Pentingnya Social Media Analytics dalam Dunia Bisnis

Teknologi internet secara otomatis turut mempengaruhi perkembangan data analitik ke beberapa sektor, salah satunya adalah media sosial. Media sosial sudah bukan merupakan barang aneh di abad ke-20 ini menjadi kebutuhan bagi banyak masyarakat dalam berkehidupan, termasuk di Indonesia. Dalam dunia bisnis, mengetahui situasi lapangan dalam menjalankan sebuah strategi merupakan hal yang penting sebelum terjun secara langsung. Kegiatan tersebut bisa dengan memanfaatkan social media analytics, sehingga bisa mengetahui  hasil komunikasi pemasaran di media sosial yang digunakan oleh brand sebagai media pemasarannya.

Tentang Social Media Analytics

Media sosial adalah media online yang men-dukung interaksi sosial. Media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi Dengan adanya media sosial komunikasi dan penyebaran informasi terjadi sangat cepat sehingga seorang konsumen akan semakin ingin mengetahui suatu informasi dengan cepat dan dapat diakses kapanpun. Semenjak munculnya akan hal ter-sebut masyarakat pun semakin mudah terhubung untuk saling berinteraksi. Mereka berkomunikasi, berper-ilaku, bekerja, dan berpikir sebagai masyarakat digital.

Data analitik sendiri merupakan metode pengolahan data yang mampu menyatukan substansi dari masing-masing data yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk diubah menjadi suatu gambaran besar informasi yang dibutuhkan. Sehingga, saat ini banyak media so-sial yang menggunakan sarana data analitik untuk mengembangkan fitur-fitur mereka agar lebih baik.

Social media analytics sebagai bagian dari analisis sosial merupakan suatu proses pengumpulan data dari percakapan pada media digital. Data ini kemudian diproses menjadi wawasan terstruktur yang mengarah pada keputusan bisnis yang lebih didorong oleh informasi dan meningkatkan sentralitas pelanggan untuk merek dan bisnis.

Semakin banyak penyebaran informasi, maka semakin banyak pula data yang tersimpan dalam media sosial. Dalam membantu penyebaran informasi yang tidak terstruktur ini, muncul lah analytics tools yang fokus bergerak di bidang bisnis analisis media sosial atau disebut social media analytics (SMA). Social me-dia analytics telah mendapatkan banyak perhatian, yang didefinisikan sebagai “bidang penelitian in-terdisipliner yang muncul yang bertujuan meng-gabungkan, memperluas, dan mengadaptasi metode untuk analisis data media sosial

Fungsi Menganalisa Media Sosial

Pada dasarnya, fungsi perangkat analisa media sosial pada saat sekarang ini sudah lebih beragam, dibanding dengan saat media sosial masih belum menjadi tren di dalam komunikasi pemasaran lima tahun lalu. Setidaknya, ada dua fungsi utama, yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal.

Fungsi internal, biasanya digunakan untuk mengetahui berbagai insight dari aset media sosial yang dimiliki oleh brand itu sendiri. Berbagai performa, seperti tingkat kenaikan pengikut, interaksi yang ada di dalam media asset, serta konten apa yang disukai oleh target audiens dapat diketahui melalui berbagai perangkat analisa internal. Perangkat analisa internal ini biasanya sudah disediakan juga oleh berbagai platform media sosial populer, seperti facebook, twitter, bahkan youtube yang dapat terintegrasi dengan google analytics.

Sementara itu, fungsi eksternal pada dasarnya digunakan untuk mengetahui berbagai pembicaraan terkait dengan brand, kompetitor, serta kata kunci terkait dengan brand. Dalam hal ini, brand dapat memetakan sebenarnya apa saja yang menjadi sentimen negatif dan positif, sehingga brand mampu menganalisa lebih dalam apa yang diinginkan oleh target audiens dengan adanya aset media sosial milik brand.

Pentingnya Social Media Analytics

Saat ini interaksi manusia telah digantikan oleh teknologi layanan online. Layanan online seperti media sosial memberikan kesempatan pelanggan untuk menyampaikan keluhan secara mudah dan cepat. Media sosial telah banyak digunakan pelaku bisnis sebagai layanan pelanggan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Social media memang tampaknya mudah, hanya sekedar mengupload konten di social media saja. Tapi ternyata social media jauh lebih kompleks daripada itu, bila ingin dimaksimalkan manfaatnya untuk mendukung kegiatan marketing dari brand / bisnis yang dimiliki. Dan pengukuran atau analisa social media sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis. Ada beberapa alasan mengapa social media analytics diperlukan untuk bisnis, yakni:

  • Mengevaluasi performance konten yang berjalan.  social media analytics akan membantu perusahaan mengidentifikasi apakah kampanye media sosial bisa menghasilkan impresi yang positif terhadap produk atau kampanye yang sedang dijalankan di media sosial atau malah sebaliknya.
  • Mengetahui teknik yang berhasil dan tidak berhasil. Dalam menjalankan kampanye di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Perusahaan dapat mengetahui apakah ada kampanye yang bisa menghasilkan penjualan atau tidak.
  • Memantau kondisi kompetitor dan bisa membandingkannya dengan bisnis atay brand yang dipunyai
  • Mengukur perkembangan social media asset dari waktu ke waktu
  • Menentukan strategi periode selanjutnya yang lebih baik
  • Memantau pandangan orang tentang brand atau bisnis.
  • Membantu divisi marketing untuk memasarkan dan menjual produknya

Beberapa hal yang dianalisis di Media Sosial

Media social analytic bisa dilakukan dengan beberapa tools yang tersedia di media sosial seperti Facebook Insights, Twitter Analytics, Instagram Analytics, YouTube Analytics, LinkedIn Analytics, Iconosquare untuk Instagram, Socialbakers untuk Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, LinkedIn, dan Keyhole untuk Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, LinkedIn.

Apa saja yang perlu diukur di social media? Terdapat beberapa hal yang bisa dilihat dari media social analytic, seperti :

  1. Followers Growth (Pertumbuhan followers dari waktu ke waktu)
  2. Engagement Rate (Proporsi like + comment + share dibagi jumlah followers per post)
  3. Reach & Impression (Seberapa luas jangkauan konten kita)
  4. Best Post & Worst Post (Konten yang paling banyak dan paling sedikit mendapatkan interaksi)
  5. Top Issues (topik yang paling sering ditanyakan atau dibahas)
  6. Sentiment (proporsi sentiment positif / netral / negative dari interaksi yang masuk)

Cara Menganalisis Media Sosial

Banyak sekali media sosial yang bisa digunakan dan memiliki manfaat. Salah satu caranya adalah dengan Facebook Page dan Twitter. Selain akun personal, Facebook Page juga penting untuk bisnis. Karena page tidak memiliki batasan jumlah pertemanan dan memiliki Facebook Insights yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis demografi. Selain itu, facebook page memiliki parameter impresi yang jelas. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah monitoring performa keseharian, demografi data audiens, pengaturan jadwal posting, dan sebagaiknya. Sehingga dengan begitu bisa mengevaluasi tetang respon pengunjung media sosial apakah sesuai harapan atau tidak.

Selain itu, bisa dengan google analytic. Dengan menggunakan fungsi social media analytic tool, bisa membantu mengoptimalkan performa media sosial untuk berbisnis. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pemanfaatan NoLimit Dashboard.

NoLimit Dashboard menyajikan data pantauan terkini atau real time, dengan tampilan dasbor yang mudah diakses oleh pengguna. Kelebihan lainnya, NoLimit Dashboard adalah produk dalam negeri yang tentu lebih paham dengan kultur pengguna media sosial di Indonesia. NoLimit bisa lebih optimal memahami frasa dan kata-kata yang sedang populer di masyarakat Indonesia, seperti “Ahsiap” misalnya. Sehingga kata tersebut bisa dimasukkan ke dalam pemasaran produk anda karena nantinya ketika ada percakapan itu, maka ada keterkaitan dengan brand dari bisnis yang dikelola.

Kesimpulan

Pemanfaatan social media analytics pada instagram yaitu dengan adanya fitur insight, ternyata memiliki peranan penting dalam membantu pengguna terutama pelaku bisnis dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk maupun layanannya. Ketika suatu bisnis atau perusahaan berhasil menganalisis social media dengan baik, maka penjualan produk bisa meningkat dan akan mendatangkan keuntungan. Jika berbicara tentang keuangan bisnis, memang pengelolaan keuangan juga sangat penting. Saat ini, terdapat cara yang termudah untuk melakukan pengelolaan keuangan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Jojo Expense.

Jojo Expense adalah software yang bisa mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran hingga memudahkan proses pengajuan reimbursement karena dapat dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dengan aplikasi ini, seluruh manajemen perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Jadi apa yang perlu diragukan? Yuk segera coba dan gunakan Jojo Expense untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis anda.