Self Evaluation dan Tujuan Diadakannya Bagi Karyawan

self evaluation

Self evaluation sendiri ialah sebuah prosedur yang digunakan untuk mengamati serta menganalisis dan menilai tindakan profesional (kerja) diri sendiri serta bagaimana hasilnya. Hal ini dilakukan demi menstabilkan ataupun memperbaiki kinerja yang telah dievaluasi tersebut.

Evaluasi ini dapat dilakukan pada individu ataupun pada tingkat organisasi dan perusahaan. Mengevaluasi diri sendiri berarti orang tersebut mengeksplorasi dan mengevaluasi pekerjaan profesional yang telah mereka kerjakan sendiri.

Dalam melakukan evaluasi mandiri, seseorang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu mereka dalam mengevaluasi kinerjanya pada satu periode waktu tertentu. Rangkaian pertanyaan yang ada itu nantinya akan memandu individu tersebut untuk berpikir tentang berbagai aspek dari  kinerja mereka  hingga tujuan yang telah direncanakan dan apa saja yang telah dicapai.

Pendekatan yang terstruktur seperti ini akan membuat karyawan melihat bagaimana posisinya serta kontribusinya pada perusahaan maupun bagi karyawan lain. Evaluasi mandiri sendiri dapat memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk merefleksikan diri serta pekerjaannya dan melihat kekurangan maupun kelebihan mereka.

Tujuan Diadakannya Self Evaluation

Tujuan self evaluation

1. Mengetahui alasan kamu bertindak dalam pekerjaan

Dengan melakukan self evaluation, seorang karyawan bisa mengatahui apa saja yang harus dilakukan ketika mereka menghadapi masalah ataupun berada di suatu posisi yang mengancam pekerjaan mereka. Setelah itu, mereka akan menyadari bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut.

2. Meningkatkan kualitas kinerja

Setelah mengetahui berbagai kekurangan yang ada dalam diri sendiri, para karyawan yang melakukan self evaluation akan mulai termotivasi untuk memperbaiki diri. Di sini karyawan juga mempunyai kesempatan untuk belajar bagaimana cara agar bisa bekerja dengan penuh komitmen, jujur serta penuh tanggung jawab.

3. Mengetahui progress dalam pekerjaan

Dengan melakukan self evaluation, karyawan akan mulai melihat perubahan yang terjadi dalam perjalanan kerja mereka. Dari yang semula mereka kurang ahli melakukan berbagai pekerjaan mereka sampai akhirnya merek abisa mahir dalam melakukan berbagai pekerjaannya.

4. Membiasakan diri untuk selalu jujur dan bertanggung jawab

Para karyawan yang telah melakukan self evaluation berarti bisa melakukan penilaian terhadap diri secara objektif. Setelah melakukan hal ini, maka diharapkan para karyawan akan merasa lebih percaya diri karena mereka sudah berhasil untuk memperbaiki diri.

5. Memiliki pola pikir yang lebih strategis dan sistematis

Jika seorang karyawan mampu melakukan penilaian terhadap cara berpikirnya, tindakan yang dilakukannya serta pekerjaannya, maka dengan begitu mereka akan memiliki pola pikir yang lebih strategis dari sebelumnya. Artinya setiap pemikiran dan tidakan yang dilakukan akan tepat sasaran.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

6. Mengevaluasi efektivitas dari setiap tindakan

Poin yang tidak kalah penting adalah ketika seorang karyawan bisa mengevaluasi diri sendiri dari setiap proyek yang sedang dikerjakannya mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga cara mereka berpikir. Pada tahap akhir, akhirnya mereka bisa mengetahui berbagai implikasi yang bisa timbul atas berbagai tindakan mereka sebagai kesimpulan. 

7. Lebih mandiri dalam menyelesaikan persoalan

Kemandirian adalah salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari seorang karyawan yang melakukan self evaluation. Seorang karyawan yang bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri akan menjadikannya menjadi lebih unggul serta bisa menjadi nilai plus untuk kemajuan karier dari karyawan tersebut kedepannya. Orang lain pun akan menilainya sebagai seorang pekerja yang percaya diri.

Manfaat Self Evaluation

manfaat self evaluation

Secara umum evaluasi biasanya bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan dari kinerja para pekerja. Bagi seorang manajer, self evaluation yang dilakukan oleh para karyawan bisa memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan.

Dengan melakukan self evaluation, perusahaan meminta para karyawan untuk bisa mengidentifikasi pencapaian serta memperluas keahlian mereka yang bisa menjadi kunci dalam peningkatan keterampilan. Selain itu, manfaat dari melakukan self evaluation adalah :

1. Ajang Menunjukkan Pencapaian dalam Pekerjaan

Sangat penting bagi seorang karyawan memiliki kesempatan untuk menunjukkan pencapaian yang telah mereka lakukan selama ini. Dengan begitu karyawan tersebut akan merasa bangga serta terdorong untuk melakukan kinerja kerja yang lebih baik lagi kedepannya. Karyawan akan merasa dilihat dan diakui atas berbagai upaya mereka serta mendapatkan insight kedepannya.

Karyawan diharapkan dapat menargetkan peluang dari berbagai pencapaian di periode selanjutnya. Hal ini merupakan salah satu kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir mereka atau promosi kenaikan jabatan yang juga bisa mereka dapatkan.

2. Membantu Atasan Memahami Kekuatan dan Kelemahan Karyawan

Setiap karyawan memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Penting bagi HRD serta manajerial perusahaan untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan dari  karyawan mereka. Hal ini diharapkan bisa digunakan untuk melakukan pendekatan dalam upaya meningkatkan kinerja kerja dari karyawan.

Perusahaan dapat mengajak para karyawan untuk melakukan diskusi tentang bagaimana cara mengatasi ataupun meminimalisir kelemahan masing-masing.

Self evaluation dapat menjelaskan bagaimana para karyawan melihat diri mereka dalam proses kerja mandiri maupun team work. Serta menyoroti kesalahpahaman yang sering terjadi antara pihak perusahaan dengan pihak karyawan. Tak hanya itu, self evaluation ini juga dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan untuk mendorong karyawan mengembangkan potensinya. 

3. Memotivasi Karyawan

Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam pekerjaan dengan cara melakukan self evaluation dapat memotivasi seorang karyawan untuk memperbaiki kinerja kerja mereka yang kurang baik. Serta mempertahankan dan mengembangkan kinerja kerja yang telah memuaskan.

Sebagai contoh, karyawan yang bisa memahami bagaimana kekurangan yang mereka lakukan di dalam ranah pekerjaan nantinya akan meminta HRD untuk mengadakan berbagai pelatihan dan pengembangan keterampilan yang bisa men-support kemampuan kerja mereka. 

4. Melatih Pertanggungjawaban dan Kedisiplinan

Karyawan harus bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka lakukan didalam perusahaan. Self evaluation mendorong para karyawan untuk menunjukkan dengan tepat bagaimana pekerjaan yang mereka lakukan dapat menambah value bagi perusahaan serta mempertanggungjawabkan implementasinya. Maka, yang diharapkan dalam periode kerja selanjutnya para karyawan menjadi lebih disiplin dalam menjaga kualitas serta perkembangan kinerja mereka. 

Self Evaluation Yang ditunjang Oleh Perusahaan

Proses evaluasi yang diinginkan biasanya juga mengalami banyak hambatan dalam pelaksanaannya. Seperti kurang optimalnya memanfaatkan data absensi dalam perusahaan. Akibatnya evaluasi yang diharapkan membantu pengembangan kinerja karyawan justru menjadi tidak efektif. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan JojoTimes. Sebuah software absensi online yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan bermodalkan swafoto saja.

Lewat aplikasi ini, perusahaan tidak perlu pusing lagi mengelola data absensi secara manual. Karena seluruh laporan absen dari karyawan akan diproses dengan otomatis dan hasil yang lebih akurat.

Selain itu, JojoTimes juga dapat digunakan sebagai aplikasi yang memudahkan Anda dalam memantau kinerja karyawan dari luar perusahaan. Dilengkapi dengan fitur Accurate GPS location via Geotagging, memungkinkan Anda dapat mengetahui lokasi karyawan tersebut melakukan absen. Misalnya, saat mereka tengah berada di luar kantor untuk bertemu dengan klien. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoTimes dan permudah cara Anda dalam memantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun!