Sistem Kerja Remote Bagi Para Pelaku WFH

sistem kerja remote

Sistem kerja remote tampaknya menjadi sebuah sistem kerja yang saat ini sedang trend. Bahkan sistem kerja ini tidak hanya trend di tanah air saja tetapi juga di berbagai negara di belahan dunia. Sistem kerja ini sendiri merupakan suatu sistem yang tidak mengharuskan pegawai untuk melakukan pekerjaannya di kantor. Jadi pegawai bisa bebas bekerja dari tempat mana saja sebab pekerja tidak wajib datang ke kantor.

Anda sebagai pegawai dari suatu perusahaan yang menggunakan sistem kerja remote tentunya bebas untuk memilih bekerja di mana saja. Namun tempat yang digunakan untuk bekerja sebaiknya dapat menunjang dan mendukung pekerjaan Anda sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Kini tren kerja remote yang semakin menjamur di sekitar kita semakin didukung pula dengan adanya perkembangan teknologi terutama di bidang komunikasi dan informasi.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini maka Anda dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah sekalipun tidak datang ke kantor. Anda bisa melakukan seluruh pekerjaan Anda dengan menggunakan media internet yang bisa diakses melalui perangkat Anda seperti komputer dan smartphone. Metode kerja remote ini tampaknya diterima dengan baik oleh masyarakat tanah air karena dianggap lebih menguntungkan bagi pekerja. Dengan adanya sistem kerja yang seperti ini maka Anda bisa melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan juga lebih efisien.

Faktor Penyebab Sistem Kerja Remote

Beberapa penyebab sistem kerja remote saat ini antara lain yaitu karena hal-hal di bawah ini.

Teknologi semakin modern

Teknologi di dunia ini rupanya berkembang dengan sangat pesat sehingga semakin mendukung adanya proses modernisasi. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih ini pada akhirnya turut berdampak di dunia industri. Teknologi yang semakin berkembang turut menambah kecanggihan sistem komputasi dan informasi serta komunikasi. Akibatnya para pegawai bisa tetap bekerja dengan menggunakan sistem komputasi yang terhubung dengan internet sehingga bisa melakukan komunikasi dengan atasan sekalipun dari jarak jauh. Informasi mengenai hasil pekerjaan Anda tetap bisa disampaikan pada atasan melalui komunikasi.

Izin dari perusahaan

Metode pegawai melakukan kerja remote juga bisa saja terjadi karena adanya kesempatan atau peluang yang diberikan oleh perusahaan. Adanya kesempatan yang diberikan oleh perusahaan pada para pegawai untuk bekerja dengan sistem remote tentu akan dipilih oleh kebanyakan pegawai. Pegawai tentu akan lebih memilih untuk bekerja di luar kantor misalnya seperti bekerja dari rumah.

Lalu lintas macet

Banyaknya kendaraan terutama di beberapa kota besar tentu akan membuat pegawai terjebak kemacetan di tengah kota. Tentu saja kondisi ini semakin menghambat perjalanan menuju ke kantor. Maka tak heran bila kebanyakan pegawai lebih memilih untuk bekerja di rumah daripada aharus terjebak dengan kemacetan yang bisa membuat Anda menjadi stres.

Intensitas kerja yang tinggi

Intensitas kerja yang cenderung tinggi juga turut menjadi salah satu faktor penyebab tingginya jumlah pegawai yang melakukan sistem kerja remote. Kebanyakan pegawai memilih untuk bekerja dari rumah agar dapat menyelesaikan pekerjaannya yang menumpuk dalam waktu yang lebih singkat. Dengan bekerja dari tempat lain maka tidak akan terjadi penundaan pekerjaan.

Keuntungan Yang Diperoleh

Sebenarnya menggunakan sistem kerja remote dapat memberikan beberapa keuntungan, misalnya saja yaitu:

Lebih hemat waktu dan uang serta tenaga

Tidak perlu menyelesaikan pekerjaan di kantor tentu akan membuat pegawai menjadi lebih menghemat waktu. Sebab pegawai tidak perlu melakukan perjalanan dan tidak akan terjebak kemacetan. Jadi waktu kerja bisa lebih on time karena dilakukan di rumah atau di tempat mana saja yang sekiranya mendukung. Tidak hanya wkatu saja yang dihemat tetapi juga tenaga dan uang juga bisa dihemat. Anda tidak perlu merasa lelah karena perjalanan yang jauh dan juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transport.

Bisa sekaligus melakukan pekerjaan pribadi

Bekerja dari tempat di luar kantor rupanya lebih menguntungkan bagi pegawai. Sebab pegawai juga bisa bekerja sambil melakukan pekerjaan pribadinya. Misalnya seornag pegawai bisa bekerja sambil mengurus rumah. Tentu saja hal yang bisa dilakukan secara bersamaan ini bersifat lebih efektif bagi pegawai. Tidak hanya pekerjaan kantor saja yang selesai tetapi juga pekerjaan rumah untuk keluarga.

Kerugian Sistem Kerja Remote

Selain memberikan keuntungan, ada sisi kerugian yang bisa terjadi, misalnya yakni:

Kurangnya sosialisasi

Bekerja di luar kantor memang menyenangkan dan bisa lebih menghemat pengeluaran. Namun Anda tentunya tidak dapat bertatap muka langsung dnegan para rekan kerja atau teman sekantor. Intensitas komunikasi menjadi berkurang sehingga kerja sama menjadi tidak efektif. Kurangnya keakraban memang bisa membuat hubunganterasa canggung sehingga jalinan kerja sama kurnag kuat. Di samping itu solidaritas di antara sesama rekan kerja juga semakin berkurang karena jarnagnya komunikasi. Hal ini pada akhirnya bisa berdampak pada daya kerja Anda.

Penurunan produktivitas

Pegawai yang melakukan metode kerja remote tentu tidak dapat diawasi secara penuh oleh pihak atasan. Akibatnya bekerja bisa saja dilakukan dengan lebih leluasa. Bekerja juga bisa saja lebih banyak diselingi dengan aktivitas lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dan bisa juga diselingi santai. Hal ini bisa memicu terjadi penurunan produktivitas pegawai sehingga kinerja tidak lagi dilakukan semaksimal mungkin. Lambat laun jika hal ini terus terjadi maka penurunan produktivitas ini akan menyebabkan perusahaan mengalami kendala dalam mencapai tujuan.

Sistem kerja remote yang akhir-akhir ini terjadi di banyak perusahaan rupanya disambut baik oleh para pegawai. Kebanyakan pegawai saat ini tidak lagi bekerja di kantor tetapi bekerja dari rumah atau dari tempat lain. Sepintas hal ini tampak menyenangkan amun bagaimanapun juga tetap saja bisa muncul dampak negatif dari adanya sistem kerja yang seperti ini. Dampak negatif bisa saja terjadi karena lemahnya kontrol dari pihak atasan kepada para pegawai.

Oleh karena itu sebagai pegawai yang bekerja di luar kantor sebaiknya Anda selalubisa dipercaya terutama dalam menjalankan tugas kantor. Anda perlu melakukan manajemen waktu dengan baik dan memiliki pengendalian diri untuk tidak melakukan hal lain selain bekerja. Setidaknya kesempatan ini dipergunakan dengan sebaik mungkin sehingga pekerjaan Anda selalu tepat waktu. Selain itu Anda perlu menggunakan teknologi dengan bijak dan tepat serta untuk kepentingan pekerjaan agar teknologi yang ada bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Adapun sistem ini sama halnya dengan sistem keuangan perusahaan. Tentunya diperlukan sistem yang lebih baik untuk memastikan kecurangan keuangan perusahaan dapat dihindari. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense, yang mana produk ini memiliki beberapa fitur penting seperti:

  • Auto Reimbursement
  • Auto Generate Expense Report
  • OCR (Auto Read Receipt)
  • Cash Advanced
  • Real Time Direct Transfer
  • Custom Approval Flow
  • Custom/Advance Approval Policy
  • Custom Reports Field
  • Custom Expense Transaction Field

Oleh sebab itu percayakan sistem keuangan perusahaan pada JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis sekarang juga dan mulai dapatkan manfaatnya.