Shared Leadership Untuk Pencapaian Visi Misi Perusahaan Sepenuhnya

shared leadership

Shared leadership pada dasarnya merupakan sebuah konsep yang umumnya digunakan di dalam suatu perusahaan atau lembaga atau instansi dan sejenisnya. Konsep ini lebih menekankan adanya kepemimpinan di dalam sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya manusia yang ada di perusahaan terkait. Proses memaksimalkan sumber daya manusia ini tentunya dilakukan dengan berbagai upaya atau langkah yang sekiranya bisa diusahakan untuk dijalankan semaksimal mungkin. Upaya ini tampaknya seringkali dinilai cukup rumit untuk dilakukan. Namun tentunya upaya ini bisa dilakukan hingga memberikan hasil yang efektif bagi perusahaan. Selain itu upaya ini bisa menjadi langkah yang sekiranya berhasil sehingga bisa membawa bisnis mengalami perkembangan yang signifikan.

Unsur Shared Leadership

Adanya sebuh tujuan bersama

Sebuah perusahaan tentunya dibangun dengan adnaya berbagai macam tujuan. Entah untuk melayani konsumen atau untuk menciptakan inovasi ataupun untuk sekedar menambah penghasilan saja. namun tentunya setiap kayawan yang bekerja di perusahaan perlu memahami setiap tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Maka tim yang bekerja di perusahaan terkait bisa bersama-sama melakukan upaya untuk mencapai apa yang memang menjadi tujuan bersama tersebut. Dengan adanya pemahaman tersebut maka setiap ornag yang terlibat dengan perusahaan Anda bisa lebih menghargai tujuan utama perusahaan. Dengan demikian maka tiap anggota perusahaan bisa secara bersama-sama berupaya untuk selalu bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama.

Terciptanya motivasi dan dukungan sosial

Selanjutnya hal yang perlu ada dalam pelaksanaan konsep shared leadership adalah dukungan sosial. Yang dimaksud dengan dukungan sosial dalam hal ini adalah segala dukungan yang diberikan oleh seluruh anggota perusahaan. Sebab tanpaadanya dukungan dari seluruh anggota perusahaan maka pencapaian target perusahaan tidak dapat dilakukan dengan lancar. Jadi di dalam suatu perusahaan tentu saja setiap anggota perusahaan haruslah saling mendukung. Dengan adanya dukungan ini maka setiap anggota bisa saling memotivasi sehingga setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan penuh semangat. Pada akhirnya suasana kerja yang penuh dengan semangat dan dukungan di antara tiap anggota bisa membuat perusahaan menjalankan aktivitasnya dengan baik dan lancar.

Munculnya segala ide kreatif dan inovatif

Sebuah perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya tentu memerlukan segala ide baru. Oleh karena itu kepemimpinan yang dilakukan oleh satu orang saja tidak akan membuahkan hasil maksimal. Justru sebaliknya kepemimpinan dengan model shared leadership akan mendorong munculnya banyak ide kreatif dan penuh dengan inovasi. Sebab setiap pemimpin di tiap divisi akan selalu berusaha untuk mengemukakan segala idenya yang penuh dengan kreativitas tersendiri. Hingga akhirnya bisa tercipta suatu inovasi yang mungkin saja akan membawa perusahaan untuk berkembang dan lebih maju dari sebelumnya. Dengan adanya masukan dan ide dari tiap anggota perusahaan maka perusahaan dapat terus menciptakan produk dan melakukan aktivitas pemasaran dengan kreatif.

Manfaat Shared Leadership

Produktivitas karyawan meningkat

Sebuah konsep kepemimpinan bergaya shared leadership pada dasarnya bisa memberikan banyak manfaat. Baik manfaat atau keuntungan untuk perusahaan Anda maupun untuk setiap anggota yang terlibat dalam perusahaan terkait. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh para anggota perusahaan melalui gaya kepemimpinan shared leadership adalah adanya produktivitas karyawan yang semakin meningkat. Sebab karyawan yang diberi tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola tim akan semakin merasa dihargai. Hingga akhirnya karyawan ini akan selalu berusaha untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan. Maka produktivitasnya akan terus mengalami peningkatan sehingga kinerjanya akan semakin baik dan bisa memberikan hasil terbaik bagi perusahaan.

Kondisi kerja kondusif

Tidak hanya kinerja karyawan yang meningkat saja yang bisa timbul karena adanya gaya kepemimpinan shared leadership. Tetapi secara lama-kelamaan kondisi dan suasana kerja di perusahaan akan emnjadi semakin kondusif. Hal ini bsia saja terjadi sebagai dampak dari adanya kepercayaan yang diberikan oleh Anda selaku pemilik bisnis kepada beberapa karyawan Anda untuk mengelola tim. Kepercayaan ini tentu dinilai sebagai suatu hal yang bersifat positif oleh para karyawan. Maka segala pekerjaan akan dilakukan dengan penuh semangat baru dan penuh tanggung jawab. Selain itu pekerjaan akan dilakukan tanpa adanya rasa kecewa terhadap perusahaan. Suasana kerja yang seperti ini tentu akan sangat mendukung kinerja para karyawan di perusahaan terkait.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pencapaian target perusahaan

Sebuah perusahaan tentu saja didirikan dengan adanya tujuan utama. Untuk mencapai tujuan ini maka tiap perusahaan mempekerjakan beberapa karyawan yang tentunya sesuai dengan keahliannya. Namun pembagian kerja karyawan ini tentu akan diwarnai dengan adanya kehadiran pemimpin di tiap bagian atau divisi yang bertugas mengelola tim. Maka kinerja tim akan semakin produktif dan memberikan hasil yang paling maksimal. Dalam hal ini perusahaan bisa disebut telah melakukan pengoptimalan sumber daya manusia hingga karyawan bisa memberikan hasil kerja sesuai dengan apa yang diharapkan bersama. Kondisi ini pada akhirnya bisa membantu perusahaan untuk mencapai target secara tepat.

Penggunaan Shared Leadership

Shared leadership tampaknya saat ini semakin banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan yang ada di tanah air. Pada dasarnya konsep ini menekankan adanya kesempatan yang diberikan pada tiap individu untuk bisa memimpin di bidangnya masing-masing. Jadi tiap individu akan diberikan kesempatan untuk berkarya dan mengembangkan sifat kepemimpinannya sehingga dapat mengelola tim kerja yanga da di bidang keahliannya masing-masing. Hal ini tentu saja menjadi sebuah ide yang sangat bagus bagi sebuah perusahaan. Sebab saat ini semakin banyak timbul perusahaan pesaing yang juga memiliki reputasi baik di mata masyarakat.

Untuk menghadapi tantangan ini maka tak cukup bila sebuah perusahaan hanya menggunakan satu orang pemimpin saja. Oleh karena itu perusahaan perlu menciptakan beberapa divisi dengan pemimpin di masing-masing divisi. Maka pencapaian tujuan perusahaan tentusaja bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sebab setiap individu bisa saja menciptakan ide yang kreatif dan inovatif untuk melakukan pengembangan bisnis. Maka bisnis Anda bisa maju dan lebih mudah dalam melakukan pencapaian target. Oleh karena itukonsep shared leadership dinilai mampu membawa perusahaan untuk bisa maju terutama di masa sekarang yang penuh dengan kompetisi.

Sama seperti saat mencari sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yang layak dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Produk ini dapat membantu pembayaran payroll otomatis setiap bulannya sesuai dengan pengaturan yang diinginkan perusahaan. Selain itu dapat pula terintegrasi dengan kehadiran karyawan yang bisa menghitung payroll secara otomatis.

Hal ini karena JojoPayroll dilengkapi oleh banyak fitur menarik. Termasuk di dalamnya yaitu fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, maupun fitur Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis. Karena itu jangan khawatir, segera daftarkan perusahaan Anda dan cobalah produk yang satu ini.

Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri kehebatan JojoPayroll.