Sikap Proaktif : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya dalam Hidup

sikap proaktif

Banyak orang di dunia ini adalah orang sukses di segala bidang pekerjaan. Salah satu dari berbagai sikap dan sifat yang dibutuhkan untuk sukses adalah dengan melakukan pendekatan proaktif terhadap berbagai masalah yang sering muncul di dunia kerja. Sebelum kita membahas lebih jauh, kita harus mengetahui apa definisi dan ciri-ciri sikap aktif.

Definisi Sikap Proaktif

sikap proaktif

Sikap proaktif adalah sikap (stimulus) seseorang yang mampu menentukan pilihan saat dirangsang. Orang yang proaktif dapat memberikan jeda antara datangnya stimulus dan keputusan untuk merespons. Selama istirahat, orang yang proaktif dapat membuat pilihan dan membuat jawaban yang paling sesuai untuk mereka.

Definisikan dia secara aktif sebagai “kemampuan untuk memilih dan merespons”. Sikap Proaktif selalu memiliki tujuan, maju, menghadapi masa depan, dan membangkitkan perilaku internal mereka sendiri. Stimulus dari luar lebih jelas karena cenderung diwujudkan dari dalam ke luar daripada membuat individu merespons rangsangan lingkungan.

Individu mencerna rangsangan eksternal ini secara psikologis, bukan hanya bereaksi terhadapnya. Kepositifan adalah salah satu asumsi dasar sifat manusia. Lebih lanjut menjelaskan bahwa inisiatif berlawanan dengan reaktivitas. Bersikap proaktif adalah bahwa akar dari semua perilaku terletak pada kepercayaan diri manusia.

Manusia mengambil tindakan, bukan hanya bereaksi. Penyebab perilaku dapat ditemukan pada manusia, atau dapat ditimbulkan secara internal. Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia, terutama saat menghadapi rintangan dan berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif menunjukkan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, atau disebut juga kecerdasan emosi yang tinggi.

Seseorang dapat bertahan dalam menghadapi bencana, dapat meningkatkan motivasi pada saat keadaan buruk, serta dapat memberikan respons yang positif sesuai dengan keadaan yang semuanya merupakan sikap proaktif dan menunjukkan pengelolaan emosi yang baik.

Apakah Anda punya sikap proaktif?

sikap proaktif

Banyak orang bertanya bagaimana harus bersikap saat menghadapi masalah? Banyak orang memberikan saran, proaktif! Tapi apa artinya ini Orang dengan sikap proaktif biasanya memiliki visi untuk masa depan, memandang masa depan dengan optimis, selalu proaktif, dan memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas hidup.

Sikap proaktif sering mengarah pada tindakan positif. Mengubah diri sendiri adalah sumber utama kesuksesan kita masing-masing. Kami adalah orang-orang yang ingin maju. Kita bertanggung jawab atas kebahagiaan atau kegagalan kita sendiri.

Menjadi agresif adalah cara kita menentukan sikap kita terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Manusia mempunyai kearifan untuk bereaksi negatif (bereaksi) terhadap lingkungannya atau sebaliknya secara positif (positif). Menjadi proaktif adalah bagaimana sikap mengendalikan hidup kita, bukan sebaliknya.

Ciri-ciri

sikap proaktif

Proaktif adalah tipe orang yang dapat memilih satu atau lebih responden. Biasanya orang tipe ini sangat ceroboh dalam memilih jawaban, ketahui bahwa mereka harus memikirkannya sebelum menjawab. Contoh orang yang agresif adalah jika kamu dipukul oleh orang lain, kamu tidak akan langsung melawan.

Kamu harus berpikir dulu “Ada apa?” ​​“Kenapa tiba-tiba aku dipukul?” Sebelum mengambil tindakan, kamu harus Temukan alasan paling logis. Orang yang aktif biasanya lebih stabil dan tenang secara emosional, dan ketika mereka terstimulasi, mereka dapat mengendalikan emosinya.

Masih kurang puas dengan penjelasan ini? Coba perhatikan ciri-ciri orang agresif berikut ini:

  1. Cenderung sangat aktif.
  2. Inisiatif yang tinggi.
  3. Tenang dan tidak mudah menyinggung perasaan orang lain.
  4. Berpikir dua kali.
  5. Bertanggung jawab atas semua tindakannya.
  6. Keputusan dapat dibuat bahkan dalam situasi yang paling sulit.

Jika Anda memiliki teman yang proaktif, apakah Anda sangat menghargainya? Atau apakah Anda tipe yang proaktif?

Faktor yang mempengaruhi sikap proaktif

pemimpin

Secara umum positivitas tidak dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Proaktif tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti perubahan cuaca dan perilaku orang lain terhadap individu. Individu yang tidak berinisiatif dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan sosialnya, seperti mudah tersinggung atau tersinggung oleh sikap orang lain, atau menyalahkan cuaca buruk pada sikap yang ditampilkan.

Individu yang menggunakan inisiatif didorong oleh nilai-nilai yang dipertimbangkan dengan cermat, dipilih, dan hadir dalam pengambilan keputusan. Faktor-faktor yang mempengaruhi inisiatif individu adalah keyakinan, motivasi, kebiasaan dan sikap. Paradigma eksternal yang mempengaruhi inisiatif adalah teman, keluarga, uang, perlengkapan sekolah, dan tempat ibadah. Kepositifan tergantung pada kematangan emosi, intelektual, moral dan sosial.

Contoh sikap proaktif

Sikap proaktif sangat penting karena tidak pernah menunggu aktivitas yang membutuhkan perbaikan. Sikap proaktif selalu memperhatikan tindakan yang Anda lakukan, sehingga Anda harus selalu menjaga perilaku dan perilaku Anda agar bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan sikap proaktif, kita dapat mengembangkan diri, menjadikan kita individu yang bertanggung jawab, memotivasi sesama di lingkungan, berpegang pada prinsip-prinsip positif kita dan orang lain, serta dapat berperan di semua bidang masyarakat. Inilah salah satu sikap yang dianut oleh orang-orang sukses di dunia ini, kita pun bisa menjadi orang yang proaktif. Beberapa sikap proaktif antara lain:

  • Bertanggung jawab atas tindakan Anda.
  • Semua perilaku adalah produk dari pilihan sadar berdasarkan nilai-nilainya.
  • Berpikir dua kali.
  • Mampu membuat keputusan yang tepat bahkan dalam kasus terburuk.
  • Tidak mudah menyinggung perasaan.
  • Fokus pada apa yang bisa mereka ubah, bukan apa yang tidak bisa mereka ubah.
  • Jangan salahkan situasi / kondisi lingkungan.

Kesimpulan

Inti dari menjadi proaktif adalah dua hal, yaitu bertanggung jawab atas hidup dan memiliki sikap “Saya bisa”. Ini sesuai dengan ungkapan “orang berbakat jarang duduk dan menunggu segala sesuatu terjadi pada mereka. Mereka melakukannya, dan semuanya menjadi kenyataan.

Orang yang sukses di dunia ini berdiri dan mencari kondisi yang mereka inginkan.” Jika mereka tidak dapat menemukan ketentuan ini, mereka akan membuatnya. ” Penggerak impian Anda adalah “Anda”. Apakah Anda cukup proaktif untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dalam pekerjaan Anda?

Bagaimana cara mengembangkan sikap pro aktif seperti itu? Dalam kasus “Kebiasaan Sempurna”, karyawan anda yang perlu di awasi secara otomatis oleh sistem aplikasi yang secara transparan menghindari dari penipuan saat mereka bekerja. Ini adalah sikap proaktif pemimpin perusahaan seperti anda bersama JojoTimes.

Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun saat mereka bekerja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan.

Anda tertarik? Segera daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba gratis JojoTimes sekarang juga!