 

 

tugas manajer

 

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan, sebagai cara menghargai diri sendiri, untuk self-esteem yang lebih sehat.

  • Berbicara hal-hal positif terhadap diri sendiri (self-talk)

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari self-talk. Baik yang positif maupun self-talk negatif, kegiatan ini memiliki pengaruh yang amat besar terhadap cara Anda menghargai diri sendiri, yang tentu juga berkorelasi terhadap kesehatan self-esteem.

Mulailah dengan mengganti kata-kata negatif yang di pikiran Anda, dengan kata lain yang derajat negatifnya lebih rendah. Misalnya, mengganti kata “sakit” dengan kata “tidak nyaman”.

Anda juga bisa mencoba mengubah pernyataan negatif yang terbesit di benak Anda, dengan menambahkan kata tanya di depannya. Sebagai contoh, Anda hendak mengatakan pernyataan negatif, seperti “Aku tidak mungkin diterima di perusahaan tersebut”, tambahkan menjadi “Apa yang bisa aku persiapkan untuk diterima di perusahaan tersebut?”.

  • Mencari tantangan dan hobi baru

Hobi dan kegiatan positif, dapat menjadi cara untuk menghargai diri sendiri, karena memberikan cara pandang baru terhadap diri sendiri. Selain itu, mencari hobi baru juga dapat membantu mengikis stres, sehingga juga sangat baik untuk mental.

Ada beberapa daftar hobi positif yang bisa Anda contek, seperti menari, berkebun, bercocok tanam, menulis, hingga merawat hewan peliharaan. Anda juga disarankan untuk mendengarkan atau memainkan musik.

  • Menjauhkan diri dari toxic person (orang toxic)

Merasa negatif dengan harga diri yang sangat rendah, mungkin hal yang biasa terjadi pada beberapa titik dalam perjalanan hidup. Perasaan negatif tersebut, dapat berasal dari orang-orang di lingkungan Anda, termasuk rekan kerja maupun teman sepermainan. Efeknya, dapat sangat besar terhadap cara Anda menghargai diri sendiri.

Bagaimana menyadari adanya orang-orang toxic di sekitar Anda? Jika kerap merasa takut, marah, dan enggan berinteraksi, itulah tandanya kehadiran kaum toxic di dekat Anda.

Apabila interaksi dengan beberapa orang, membuat Anda sulit untuk menghargai diri sendiri, ciptakan batasan agar tak sering untuk bertemu dengan orang-orang tersebut. Menarik diri sementara waktu, demi kesehatan mental diri, sama sekali bukan hal yang salah.

  • Menantang pikiran negatif

Hal pertama yang Anda lakukan sebagai seorang dewasa untuk mencapai self-esteem yang positif adalah untuk mengubah persepsi negatif terhadap diri Anda. Bisa Anda lakukan dengan menulis pemikiran kritis terhadap diri, atau dengan berbicara pada diri sendiri seperti Anda berbicara pada teman Anda.

  • Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

“Rasanya sangat sulit untuk mendapat pandangan yang akurat tentang orang lain, apalagi jika hanya berdasarkan tampilan online,” ujar Linda Blair, psikolog klinis dari Inggris seperti dikutip oleh The Guardian. “Anda membandingkan diri Anda dengan fantasi yang akan membawa pada usaha yang berlebihan atau kekecewaan.” Linda Blair menyarankan agar Anda fokus terhadap apa yang Anda ingin raih. Saran lainnya adalah untuk mengenyampingkan kata ‘harus’. Orang bisa melakukan usaha yang besar untuk melakukan apa yang ia pikir orang inginkan dari dia, yang mungkin saja mereka salah kira. Ini menurut Linda Blair adalah ‘resep paling ampuh’ untuk ketidakbahagiaan.

  • Menerapkan self-care

Self-care bukanlah kegiatan berfoya-foya. Kegiatan ini bisa Anda lakukan, untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional dengan hal-hal yang positif. Penerapan self-care yang baik, dapat meningkatkan susana hati, mengurangi kecemasan, serta menjadi kunci untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Beberapa self-care yang sangat mendasar untuk dilakukan, sebagai cara Anda menyayangi dan menghargai diri sendiri, yakni beristrahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, dan berolahraga secara teratur. Anda juga bisa menerapkan kegiatan-kegiatan tambahan lain, yang mungkin terlihat sepele. Kegiatan self-care tersebut, misalnya dengan mandi secara teratur, keramas, bahkan memesan jasa pijat dan meni-pedi.

  • Menerima bahwa tidak ada yang sempurna

Impian dan target yang tidak tercapai, tentu berpotensi menjatuhkan harga diri atau self-esteem. Ada juga beberapa kondisi fisik yang sulit diubah. Misalnya bentuk hidung dan mata. Semua itu merupakan tanda, bahwa tidak ada hal yang sempurna.

Tentu, menjadi hal yang baik jika Anda berusaha untuk memberikan usaha penuh, agar menjadi yang terbaik. Hanya saja, tidak ada satu pun hal yang sempurna dalam hidup.

Menerima dan menyadari bahwa diri Anda tidak sempurna, dapat mengurangi risiko penurunan self-esteem. Sebab, Anda menyadari adanya perbedaan target yang realistis dan yang tidak.

  • Mengatur tujuan yang dapat dicapai

Ingin mencapai goal yang terlalu ambisius bisa menempatkan diri Anda pada kegagalan, menjatuhkan kepercayaan diri Anda meskipun Anda telah melakukan langkah besar untuk mencapainya. “Perasaan pencapaian adalah kunci untuk mempertahankan kebanggaan diri Anda,” ujar Blair. Jika kita merasa gagal, hal tersebut akan berpengaruh pada self-esteem kita. Karena itu ia menyarankan agar kita mengatur tujuan jangka pendek atau menengah.

  • Menantang Diri Sendiri

Memilih untuk berada pada comfort zone Anda bisa menjadi solusi kehidupan untuk jangka pendek. Namun menurut Chris William, Profesor Psychosocial Psychiatry Universitas Glasgow seperti dikutip The Guardian, hal ini bisa membahayakan Anda dalam waktu jangka panjang.

“Berada di comfort zone akan mengajarkan Anda aturan tidak berguna bahwa cara terbaik untuk menghadapi masalah adalah dengan tidak menghindarinya,” ujarnya. Karena itu cobalah menantang diri untuk melakukan hal-hal baru yang bermanfaat bagi kehidupan Anda jangka panjang. Jangan tenggelam pada comfort zone dan coba pikirkan perasaan semangat atau adrenalin yang Anda rasakan ketika Anda sudah menyelesaikan satu tantangan.

  • Olahraga

Kegiatan fisik sudah diakui memberi efek positif terhadap self-esteem dan kondisi diri secara umum. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa kegiatan fisik seperti olah raga memainkan peran penting terhadap self-esteem. Studi tersebut merekomendasikan bahwa kegiatan fisik yang regular harus diutamakan, terlebih pada orang dewasa yang memiliki masalah kepercayaan diri.

  • Hentikan Menonton Berita Negatif

Menjaga dengan peristiwa baru-baru adalah satu hal, namun menonton segala sesuatu di berita adalah sedikit berlebihan. Alasan utama di balik ini adalah bahwa Anda sedang mencoba untuk menciptakan suasana yang positif dengan cara tawa dan pikiran positif. Dengan menonton berita dan semua negativitas itu proyek Anda kontra menyeimbangkan usaha Anda. Siaran berita ini kebanyakan negatif dan apakah Anda benar-benar menonton atau tidak jika pada latar belakang maka pikiran bawah sadar Anda mengambil informasi ini dan dapat mengurangi rasa percaya diri Anda tanpa Anda menyadarinya.

Itulah tadi penjelasan dan beberapa tips menegani self esteem. Self Esteem ini sangat penting sekali untuk dimiliki oleh tiap orang, agar mereka tak lagi merasa minder dan kehilangan kepercayaan diri. Jojonomic telah dipercaya puluhan ribu karyawan di Indonesia. Dengan JojoExpense, pengeluaran perusahaan tercatat dengan baik dan terhindar dari penipuan keuangan. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.Yuk, beralih ke solusi digital, gunakan JojoExpense!