Simak Penjelasan Contoh Laporan Budget Perusahaan

Status keuangan, pendapatan dan data pengeluaran dapat berubah setiap hari untuk sebuah perusahaan. Data keuangan didokumentasikan dan dicatat dalam laporan anggaran, sering disebut sebagai Contoh Laporan Budget Perusahaan.

Meskipun laporan anggaran dapat menjadi dokumentasi terperinci, pemilik bisnis juga dapat memilih untuk membuatnya singkat dan sederhana. Keputusan ini sering dipengaruhi oleh keseluruhan penggunaan dan jumlah pembaca laporan.

Apa itu Anggaran

Dalam istilah bisnis, definisi anggaran adalah perkiraan biaya dan pendapatan perusahaan untuk periode operasi, dan sumber dayanya saat ini.

Anggaran berfungsi sebagai peta jalan menuju tujuan perusahaan, dan memberikan dasar untuk mengukur seberapa baik proyeksinya sesuai dengan kenyataan.

Anggaran juga dapat menetapkan rencana perusahaan untuk mengatasi keadaan yang merugikan, dan menjelaskan bagaimana sumber daya akan dialokasikan untuk menghadapinya.

contoh laporan budget perusahaan

Isi dan Bagian Laporan Anggaran

Laporan anggaran perusahaan akan memiliki bagian yang berbeda tergantung pada kebutuhan keuangan dan data yang tersedia untuk bisnis. Bagian umum meliputi:

  • pendapatan umum dan informasi penjualan,
  • biaya tetap dan fleksibel yang diperlukan agar bisnis beroperasi secara maksimal, dan
  • kekayaan bersih seluruh perusahaan, termasuk aset dan kewajiban.

Laporan anggaran yang lebih luas mungkin juga mencakup surat dari pemilik perusahaan tentang perubahan keuangan besar di perusahaan selama periode pelaporan, dan prediksi untuk masa depan.

Penting untuk diketahui bahwa ada perbedaan antara pelaporan keuangan dan laporan keuangan. Anggaran dan laporan keuangan serupa adalah alat yang berguna, tetapi hanya itu saja.

Laporan keuangan membuat representasi yang lebih formal dari nilai perusahaan, dan harus memenuhi stkamur hukum dan peraturan tertentu.

Jenis Laporan Anggaran pada Contoh Laporan Budget Perusahaan

Laporan anggaran atau laporan keuangan ditulis dan dibuat berdasarkan kebutuhan bisnis. Bisnis yang lebih kecil dengan tingkat penjualan tahunan yang sederhana mungkin hanya memerlukan anggaran tahun keuangan tunggal.

Namun, bisnis yang lebih besar dengan beberapa ratus penjualan per hari mungkin memerlukan laporan anggaran beberapa kali dalam setahun, juga disebut laporan triwulanan. Melacak keuangan dan anggaran membuatnya lebih mudah untuk menyusun laporan tahunan untuk bisnis.

contoh laporan budget perusahaan

Pembaca dan Penggunaan Laporan Anggaran

Pemilik bisnis dan eksekutif perusahaan adalah pembaca umum laporan anggaran. Mereka menggunakan informasi tersebut secara internal untuk membuat rencana dan proyek keuangan yang sesuai dengan batas anggaran dengan harapan dapat menciptakan keuntungan tahunan yang lebih besar.

Pertumbuhan dan ekspansi sering kali menjadi tujuan umum dari laporan anggaran, meskipun hal sebaliknya bisa terjadi di masa-masa sulit.

Misalnya manajer di departemen dengan pertumbuhan yang diproyeksikan mungkin mempekerjakan staf tambahan, sementara yang lain yang menghadapi pemotongan anggaran operasional mereka mungkin perlu membekukan perekrutan atau bahkan membiarkan staf pergi.

Laporan anggaran juga dibaca oleh pihak luar, seperti pemegang saham dan investor. Investor dan pemegang saham tertarik pada bagaimana bisnis beroperasi dan melakukan keuangan sebelum membuat keputusan besar.

Ini juga merupakan alat yang berguna untuk mengevaluasi manajemen perusahaan: Jika hasil dunia nyata perusahaan secara konsisten berbeda dari proyeksi anggaran, itu mencerminkan buruknya pengambilan keputusan dan keterampilan analitis mereka.

contoh laporan budget perusahaan

Sebuah Gambar Bernilai Seribu Kata pada Contoh Laporan Budget Perusahaan

Laporan anggaran yang lebih besar dengan banyak halaman angka dan gambar seringkali lebih efektif jika disajikan dalam bentuk bagan atau grafik.

Beberapa laporan juga menyediakan paragraf teks yang menjelaskan angka dan angka serta apa artinya bagi status keuangan bisnis.

Jika laporan anggaran memiliki bagian prediksi masa depan, grafik dan bagan tambahan disediakan untuk menunjukkan pertumbuhan dan rencana bisnis yang diharapkan.

Contoh Laporan Budget Perusahaan dari Laporan Anggaran

1.      Contoh Template Laporan Anggaran

Laporan tentang latar belakang dan tujuan, proyek, kondisi keuangan, dan banyak faktor lainnya harus dipertimbangkan, atas dasar laporan harus dibuat dan template di atas menunjukkan bagaimana hal itu dilakukan sehingga individu dapat meninjau anggaran mereka sendiri rencana

2.      Laporan Manajemen Anggaran Bulanan Gratis

Laporan manajemen anggaran bulanan ini berupaya membantu pemilik mengelola organisasi mereka berdasarkan anggaran yang sederhana namun ketat. Ini adalah salah satu contoh template anggaran bulanan. Kamu dapat menemukannya di Contoh & Sampel Laporan Bulanan .

3.      Laporan Anggaran Proyek Akhir

Setiap kali Kamu harus mengajukan permintaan hibah baru, Kamu harus menyerahkan laporan alokasi anggaran dan penggunaan istilah sebelumnya, sehingga efektivitas Kamu dalam mengelola hibah dapat dianalisis. Contoh template di atas adalah petunjuk untuk itu.

4.      Laporan Anggaran Triwulanan

Laporan yang baik untuk perusahaan kota dibuat atas dasar banyak faktor, yaitu dana perusahaan, dana Pendapatan Khusus, inisiatif anggaran dan terutama alasan penyimpangan dari angka yang dianggarkan. Template di atas adalah penjelasan rinci tentang apa faktor terpenting untuk laporan anggaran tersebut.

5.      Pelaporan Anggaran Keuangan

Laporan di atas berupaya mengedukasi masyarakat tentang proses pelaporan anggaran keuangan. Prosesnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. Orang-orang yang ingin belajar akan menemukan informasi berharga dalam contoh ini.

6.      Contoh Laporan Rancangan Anggaran

Rancangan anggaran adalah laporan anggaran awal yang kemudian diubah menjadi laporan anggaran akhir setelah disahkan oleh otoritas yang berwenang.

Jika Kamu ingin belajar menyusun laporan anggaran, template di atas ini memiliki banyak hal untuk dipelajari. Ini memiliki daftar periksa untuk memastikan Kamu berada di jalur yang benar.

Ini memiliki proyeksi anggaran dan banyak pelajaran lain yang akan memudahkan Kamu membuat laporan anggaran dengan efisiensi maksimal.

7.      Contoh Laporan Anggaran Akhir

Di atas adalah contoh pelaporan anggaran keuangan. Unsur-unsur penting yang perlu dipertimbangkan untuk laporan disebutkan untuk memudahkan Kamu memahaminya. Jadi saat membuat laporan anggaran, Kamu dapat menggunakan ini sebagai panduan.

8.      Laporan Perkiraan Anggaran Maksimum

Contoh di atas adalah laporan keuangan Lokal Negara Bagian Indiana di mana mereka menunjukkan anggaran awal dan pengeluaran mereka dan berapa banyak surplus yang mereka capai. Sebuah template sederhana untuk dilihat dan diingat untuk digunakan dalam bisnis mengenai perkiraan anggaran, biasanya disiapkan oleh administrasi perpustakaan di mana mereka harus tetap berada dalam angka eskalasi Anggaran Maksimum yang diizinkan.

9.      Menjalankan Laporan Kegiatan Anggaran

Dengan perkembangan sistem perangkat lunak yang semakin efisien, menjadi mudah untuk menghasilkan laporan berdasarkan input. Template di atas menunjukkan dengan gambar bagaimana perangkat lunak yang disebut Oracle dapat membantu membuat laporan Anggaran yang akurat.

10.  Laporan Inisiatif Defisit Anggaran

Di atas adalah contoh laporan yang membahas kondisi keuangan dan ekonomi yang tidak berada di tangan pemerintah daerah dan berbicara tentang tindakan yang dapat diambil untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin disebabkan oleh faktor-faktor tersebut.

Ini adalah contoh yang bagus untuk dipelajari bagi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana menangani krisis yang disebabkan oleh faktor eksternal.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.