SJW Adalah Istilah Tepat Bagi Pendukung Keadilan Untuk Masyarakat

SJW adalah

SJW adalah suatu istilah yang pada dasarnya menggambarkan tentang seseorang yang memperjuangkan keadilan sosial.  Namun perjuangannya tersebut cenderung bersifat progresif baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Umumnya yang disebut SJW adalah setiap pihak yang memperjuangkan hak bagi setiap orang untuk diperlakukan secara manusiawi. Perjuangan ini dilakukan juga agar setiap orang bisa memperoleh keadilan secara merata. Jadi bisa dibilang bahwa SJW ini menentang suatu ketidakadilan yang mungkin terjadi di tengah masyarakat. SJW sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Social Justice Warrior.

Di dalam bahasa kita istilah ini disebut pula dengan pejuang keadilan sosial. Istilah ini tampaknya saat ini semakin populer dan banyak dijumpai di beberapa teks atau sejenisnya. Belakangan istilah Social Justice Warior ini tampaknya dinilai bernada peyoratif. Istilah ini bahkan bisa dilabelkan pada berbagai pihak yang seringkali menyuarakan isu sosial dan politik serta memberikan kritik pada pemerintah. Bahkan Social Justice Warrior menjadi istilah yang sering digunakan untuk menyerang siapa saja yang rajin mengkampanyekan isu keadilan sosial. Namun sebenarnya hal ini bisa menjadi semacam sindiran kepada pihak yang sering menyuarakan keadilan sosial tersebut. Sebab bisa saja pelaku yang menyuarakan isu keadilan sosial ini seolah menilai dirinyalah yang paling benar. Maka tak jarang seorang SJW menyerang pemerintah melalui segala kritikannya.

Ciri SJW Adalah Seperti Berikut

Self-centered

Biasanya seorang SJW memiliki keberanian untuk menyuarakan pikirannya sehingga orang lain memahami pikirannya. Namun sebenarnya hal ini merupakan suatu tindakan yang bisa dibilang self-centered. Artinya ia akan menjadi orang yang selalu merasa bahwa pikiran dan tindakannya itu benar. Padahal tidak semua apa yang dilakukannya itu selalu benar. Pejuang keadilan sosial juga akan merasa bahwa dirinyalah yang bisa mengubah kondisi dan merasa dirinya bergitu berharga.

Pandangan unik

Sebenarnya saat pejuang keadilan sosial menyuarakan apa yang dipikirkannya itu di dalamnya terkandung suatu pemikiran yang unik. Sebab biasanya pandangannya tersebut unik dan tidak dapat dipahami oleh orang lain. Namun sayangnya keunikan pola pikir tersebut cenderung bersifat negatif dan bahkan bisa saja berbahaya.

Tanpa solusi

Jika dilihat di lapangan maka bisa dilihat bahwa banyak pejuang keadilan sosial yang bersuara di tengah kampanye atau demo atau sejenisnya. Biasanya orang yang seperti ini terus bersuara agar apa yang ditentangnya bisa diketahui oleh publik. Pembelaannya terhadap keadilan juga diupayakan agar dapat diketahui oleh publik. Namun tindakannya ini biasanya dilakukan dengan tidak menghadirkan sebuah solusi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bersifat kritis

Apa yang terjadi di sekitarnya selalu membuat SJW menjadi kritis. Segala sesuatu yang terjadi dan berbau isu keadilan sosial akan emmbuatnya langsung bergerak secara cepat. Opininya pun disampaikan di depan publik sehingga publik melihatnya sebagai seseorang yang berpikir secara cepat dan benar. Padahal belum tentu sifat kritis yang dimilikinya tersebut benar dan bersifat positif.

Cenderung idealis

Social justice warrior tentu memiliki suatu pandangan dan pikiran yang cenderung idealis. Apa yang menjadi faham dan pandangan bagi dirinya dipegang teguh sekalipun mungkin pandangannya tersebut salah atau tidak benar. Ia tidak akan mendengarkan pendapat lain dan bahkan terkadang tidak dapat menerima suatu hal yang menjadi kebenaran. Maka idealisme yang dimiliki oleh SJW bisa saja menimbulkan dampak negatif.

Merasa benar

SJW akan selalu merasa bahwa dirinya adalah pihak yang paling benar. Oleh karena itu ia akan terus bertindak menyuarakan segala pemikiran dan pendapatnya sekalipun orang lain menentangnya.

Mengatasi SJW Adalah Dengan Cara Berikut Ini

Mengadakan dialog

Seseorang yang banyak menyuarakan keadilan sosial mungkin saja bertindak secara masif. Bahkan orang yang seperti ini bisa saja mengajak pihak lainnya untuk turut bergerak menyuarakan keadilan dan menentang pemerintah. Maka sebaiknya untuk mencegah dan juga mengatasi hal ini tentunya bisa dibuat suatu dialog. Melalui dialog inilah maka penyuara isu sosial dan politik tersebut bisa menyampaikan pikiran dan segala keluhannya dengan tenang. Melalui dialog ini pula maka seoarang Social Justice Warior bisa menyampaikan aspirasinya tanpa mengadakan tindakan yang dapat menimbulkan huru-hara. Akan lebih baik lagi jika dialog dibuka sebelum terjadi tindakan masif oleh SJW. Dengankata lain tidkaada kesempatan bagi pihak Social Justice Warrior untuk menyuarakan pendapatnya 

Memberikan kesempatan

Setiap orang tentu saja memiliki hak dan kesempatan untuk bisa menjalani hidup secara lebih baik lagi. Termasuk pula seseorang yang mungkin pernah menyuarakan isu politik dan keadilan sosial di tengan hasyarakat. Setidaknya ia juga memiliki hak untuk diberi kesempatan menjalani hidup layak sebagaimana orang lain pada umumnya. Oleh karena itu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi SJW ini adalah dengan memberikannya kesempatan untuk bisa hidup seperti orang lain dan menjalankan pekerjaannya secara lebih fokus. Maka tentunya ia akan lebih memusatkan fokusnya pada kehidupan yang dijalaninya dan buka kepada isu sosial dan politik lagi.

Bahaya SJW Adalah Berikut Ini

SJW adalah label yang diberikan pada mereka yang seringkali memperjuangkan keadilan sosial. Sayangnya seringkali mereka yang bersuarab tersebut tidak selalu memiliki pengetahuan yang cukup luas. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyuarakan berbagai isu berkaitan dengan keadilan sosial namun tidak memahami kondisi sebenarnya. Tentu saja hal ini cukup berbahaya. Sebab suaranya yang memperjuangkan keadilan sosial ini bisa memancing kemunculan berbagai macam gerakan masyarakat seperti misalnya demo dan sejenisnya. Jadi bisa dibilang bahwa pejuang keadilan sosial ini pada akhirnya justru dapat menimbulkan berbagai gerakan di tengah masyarakat yang cenderung bersifat negatif.

Hal ini karena kebanyakan pandangan yang dimiliki oleh berbagai pihak yang disebut SJW ini umumnya mengandung unsur politis. Bahkan pandangannya ini dapat digunakan untuk kemudian melawan pemerintah. Oleh karena itu pejuang keadilan sosial sebaiknya segera diatasi. Sebab hal ini dapat berdampak pada timbulnya perpecahan di dalam negara ini. Hal ini tentu saja berkaitan dengan adanya motif dari para pejuang keadilan yang secara tanpa disadari semakin mencari pembenaran diri sendiri. Jadi ideologi yang dimilikinya cenderung dipegang teguh dan bahkan ideologi tersebut bisa menyerang serta menjatuhkan pihak lain.

Memilih menjadi SJW seperti halnya memilih sistem absensi terbaik untuk perusahaan. Salah satunya yang layak dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoTimes. Produk yang satu ini dapat membantu untuk mempermudah monitor absensi karyawan. Selain itu juga memberikan fitur integrasi yang otomatis dengan sistem payroll perusahaan.

Tentunya hal tersebut berkat beberapa fitur menarik yang terdapat di dalam JojoTimes. Termasuk yaitu fitur-fitur seperti pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, tarif lembur yang dapat disesuaikan, serta terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance.

Karena itu tidak perlu ragu jika ingin beralih menggunakan JojoTimes. Segera daftar dan dapatkan coba gratis selama 14 hari tanpa biaya sedikitpun.