Definisi Social Bookmarking dan Peran Pentingnya dalam SEO

Social Bookmarking

Bagi sebagian orang, istilah social bookmarking mungkin terdengar asing di pendengaran. Terlebih jika Anda bukanlah seorang yang terjun atau menggeluti dunia internet marketing secara langsung. Khususnya dalam hal optimasi SEO untuk sebuah website. Pasalnya, istilah yang satu ini memang paling sering dijumpai di kalangan blogger atau orang yang berprofesi sebagai digital marketing dan sejenisnya.

Nah, jika Anda adalah seorang pemilik blog atau website yang tengah melakukan optimasi SEO pada situs Anda. Maka komponen social bookmarking ini perlu mendapatkan perhatian.

Jika Anda belum tahu apa itu sebenarnya social bookmarking dan apa saja peran pentingnya dalam penerapan SEO. Pada artikel berikut ini, Jojonomic akan memberikan informasi lengkap mulai dari definisi, cara menggunakannya hingga manfaat yang bisa Anda dapatkan. 

Mengenal Social Bookmark

Facebook Social Bookmarking

Bagi Anda yang sering berselancar di internet menggunakan ragam web browser tentu sudah tak asing lagi dengan istilah bookmark, bukan? Yup, fitur yang satu ini disediakan oleh pihak web browser dengan tujuan agar Anda dapat menyimpan situs atau laman web tertentu agar dapat dibuka lagi nanti di kemudain hari. Dengan demikian, Anda pun tak perlu repot-repot menghafalkan url blog tersebut untuk mengunjunginya lagi atau mencari artikel yang ingin dibaca.

Sayangnya, fitur bookmark pada web browser tersebut terbatas karena tidak bisa dipindahkan atau digunakan orang lain. Misalnya, Anda sudah menandai banyak situs web dalam komputer yang Anda gunakan. Jika suatu hari Anda membeli komputer baru, maka bookmark yang selama ini Anda simpan pada komputer lama tidak akan terbawa. Artinya, Anda harus menandai ulang secara manual.

Nah, social bookmark sendiri kurang lebih mirip dengan konsep fitur bookmark pada browser tersebut. Bedanya, penanda yang satu ini dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Artinya, social bookmark merupakan sebuah platform yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung informasi dari berbagai sumber di dunia maya.

Lantas, Apa Itu Social Bookmarking?

Apa itu social bookmarking?

Jika social bookmark merujuk pada sebuah platform. Maka istilah social bookmarking adalah aktivitas atau metode yang digunakan oleh para pengguna internet dalam menyimpan, mengelola maupun mengorganisasi sebuah konten untuk diunggah pada platform dengan tujuan untuk berbagi dengan pengguna internet yang lain. 

Nah, dalam konten yang dibagikan tersebut nantinya akan mengandung beberapa link yang dibuat khusus untuk mengarah pada sebuah situs web yang ditargetkan. Harapannya dengan ini, trafik website yang dijadikan rujukan akan meningkat seiring dengan banyaknya pembaca yang berasal dari situs social bookmark tersebut.

Selain digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung. Cara ini juga banyak digunakan oleh praktisi SEO dalam meningkatkan ranking blog atau situs web mereka karena terbukti efektif dan membuahkan hasil.

Anda hanya perlu membuat sebuah konten berupa tulisan artikel yang dipasangi backlink menuju blog atau situs web Anda. Setelah artikel tersebut publish di platform social bookmarking, maka secara otomatis robot Google pun akan memeriksa validasi dari artikel yang ditulis dan link yang terpasang. Semakin berkualitas isi blog Anda, maka semakin tinggi juga peluang search engine menaikkan ranking pencariannya.

Manfaat Social Bookmarking untuk SEO

Manfaat Social Bookmarking

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, situs social bookmarking ini belakangan digunakan oleh para pemilik blog atau website untuk memaksimalkan optimasi SEO mereka. Nah, selain itu terdapat manfaat lain yang bisa didapatkan dari menggunakan platform social bookmark yang ada. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan trafik pengunjung website

Jika Anda memiliki situs web yang khusus untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Maka social bookmarking menjadi salah satu cara yang tepat untuk dilakukan. Anda hanya perlu mensubmit atau menerbitkan artikel pada situs-situs social bookmark tersebut dan mencantumkan backlink yang mengarah ke website Anda. Dengan demikian, potensi situs web Anda dikunjungi orang pun akan jauh lebih besar.

2. Mendapatkan backlink gratis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda bisa mengirimkan artikel pada situs social bookmarking tersebut dan menyisipkan link yang mengarah langsung ke website Anda. Hal ini akan dianggap Google sebagai peningkat kredibilitas website Anda. Dengan demikian, ranking situs web Anda pun akan terus meningkat di mesin pencarian.

3. Artikel lebih mudah terindeks search engine

Bedanya memposting artikel dalam blog pribadi dengan di social bookmarking terletak pada lamanya indeks waktu yang dibutuhkan oleh mesin pencari. Jika Anda memposting artikel di blog, robot mesin pencari akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengindeksnya. Sedangkan jika menerbitkan artikel dalam platform social bookmark hanya membutuhkan waktu beberapa jam bahkan menit saja agar terindeks oleh Google.

4. Dapat digunakan sebagai media promosi gratis

Jika Anda memiliki sebuah brand atau bisnis, dengan menulis  artikel dalam situs social bookmark ini, Anda mendapatkan media promosi secara gratis. Tak hanya itu, banyaknya orang yang membaca artikel tulisan Anda yang berisi tentang pengenalan produk dan kelebihannya juga dapat berperan dalam meningkatkan brand awareness produk ke pembaca.

5. Membangun reputasi dan komunitas

Masih berkaitan dengan bisnis, lewat situs social bookmarking ini Anda dapat membangun reputasi dari brand bisnis Anda. Sekaligus membuat komunitas di dalamnya. Terlebih jika pembaca dalam platform tersebut memiliki jenis minat yang sama.

Cara Memaksimalkan Social Bookmarking

Cara Memaksimalkan Social Bookmarking

Bagi Anda yang ingin menggunakan platform ini untuk memaksimalkan optimasi SEO website Anda. Maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan media social bookmark. 

1. Jangan publish artikel yang sama persis

Orang-orang yang cenderung tidak mau ribet, biasanya hanya akan meng-copy-paste artikel yang sudah terbit terlebih dahulu di blog mereka. Baru kemudian mempublikasikannya dalam situs social bookmark yang ada. Perlu diingat bahwa duplikasi konten adalah hal yang dilarang dan sangat dibenci oleh Google maupun mesin pencari yang lain. Sehingga, Anda harus menghindari hal ini jika ingin menaikkan ranking blog dalam search engine.

2. Pilih kategori social bookmark yang sesuai

Ada begitu banyak jenis platform social bookmarking yang ada di indonesia. Mulai dari berita, edukasi dan masih banyak lagi lainnya. Nah, pastikan Anda mengirim artikel ke platform social bookmarking yang tepat. Jangan sampai artikel yang Anda kirimkan sia-sia karena tidak sesuai dengan kriteria atau niche blog Anda.

3. Utamakan platform yang dofollow

Terdapat dua jenis link yang perlu Anda ketahui dalam optimasi SEO yakni No-Follow dan Do-Follow. Pada link dofollow, backlink yang dipasang dalam sebuah artikel akan dikunjungi oleh robot dari mesin pencari. Dengan demikian, hal ini akan berpengaruh terhadap reputasi hingga ranking blog Anda nantinya.

Sedangkan link nofollow adalah kebalikannya. Robot crawler dari mesin pencari tidak akan merayapi link yang Anda cantumkan. Namun, tetap terlihat oleh pembaca sehingga jika mereka penasaran terhadap referensi konten yang terdapat di blog Anda, mereka pun akan mencari tahunya sendiri.

Kesimpulan

Itulah tadi sekilas informasi mengenai social bookmarking dan peran pentingnya dalam optimasi SEO sebuah website. Hingga sampai saat ini pun, Search Engine Optimization masih menjadi salah satu komponen terpenting dalam pengelolaan situs web.

Dengan menerapkan berbagai macam aturan SEO yang berlaku, website Anda bisa tampil di halaman pertama pencarian dan mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi setiap harinya. Jika website yang Anda miliki adalah khusus untuk bisnis atau berbentuk company profile. Penerapan SEO ini juga akan membantu mengenalkan produk dan brand Anda ke khalayak umum dengan cara yang lebih efektif.

Nah, jika Anda tidak begitu paham tentang pengelolaan website apalagi optimasi SEO. Tak ada salahnya untuk mempekerjakan orang yang memiliki kompetensi lebih dalam bidang ini. Ada begitu banyak situs penyedia jasa freelancer SEO Specialist yang dapat membantu Anda dalam menentukan karyawan terbaik dan berkompeten.

Tak masalah jika mereka berada di luar kota atau provinsi yang berbeda dari Anda. Karena kemajuan teknologi digital seperti saat ini dapat membantu dan memudahkan komunikasi agar berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes yang dapat membantu Anda dalam memonitor karyawan dari jarak jauh.

Sehingga meskipun karyawan SEO Specialist yang Anda rekrut berada di luar daerah, Anda tetap bisa mendapatkan data darinya secara realtime. Perangkat lunak yang satu ini juga dilengkapi dengan teknologi biometric recognition serta geotagging untuk mengetahui lokasi karyawan Anda dengan akurat. 

Tak hanya itu JojoTimes juga dilengkapi fitur lain seperti pengontrol kebijakan cuti dan lemburan, sistem approval, mobile check-in & check-out hingga fitur untuk memantau semua proyek dalam satu genggaman. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoTimes dan permudah cara Anda dalam memantau aktivitas karyawan!