Self Management, Prinsip Dan Manfaatnya Dalam Bisnis

self management

Self management memiliki arti yang sama dengan manajemen diri atau pengelolaan diri. Pada dasarnya self management ini memiliki definisi sebagai suatu prosedur yang membuat seseorang mengatur perilakunya atau tindakannya sendiri. Dalam hal ini sebenarnya Anda perlu melibatkan beberapa hal seperti misalnya perilaku sasaran dan selanjutnya memonitor perilaku tersebut. Selain itu Anda juga pada akhirnya bisa memilih suatu prosedur yang diharapkan bisa digunakan sehingga Anda dapat melakukan prosedur tersebut. Anda juga bisa saja melakukan evaluasi terhadap efektivitas dariprosedur tersebut.

Prinsip Self Management

Tujuan Self Management

Dalam melakukan upaya manajemen diri maka Anda sudah seharusnya menetapkan tujuan. Yang dimaksud dengan tujuan disini adalah apa yang inigin dicapai oleh diri Anda serta apa yang menjadi target dalam kehidupan Anda. Penetapan tujuan tentu akan memotivasi diri pribadi Anda sehingga proses pengembangan manajemen diri bisa terlaksana dengan baik.

Fokus Self Management

Selain tujuan rupanya fokus juga menjadi salah satu prinsip dari self management. Manajemen diri yang Anda lakukan tentunya harus disertai dengan adanya pemusatan fokus secara penus. Dengan memusatkan fokus maka Anda bisa mencapai proses manajemen diri dengan lebih mudah.

Fleksibel

Upaya manajemen diri yang Anda lakukan sebenarnya bisa bersifat fleksibel. Jadi dalam hal ini Anda bisa menerapkan proses pengelolaan diri di tempat yang tepat. Misalnya saja saat Anda sedang bekerja atau melakukan kewajiban lainnya. Namun Anda mungkin bisa sejenak lepas dari segala tanggung jawab Anda.

Disiplin

Keberhasilan atau kesuksesan tentu dapat dicapai melalui adanya sikap disiplin. Dalam mengembangkan manajemen diri memang sebaiknya Anda melakukannya dengan disertai sikap disiplin. Pengelolaan atau manajemen diri memang seharusnya dilakukan secara terus-menerus dan tanpa berhenti. Maka nantinya Anda akan memiliki karakter terbaik karena terbiasa melakukan manajemen diri dengan cara yang tepat.

Yakin

Anda harus yakin pada diri Anda sendiri bahwa melalui manajemen diri maka Anda bisa melakukan pengembangan diri. Pupuklah sikap percaya diri dalam diri pribadi Anda sehingga Anda mampu mengelola diri Anda sendiri dengan baik. Maka tentunya Anda akan selalu siap untuk menghadapi berbagai macam hal yang ada di depan Anda dan meraih kesuksesan.

Manfaat Self Management

Meningkatkan pengelolaan diri

Pengelolaan diri pada dasarnya merupakan suatu hal yang bisa timbul sebagai akibat adanya self management. Pengelolaan diri ini umumnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja seperti pengelolaan pikiran dan perasaan meupun ucapan dan perbuatan. Maka apa yang dilakukannya bisa berkembang semakin baik.

Self Management Mewujudkan perasaan bebas

Melalui tindakan manajemen diri maka Anda bisa saja mewujudkan adanya perasaan bebas. Perasaan bebas ini maksudnya perasaan bebas dari berbagai pengaruh orang lain. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bebas dari kontrol orang lain sehingga Anda bisa bebas melakukan apapun. Namun sebaiknya segala hal yang dilakukan selalu tepat.

Melatih kemandirian

Anda yang dapat melakukan manajemen diri dengan baik tentunya dapat melatih kemandirian. Dengan adanya kemandirian ini maka Anda bisa mengatur hidup secara independen dan menjalaninya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Tentu saja kemandirian Anda ini akan semakin mengurangi ketergantungan Anda pada orang lain sehingga Anda bisa mengeksplor potensi Anda dengan semakin baik.

Menghadapi tantangan

Berbagai tantangan tentu saja haruslah dihadapi dengan baik. Terutama bila Anda merupakan pebisnis yang sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Menghadapi tantangan ini perlu dilakukan dengan memiliki upaya pengendalian diri. Melalui pengendalian diri inilah maka Anda dapat menghadapi segala rintangan serta hambatan yang ada dalam kehidupan Anda.

Self Management Mengembangkan jalinan hubungan

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak luput dari kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu Anda perlu menjalin hubungan yang baik dan tulus dengan siapa saja. Jalinan hubungan bisa saja semakin membaik jika Anda dapat melakukan manajemen diri dengan baik dan tepat. Pada akhirnya nanti Anda bisa membina suatu jalinan hubungan yang tulus dan juga akrab dengan orang lain.

Dapat Memusatkan konsentrasi

Setiap hal atau pekerjaan tentunya dapat berhasil jika dilakukan dengan fokus yang lebih. Maka Anda sebaiknya selalu meningkatkan konsentrasi dan lebih memusatkan fokus pada pekerjaan Anda. Tentunya melatih fokus dan konsentrasi ini bisa dilakukan dengan melatih manajemen diri. Semakin Anda dapat memanajemen diri sendiri maka Anda bisa semakin memusatkan fokus pada berbagai hal.

Prosedur Self Management

Observasi

Yang dimaksud dengan observasi dalam hal ini adalah adanya pengamatan terhadap diri. Dalam hal ini Anda bisa mengamati segala tingkah laku diri sendiri dan kemudian memonitornya. Monitor bisa dilakukan dengan mencatat tingkah laku Anda secara lebih teliti. Jadi Anda bisa mencatat frekuensi dan intensitas serta durasi tingkah laku yang telah Anda lakukan.

Evaluasi

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan setelah melakukan observasi adalah melakukan evaluasi diri. Evaluasi diri yang dimaksud adalah melakukan perbandingan terhadap hasil catatan tingkah laku Anda dengan tingkah laku yang ditargetkan. Melalui perbandingan inilah maka Anda bisa memahami secara lebih jauh mengenai tingkah laku yang telah Anda lakukan.

Tindakan

Jika Anda telah melakukan observasi dan evaluasi diri maka selanjutnya Anda bisa melakukan sebuah tindakan yang tepat. Tindakan ini bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan pemberian penguatan. Selain itu Anda juga bisa melakukan penghapusan terhadap beberapa hal yang salah atau tidak tepat. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa melakukan pemberian hukuman pada tindakan yang tidak tepat.

Pentingnya Self Management

Self management memang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk melakukan pengembangan pribadi. Dengan adanya perkembangan diri pribadi maka Anda dapat melakukan segala hal yang sekiranya diperlukan oleh Anda untukbisa meraih kesuksesan. Dengan demikian maka kehidupan pribadi Anda akan menjadi lebih baik dan sempurna. Perbaikan hidup ini bahkan bisa terjadi dalam segala aspek di kehidupan Anda. Oleh karena itu pengelolaan diri atau self management perlu dilakukan agar Anda bisa semakin mengenali dan mengembangkan potensi diri Anda demi mencapai kesuksesan dalam hidup.

Tentunya self management sama pentingnya dengan pengelolaan payroll perusahaan yang baik dan tepat. Salah satu caranya dengan jalan memutuskan untuk menggunakan JojoPayroll. Melalui penggunaan produk tersebut maka sistem payroll perusahaan dapat dijalankan secara lebih efektif. Selain juga dapat berjalan secara otomatis lebih mudah untuk dimonitor.

Tentu saja semua kemudahan tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis. Kemudian fitur sistem penggajian terhitung otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis. Sehingga tentunya hal ini membantu pengguna untuk mengoptimalkan payroll lebih baik.

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati coba gratis selama 14 hari lamanya. Buktikan sendiri!