Social Engineering Dalam Meraih Dan Mendapatkan Informasi Tertentu

social engineering

Social engineering bisa juga disebut dengan istilah rekayasa sosial. Istilah ini bisa diartikan sebagai suatu bentuk manipulasi psikologis yang dilakukan oleh seseorang dalam melakukan sebuah tindakan atau aksi untuk menguak adanya informasi yang bersifat rahasia. Umumnya peristiwa rekayasa sosial ini dilakukan dengan meggunakan berbagai macam media seperti misalnya telepon atau internet atau media lainnya.

Yang jelas media bisa digunakan untuk menggali informasi dari orang lain. Biasanya teknik atau metode rekayasa sosial ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai targetnya. Jadi dalam rekayasa sosial ini tentu di dalamnya terlibat peran manusia termasuk dalam hal operasi komputer hingga dalamhal pemberian informasi mengenai suatu hal.

Teknik Social Engineering

Reverse sosial engineering

Teknik yang satu ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan unruk mendapatkan akses ke suatu sistem. Biasanya hacker akan menawarkan sebuah solusi pada Anda sehingga Anda bisa menghubunginya saat sedang membutuhkan suatu bantuan.

Tailgating

Teknik ini dilakukan dengan cara menumpang pada seseorang. Jadi hacker bisa mendapatkan hak akses dengan cara menumpang pada Anda yang mungkin saja memiliki hak akses atau otoritas tertentu. Maka hacker bisa mendapatkan hak akses yang sama dengan orang yang ditumpanginya tersebut.

Techie talk

Untuk teknik yang satu ini dibutuhkan keahlian talk atau berbicara. jadi untuk melakukan proses ini maka hacker akan berbicara seperti seorang ahli. Bahkan pembicaraan tersebut dapat dilakukan sekalipun saat hacker sedang melancarkan aksinya dalam melakukan social engineering untuk mendapatkan kepercayaan dari targetnya.

Scamming

Teknik scamming bisa juga disebut dengan istilah phising attack. Caranya dengan menekankan adanya cara untuk mendapatkan data diri dan akun pribadi serta lainnya. Teknik ini dijalankan dengan menggunakan homepage dan email palsu yang sekilas tampak resmi. Jadi homepage atau email ini sebenarnya tidak asli dan bisa saja mengelabui Anda.

Website wares

Strategi lainnya yang juga bisa dilakukan untuk menjalankan proses social engineering adalah dengan membangun website warez. Website warez sendiri merupakan website yang isinya terdiri dari berbagai macam aplikasi. Website ini tidak lagi dilindungi dengan key karena telah diretas oleh hacker.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Whalling attack

Whalling attack juga menjadi salah satu trik dalam menjalankan rekayasa sosial. Hal ini dilakukan oleh hacker dengan cara mengincar seseorang dengan jabatan tinggi di perusahaan sehingga hacker bisa mendapatkan informasi mengenai suatu hal. Atau bisa juga hacker bisa mendadpatkan akses dari orang yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan.

Vishing attack

Untuk jenis ini bisanya dialkukan dengan menggunakan media telepon. Jadi hacker akan menelepon Anda untuk bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai apa saja yang ingin ia ketahui. Mungkin hacker akan berpura-pura menjadi nasabah perusahaan atau lainnya untuk bisa berbicara dengan Anda melalui media telepon dan kemudian mendapatkan informasi tertentu.

Social networking

Teknik social networking poada dasarnya dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macma media sosial. Penggunaan media sosial ini dilakukan dengan tujuan untuk mengambil data pribadi seseorang atau data pribadi target.

Neuro linguistic programming

Neuro linguistic programming atau NLP umumnya menggunakan manipulasi terhadap pola pikir target. Jadi Anda bisa saja digiring dan dibawa hingga ke bawah sadar untuk kemudian dimanipulasi oleh hacker.

Sex sells

Untuk jenis yang satu ini biasa dilakukan dengan memanfaatkan rasa tertarik pada orang lain baik sejenis maupun lawan jenis. Maka Anda perlu berhati-hati terhadap ornag yang baru dikenal agar jangan sampai dikelabui hanya karena adnaya rasa tertarik.

Tips Menghindari Social Engineering

Pastikan tautan link terpercaya

Sebaiknya Anda jangan mudah percaya pada berbagai macam tautan yang Anda dapatkan. Beberapa link tautan mungkin saja tidak berasal dari sumber yang asli atau yang sebenarnya. Bisa juga sebuah link tautan dikirimkan pada And auntuk menjebak And adan mendapatkan informasi mengenai suatu hal tertentu. Oleh karena itu milikilah sikap waspada termasuk apda berbagai macam link tautan yang muncul di internet.

Lock laptop atau smartphone

Jika Anda sedang sering menyimpan data pada laptop ataupun smartphone maka sudah seharusnya Anda selalu waspada. Saat Anda hendak meninggalkan barang-barang Anda tersebut maka jangan lupa untuk melakukan lock atau mengunci laptop dan smartphone Anda. Hal ini harus dilakukan agar orang lain tidak sampai mendapatkan data Anda.

Software anti-virus

Software anti-virus juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda miliki untuk menjaga keamanan data Anda. Pilihlah softwareanti-virus yang emmang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anti-virus tersebut juga harus selalu diupdate ke versi terbaru dan terbaik agar dapat bekerja secara maksimal. 

Training keamanan digital

Jika Anda saat ini sedang memiliki usaha atau bisnis atau bahkan perusahan besar maka sebaiknya Anda segera memberi pelatihan menjaga keamanan data pada para karyawan. Seluruh karyawan Anda harus tahu mengenai keamanan digital terutama di masa canggih seperti sekarang ini. Maka keamanan data Anda akan lebih terjamin karena para pegawai bsia menyimpannya dengan tepat.

Kelola download aplikasi

beberapa aplikasi mungkin tidak terlalu diperlukan. Maka sebaiknya Anda tidak melakukan downbload terhadap beberapa aplikasi yang tidak begitu penting. Download aplikasi haruslah dilakukan secara hati-hati. Bahkan Anda harus bisa memilih aplikasi apa saja yang sekiranya resmi dan bisa didownload serta berguna untuk mencapai beberapa tujuan.

Penggunaan Social Engineering

Social engineering seringkali dijadikan suatu teknik dan metode bagi seorang hacker untuk bisa mendapatkan informasi mengenai target. Hal ini tentunya cenderung dilakukan mengingat bahwa melalui rekayasa sosial inilah maka bisa dilakukan proses hacking. Di samping itu suatu sistem yang biasanya bisa dibobol oleh hacker tentu memiliki suatu titik lemah. Sebab bagaimanapun juga sistem yang ada hanyalah merupakan buatan manusia. Maka bukan tidak mungkin manusia yang lebih canggihb dapat merusak sistem tersebut. Terlebih lagi bila hacker bisa mendekati pengguna sistem untuk kemudian bisa mendapatkan informasi agar dapat menguasai suatu sistem dan juga bisa mendapatkan keinginannya.

Sama seperti saat mencari apa sistem yang paling tepat untuk keuangan perusahaan. Misalnya yaitu dengan menjatuhkan pilihan pada JojoExpense. Produk ini dapat membantu mengelola keuangan perusahaan secara lebih efektif dan efisien. Selain itu membantu tim keuangan lebih mudah dalam melakukan pemantauan pemasukan serta pengeluaran keuangan.

Hal ini berkat beberapa fitur yang memang diselipkan di dalam JojoExpense. Fitur-fitur tersebut termasuk fitur berikut ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Tentunya dari sini tidak perlu merasa ragu lagi, segera gunakan JojoExpense. Buktikan kehebatan produk ini dan dapatkan coba gratis untuk perusahaan Anda selama 14 hari sekarang juga.