Semangat Kerja Bulan Ramadan : Berbagi Tips yang bisa Kamu lakukan

semangat kerja bulan ramadhan

Idealnya, berpuasa di bulan Ramadhan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk bekerja. Umat ​​Islam yang berpuasa harus lebih semangat, Semangat Kerja Bulan Ramadan. Karena puasa kita lebih siap dan terkontrol. Ini karena kita bisa merasakan hadirat Tuhan dimana-mana.

Ramadhan dengan cepat melatih disiplin, meningkatkan kepekaan sosial, lebih dekat dengan Tuhan, menyehatkan tubuh dan menekan hasrat seksual. Ramadhan adalah bulan termegah dalam kalender Hijriah. Pasalnya, amal atau ibadah selama Ramadhan akan meningkat secara eksponensial. Pahala untuk ibadah wajib akan meningkat 70 kali lipat, dan Hadis akan diberi pahala seperti pahala untuk ibadah wajib.

Mari kita aktif membaca Alquran, berdoa memohon Cahaya Suci, memberi sedekah kepada orang miskin, dan mencari malam Laila Tur Kadar. Dalam hadits nabi, ada lima hal yang dapat mengurangi pahala orang berpuasa di bulan Ramadhan, yaitu berbohong, ghibah, berkelahi, sumpah serapah dan hasrat seksual.

Puasa seharusnya tidak menjadi beban. Kuncinya adalah melakukan sesuatu dengan senang hati atau cinta. Jika kamu merasa bahagia, itu tidak akan menjadi beban. Begitu pula dengan puasa. Jika dilandasi rasa cinta kepada Allah, maka hidup tidak terbebani.

Tips Semangat Kerja Bulan Ramadan

semangat kerja bulan ramadhan

Bekerja di bulan puasa selalu memiliki kesenangan dan tantangan tersendiri. Karena bulan puasa inilah, kadang kita suka mengeluh atau merasa lemas dalam bekerja. Puasa di tempat kerja tidak pernah mudah. Tetap lapar dan haus sepanjang hari mengurangi konsentrasi dan pada akhirnya mengurangi produktivitas.

Namun, jika kita tahu cara mengatasi masalah ini, maka bekerja selama Ramadhan sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain itu, banyak kantor yang memangkas jam kerja selama bulan puasa. Berikut tips agar Anda tetap semangat bekerja di bulan puasa:

Berdoa secara teratur

Fokus Ramadhan adalah ibadah biasa daripada universal. Jika sebelumnya Anda merasa kesulitan untuk berdoa secara rutin, ini adalah bulan yang cocok untuk Anda meningkatkan ritme ibadah Anda. Terakhir, lakukan aktivitas ibadah ini dengan ikhlas.

Diselingi dengan pekerjaan, agar tidak merasa bosan, tidak akan merasa lemas

Di bulan puasa ini, silakan manfaatkan istirahat makan siang Anda untuk aktivitas yang menyegarkan diri. Aktivitas seperti olahraga bisa membuat Anda merasa segar dan rileks. Atau coba jalan-jalan di lingkungan kantor dan sesekali mengobrol dengan rekan kerja di kantor. Jika kantor Anda memiliki fasilitas untuk bermain billiard, menonton TV, bermain video game, dll, silakan gunakan untuk perkenalan. Anda juga bisa tidur siang selama 20 hingga 30 menit. Dengan cara ini, Anda akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

Niat untuk Semangat Kerja Bulan Ramadan

semangat kerja bulan ramadhan

Bekerja dengan antusias dan tetap dalam kondisi prima. Bahkan selama bulan puasa, tantangan bertambah karena kewajiban agama, seperti menahan lapar, menahan nafsu, dll, namun pastikan Anda tetap bekerja dengan semangat. Jika Anda memiliki niat ini, Anda akan dapat dengan mudah mempraktikkan teknik selanjutnya.

Hindari kafein selama Ramadhan

Selama hari kerja, kafein dapat memberi Anda kesegaran, terutama saat Anda mengantuk. Namun, selama bulan puasa, hindari kafein saat puasa dan subuh, karena akan melukai perut dan membuat Anda mual, jadi pastikan Anda bekerja selama bulan puasa dan tidak mengonsumsi kafein saat sahur.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Makanan yang cukup saat fajar

Ingat, saat Anda berada di Sahur dan berpuasa, Anda sedang mengisi kembali energi. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi terlalu banyak makanan. Untuk sahurnya silahkan makan secukupnya, karena makan berlebihan bisa bikin ngantuk dan lemas. Dalam arti mengandung karbohidrat, protein dan serat, pilih menu yang seimbang. Terutama makanan yang mengandung serat akan membantu melawan rasa lapar. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Jaga kesehatanmu

Anda memiliki tubuh sendiri dan mengetahui kemampuan tubuh Anda sendiri. Hindari menggunakan makanan yang tidak sehat untuk Anda, aktivitas yang tidak kondusif untuk meningkatkan produktivitas Anda, dll. Jika tubuh Anda sehat, maka Anda dapat melakukan pekerjaan apa pun dan Anda dapat memberikan kontribusi terbaik.

Sedikit bicara

Obrolan ringan sangat menarik, Anda dapat menghabiskan waktu dan menantikan kecepatan terobosan. Tapi ini juga menghabiskan banyak energi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengobrol saat berpuasa. Jika sangat mendesak, silakan gunakan fungsi obrolan melalui PC atau smartphone. Jika Anda memang membutuhkan cara untuk menghilangkan stres, silahkan luangkan beberapa menit untuk menonton video-video menarik di Internet. Tertawa dapat secara efektif meningkatkan emosi dan meningkatkan energi.

Atur waktu tidur Anda

semangat kerja bulan ramadhan

Anda perlu mengatur dua jadwal tidur. Pertama di malam hari, jika terbiasa tidur larut malam, sebaiknya hindari situasi ini di bulan puasa ini. Usahakan untuk tidur lebih awal karena Anda akan bangun lebih awal dibandingkan bulan-bulan lainnya. Kedua adalah waktu setelah sahur dan sholat subuh. Jika Anda tidak terus tidur, tidak apa-apa, karena Anda bahkan mungkin merasa tidak nyaman setelah bangun tidur. Cara terbaik adalah memperkaya waktu Anda melalui olahraga atau penyegaran. Jika jam kerja Anda di pagi hari, misalnya jam 7 sampai jam 9, maka mulailah.

Manfaatkan waktu istirahat dengan baik

Selama Ramadhan, perusahaan biasanya mengurangi waktu istirahat untuk sholat. Kesempatan ini bisa digunakan untuk mengendurkan otot atau beristirahat dari kesibukan. Jika bisa, Anda bisa tidur sekitar 5 sampai 10 menit, tapi ingat jangan pergi terlalu jauh. Menurut penelitian, tidur siang dapat meningkatkan produktivitas dan juga membuat Anda lebih fokus. Karenanya, tidak ada salahnya berpuasa sebentar dan menutup mata saat Ramadhan.

Buka puasa bersama tanda Semangat Kerja Bulan Ramadan

Kegiatan Idul Fitri bersama teman-teman di tempat kerja. Hal ini akan membuat Anda semakin semangat menyelesaikan pekerjaan, karena Anda sudah tidak sabar untuk bertemu dengan rekan kerja dan menikmati fast food. Lebih bagus lagi, jika mengundang pimpinan, jarak atasan dan bawahan akan semakin dekat. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang aktif berinteraksi dengan rekan kerja dan rekan kerja meningkatkan efisiensi kerja selama berada di kantor. Oleh karena itu, menjaga interaksi dengan rekan kerja juga sangat penting.

Kesimpulan Semangat Kerja Bulan Ramadan

Puasa di tempat kerja tidak pernah mudah. Untungnya, banyak kantor di Indonesia yang bisa mengubah jam kerja. Selama Ramadhan, karyawan biasanya diperbolehkan datang lebih siang dan berangkat lebih awal. Tentunya hal ini memudahkan orang untuk berpuasa. Pada saat yang sama, bagi non-Muslim, memperpendek jam kerja niscaya akan membawa keuntungan yang menyenangkan.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!