Teknik Mengambil Keputusan Dengan Six Thinking Hats

Apakah Anda pernah mendengar istilah Six Thinking Hats? Berpikir tentang istilah tersebut beberapa diantara mereka mengira bahwa Six Thinking Hats adalah judul film. Well, ternyata bukan lho Six Thinking Hats adalah teknik mind mapping yang diciptakan oleh Edward de Bono. Teknik ini bermanfaat untuk membantu proses pengambilan keputusan yang diambil dari beberapa sudut pandang penting.

Six Thinking Hats mengajarkan kita untuk keluar dari kebiasaan lama dan membantu kita untuk melihat situasi lebih menyeluruh dan detail. Six Thinking Hats ini memang mirip dengan mind-mapping, namun lebih terfokus pada pengambilan keputusan dan dipermanis dengan topi-topi yang beraneka warna dalam pembuatannya.

Kunci orang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan dalam berpikir dari sudut pandang yang positif dan rasional. Namun, seringkali mereka masih gagal dalam melihat masalah dari sisi negatif dan emosionalnya. Beberapa orang masih sulit untuk menerima keputusan dengan tenang dan rasional.

Mengapa Six Thinking Hats Sangat Berguna Bagi Kita?

Dengan Six Thinking Hats, kita mampu mencari dan menemukan pemecahan permasalahan melalui berbagai pendekatan. Keputusan yang diambil akan lebih terintegrasi dan lebih kaya dengan gabungan dari ambisi, sensitifitas public, dan kemampuan eksekusi yang akan merasakan pengaruh dari keputusan, kreatifitas dan dengan perencanaan yang baik.

Bagaimana Menggunakan Six Thinking Hats

Yang masih menjadi pertanyaan bagaimana menggunakan Six Thinking Hats untuk diri Anda sendiri atau di dalam perusahaan. Contohnya dalam meeting dengan rekan kerja, Six Thinking Hats akan sangat berguna untuk menghentikan konfrontasi yang terjadi ketika orang-orang yang mendiskusikan permasalahan yang sama-sama memiliki cara pikir yang berbeda.

Six thinking hats brainstorming concept design human brains wearing colorful hat in line art style. EPS10 vector.

Topi dalam Six Thinking Hats memiliki cara berpikir yang berbeda. Topi-topi tersebut diantaranya:

1.      Topi Putih

Dengan menggunakan topi putih, Anda bisa berfokus pada data yang tersedia. Pertama-tama Anda bisa melihat informasi yang Anda punya dan pelajari dari semua informasi tersebut. Teliti semua informasi tersebut dan cobalah untuk mengisi dan mengambil pelajaran dari informasi tersebut. Ketika menggunakan topi ini, Anda dapat menganalisa tren-tren lama dan mengekstrapolasi data-data historikal.

2.      Topi Merah

Dengan menggunakan topi merah, Anda melihat masalah melalui reaksi berantai, emosi, dan intuisi. Cobalah berpikir bahwa semua orang akan bereaksi dengan emosional mereka terhadap sebuah perencanaan baru. Dengan topi merah ini, Anda bisa mencoba untuk mengerti mengapa orang lain bereaksi seperti itu, mungkin karena mereka tidak memahami alasan Anda.

3.      Topi Hitam

Topi Hitam memberikan pandangan mengenai sisi buruk dari sebuah keputusan. Pahami secara hati-hati. Mengapa keputusan yang diambil bisa gagal? Topi hitam ini sangat penting karena memberikan kesempatan bagi Anda untuk menghilangkan hal-hal negatif, mengganti keputusan yang salah, dan merencanakan perencanaan kembali yang lebih baik.

hitam berarti Anda membuat perencanaan yang lebih kuat. Topi ini juga memungkinkan Anda untuk menemukan kesalahan dan risiko-risiko sebelum memulai tindakan selanjutnya. Topi hitam adalah tokoh utama yang memegang peranan penting dalam keputusan ini. Beberapa orang sukses terbiasa untuk berpikir positif sehingga tidak melihat masalah sejak awal. Hal ini akan menyebabkan kurangnya persiapan dalam menghadapi masalah yang mungkin saja terjadi.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4.      Topi Kuning

Sesuai dengan warnanya yang cerah, menggunakan topi kuning membantu Anda untuk berpikir positif. Inilah sudut pandang dari dalam diri Anda untuk melihat keuntungan dari semua keputusan beserta valuenya. Pemikiran topi kuning memungkinkan Anda untuk terus maju, meski di masa-masa sulit.

5.      Topi Hijau

Topi hijau mewakili diri Anda dari sisi yang kreatif. Disini Anda bisa mengembangkan performa dan solusi yang kreatif bagi semua orang. Topi hijau memungkinkan Anda dalam mengeksplorasi ide-ide Anda.

6.      Topi Biru

Dengan topi biru berguna untuk mengontrol proses. Topi biru digunakan bagi mereka dalam memimpin sebuah meeting. Ketika situasi sedang sulit dan sudah tidak ada ide, maka topi biru akan mengalahkan aktivitas lalu menuju topi hijau.

Implementasi teknik Six Thinking Hat ini dapat dilakukan di berbagai situasi dan peran. Mind-mapnya sendiri dapat dibuat sekreatif dan seberwarna mungkin.

Kunci Sukses Teknik Six Thinking Hats

Six Thinking Hat, adalah teknik mind mapping yang baik untuk melihat dampak dari keputusan melalui beberapa sudut pandang yang berbeda. Dimana dengan enam topi berpikir ini memungkinkan Anda mengambil keputusan secara rasional.

Teknik ini juga dapat membantu orang dengan satu sudut pandang akan melihat dengan sudut pandang yang lain atau yang berbeda, contohnya saja, orang pesimis bisa melihat dari sudut pandang yang kreatif dan positif.

Strategi dan Program Six Thinking Hats

Setelah memahami apa itu teknik 6 topi pemikiran ini, maka selanjutnya Anda dapat membuat berbagai model kerangka berpikir untuk berbagai macam permasalahan. Anda bisa menyusun serangkaian 6 topi berpikir yang berbeda-beda, lalu sesuaikan dengan proses berpikir dan tujuan demi mendapatkan keputusan yang dikehendaki.

Urutan dimulai dari topi biru kemudian beraneka topi selanjutnya sesuai kebutuhan dan diakhiri dengan topi biru juga. Selain topi biru, seringkali topi putih juga disertakan, meski tidak selalu, seperti dalam kasus mencari fakta atau data seperti survey, seringkali hal ini dibutuhkan sebagai awalan.

Sedangkan untuk topi merah ada baiknya digunakan sedikit saja, apalagi untuk persoalan yang masih baru, tetapi bagi mereka yang telah berpengalaman dibidang tertentu, bisa saja penggunaan topi merah akan cukup besar. Berikut ini adalah beberapa contoh proses berpikir dengan menggunakan seluruh rangkai Six Thinking Hats yang disusun sedemikian rupa yang bersifat umum.

  • Initial Ideas – Blue, White, Green, Blue
  • Choosing between alternatives – Blue, White, (Green,) Yellow, Black, Red, Blue
  • Identifying Solutions – Blue, White, Black, Green, Blue
  • Quick Feedback – Blue, Black, Green, Blue
  • Strategic Planning – Blue, Yellow, Black, White, Blue, Green, Blue
  • Process Improvement – Blue, White, White (Other peoples views), Yellow, Black, Green, Red, Blue
  • Solving Problems – Blue, White, Green, Red, Yellow, Black, Green, Blue
  • Performance Review – Blue, Red, White, Yellow, Black, Green, Red, Blue

Cara terbaik agar Six Thinking Hats berjalan dengan maksimal adalah harus sering-sering berlatih, gunakan selalu 6 Thinking Hats dalam proses penyelesaian masalah hingga pengambilan keputusan maka kita akan expert dengan metode ini dan kita dapat menggunakannya dengan hasil yang maksimal.

JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%. Berikut Cara JojoTimes Membantu Perusahaan Anda.

Monitor Aktivitas Karyawan

Dengan pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat, Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan karyawan Anda di mana pun mereka berada. Apakah mereka di kantor, pergi ke pertemuan atau bekerja dari jauh. Jangan khawatir, ini bukti penipuan.

Hemat Waktu untuk Laporan Kehadiran Bulanan

Laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menggunakan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih mendesak dan datang pada hari gajian. Tidak hanya lebih cepat untuk perusahaan Anda, itu pasti lebih akurat.

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka.