Bagaimana Cara Melakukan Self Promotion yang Tepat?

self promotion

Setiap orang dalam interaksi sosial memiliki cara khasnya masing-masing, serta tujuannya masing-masing, ada yang sengaja membangun citra positif serta ada yang tidak sengaja mendapat citra negatif dari lingkungannya. Untuk itu perlu kemampuan Self Promotion yang baik agar lebih dikenal positif dilingkungan kerja atau interaksi sosialnya.

Self promotion merupakan cara agar orang lain dan lingkungan mengenal kita. Self promotion sendiri berbeda dengan pencitraan. Banyak yang keliru dengan kedua pengertian istilah tersebut. Memang banyak memiliki kesamaan namun nilainya sangat beda jauh.

Nah, jika Anda penasaran dan ingin mengenal lebih jauh tentang Self Promotion, silahkan simak pembahasan dalam artikel dibawah ini !.

Apa yang dimaksud dengan Self Promotion ?

Sedangkan pencitraan sendiri merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan untuk membentuk citra seseorang sesuai keinginan publik. Pencitraan ini cenderung menipu diri sendiri dengan melakukan hal yang sebenarnya nggak ia kuasai atau jauh dari jati dirinya.

Sedangkan self promotion merupakan cara kita membentuk diri sendiri dengan menambahkan beberapa ilmu atau keterampilan. Nah, dengan sendirinya, personal branding ini akan dikenal dan lebih orisinil. Kebanyakan dari kita nggak mau melakukan personal branding atau self promotion karena takut dianggap pencitraan. Jadi banyak dari kita yang nggak mau menunjukkan atau membagikan keterampilan yang kita miliki. Kita jadi lebih menutup diri.

Dengan menutup diri otomatis, pertemuan dengan orang baru untuk urusan pekerjaan, bisnis bahkan jodoh pun jadi meyempit. Sudah saatnya kamu menunjukkan prestasi dan keterampilanmu. Jika bingung, beberapa hal berikut bisa membantumu mencoba self promotion.

Manfaat Self Promotion

Promosi merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan, guna untuk meningkatkan nilai jual suatu produk, selain itu agar produk tersebut dapat dikenal luas oleh banyak orang, tidak jarang banyak prusahaan rela mengeluarkan goceh lebih banyak hanya untuk memperkenalkan produknya, termasuk membuat sebuah iklan dalam beragam media, seperti halnya televise, radio bahkan sampai Event Organizing, yang tidak lain hanya untuk satu tujuan yaitu memperkenalkan produk.

Di era yang modern ini, dunia pendidikan tidak bisa dijadikan sebuah patokan bahwa semakin tinggi orang tersebut maka akan besar kemungkinan meraih kesuksesan, coba saja kita tengok bagaimana kiprah Ainun Najib seorang tokoh budayawan yang banyak dikenal oleh banyak orang atau mungkin seperti Ibu Mentri Pudjiastuti yang berhasil menjadi seorang mentri, orang-orang tersebut bukan sembarang orang yang hanya dikenal dalam ruang lingkup kecil, melainkan telah dikenal dikancah internasional.

Melakukan Self-Promotion yang Efektif di Dunia Kerja

Sah-sah saja melakukan self-promotion untuk mendapatkan promosi jabatan dari atasan. Namun dalam melakukan self-promotion tersebut ada satu hal yang patut diperhatikan, yaitu jangan sampai terlihat menyombongkan diri. Atasan anda kurang menyukai hal tersebut, begitu pula rekan-rekan kerja anda.

self promotion

Tips Pertama

Usahakan untuk menyampaikan pencapaian kerja Anda dengan gaya bercerita, bukan menyombongkan diri. Anda tentu tahu, kan, bedanya bercerita dan showing off? Pencapaian yang anda dapatkan layak untuk disampaikan kepada atasan dengan rasa bangga.

Manage yourself to say it in a humble way. Selain menceritakan tentang kesuksesan anda dalam menghandle pekerjaan tersebut, jangan lupa juga untuk menyertakan cerita tentang tantangan apa saja yang Anda hadapi dan bagaimana cara yang anda tempuh untuk mengatasi hal tersebut.

Kedua

Tunjukkan sikap antusiasme. Melakukan self-promotion mungkin agak kurang menyenangkan bagi beberapa orang, terutama bagi Anda yang memiliki sifat pemalu. Meskipun Anda merasa agak malu untuk melakukannya, go on. Tunjukkan sikap antusias dan bersikap positif dalam menunjukkan pencapaian anda. Atasan yang melihat anda bersikap antusias akan tertular sikap positif anda tersebut dan tidak melihat self-promotion ini sebagai hal yang berlebihan.

Ketiga

abaikan mereka yang tidak menyukai cara anda. Saat melakukan self-promotion kepada atasan dengan menunjukkan pencapaian anda, pasti ada saja rekan kerja yang tidak menyukai anda dan menjadikan langkah anda tersebut sebagai cibiran dan gossip. Well, haters are gonna hate. So, go on. Biarkan mereka sibuk membicarakan anda di saat anda sibuk menaikkan jabatan anda.

Keempat

Hal lain yang tidak kalah penting dalam self-promotion adalah pilihlah informasi mana saja yang memungkinkan atasan untuk terkesan. Misalnya ladies memiliki sederet pencapaian kerja yang outstanding. Tahan diri anda untuk tidak menceritakan semuanya. Atasan akan bosan. Pilihlah satu atau dua kesuksesan yang bisa membuat mereka terkesan. Ingat pula bahwa carilah the right timing untuk menceritakan tentang hal tersebut.

Kelima

Selanjutnya, ada baiknya jika Anda melakukan self-promotion saat bertemu face to face dengan atasan. Mereka akan lebih menyukainya dibandingkan dengan mengetahui prestasi anda dari email yang anda kirimkan.

Keenam

Terakhir, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan kabar baik tentang pencapaian anda kepada atasan. Siapa yang tidak suka dengan kabar baik? Apalagi jika kabar baik prestasi anda tersebut berkontribusi pada peningkatkan mutu dan kemajuan perusahaan.

Kenapa Manusia Membutuhkan Self Promotion?

Kembali kepada Self Promotion yaitu Promosi diri, kiprah orang-orang hebat tersebut bukan tanpa sebuah perjuangan, pastinya banyak membutuhkan perjuangan yang sangat besar baik itu materi ataupun tenaga, bagi setiap orang tentunya menginginkan sebuah kesuksesan dengan mudah, namun itu akan mustahil rasanya jika tanpa sebuah perjuangan terkecuali bagi mereka yang mendapatkan keberuntungan.

Jika seseorang menginginkan kesuksesan pada usia 26 tahun, maka perjalanan yang harus di tempuh di mulai dari usia 21 tahun, perjalan selama 5 tahun tersebut jangan hanya digunakan untuk mengejar kompetensi, mengingat sistem sosial kita masih mengatakan saudara, teman dan lain sebagainya, maka mau tidak mau wajib hukumnya melakukan self promotion pada siapapun, sehingga memudahkan jalan menuju kesuksesan nantinya, pepatah jawa mengatakan, banyak teman banyak rizeki.

Gunakan kompetensi yang Anda miliki, tunjukkan pada publik, dengan catatan memakai etika dan estetika yang benar, ingat… satu orang mengenal Anda maka Anda sudah mempunyai satu tangga untuk merengkuh kesuksesan. Jangan banyak mengeluh karena perusahaan saja rela mengorbankan demi dikenal, apalagi kita yang hanya bermodalkan tenaga dan fikiran, namun walaupun seperti itu tetap saja sang maha actor yang menentukan bagaimana nantinya, hanya tinggal usaha dan berdoa.

self promotion

Tips Melakukan Self Promotion

Pertama: Persiapkan Tujuan Untuk Promosi

Promosi mandiri bisa jadi sangat punya beberapa keterbatasan, baik dari modal maupun waktu, maka dari itu tentukan dulu dari awal apa yang ingin Anda capai, apakah Anda menggunakan Twitter untuk mempromoskan profil Anda, web Anda, atau situs karya Anda sendiri.

Apakah Anda menggunakan Facebook page hanya untuk coba-coba atau memang digunakan untuk mempromosikan diri Anda dengan keahlian yang Anda punya dalam rangka mendapatkan klien, mengembangkan karir sebagai freelance atau untuk mendapatkan order secara langsung.

Kedua: Pilih Alat yang Sesuai Penggunaan

Entah itu Facebook, entah itu Twitter atau aplikasi lain yang berhubungan dengan media sosial, satu hal yang pasti adalah memilih alat yang cocok untuk digunakan. Bisa jadi seorang freelancer tidak cocok menggunakan Facebook, tetapi lebih cocok menggunakan Twitter, atau freelancer yang lain lebih cocok hanya dengan menggunakan blog yang lain harus membuat situs sendiri dengan nama domain sendiri.

Pilih alat yang disesuaikan dengan karakter pribadi serta yang sesuai dengan pekerjaan yang dipilih oleh freelancer itu sendiri, misalnya seorang web designer akan lebih baik jika mempunyai situs sendiri yang berisi portofolio mereka, dan seorang fotografer mungkin cukup dengan membuat akun Tumblr dan sisanya menggunakan Flickr atau masuk ke situs pertemanan berbasis fotografi seperti Inifotoku.com dan freelancer bidang lain dengan pilihan alat promosi online mereka.

Ketiga: Fokus

Apapun yang dikerjakan dan bidang apapun pekerjaan freelance yang Anda kerjakan, fokus adalah ‘harga mati’ yang harus selalu dibayar, demikian juga dengan melakukan self promotion. Jika Anda hanya akan memilih dua akun sosial sebagai sarana promosi, maka fokuslah pada dua saluran tersebut.

Fokus juga membuat Anda bisa melakukan eksplorasi atas saluran yang Anda pilih, dan mencoba semua fitur yang ada, entah itu situs pribadi, blog, jejaring sosial atau media apapun yang dipilh.

Keempat: Atur Sustainabilitas atau Update Secara Kontinyu

Selain Fokus, ‘harga mati’ yang harus dibayar oleh para freelancer dalam self promotion secara online adalah sustainabilitas atau melakukan update secara kontinyu. Hasil promosi tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika Anda tidak meng-update blog, situs atau media lain yang Anda pilih.

Manfaatkan Media Sosial Untuk Self Promotion

Untuk blog paling minimal satu minggu sekali, akan lebih baik kalau Anda bisa melakukan update 2-3 kali dalam seminggu, untuk jejaring sosial tentu harus lebih aktif. Aktif disini juga bisa diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dipilih, jika Anda memang mencari teman, mungkin Anda bisa berkomunikasi dengan lebih sering, tapi jika Anda menggunakannya hanya untuk mencari info terbaru atau mengarahkan aliran promosi pada situs pribadi Anda, update yang dilakukan mungkin bisa tidak terlalu sering.

Meskipun banyak contoh dalam tulisan ini menggunakan jejaring sosial, namun media promosi mandiri tentu saja tidak terbatas jejaring sosial, banyak saluran yang bisa dieksplorasi dan dipilih, tapi pada intinya, pemikiran dasarnya tetap sama.

Next, abaikan mereka yang tidak menyukai cara anda. Saat melakukan self-promotion kepada atasan dengan menunjukkan pencapaian anda, pasti ada saja rekan kerja yang tidak menyukai anda dan menjadikan langkah anda tersebut sebagai cibiran dan gossip. Well, haters are gonna hate. So, go on. Biarkan mereka sibuk membicarakan anda di saat anda sibuk menaikkan jabatan anda.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam self-promotion adalah pilihlah informasi mana saja yang memungkinkan atasan untuk terkesan. Misalnya ladies memiliki sederet pencapaian kerja yang outstanding. Tahan diri anda untuk tidak menceritakan semuanya. Atasan akan bosan. Pilihlah satu atau dua kesuksesan yang bisa membuat mereka terkesan. Ingat pula bahwa carilah the right timing untuk menceritakan tentang hal tersebut.

Maksimalkan Self Promotion Agar Dikenal di Perusahaan Anda dengan satu Aplikasi

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Kontrol Anggaran Di Mana Saja
Mulai sekarang, kendali penuh di tangan Anda. Kelola seluruh anggaran perusahaan hanya dengan ponsel Anda. Setujui maupun tolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapanpun dimanapun. Pantau pula penggunaan budget karyawan.

Mencegah Penipuan Keuangan

Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging.

Hemat Waktu dengan Proses Otomatis

Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy. Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia.

Pemahaman Lebih Mendalam Tentang Pengeluaran

Kumpulkan data dari aliran dana secara otomatis dan hemat berjam-jam dari melakukannya secara manual. Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pertumbuhan perusahaan Anda, sekaligus memonitori perilaku finansialnya.

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Perusahaan akan memiliki Akses mudah ke pendanaan sehingga memudahkan karyawan Anda untuk bekerja selagi proses transaksi bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek.

Mampu Mengurangi Budget Biaya Kertas

Dengan menggganti data keuangan perusahaan Anda dengan cara digital maka otomatis Anda akan singkirkan kebutuhan bukti transaksi tercetak di kertas. Sehingga bisa mengurangi budgetuntuk biaya pengadaan kertas, selain itu keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan efisien.

Aplikasi JojoExpense dan Kelebihannya

Aplikasi yang cocok untuk membuat laporan data perusahaan hanya dengan satu klik yaitu aplikasi JojoExpense, mampu menghilangkan kebutuhan untuk merekap penerimaan memakai kertas secara manual. Alur persetujuan secara langsung. Mempersingkat waktu pemrosesan hingga 70%. Hemat waktu, hemat biaya, tingkatkan produktivitas!

Aplikasi JojoExpense Memiliki Fitur Populer yang sangat Terkenal

  1. Rekap Biaya dengan Mobile secara Otomatis dan Arsip Data
  2. Alur Persetujuan yang Disesuaikan dan Kebijakan Anggaran untuk Penggantian & Penarikan Tunai
  3. Deteksi Penipuan Tingkat Lanjut dan Pelaporan Komprehensif Real Time

Otomatis Mengelola Data Klien Sehingga Menjadi Lebih Mudah

Aplikasi JojoExpense memberi Anda akses yang mudah menuju data keuangan perusahaan Anda, dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan hanya melalui smartphone Anda, simpel, mudah dan cepat.

Selain itu Anda dapat mengajukan pengajuan transaksi keuangan secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.

Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis.

Aplikasi JojoExpense Memiliki Fitur Pendukung Otomatis

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced

Digitalisasikan manajemen finansial Anda dan singkirkan kebutuhan bukti transaksi tercetak. Keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan efisien. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Kenali dulu aplikasi JojoExpense dan tidak perlu ragu segera buktikan kinerjanya sebelum Anda memesan pada kami, silahkan Anda klik Coba Gratis Sekarang. Anda akan mendapatkan free trial selama 14 hari.