Social Entrepreneurship, seberapa penting kita ketahui?

Social entrepreneurship merupakan wirausaha berbasisi social. Berbagai macam ide tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkannya.

Banyak sekali pembelajaran mengenai social entrepreneurship sekaligus dengan karakteristiknya yang dimiliki oleh para pengusaha itu sendiri.

Hal tersebut dapat dilihat melalui penelitian yang dilakukan dalam social entrepreneurship dan dibagi menjadi beberapa social group berdasarkan karakteristiknya masing-masing.

Banyak ahli yang menuturkan bermacam-macam pendapat mereka mengenai wirausaha sosial seperti Austin Stevenson dan Wei Skillern yang mengatakan jika pengusaha sosial dan konvensional itu berbeda baik dari metode, peluang dan situasinya.

Tujuan utamanya adalah untuk melayani banyak kebutuhan masyarakat namun usahawan tradisional memiliki tujuan untuk meraih pasar yang semakin lebih besar sekaligus mendapatkan keuntungan sengan proses bertaraf minimal demi kepentingan masyarakat.

Sedikit berbeda dengan Austin dan Wei, Paul C Light melihat definisi yang berbeda dari pengusaha sosial yaitu menganggap jika pengusaha sosial itu merupakan individu, organisasi, kelompok, jaringan maupun aliansi.

Mereka mempunyai upaya secara berkelanjutan untuk memberikan ide-ide yang cukup bervariasi demi mengatasi masalah yang juga berbeda namun ada kaitannya dengan hal sosial juga.

Disini peran pemimpin atau pemilik usaha dipertaruhkan dan memegang kendali dengan cepat sekaligus sadar akan yang namanya kewajiban dalam menyelesikan masalah.

Dibutuhkan penglihatan yang jeli demi melihat sesuatu yang positif namun keterampilan saja masih belum cukup bagi seseorang agar disebut sebagai pengusaha sosial. Diperlukan berbagai macam hal bagi pengusaha sosial untuk mengembangkan bisnisnya.

Diperlukan inovasi, toleransi, kesempatan sosial, pengakuan, maupun persimpangan virtuousness demi usaha sosial yang berkelanjutan.

Meski sebenarnya konsep dari wirasauaha sosial ini telah berjalan lama dan bukan ide baru namun masih banyak yang belum mengetahuinya dikarenakan memang sangat jarang sekali ditemukan usaha yang masih menggunakan konsep ini dan bukan hanya keuntungan usaha semata.

Kiblat dari perkembangan usaha kini adalah menggunakan sistem kapitalis yang didorong dengan adanya lembaga keuangan yang lebih cenderung sangat eksploitatif pada manusia dan juga lingkungan karena lebih fokus pada penggandaan modal atau kapital.

Hal ini pun berpengaruh pada pendidikan dimana para generasi penerus ikut didoktrin untuk terus meningkatkan keuntungan apabila akan menjalankan sebuah usaha.

Salah Kaprah Mengenai Social Entrepreneurship

Terkadang kita juga pernah mengira bahwa seseorang atau suatu organisasi tertentu yang mengajak masyarakat pada sebuah desa untuk melakukan kegiatan pembuatan kerajinan tangan yang kemudian untuk di jual adalah salah satu contoh dari bentuk social entrepreneurship. Namun pada nyatanya, mereka memang dapat di sebut sebagai seorang entrepreneur namun mereka bukalah seorang social entrepreneurship apabila tujuan dari kegiatan tersebut merupakan hanya sebatas mendapatkan profit atau keuntungan, maka dari itu bentuk kegiatan yang seperti itu belum dapat dikatakan sebagai salah satu dari social entrepreneurship.

Kadang kala Anda juga pernah bertemu dengan seorang entrepreneur dengan pekerja yang secara sengaja di pilih dari kaum marginal dengan tujuan supaya dapat lebih eningkatkan taraf hidup mereka. Pada dasarnya hal tersebut terlihat sebagai bentuk dari misi sosial. Tetapi pada saat kegiatan usaha tersebut hanya bergerak dengan berorientasi kepada profit atau keuntungan maka lagi-lagi hal ini juga bukan termasuk ke dalam salah satu social entrepreneurship.

Oleh sebab itu, baik disadari maupun tidak, pendidikan saat ini menghasilkan generasi penerus yang mendukung secara penuh sistem ekonomi quo sehingga sosial ataupun kebijaksanaan dari sejarah masa lalu pun tak pernah ada.

Setelah Anda  mengenal social entrepreneurship, maka hanya diri Anda sajalah yang dapat memutuskan ingin memilih atau bergerak dalam bisnis konvensional ataukah sosial yang jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat sehingga Anda pun akan merasakan kepuasan diri dari bisnis yang telah Anda jalankan.

Lalu Seperti Apakah Social Entrepreneurship itu?

Di Indonesia sendiri kegiatan-kegiatan social entrepreneurship memiliki bentuk suatu usaha yang tidak mencoba atau mencari suatu keuntungan namun hanya membutuhkan sejumlah dukungan operasional. Yang pasti tujuan dari usaha tersebut dilakukan semata hanya untuk kepentingan masyarakat, sehingga dengan kata lain tidak berorientasi pada mencari profit saja.

Bagi seseorang yang ingin menjadi seorang entrepreneur maupun social entrepreneurship tentu sudah sewajarnya memiliki motivasi kuat, passion serta pengetahuan. Pengetahuan yang di maksud di sini yaitu meliputi segala hal yang berkaitan dengan bisnis dan pasar. Selain ketiga hal tersebut, social entrepreneur juga harus memiliki sifat yang teladan guna menggerus iklim ekonomi yang kurang berpihak pada permasalahan sosial masyarakat seperti liberalisme dan kapitalisme yang sering di pertontonkan saat ini.

Indonesia saat ini membutuhkan banyak pahlawan baru di dalam bidang social entrepreneurship supaya masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan serta lapangan pekerjaan dapat di selesaikan dengan kewirausahaan agar menciptakan negara yang lebih sejahtera, makmur dan adil merata.

Contoh Seseorang yang Menjadi Social Entrepreneurship

Berikut beberapa contoh tokoh dunia yang pernah melakukan social entrepreneurship.

– Mark Zuckerberg

Siapa sih yang tidak kenal Mark Zuckerberg? Beliau adalah seorang founder sekaligus CEO Social Media Facebook. Beliau merupakan salah satu pemuda yang tentunya memiliki penghasilan hingga miliaran dolar dari aplikasi yang di ciptakannya.

Mark Zuckerberg juga dikenal kedermawanannya. Mark adalah orang pertama yang bergabung dalam The Giving Pledge pada tahun 2010. Bersama dengan istrinya, mereka menyumbang sebesar USD25 juta ke CDC Foundation guna melawan penyebaran virus ebola. Serta mengajak para pengguna aplikasinya untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu Mark dan istrinya juga pernah memberikan USD75 juta untuk Silicon Valley Community Foundation untuk mendirikan rumah sakit di San Franchisco.

Bill dan Melinda Gates

Founder dari Microsoft yaitu Bill Gates beserta istrinya adalah salah satu pendiri dari The Giving Pledge yaitu suatu kampanye yang bertujuan untuk mendorong orang-orang kaya di seluruh dunia untuk beramal. Tentunya pasangan ini merupakan orang yang memberikan sumbangan yang paling banyak sedunia yakni hingga USD27 miliar.

Melalui organisasi yang telah di buatnya, Gates Foundation, pasangan ini fokus untuk dapat membantu segala permasalahan di dunia seperti mendukung pembangunan di sector pertanian, kesehatan global, pendidikan dan sebagainya.

Warren Buffett

CEO dari Berkshire Hathaway Warren Buffet tentu sudah tidak asing lagi dalam kegiatan-kegiatan amal. Bersama dengan Bill Gates dan istrinya, Warren mendirikan The Giving Pledge. Menurut penelitian dari Wealth-X, total dari uang yang telah di keluarkan oleh Warrant untuk melakukan kegiatan amal sampai saat ini telah mencapai USD21.2 milian. Beliau juga telah berjanji bahwa akan memberikan 99% dari total kekayaannya untuk di amalkan pada saat dirinya telah meninggal dunia.

“Apa yang membuat sebuah usaha bisa disebut sebagai usaha sosial?”

Menurut Ria dari Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), being sustainable atau memiliki penghasilan untuk menopang kegiatan usahanya dan misi sosialnya sangatlah penting bagi social enterprise. Dari perspektif investor, untuk membedakan startup mana yang bisa kita kategorisasikan sebagai social enterprise dan cocok untuk pendanaan impact investor, aspek-aspek inilah yang akan ditinjau:

Intent: Tujuan dari founder adalah untuk menyelesaikan masalah sosial. Mendapatkan keuntungan adalah cara untuk mencapai visi, bukan tujuan akhir itu sendiri.

Use of proceeds: Keuntungan yang didapatkan dari usaha digunakan kembali untuk kegiatan bisnis sosial.

Tracking impact: Social enterprise harus memiliki komitmen dan invest resources dalam pengukuran social impact yang baik sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada investor.

Terkadang, orang juga akan bingung membedakan SE dengan NGO. Sebagai tambahan dari PLUS, yang membedakan SE dengan LSM/NGO yaitu biasanya sumber pendapatannya, biasanya LSM/NGO mendapatkan dana dari donasi, grant atau bantuan, tetapi Social Enterprise nafasnya bertahan dari bisnis atau penjualan. Jadi, memang seperti pada bisnis pada umumnya yang mencari profit, tetapi juga memiliki misi yang sama dengan NGO/LSM. Seringkali, Social Enterprise berjalan bergandengan tangan dengan NGO/LSM yang biasanya lebih paham bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging. Akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan Anda untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek. Gunakan sekarang juga JojoExpense!