SIM Keliling Jadi Layanan Praktis yang Memudahkan Masyarakat

sim keliling

SIM keliling adalah layanan yang secara khusus disediakan oleh POLRI untuk masyarakat yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi membuang waktu dan tenaga untuk datang ke SATPAS ataupun POLRES yang biasanya dibanjiri banyak orang.

Bagi siapa saja yang telah berusia di atas 17 tahun dan aktif berkendara pasti diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi atau yang biasa disingkat dengan SIM. Seperti yang telah diketahui, SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh POLRI kepada seseorang dengan syarat tertentu. Di antaranya persyaratan seputar administrasi, sehat secara jasmani dan rohani, paham akan peraturan lalu lintas, dan terampil dalam menggunakan kendaraan bermotor.

Kendati demikian, SIM ini tidak bisa dimiliki secara sembarangan. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM sesuai jenis kendaraan yang dikemudikan.

Dulu, jenis SIM ini hanya ada SIM A, B, dan C saja. Namun setelah itu diberlakukan aturan baru dengan dibuatnya SIM D golongan D2 untuk penyandang disabilitas roda empat. Ada juga golongan SIM C yang terbagi menjadi tiga berdasarkan kapasitas mesin yang digunakan, yaitu C, C1, dan C2.

sim keliling

Pengertian SIM keliling

Mungkin sebagian dari kamu tahu, bahwa untuk mengurus ataupun memperpanjang SIM harus datang ke SATPAS terdekat. Namun seiring berjalannya waktu, POLRI pada akhirnya memberikan kemudahan bagi para pemilik SIM untuk bisa memperpanjang masa berlakunya, yaitu dengan datang ke mobil SIM keliling.

Sesuai dengan namanya, layanan SIM keliling ini memungkinkan kamu untuk melakukan perpanjangan SIM di lokasi tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak-pihak berwenang. Dengan demikian, kamu tak perlu lagi repot mendatangi kantor SATPAS atau POLRES terdekat.

Namun, layanan ini hanya berlaku untuk perpanjangan SIM saja. Jika kamu ingin membuat SIM yang baru, maka kamu tetap diharuskan untuk datang ke kantor SATPAS atau POLRES yang telah ditentukan. Kendati demikian, layanan SIM keliling ini tetap dianggap sangat membantu dan menghemat banyak waktu. Apalagi bagi mereka yang tempat tinggalnya cukup jauh dari lokasi kantor SATPAS atau POLRES.

sim keliling

Ketentuan khusus SIM keliling dari POLRI

Ketahuilah, tidak semua SIM bisa diperpanjang melalui layanan satu ini seperti yang bisa dilakukan di kantor SATPAS atau POLRES. Nah, berikut ini ada beberapa syarat dan ketentuan khusus perpanjangan SIM yang harus diperhatikan dengan seksama.

  • Prosedur perpanjangan SIM yang bisa dilakukan pada layanan SIM keliling hanya terbatas pada SIM C untuk motor dan SIM A untuk mobil. Sementara golongan SIM lainnya harus dilakukan secara langsung di kantor SATPAS atau POLRES terdekat.
  • SIM yang hendak diperpanjang masih berlaku atau tidak melebihi masa berlakunya.
  • Jangan lupa untuk membawa KTP atau Surat Keterangan Pengganti E-KTP asli yang masih berlaku dan juga fotokopinya.
  • Perpanjangan SIM bisa dilakukan 14 hari sebelum masa berlakunya habis.
  • Wajib mengenakan masker dan membawa hand sanitizer sebagai bagian dari protokol kesehatan di masa pandemi.
  • Ketika SIM yang akan diperpanjang telah melebihi masa berlakunya, maka SIM harus diproses di SATPAS atau POLRES terdekat dengan syarat menunjukkan E-KTP. Kemudian, ajukan permohonan proses penerbitan SIM Baru.
  • Jam operasional pelayanan SIM keliling biasanya dimulai pada pukul 8 pagi hingga proses penerbitan SIM untuk semua peserta selesai. Khusus untuk pendaftaran berakhir di jam 3 sore.
  • Bawa surat keterangan sehat dari dokter yang telah ditunjuk oleh pihak kepolisian. Surat tersebut biasanya berisi pernyataan sehat jasmani, tidak buta warna, tidak menderita cacat fisik, tidak tuli, visus mata atau jarak pandang tidak terganggu.

Biaya perpanjangan SIM keliling

Tentu saja proses perpanjangan SIM ini membutuhkan sejumlah dana yang dibagi lagi menurut jenis SIM itu sendiri. Untuk biaya perpanjangan SIM A, kamu harus menyediakan dana sekitar Rp 80 ribu. Sementara untuk biaya perpanjangan SIM C harus membayar sekitar Rp 75 ribu. Ketahuilah, biaya tersebut belum termasuk asuransi dan biaya kesehatan masing-masing sebesar Rp 50 ribu.

sim keliling

Prosedur perpanjangan masa berlaku SIM

Seperti halnya proses perpanjangan SIM di kantor SATPAS ataupun POLRES, layanan satu ini juga menerapkan sejumlah proses yang wajib dilalui oleh setiap peserta. Berikut ini adalah prosedur dan tata cara melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi di SIM keliling.

  • Datang ke lokasi mobil khusus layanan SIM terdekat sesuai jadwal yang ditetapkan oleh POLRI.
  • Antre untuk mendapatkan formulir permohonan SIM, jadi sebaiknya datang lebih pagi.
  • Isi formulir permohonan dengan data yang lengkap dan benar. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di kolom yang telah tersedia. Setelah itu, lengkapi dengan dokumen pendukung lain yang telah dijelaskan di atas.
  • Setelah semua proses selesai, kamu akan dipanggil oleh petugas untuk dilakukan kroscek data, pemindaian sidik jari, dan tanda tangan terakhir hingga SIM selesai dicetak.

Perbedaan SIM keliling dan SIM corner

Selain SIM keliling, saat ini masyarakat sudah semakin dimudahkan untuk memperpanjang SIM di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau seperti pusat perbelanjaan. Layanan ini disebut sebagai SIM corner yang tentu saja memiliki perbedaan dengan SIM keliling.

Jika layanan SIM keliling umumnya menggunakan mobil, maka SIM corner menetap di sebuah lokasi secara permanen untuk melayani masyarakat yang ingin memperpanjang SIM-nya. Untuk jenis pelayanannya sendiri tak ada yang berbeda.

JojoExpense membantu meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan

Sebagai warga negara yang baik pasti tidak akan melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk dalam hal perpanjangan SIM. Siapapun yang aktif menggunakan kendaraan bermotor di setiap harinya wajib memiliki benda satu ini, apalagi jika bekerja sebagai sopir ataupun jenis pekerjaan lain yang tak pernah lepas dari kegiatan di jalanan.

Memperpanjang SIM memang umumnya dilakukan secara pribadi, tapi ada juga beberapa perusahaan yang memfasilitasi hal ini dengan memberikan dana khusus untuk karyawannya. Tujuannya untuk menunjang pekerjaan karyawan tersebut sekaligus berperan aktif dalam mentaati peraturan pemerintah.

Oleh sebab itu, pengeluaran semacam ini juga perlu dimasukkan dalam sistem pengelolaan keuangan perusahaan. Meski nominalnya tidak terlalu besar, tapi percayalah setiap pengeluaran pasti memengaruhi produktivitas perusahaan. Jika tidak ingin repot dengan segala aktivitas keuangan perusahaan, ada baiknya jika kamu menggunakan JojoExpense mulai dari sekarang.

JojoExpense merupakan aplikasi yang dibuat dengan teknologi super canggih untuk membantu meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga mencapai 76 persen. Bukan sekadar untuk mengontrol anggaran di mana dan kapan saja, tapi JojoExpense juga memungkinkan kamu untuk mencegah terjadinya penipuan atas keuangan perusahaan.

JojoExpense dilengkapi dengan intelligence OCR dan real-time geotagging sehingga mampu memperingatkan kamu jika terjadi aktivitas keuangan yang tidak wajar. Kamu juga bisa menyerahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement melalui aplikasi persembahan Jojonomic ini.

sim keliling

Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh JojoExpense dan nikmati versi gratisnya selama 14 hari melalui link pada gambar di bawah ini ya!