Self Management, Prinsip Dan Manfaatnya Dalam Bisnis

self management

Self management memiliki arti yang sama dengan manajemen diri atau pengelolaan diri. Pada dasarnya self management ini memiliki definisi sebagai suatu prosedur yang membuat seseorang mengatur perilakunya atau tindakannya sendiri. Dalam hal ini sebenarnya Anda perlu melibatkan beberapa hal seperti misalnya perilaku sasaran dan selanjutnya memonitor perilaku tersebut. Selain itu Anda juga pada akhirnya bisa memilih suatu prosedur yang diharapkan bisa digunakan sehingga Anda dapat melakukan prosedur tersebut. Anda juga bisa saja melakukan evaluasi terhadap efektivitas dariprosedur tersebut.

Prinsip Self Management

Tujuan Self Management

Dalam melakukan upaya manajemen diri maka Anda sudah seharusnya menetapkan tujuan. Yang dimaksud dengan tujuan disini adalah apa yang inigin dicapai oleh diri Anda serta apa yang menjadi target dalam kehidupan Anda. Penetapan tujuan tentu akan memotivasi diri pribadi Anda sehingga proses pengembangan manajemen diri bisa terlaksana dengan baik.

Fokus Self Management

Selain tujuan rupanya fokus juga menjadi salah satu prinsip dari self management. Manajemen diri yang Anda lakukan tentunya harus disertai dengan adanya pemusatan fokus secara penus. Dengan memusatkan fokus maka Anda bisa mencapai proses manajemen diri dengan lebih mudah.

Fleksibel

Upaya manajemen diri yang Anda lakukan sebenarnya bisa bersifat fleksibel. Jadi dalam hal ini Anda bisa menerapkan proses pengelolaan diri di tempat yang tepat. Misalnya saja saat Anda sedang bekerja atau melakukan kewajiban lainnya. Namun Anda mungkin bisa sejenak lepas dari segala tanggung jawab Anda.

Disiplin

Keberhasilan atau kesuksesan tentu dapat dicapai melalui adanya sikap disiplin. Dalam mengembangkan manajemen diri memang sebaiknya Anda melakukannya dengan disertai sikap disiplin. Pengelolaan atau manajemen diri memang seharusnya dilakukan secara terus-menerus dan tanpa berhenti. Maka nantinya Anda akan memiliki karakter terbaik karena terbiasa melakukan manajemen diri dengan cara yang tepat.

Yakin

Anda harus yakin pada diri Anda sendiri bahwa melalui manajemen diri maka Anda bisa melakukan pengembangan diri. Pupuklah sikap percaya diri dalam diri pribadi Anda sehingga Anda mampu mengelola diri Anda sendiri dengan baik. Maka tentunya Anda akan selalu siap untuk menghadapi berbagai macam hal yang ada di depan Anda dan meraih kesuksesan.

Manfaat Self Management

Meningkatkan pengelolaan diri

Pengelolaan diri pada dasarnya merupakan suatu hal yang bisa timbul sebagai akibat adanya self management. Pengelolaan diri ini umumnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja seperti pengelolaan pikiran dan perasaan meupun ucapan dan perbuatan. Maka apa yang dilakukannya bisa berkembang semakin baik.

Self Management Mewujudkan perasaan bebas

Melalui tindakan manajemen diri maka Anda bisa saja mewujudkan adanya perasaan bebas. Perasaan bebas ini maksudnya perasaan bebas dari berbagai pengaruh orang lain. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bebas dari kontrol orang lain sehingga Anda bisa bebas melakukan apapun. Namun sebaiknya segala hal yang dilakukan selalu tepat.

Melatih kemandirian

Anda yang dapat melakukan manajemen diri dengan baik tentunya dapat melatih kemandirian. Dengan adanya kemandirian ini maka Anda bisa mengatur hidup secara independen dan menjalaninya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Tentu saja kemandirian Anda ini akan semakin mengurangi ketergantungan Anda pada orang lain sehingga Anda bisa mengeksplor potensi Anda dengan semakin baik.

Menghadapi tantangan

Berbagai tantangan tentu saja haruslah dihadapi dengan baik. Terutama bila Anda merupakan pebisnis yang sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Menghadapi tantangan ini perlu dilakukan dengan memiliki upaya pengendalian diri. Melalui pengendalian diri inilah maka Anda dapat menghadapi segala rintangan serta hambatan yang ada dalam kehidupan Anda.

Self Management Mengembangkan jalinan hubungan

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak luput dari kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu Anda perlu menjalin hubungan yang baik dan tulus dengan siapa saja. Jalinan hubungan bisa saja semakin membaik jika Anda dapat melakukan manajemen diri dengan baik dan tepat. Pada akhirnya nanti Anda bisa membina suatu jalinan hubungan yang tulus dan juga akrab dengan orang lain.

Dapat Memusatkan konsentrasi

Setiap hal atau pekerjaan tentunya dapat berhasil jika dilakukan dengan fokus yang lebih. Maka Anda sebaiknya selalu meningkatkan konsentrasi dan lebih memusatkan fokus pada pekerjaan Anda. Tentunya melatih fokus dan konsentrasi ini bisa dilakukan dengan melatih manajemen diri. Semakin Anda dapat memanajemen diri sendiri maka Anda bisa semakin memusatkan fokus pada berbagai hal.

Prosedur Self Management

Observasi

Yang dimaksud dengan observasi dalam hal ini adalah adanya pengamatan terhadap diri. Dalam hal ini Anda bisa mengamati segala tingkah laku diri sendiri dan kemudian memonitornya. Monitor bisa dilakukan dengan mencatat tingkah laku Anda secara lebih teliti. Jadi Anda bisa mencatat frekuensi dan intensitas serta durasi tingkah laku yang telah Anda lakukan.

Evaluasi

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan setelah melakukan observasi adalah melakukan evaluasi diri. Evaluasi diri yang dimaksud adalah melakukan perbandingan terhadap hasil catatan tingkah laku Anda dengan tingkah laku yang ditargetkan. Melalui perbandingan inilah maka Anda bisa memahami secara lebih jauh mengenai tingkah laku yang telah Anda lakukan.

Tindakan

Jika Anda telah melakukan observasi dan evaluasi diri maka selanjutnya Anda bisa melakukan sebuah tindakan yang tepat. Tindakan ini bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan pemberian penguatan. Selain itu Anda juga bisa melakukan penghapusan terhadap beberapa hal yang salah atau tidak tepat. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa melakukan pemberian hukuman pada tindakan yang tidak tepat.

Pentingnya Self Management

Self management memang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk melakukan pengembangan pribadi. Dengan adanya perkembangan diri pribadi maka Anda dapat melakukan segala hal yang sekiranya diperlukan oleh Anda untukbisa meraih kesuksesan. Dengan demikian maka kehidupan pribadi Anda akan menjadi lebih baik dan sempurna. Perbaikan hidup ini bahkan bisa terjadi dalam segala aspek di kehidupan Anda. Oleh karena itu pengelolaan diri atau self management perlu dilakukan agar Anda bisa semakin mengenali dan mengembangkan potensi diri Anda demi mencapai kesuksesan dalam hidup.

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Ketrampilan Self Management

Managemen diri merupakan hal penting dalam dalam dunia kerja, karena bisa diartikan sebagai kemampuan diri untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang di miliki. Jika tidak dapat memanagemen diri dengan baik, dapat berdampak buruk bagi pekerjaan dan keseharian kita. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan memanagemen diri.

Jangan Menunda Pekerjaan

Jangan biasakan untuk menunda segala sesuatu meski itu hal kecil sekalipun. Hal ini sangat berpengaruh terhadap managemen diri karena meladir diri anda untuk disiplin dan bertanggung jawab. Misalnya ketika anda memiliki tugas, meski itu adalah tugas kecil usahakan untuk segera mengerjakannya. Jangan menunda-nunda hingga pada akhirnya hanya akan menyusahkan anda. Dan dari tugas yang anda tunda waktu pengerjaannya itu dapat menyebabkan anda terjebak dalam waktu kesibukan yang menyebabkan anda tidak dapat mengerjakannya.

Dengan melakukan sesuatu sesuai dengan waktunya, meski berupa hal kecil sekalipun dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dan melatih diri anda untuk memanagemen diri anda. Ingat segala sesuatu dimulai dari hal kecil, dengan terbiasa melakukannya hal ini tentu akan berdampak besar ketika anda berada pada dunia kerja.

self management

Jangan Berpacu pada Multitasking

Multitasking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat melakukan aktifitas tidak hanya berpacu pada satu aktifitas namun bisa lebih dari satu. Banyak sekali orang belakangan ini, yang selain mengulur waktu dalam mengerjakan sesuatu tetapi juga menganggap remeh tugas atau tanggung jawab mereka dengan percaya dengan kemampuan multitasking.

Pada faktanya hanya kurang dari 3% orang memiliki keampuan multitasking. Banyak orang mengabaikan untuk mengerjakan tugas berdasarkan urutan kebutuhan dan mengerjakannya secara bersamaan di sisa waktu akhir. Padahal hal tersebut bisa saja menghasilkan jawaban yang relatif salah, karena tidak semua orang memiliki kemampuan multitasking. Mereka lebih memilih membagi otak untuk menyelesaikan banyak hal ketimbang mengerjakan satu-satu, padahal jelas kemungkinan kesalahan saat mengerjakan secara bersamaan lebih besar.

Saat sudah berkerja di kantor nanti, hal tersebut tidak dapat dilakukan. Mengerjakan tugas kantor membutuhkan konsentrasi khusus untuk dapat mengerjakan yang tugas pekerjaannya. Jadi akan lebih baik jika anda tidak hanya terpaku pada kata multitasking, namun mencoba dari sekarang untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan anda secara berurutan dari yang terpenting satu persatu. Hal ini sangat penting di dunia kerja, karena dengan menyelesaikan tugas satu persatu anda lebih fokus dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Karena kesalahan dalam dunia kerja dapat menyebabkan masalah kedepannya.

Mengakui Kesalahan

Tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan ketrampilan managemen diri selanjutnya yaitu mengakui kesalahan. Ada tipe orang yang saat melakukan salah justru menyembunyikannya atau bahkan melimpahkan kesalahan kepada orang lain. Tips dan trik selanjutnya yaitu mengakui kesalahan. Jangan takut untuk mengakui kesalahan, karena justru saat anda menyembunyikan kesalahan tersebut hanya akan semakin menjadi beban bagi diri anda.

Saat anda melakukan kesalahan, akuilah kesalahan anda saat itu juga karena hal tersebut akan menyelesaikan masalah. Berbeda cerita ketika anda menyembunyikannya, maka beban dalam diri anda akan semakin besar. Mengakui kesalahan memiliki peran penting dalam managemen diri seseorang. Saat anda mengakui kesalahan, itu artinya anda siap emnerima saran dan masuka yang nantinya akan berguna bagi pengalaman anda kedepannya saat berada dalam situasi yang sama.

Tentu saja bagi sebagian orang mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan keberanian dan kejujuran yang kuat. Namun dengan mengakui kesaahan anda akan semakin mempermudah anda untuk melatih pengelolaan diri anda.

self management

Berperilaku sebaik Mungkin

Dalam dunia kerja tentu saja managemen diri tidak hanya selalu berkutat pada diri sendiri. Ada kalanya anda akan dihadapkan dengan hubungan antar sesama rekan kerja yang pada akhirnya mempengaruhi managemen diri anda. Saat kecil sering kita diajari untuk selalu berperilaku baik kepada sesama teman, begitu pula yang harusnya diterapkan saat sudah memasuki usia dewasa terutama dalam bidang pekerjaan.

Dalam artian, berperilakulah sebaik mungkin kepada orang lain, seperti anda ingin diperlakukan oleh mereka. Berdasarkan kalimat tersebut anda harus memperlakukan rekan kerja anda sebaik mungkin sehingga mendapatkan respons dari mereka sebaik anda memperlakukannya. Secara sadar atau tidak hubungan anda dengan sesama tim anda memiliki dampak tersendiri bagi managemen diri anda.

Dengan berperilaku baik dan selalu memepertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat keputusan akan membuat kemudahan bagi hari anda. Sebaliknya jika dalam membuat keputusan anda cenderung tergesa-gesa dan secara sadar atau tidak sadar perilaku yang anda lakukan menyakiti atau memubuat rekan kerja anda merasa tidak nyaman, hal tersebut juga akan berdampak negatif bagi managemen diri anda.

Intinya anda dapat berusaha sebaik mungkin utnuk menumbuhkan hubungan kerja sama yang baik kepada rekan kerja anda, yang secara tidak langsung ini juga akan berdampak positif bagi hasil kinerja anda yang juga akan mempengaruhi managemen diri anda.

self management

Memberikan Waktu Healing Untuk Diri Sendiri

Self management hanya akan pergi sejauh tujuan personal anda sampai dimana. Dengan pandangan mata yang sellau menatap kedepan, dan membuat rencana dari hari ke hari untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika tubuh sudah sempoyongan diterpa badai drama serta project yang tanpa akhir, ambilan waktu sejenak untuk memikirkan Kembali jalur yang sedang anda lewati.

Apakah jalur tersebut benar – benar bisa membawa anda kepada tujuan atau justru menyesatkan.

Apakah semua kerja keras yang anda lakukan sekarang benar – benar membawa tujuan anda lebih dekat selangkah setiap harinya?

Mungkin anda bertanya, untuk apa melakukan evaluasi, toh setiap hari semua kegiatan tersebut dilakukan secara sadar dan telah dipikir sempurna. Namun, pernahkah anda berpikir bahwa Ketika anda bertemu dengan bosa tau rekan kerja membahas suatu proyek, pertanyaan tersebut masih bisa relevan dengan situasi yang ada?

Waktu yang anda gunakan untuk bercermin atau refleksi merupakan waktu dimana anda bisa menyadari dimana letak kesalahan yang anda buat atau yang mungkin rekan anda buat. Anda juga bisa menggunakan waktu self reflection tersebut untuk mengembangkan diri anda sendiri dari dalam.

Di sisi lain, memberikan waktu sejenak untuk evaluasi juga akan membawa hal – hal menyenangkan yang akhirnya anda dapatkan. Pencapaian – pencapaian yang kadang terlewatkan karna anda menganggapnya tidak terlalu penting.

Perlu diingat bahwa apabila anda tidak bisa mengerti diri anda sendiri sekarang, tidak mungkin anda akan mampu mengerti kemana arah tujuan anda berjalan.

self management

Kesimpulan

Banyak diantara kita yang memiliki konsep yang salah dengan kata ‘bos’ itu sendiri. Tahukah anda bahwa sebenarnya menjadi seorang bos tidak perlu memiliki Gedung bisnis yang besar, atau karyawan yang ratusan. Anda dalah bos diri anda sendiri. Focus kepada self management merupakan cara yang tepat dalam meningkatkan skill leadership yang kita miliki. Dengan sedikit kesabaran dan perubahanwatak kita semua bisa menjadi manager seperti yang kita inginkan – bahkan jika hal tersebut hanya berguna untuk diri kita sendiri

Tentunya self management sama pentingnya dengan pengelolaan payroll perusahaan yang baik dan tepat. Salah satu caranya dengan jalan memutuskan untuk menggunakan JojoPayroll. Melalui penggunaan produk tersebut maka sistem payroll perusahaan dapat dijalankan secara lebih efektif. Selain juga dapat berjalan secara otomatis lebih mudah untuk dimonitor.

Tentu saja semua kemudahan tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis. Kemudian fitur sistem penggajian terhitung otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis. Sehingga tentunya hal ini membantu pengguna untuk mengoptimalkan payroll lebih baik.

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoPayroll. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati coba gratis selama 14 hari lamanya. Buktikan sendiri!