Sistem Penggajian Online – Pengertian dan Manfaat

sistem penggajian online

Ketika anda atau suatu perusahaan memiliki setidaknya seorang pegawai, sangat disarankan untuk mengerti apa itu sistem penggajian online serta bagaimana menerapkannya. Sistem penggajian online mengharuskan anda untuk membayar karyawan sesuai dengan haknya. Pun lebih dari itu, sistem penggajian online juga melayani proses – proses lain seperti mengajukan pajak, menyimpan catatan penggajian dan masih banyak fitur – fitur keren lainnya.

Sistem payroll atau penggajian online yang bisa menjadi salah satu alat bantu yang cukup efektif dalam pemberian gaji secara online atau perhitungan – perhitungan akuntansi lainnya. Pengertian dari sistem penggajian online itu sendiri merupakan software yang bisa anda gunakan dalam pembayaran gaji atau yang lainnya secara online. Software tersebut bisa anda install di perangkat computer atau bahkan handphone. Selain digunakan untuk penggajian online, payroll juga bisa anda gunakan untuk melacak waktu masuk kerja, waktu keluar kerja dari seornag karyawan, perhitungan upah pekerja serta pembayaran pajak dan sebagainya.

sistem penggajian online

Apa yang Bisa Dilakukan Oleh Sistem Penggajian Online?

Pengertian dari sistem penggajian online itu sendiri pasti mudah untuk dipahami. Namun, tahukah anda apa manfaat dari sistem tersebut pada perkembangan bisnis anda? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan sistem penggajian secara online, antara lain adalah :

  • Menghitung pajak penggajian online
  • Mencetak bukti pembayaran
  • Mengunakan deposit secara langsung
  • Menyimpan bukti – bukti pembayaran
  • Melacak waktu atau jadwal kerja pegawai
  • Dapat menghitung biaya – biaya tambahan seperti komisi dan sebagainya

Dengan adanya sistem penggajian online yang semakin merajalela, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan sistem penggajian yang bisa melakukan banyak hal. Beberapa jenis sistem penggajian online mengharuskan pemiliknya untuk melakukan ‘pemeliharan’ dimana pemeliharaan tersebut tergantung pada jenis sistem penggajian yang anda gunakan.

Jika anda menggunakan payroll yang diinstal di computer, mungkin anda akan diminta untuk melakukan update pada batas – batas waktu tertentu. Update dapat dilakukan dengan mendownload sumber terbaru atau membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan versi yang paling mutakhir. Telat membayar perbaruan bisa berdampak pada pencatatan payroll yang kurang akurat. Seperti jumlah nilai pajak yang tidak sesuai atau masalah – masalah lainnya.

Jika anda berlangganan software payroll berbasis online, anda tidak perlu melakukan update. Hal ini dikarenakan sistem yang anda gunakan berada di cloud perusahaan yang secara otomatis akan melakukan update. Anda tidak harus menginstall atau mengunduh versi terbaru karna update akan otomatis ada Ketika anda melakukan log in. dengan menggunakan sistem penggajian online anda tidak perlu khawatir tentang besaran pajak yang sudah kadaluarsa.

sistem penggajian online

Keuntungan Menggunakan Sistem Penggajian Online

Menggunakan sistem payroll online memang sangat menguntungkan. Dimana anda akan mendapatkan sebuah sistem yang murah untuk perkembangan bisnis anda. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, menggunakan sistem penggajian online jauh lebih murah daripada menyewa atau memperkerjakan seorang akuntan.

Selain itu, payrole sistem online juga mempermudah anda atau perusahaan untuk mampu membayar gaji karyawan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Bayangkan jika anda menggunakan proses manual untuk menghitung pajak dan sebagainya, tentu hal ini akan sangat memakan banyak waktu. Sistem yang ada dalam sebuah payroll online akan membantu anda mengerjakan semua perhitungan dengan segera. Yang harus anda lakukan hanyalah emmastikan bahwa pekerja masuk dan keluar sesuai dengan tenggat yang telah ditentukan.

Selain itu, sistem berbasis online ini akan mengurangi jumlah error yang ada. Dimana Ketika anda menyewa seorang akuntan, bukan tidak mungkin human error akan terjadi. Penggunakan payroll tersebut telah terjamin keakuratannya. Anda bahkan tidak perlu khawatir Ketika salah emmencet angka di kalkulator atau melupakan Langkah perhitungan tertentu. Lebih jauh lagi, menggunakan payroll bisa meminimalisir tuntutan penalty dimasa depan karna perhitungan yang salah.

Sistem payroll yang ada terkenal aman dari yang namanya virus, hackers atau kehilangan data. Sehingga perusahaan tidak perlu membeli enkripsi serta software keamaan – keamanan lainnya.

Bagaimana Cara Memilih Sistem Penggajian Online yang Baik?

Banyak sekali sistem payroll online yang tengah dijual dipasaran sekarang. Untuk menjaga agar anda atau perusahaan tidak kebingungan, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan jenis penggajian online terbaik yang ada.

Sesuaikan Dengan Jumlah Pekerja

Sistem yang akan anda pilih harus mampu mengakomodasi seluruh pekerja yang ada di perusahaan. Beberapa sistem memang didesain untuk bekerja pada bisnis skala kecil. Sementara sistem lainnya dibuat untuk perusahaan – perusahaan besar yang memiliki ratusan hingga ribuan karyawan. Jika perusahaan anda memiliki jumlah pegawai yang tidak terlalu banyak, mungkin anda perlu mencari jenis perangkat yang cocok untuk produk bisnis anda tanpa harus membeli skema yang terlalu besar. Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan bagaimana perkembangan bisnis anda kedepan. Apakah bisnis tersebut hanya akan menggunakan sedikit pegawai atau anda berniat untuk meningkatkan sumber daya manusia di bisnis itu sendiri. Tanyakan apakah perangkat tersebut akan tetap berjalan sempurna untuk sekian jumlah karyawan di tahun – tahun menatang.

sistem penggajian online

Total Biaya yang Akan Dikeluarkan

Jangan salah sangka jika sistem penggajian online yang ada di pasaran selalu bernilai mahal. Banyak juga sistem lain yang memberikan harga murah namun tidak murahan. Tergantung pintar – pintarnya anda memilih. Kenali dan buat skema pengeluaran maksimal yang bisa anda berikan. Perlu diperhatikan bahwa biasanya, developer – atau penyedia software payroll akan menetapkan harga yang berbeda – beda sesuai dengan kostumer yang datang. Biasanya, dasar pengambilan harga yang mereka tetapkan adalah berapa jumlah payroll yang anda inginkan atau berapa jumlah pegawai yang ada di perusahaan.

Pajak yang Harus Dibayar

Beberapa bisnis atau pemilik perusahaan terbiasa menangani penyetoran pajak serta pengarsipannya sendiri. Namun tidak semua pemilik usaha tersebut mau melakukannya. Dimana hal ini perlu menjadi pertimbangan dari pemilihan payroll online yang anda butuhkan. Apakah harus ada perhitungan pembayaran pajak atau tidak. Pastikan untuk membeli jenis perangkat yang sudah terinstall dengan fitur – fitur yang anda butuhkan seperti yang telah disebutkan dalam ulasan – ulasan sebelumnya.

Setelah mengetahui fungsi serta Langkah – Langkah yang bisa anda gunakan untuk memilih jenis payroll yang terpercaya, Jojopayroll akan memberikan manfaat yang laur biasa bagi perusahaan itu sendiri. Selain mengatur jumlah pajak yang harus anda bayarkan, Jojopayroll juga menyediakan banyak pilihan lainnya. Dengan sistem tersebut maka proses penggajian karyawan dapat berjalan jauh lebih optimal. Apalagi dengan adanya fitur slip gaji yang berbentuk digital hingga perhitungan payroll yang sudah otomatis, sehingga payroll karyawan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, segeralah beralih menggunakan JojoPayroll. Dan anda bisa mendapatkan uji coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan perbedaan pada sistem payroll yang lebih baik.