Sistem Operasi adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Perkembangannya

sistem operasi

Sistem Operasi adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Perkembangannya – Pada artikel kali ini Jojonomic akan mengupas tuntas secara dalam apa itu Sistem Operasi. Setiap perangkat laptop, smartphone maupun PC pasti memiliki sistem operasinya masing-masing, sehingga setiap gadget yang Anda miliki pasti memiliki tampilan dan cara kerja yang berbeda. Lantas apasih fungsi dari sistem operasi itu sendiri? So simak terus artikel berikut ini!

Apa itu Sistem Operasi?

▷ Fiche métier Expert en système d'exploitation : salaire, étude, rôle et  compétence | RegionsJob.com

Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.

Sebelum ada sistem operasi, komputer hanya menggunakan sistem sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulannya masing-masing.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Fungsi Sistem Operasi

Computer basics for an online student - Peterson's

Sistem operasi mempunyai peran penting di dalam suatu sistem komputer. Berikut beberapa fungsi sistem operasi:

Manajemen Sumber Daya Komputer

Sistem operasi dapat mengatur waktu sebuah aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan CPU saat apliaksi berjalan bersamaan, memberi akses pada disk, dan lain sebagainya.

Menghubungkan Hardware

Sistem operasi berperan dalam mengoordinasikan semua perangkat yang saling terhubung pada gadget dalam waktu yang bersamaan, seperti penyimpanan internal, mouse, speaker, dan CPU.

Dalam hal ini sistem operasi berperan sebagai jembatan yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Kemudian pada gilirannya akan menjalankan operasi dasar komputer.

Tampilan Antar Muka (Interface)

Memberikan tampilan antar muka yang nyaman dan mudah untuk dioperasikan. Sehingga Anda tidak perlu memasukkan perintah yang rumit untuk menjalankan hardware atau software di komputer.

Mengoptimalkan Fungsi Komputer

Menjadikan komputer memiliki kinerja optimal juga bagian dari fungsi utama sistem operasi ini. Tanpa adanya sistem operasi, pengguna hanya dapat menjalankan program booting. Sisanya untuk program aplikasi pada komputer kemungkinan besar tidak dapat dijalankan.

Mengelola Seluruh Program

Sistem operasi akan mengatur seluruh kegiatan yang kompleks dari berbagai perangkat lunak di dalamnya agar berjalan sesuai dengan urutan yang tepat. OS juga mengatur setiap kegiatan yang berhubungan dengan perangkat keras yang terhubung.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Remote work: A productive perk worth keeping | CIO

Sistem Operasi Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:

Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan dan populer di dunia. Dalam hal ini Windows menjadi perangkat lunak operasi yang mendorong sistem komputasi di seluruh dunia. Wajar jika hal ini terjadi karena memang Windows dikembangkan dengan sistem yang ramah pengguna.

Windows diciptakan oleh Microsoft pada pertengahan 1980-an. Hingga kini, windows telah memiliki beragam versi yang berbeda. Empat versi terbaru diantaranya adalah Windows Vista (2007), Windows 7 (2009), Windows 8 (2012), dan Windows 10 (2015).

MacOS

Mac OS atau singkatan dari Machintosh operating System adalah sistem operasi eksklusif yang hanya terdapat di komputer Apple saja. MacOS yang diluncurkan pada tahun 1984 pertama kali digunakan untuk komputer bernama LISA. LISA tak lain adalah komputer hasil buah tangan Steve Jobs.

Di atas kertas, pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong relatif lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows. Pasalnya, produk Apple dari dulu sampai sekarang tergolong sebagai perangkat mahal. Namun bisa dibilang Windows dan MacOS adalah sistem operasi komputer paling populer hinga saat ini.

Linux

Linux diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 silam. Sistem operasi yang satu ini memliki sifat open-source dimana pengguna dapat memodifikasi dan mendistribusikan kembali secara bebas tanpa perlu lisensi.

Berkat fleksibilitas ini, rata-rata penggguna linux kerap kali memasang dan melakukan konfigurasi sendiri untuk membangun sistem. Pengguna OS Linux mayoritas juga paham akan teknologi, sehingga perkembangan Linux sangat pesat dibandingkan OS Windows atau Mac OS yang kebanyakan merupakan pengguna sehari-hari.

Sistem Opreasi untuk Mobile

Inilah Smartphone Terlaris Kuartal Pertama 2018, Ada iPhone X dan Xiaomi  Redmi 5A - ItWorks

Hingga saat ini terdapat banyak sistem operasi mobile yang telah dirilis, namun hingga saat ini hanya beberapa yang bertahan:

Android

Sistem operasi ini merupakan sistem yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Awalnya OS ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc. yang akhirnya dibeli oleh Google.

Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari Linux. Android muncul dengan versi 1.0 tanpa adanya embel-embel nama makanan di belakangnya. Versi selanjutnya adalah 1.5 dan mulai menggunakan nama Cupcake sebaga nama versi.

iOS

Ini adalah sistem operasi seluler terpopuler kedua di dunia setelah Android. Awalnya diluncurkan pada 2007 untuk iPhone. Jika Macintosh adalah OS untuk perangkat komputer milik Apple, iOS hadir khusus untuk perangkat mobile mereka seperti iPhone dan iPad. Perkembangan selanjutnya, OS ini juga dapat dijalankan dan terhubung dengan seluruh perangkat Apple.

Blackberry OS

Sistem oprerasi ini pernah menjadi alternatif selain Android dan iOS, namun lambat laun namanya tenggelam karena kalah populer. BlackBerry sendiri pun belakangan beralih ke Android, dan blackberry sendiri telah menetapkan pada tahun 2022 adalah akhir dari sistem blackberry OS.

Symbian

Jika Anda adalah generasi yang besar pada tahun 2000an, Anda pasti pernah menjumpai sistem operasi ini, dan biasanya terdapat pada hp Nokia, Sony Ericson dan Siemens. Namun pada akhirnya sistem ini kalah dan berakhir setelah kalah dengan sistem operasi generasi berikutnya.

Cara Kerja Sistem Opreasi

Di dalam sebuah sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), kernel, dan userspace. Hardware merupakan bentuk fisik dari sebuah sistem komputer. Kernel merupakan core software (perangkat lunak sistem utama) yang bertindak untuk berkomunikasi dengan hardware dan software aplikasi. Fungsi kernel merupakan fungsi utama dari sebuah sistem operasi. Userspace adalah software lainnya yang terdiri dari libraries and utilities (instruksi standar sistem aplikasi) dan applications/aplikasi (software yang digunakan pengguna).

Sistem operasi bekerja sebagai penghubung antar software dan hardware dalam sistem komputer. Sistem operasi mempunyai instruksi-instruksi dasar yang dapat dimengerti oleh software dan hardware. Dalam hal ini sistem operasi juga dibantu oleh perangkat lunak sistem dari perangkat keras terkait yang disebut dengan driver.

Sistem yang dapat Meningkatkan Efektivitas Perusahaan Anda

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!