Sistem Transaksi : Definisi, Jenis, dan Pelaku dari Transaksi

Sistem Transaksi

Pada artikel kali ini, kita akan membahas pengertian Sistem Transaksi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat pergi ke toko untuk membeli kebutuhan atau membayar berbagai jenis aplikasi secara online. Oleh karena itu, secara mendasar pengertian transaksi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang menyebabkan terjadinya perubahan (penurunan atau peningkatan) pada aset atau keuangannya.

Transaksi harus masuk akal dan terukur agar bisa terjadi. Bisnis apa pun yang tidak dapat diukur tidak dianggap sebagai transaksi karena tidak dapat merekam peristiwa berdasarkan nilai prediksi murni. Oleh karena itu, perlakukan ukuran substantif tertentu sebagai transaksi.

Contohnya adalah bencana alam yang menghancurkan sejumlah besar peralatan, dan penyesuaian nilai wajar aset tertentu dicatat sebagai transaksi. Ini dapat dihitung secara adil dan akan mempengaruhi persamaan akuntansi di masa depan.

Dalam kasus lain, penandatanganan kontrak bisnis tidak mengubah persamaan akuntansi, sehingga biasanya tidak dicatat sebagai transaksi. Berikut ini adalah uraian transaksi secara lebih lengkap dan beberapa hal lain yang terkait dengan transaksi tersebut.

Definisi Sistem Transaksi

Sistem Transaksi

Yang dimaksud dengan sistem perdagangan adalah sistem yang digunakan untuk mencatat transaksi harian yang digunakan dalam berbagai proses bisnis. Dua sistem perdagangan telah berkembang di masyarakat, yaitu tunai dan non tunai.

Belakangan ini, karena digitalisasi bidang keuangan internasional, semakin banyak sistem transaksi nontunai yang bermunculan. Pada saat yang sama, dalam beberapa dekade terakhir, sistem transaksi yang menggunakan uang kertas legal telah membentuk DNA baru.

Karena semakin populernya Internet dan perangkat ponsel pintar, perubahan di dunia nontunai telah berangsur-angsur meningkatkan daya tariknya sendiri. Pemerintah juga berperan penting dalam mendorong sistem pembayaran nontunai yang konon mampu memberantas aktivitas ilegal di pasar gelap ini.

Kerugian terbesar dari mata uang tunai adalah ia menyediakan sarana yang tidak dapat dilacak untuk menghasut dan menyediakan sarana untuk kegiatan ilegal. Mengingat jejak kertas tertinggal di uang elektronik, jika tidak ada uang kertas maka akan lebih mudah menemukan transaksi ilegal.

Saat ini semakin banyak orang yang mulai menggunakan uang elektronik untuk bertransaksi, sehingga uang tunai semakin berkurang. Popularitas kartu kredit dan debit terus meningkat karena dapat membebaskan semua orang dari beban uang tunai.

Namun, bagi pengguna non tunai, kartu bukan lagi masa depan yang cerah. Perkembangan perangkat seluler yang dapat terhubung ke internet telah menciptakan bentuk pembayaran lain. Sebut saja pembayaran elektronik, seperti PayPal, GoPay, GrabPay, OVO hingga Dana.

Pembayaran elektronik ini secara bertahap mampu mengalihkan alat pembayaran yang andal. Selain itu, keberadaan Apple Pay dan Google Pay juga telah meningkatkan daya tarik masyarakat karena semakin memudahkan mereka untuk melakukan pembayaran langsung dari smartphone miliknya.

Lantas Transaksi itu apa?

Sistem Transaksi

Secara umum, transaksi didefinisikan sebagai aktivitas di mana organisasi atau individu dapat menghasilkan perubahan dalam aset atau urusan keuangannya. Beberapa ahli percaya bahwa definisi transaksi mengacu pada aktivitas perusahaan yang dapat mengubah aset atau status keuangan perusahaan.

Beberapa contoh dari aktivitas perdagangan ini adalah menjual, membeli, membayar gaji, dan membayar beberapa jenis barang lainnya. Dalam suatu perusahaan atau perusahaan, setiap bentuk aktivitas transaksi akan selalu dijalankan dalam pengelolaan transaksi.

Manajemen transaksi adalah aktivitas pencatatan perubahan keuangan yang telah dilakukan dengan hati-hati melalui penggunaan berbagai metode tertentu. Setiap aktivitas transaksi selalu dijalankan oleh bagian manajemen transaksi. Dalam hal ini manajemen transaksi adalah kegiatan pencatatan perubahan keuangan yang dilakukan secara akurat dengan menggunakan metode tertentu.

Pelajari tentang Transaksi berbasis ahli

  • Mursyidi mengatakan pengertian transaksi merupakan suatu bentuk peristiwa dalam dunia usaha yang tidak hanya meliputi proses jual beli, penerimaan dan pembayaran, tetapi juga berdampak pada kerugian, lalu lintas, kebakaran dan kejadian lain yang dapat mempengaruhi hal tersebut. . Diukur dengan uang.
  • Sunarto Zulkifli berpendapat bahwa definisi transaksi adalah kegiatan keuangan atau ekonomi yang melibatkan paling sedikit dua pihak, yang akan melakukan tukar menukar, pinjam meminjam, dan ikut serta dalam asosiasi bisnis.
  • Indra Bastian menjelaskan pengertian transaksi adalah bentuk pertemuan antara pembeli dan penjual yang saling menguntungkan dan disertai dengan bukti, data atau dokumen pendukung yang harus dimasukkan ke dalam jurnal melalui catatan.
  • Menurut Slamet Wiyono, transaksi diartikan sebagai peristiwa keuangan atau ekonomi yang melibatkan paling sedikit dua pihak, kedua pihak akan menukar, meminjam dan meminjam, ikut serta dalam asosiasi bisnis dan kegiatan lain yang dilakukan sesuai dengan keinginan masing-masing atau ketentuan yang berlaku. .
  • Menurut laporan di situs resmi KBBI, transaksi adalah jenis perjanjian jual beli dalam kegiatan transaksi antara pembeli dan penjual.

Jenis transaksi ekonomi

Sistem Transaksi

Secara garis besar aktivitas transaksi yang terjadi terbagi menjadi empat, yaitu:

  1. Transaksi internal merupakan transaksi ekonomi yang melibatkan berbagai departemen dalam perusahaan yang akan menimbulkan perubahan kondisi ekonomi perusahaan. Beberapa contohnya adalah memo pesanan yang diberikan oleh atasan, perubahan nilai finansial akibat depresiasi, dan penggunaan peralatan kantor oleh berbagai departemen.
  2. Transaksi eksternal adalah transaksi yang melibatkan pihak di luar perusahaan yang akan mengakibatkan perubahan status keuangan perusahaan. Misalnya, transaksi penjualan dengan pihak lain, transaksi pembelian dengan pihak lain, serta pemrosesan hutang dan piutang.

Peserta transaksi

Penerima dana adalah orang yang menerima dana untuk pembelian dan penjualan produk berupa barang atau jasa.

  1. Penyedia dana adalah orang yang menyediakan sejumlah dana untuk pembelian produk atau layanan. Pemberi dana akan memberikan uang sesuai dengan kesepakatan transaksi.
  2. Penerima dana mengacu pada orang yang menerima uang melalui jual beli produk atau layanan. Penerima dana akan menerima pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang telah disepakati sebelumnya, jumlah dan waktu pembayaran.

Kesimpulan Sistem Transaksi

Demikian penjelasan lengkap tentang arti perselingkuhan dan berbagai hal yang berkaitan dengan perselingkuhan. Dalam dunia bisnis, segala jenis transaksi harus dicatat secara akurat dan rapi agar pengelolaan keuangan perusahaan dapat berfungsi dengan baik. Nah, agar memudahkan Anda dalam mencatat dengan rapi pencatatan transaksi perusahaan untuk pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi di JojoPayroll.

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!