SERP, Search Engine Result Page Dari Kata Kunci

SERP

SERP merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Result Page. Istilah ini tampaknya juga sering disebut dengan halaman pencarian. Jadi bisa dibilang bahwa Search Engine Result Page ini merupakan halaman yang muncul sebagai hasil pencarian dari kata kunci yang ada di mesin pencari. Anda mungkin sering menggunakan mesin pencari untuk mencari berbagai hal. Tentunya hal ini banyak dilakukan di mesin pencari seperti misalnya Google atau Yahoo atau mungkin mesin pencari lain yang sejenis. Maka walaupun istilah SERP ini terdengar cukup asing bagi masyarakat awam namun sebenarnya hal ini banyak dijumpai. Bahkan hal ini banyak dilakukan oleh masyarakat masa kini yang sangat melekat dengan dunia digital.

Tujuan SERP

Menampilkan hasil pencarian

salah satu hal yang menjadi tujuan dari SERP atau Search Engine Result Page adalah untuk menampilkan hasil pencarian. Bahkan hal ini tampaknya menjadi tujuan utama dari SERP itu sendiri. Di era digital seperti sekarang ini memang seluruh hal yang berkaitan dengan komputasi dan internet lebih diutamakan. Maka tak heran bila penggunaan internet sekarang ini semakin meningkat. Bahkan internet tidak hanya bisa diakses dengan menggunakan perangkat PC saja tetapi juga dengan mengunakan smartphone yang berukuran kecil.

Akses internet rupanya banyak dibutuhkan untuk mencari informasi mengenai berbagai hal. Maka tiap hal yang dicari oleh user internet akan muncul di hasil pencarian pada masin pencari. Jadi apa yang sedang menjadi trend dan banyak dicari orang bsia dilihat pada hasil pencarian yang akan ditampilkan oleh mesin pencari.

Mereferensikan website terbaik

Saat Anda ingin mendapatkan berbagai informasi mengenai suatu hal maka Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan menggunakan media internet. Tentu saja saat Anda melakukannya maka Anda akan mendapatkan beberapa referensi website yang terbaik. Jadi berbagai website tersebut akan muncul sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan di mesin pencari.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Oleh karena itu sebaiknya Anda memasukkan kata kunci yang tepat pada mesin pencari. Jadi Anda akan mendapatkan berbagai referensi website yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau sedang dibutuhkan. Website yang paling banyak keluar dengan kata kunci yang sama bisa diidentikkan dengan website yang berkualitas sehingga bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda.

Memaksimalkan SEO

SEO pada dasarnya merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Jika dilihat secara sekilas maka bisa Anda ketahui bahwa SEO ini memiliki bagian yang sama dengan SERP yaitu sama-sama berhubungan dengan mesin pencari. Namun SEO lebih mengarah pada upaya meningkatkan kekuatan blog pada mesin pencari. Jadi SEO ini bisa disebut pula sebagai sebuah proses optimasi pada blog yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas halaman website hingga bisa menjadi lebih baik.

Arti lebih baik disini mengacu pada peluang munculnya website hingga muncul di halaman teratas pada mesin pencari. Dengan kata lain SEO dilakukan dengan maksud agar kualitas website Anda bisa berada di SERP tingkat paling tinggi. Tujuan SEO ini tentu sudah jelas untuk membuat website lebih banyak dibaca oleh user internet. Oleh karena itu halaman pencarian atau SERP seolah menjadi suatu wadah untuk menampilkan website terbaik yang didukung dengan adanya SEO secara maksimal.

Fungsi SERP

Mengetahui kualitas website

SERP atau Search Engine Result Page memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah untuk membantu Anda dalam mengetahui kualitas website Anda. Atau bisa juga hal ini digunakan untuk mengetahui kualitas dari blog Anda. Jadi dengan melihat halaman pencari maka Anda bisa melihat apakah website Anda terletak di bagian teratas atau bahkan tenggelam. Maka dengan adanya halaman pencari ini tentunya Anda bisa mengetahui sejauh mana kualitas dari website Anda. Jika memang website Anda tidak tampil di halaman pertama maka Anda bisa mulai meningkatkan kualitas website Anda. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan strategi SEO sehingga website Anda bisa semakin berkualitas. Jika website atau blog milik Anda semakin bagus maka tentunya website atau blog tersebut akan semakin berkualitas. Tentunya Anda akan menemukan website atau blog Anda tersebut pada halaman pertama di pencarian. Maka bisa dikatakan bahwa SERP semakin tinggi.

Meningkatkan kreasi konten

Bila memang website atau blog Anda tidak terdapat di halaman pertama pada mesin pencarian maka Anda bisa mengoptimasi website atau blog Anda tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas website atau blog Anda adalah dengan meningkatkan konten. Misalnya Anda bisa membuat konten yang sangat menarik. Konten yang menarik bisa saja merupakan konten yang dibuat dengan sangat kreatif. Maka konten Anda tersebut akan menjadi sebuah konten yang penuh kreasi. Tentu saja konten seperti ini akan menambah kualitas sebuah website atau blog. Maka dengan adanya konten yang kreatif diharapkan agar website atau blog bisa muncul di halaman pencarian yang teratas.

Melakukan perbaikan

Memang bisa terjadi sebuah website atau blog tidak terlalu bagus sehingga tidak muncul di halaman pertama pada mesin pencarian. Jika memang Anda mengetahuinya maka Anda bisa segera melakukan perbaikan pada website atau blog Anda tersebut. Dalam hal inilah peran SEO dibutuhkan yaitu agar website dan blog bisa menjadiu semakin berkualitas. Pada dasarnya perbaikan situs memang dilakukan dengan tujuan agar situs Anda menunjukkan adanya tingkat SERP yang tinggi.

Pentingnya SERP

SERP atau Search Engine Result Page tentu saja cukup penting kehadirannya terutama bagi SEO dan sejenisnya. Sebab adanya halaman pencarian ini sebenarnya cenderung digunakan untuk menentukan pencarian yang paling banyak dilakukan oleh user internet. Melalui halaman pencarian ini tentunya akan diketahui website apakah yang teratas dan paling banyak dicari oleh user. Oleh karena itu di masa sekarang yang identik dengan era digital ini tampaknya semakin banyak penggunaan SERP untuk bisa mengetahui website teratas. Para pemilik website tentu ingin websitenya berada dipencarian pertama. Maka tak heran bila semakin banyak orang yang menerapkan strategi SEO untuk bisa mendapatkan websitenya pada halaman pertama yang tampak pada SERP.

Hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem absensi yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan prosuk besutan dari JojoTimes yang mampu membantu sistem absensi perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Berkat produk ini maka nantinya absensi perusahaan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan dapat melihat posisi dan kondisi karyawan saat melakukan absensi. Sehingga bebas dari resiko penipuan.

Tentunya hal tersebut berkat beberapa fitur yang terdapat di dalam JojoTimes. Fitur tersebut meliputi fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat maupun fitur mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja. Sehingga tentunya perusahaan tidak perlu khawatir lagi. Ayo segera ganti sistem absensi perusahaan Anda dengan JojoTimes dan dapatkan coba gratis untuk membuktikan manfaatnya.