Pengaruh Social Media Marketing di Dunia Bisnis

Sebagai pelaku usaha, harus selalu meningkatkan strategi pemasaran agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya. Di era teknologi seperti saat ini, tren pemasaran paling banyak adalah dengan social media marketing. Social media marketing atau pemasaran media sosial menjadi salah satu metode pemasaran paling populer saat ini. Bagaimana tidak, Saat ini pengguna media sosial sangatlah banyak sehingga banyak orang menarget media sosial untuk menemukan konsumen yang tepat dan membangun citra perusahaan. Maka dari itu, saat ini social media marketing adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam dunia bisnis.

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing sudah bukan hal asing bagi sebagian Anda. Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah. Social media marketing adalah suatu tindakan untuk menciptakan konten dan mempromosikan bisnis serta produk di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan social media marketing. Marketing jenis ini memang lebih efisien, jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Platform media sosial akan membantu untuk terhubung pada audiens dengan tujuan membangun brand, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas situs web.Sehingga perlu untuk membuat konten unik yang harus disesuaikan dengan tujuan untuk meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness.

Alasan pentingnya Social Media Marketing

Seberapa pentingnya social media marketing itu? Seperti yang kita ketahui pasti sebagian besar orang setiap harinya menggunakan social media, entah jenis sosial media apapun itu. Platform social media yang paling populer saat ini adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat. Nah sebelum mengetahui manfaat dan strategi pemasaran melalui social media, perlu diketahui segmentasi setiap jenis social media, karena hal ini sangat penting untuk mencocokkan dengan jenis bisnis dan target pemasarannya. Berikut ini daftar segmentasi beberapa platform social media.

1. Facebook

  • Jumlah Pengguna: 2.5 Miliar
  • Audience: Generation X dan millennials
  • Baik untuk Industri: B2C
  • Terbaik untuk: Meningkatkan brand awareness dan advertising

2. Twitter

  • Jumlah Pengguna: 335 Miliar
  • Audience: Utama Millennials
  • Baik untuk Industri : B2B dan B2C
  • Terbaik untuk: Berhubungan dengan masyarakat dan pelayanan pelanggan

3. Instagram

  • Jumlah Pengguna: 1 Miliar
  • Audience: Utama Millennials
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  User-Generated Content dan Advertising

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4. LinkedIn

  • Jumlah Pengguna: 645 Juta
  • Audience: Baby boomers, Generation X, dan millennials
  • Baik untuk Industri : B2B
  • Terbaik untuk:  B2B relationships, business development, dan pemasaran tenaga kerja

5. Pinterest

  • Jumlah Pengguna: 250 Juta
  • Audience: Terutama milenium yang lebih tua dan baby boomer yang lebih muda
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Iklan visual; inspirasi

6. Youtube

  • Jumlah Pengguna: 1,9 Miliar
  • Audience:  Milenium, diikuti oleh Generasi Z
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Brand Awareness, Hiburan, dan Advertising

7. Snapchat

  • Jumlah Pengguna: 300 Juta
  • Audience:  Terutama Generasi Z
  • Baik untuk Industri : B2C
  • Terbaik untuk:  Brand Awareness, dan Advertising

Manfaat Social Media Marketing

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial dewasa ini. Angka ini menjadi fakta menarik, sekaligus bukti bahwa media sosial memang digandrungi masyarakat. Dengan media sosial, proses marketing yang dilakukan akan jadi jauh lebih menyenangkan. Ada beberapa manfaat ketika menggunakan social media sebagai sarana marketing, yaitu diantaranya adalah :

1, Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial telah terbukti meningkatkan brand awareness, Konten yang kamu buat dengan tujuan marketing berpotensi untuk menimbulkan awareness pada brand kamu. Maka dari itu pastikan konten yang kamu bagaikan masih terkait dengan produk kamu detail detail tentang perusahaan.

Sebuah produk akan semakin diakui keberadaannya ketika diunggah di media sosial secara terus-menerus. Ini karena perlahan-lahan masyarakat akan mulai menaruh perhatian. Mulanya masyarakat mungkin hanya akan melihat-lihat produk atau jasa yang kamu tawarkan untuk sementara waktu. Namun, jika terus diunggah di media sosial, sebuah produk akan mulai dianggap ada dan diingat oleh masyarakat.

2. Mendapatkan feedback produk dan strategi pemasaran

Setelah diakui keberadaannya, sebuah produk akan mulai jadi topik pembicaraan. Selain itu juga bisa melihat langsung bagaimana customer berinteraksi dengan konten di media sosialmu. Misalnya dengan memberikan like atau mem-follow akun bisnis yang dijalankan. 

Ditambah lagi, media sosial juga menawarkan fitur komentar. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk memberikan pendapatnya tentang produk yang ditawarkan atau cara memasarkan produk. Bagi perusahaan, ini bisa jadi alat untuk mengukur kelebihan dan kekurangan dari produk atau strategi marketing yang dipilih. 

3. Meningkatkan Penjualan

Dengan media sosial, bisa mempromosikan dan membagikan produk/layanan kamu di media sosial untuk meningkatkan penjualan. Selain itu juga bisa menjual produk secara langsung di profil media sosial atau membuat campaign iklan. Hal tersebut merupakan cara sederhana dalam social media marketing.

4. Mempelajari Kompetitor

Mempelajari kompetitor jadi lebih mudah dengan social media marketing. Pasalnya, social media marketing sekarang marak digunakan oleh perusahaan untuk memasarkan produk. Dengan aktif di media sosial, strategi yang dilakukan oleh kompetitor bisa jadi bahan pembelajaran

5. Membina Hubungan Baik dengan Pelanggan

Media sosial bisa sebagai sarana untuk membina hubungan baik dengan pelanggan dengan cara berinteraksi dengan mereka di posting konten, menanggapi pertanyaan dan komentar mereka, dan memberikan mereka bantuan apapun yang mereka butuhkan. Membina hubungan dengan pelanggan sangat dibutuhkan, Hal ini dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media

Menurut riset,  75% orang-orang akan melakukan pembelian setelah melihat suatu produk melalui media sosial. Sehingga social media marketing harus dilakukan secara benar, jika melakukannya dengan cara yang salah, maka akan berakibat negatif terhadap bisnis. Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran melalui social media, yaitu :

  • Riset Klien. Saat melakukan social media marketing, kamu tidak perlu menggunakan semua platform. Gunakan salah satu platform yang sering digunakan oleh target klien
  • Tetapkan tujuan social media marketing. Tujuan pemasaran di media sosial harus sesuai dengan perencanaan bisnis yang dijalankan secara keseluruhan. Sehingga harus menetapkan sasaran strategis untuk mengembangkan bisnis dengan tujuan yang relevan dan realistis.
  • Analisa Kompetitor. Saat ini, banyak sekali bisnis yang melakukan social media marketing. Agar strategi yang digunakan lebih unggul dari kompetitor-kompetitor, maka harus harus mengetahui strategi yang telah mereka lakukan dengan menganalisa keywordhashtag, hingga konsep konten yang dipakai.
  • Buat Konten yang Relevan dan Menarik dan cocok. Menjadi sukses di media sosial membutuhkan konten berkualitas tinggi untuk dibagikan. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan bisnis adalah membagikan materi promosi yang berlebihan. Buatlah konten yang mencampur item informatif dan menghibur, dengan sedikit persentase materi promosi yang ditambahkan.
  • Tentukan Waktu Posting yang Tepat. Waktu postingan di media sosial juga hal yang perlu diperhatikan. Terlalu sering melakukan postingan akan membuat calon klien bosan dan bisa saja merasa terganggu. Idealnya, Lakukan postingan pada media sosial minimal 3 sampai 4 kali setiap minggunya.

Tips dan Trik Strategi Pemasaran Menggunakan Sosial Media

Penggunaan sosial media untuk keperluan bisnis bukan lagi hal tabu, melainkan sudah marak sekali orang yang memanfaatkan sosial media menjadi jaringan untuk memasarkan produk mereka. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran produk anda menggunakan sosial media.

Buatlah Tujuan

Sebelum memulai sesuatu tentu yang paling penting dilakukna pertama kali adalah dengan menentukan tujua yang ingin anda gapai. Bagaimana anda mememulai bisnis anda jika tujuannya saja belum anda tentukan. Dalam menetapkan ada bebrapa ketentuan yang dapat anda jadikan sebagai patokan untuk menentukannya yaitu pastikan tujuan anda bersifat spesifik, dapat dicapai dan dapat diukur. Barulah setelah anda menentukan tujuan anda mulai memikirkan untuk memulai tips dan trik selanjutnya.

social media marketing

Tentukan Target Pemasaran

Tips dan Trik selanjutnya yaitu menentukan target pemasaran. Sebelum kita menyusun target pemasaran dari produk kita, tentu kita perlu menentukan target pemasaran yang akan kita tuju terlebih dahulu. Anda dapat belajar terlebih dahulu mengenai target pemasaran anda di sosial media yang akan anda gunakan. Dengan konsumen yang sudah anda targetkan, anda dapat mempelajari dari target konsumen apa yang sekiranya membuat mereka menjadi tertarik dengan bisnis anda.

Tentukan Jenis Sosia Media

Setelah menentukan target pemasaran, anda dapat menentukan sosial media yang akan anda gunakan. Misalnya ketika anda menargetkan kaum milenial sebagai target pemasaran anda, anda bisa memilih menggunakan instagram karena saat ini keum milenial cenderung menggunakan instagram. Menggunkan semua sosial media untuk pemasaran anda memang jangkauannya lebih banyak, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Apabila anda melakukan poromosi atau memasarkan produk anda di semua sosmed tentu akan membuatuhkan waktu yang lama dan usaha lebih. Kekurangan lainnya yaitu anda tidak dapat memfokuskan diri untuk melakukan promosi sebaik mungkin. Jalan keluarnya anda bisa memilih menggunakan 2 atau 3 sosial media yang sekiranya anda gunakan untuk memasarkan produk anda dengan lebih fokus.

social media marketing

Buat Strategi Pemasaran

Anda harus pandai-pandai dalam memasarkan produk anda. Seperti misalnya membuat promo khusus atau diskon pada masa awal penjualan anda. Susun strategi penjualan anda sebaik mungkin untuk menggaet para konsumen. Dan pastikan strategi yang anda susun saat ini sesuai dengan media yang nada gunakan dan tujuan yang anda buat. Anda bisa mengatur strategi pemasaran anda berkaitan dengan hal-hal yang sekiranya hits di kalangan target konsumen anda.

Pengaturan Timing

Dalam membuat promosi terkaid produk yang anda jual, perlu memperhatikan timing saat anda mempostingnya. Timing atau waktu memposting disini juga dapat dimaksudkan sebagai penjadwalan waktu memposting promosi produk anda. Terlebih dahulu anda bisa membuat jadwal postingan anda seminggu tiga kali misalnya, atau setiap hari sebanyak sekali atau dua kali. Anda harus memperhitungkan ini dengan baik, sehingga anda dapat menarik konsumen, namun juga terkesan berlebihan dengan postingan yang anda buat.

Anda bisa membuat postingan dengan mengoptimalkan waktu dan berapa kali anda memposting. Memilih waktu pemostingan yang tepat dan hari-hari yang sekiranya konsumen anda lebih berpeluang membuka sosial media dan melihat postingan anda.

social media marketing

Buat Konten Sekreatif Mungkin

Setelah sebelumnya anda menentukan jadwal memposting yang perlu anda perhatikan adalah postingan atau konten anda sendiri. Apakah sekiranya sudah baik dan sehingga bisa menarik minat para konsumen. Dalam membuat konten anda memerlukan ide untuk konsep postingan anda. Buat semenarik mungkin, misalnya yaitu dengan membuat foto produk anda semenarik mungkin sehingga konsumen semakin tertarik dengan produk anda.

Perluas Jangkauan pemasaran

Untuk memperluas jangkauan pemasaran anda bisa menggaet para konsumen lewat postingan menarik anda, selian itu anda dapat melakukan pengiklanan terhadap produk anda. Semakin anda memiliki banyak pertemanan pada akun anda maka semakin besar pula peluang penjualan produk anda. Setelah mendapatkan banyak teman di media sosial tidak serta merta anda bisa tenang, anda perlu mempertahan teman anda agar tidak berpaling dari produk anda dengan erus memberikan postingan yang lebih baik dan bervariasi.

Memperkenalkan Merek

Memperkenalkan merek anda dirasa merupakan tips dan trik yang bisa anda lakukan sebagai strategi pemasaran produk anda di sosial media. Meperkenalkan merek tidak hanya dengan mengiklankan produk anda, namun juga menampilkan sisi lain dari merek anda. Anda dapat memperlihatkan bagaimana cara membuat produk atau merek anda. Meliput kelebihan-kelebihan yang merek anda miliki dan sisi lain dari merek atau produk anda di dunia nyata.

social media marketing

Gunakan Fitur Yang disediakan Media Sosial

Dalam berbagai media sosial sudah disediakan berbagai fitur kreatifitas yang mendukung seseorang untuk memposting sesuatu dengan lebih kreatif dan menarik. Misalnya pada sosial emdia facebook dan instagram yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti emoticon dan GIF anda bis amenambahkannya dalam postingan anda. Selain membuat tampilan postingan anda menjadi lebih menarik namun juga membuat postingan anda lebih terlihat hidup.

Bergerak Aktif

Tips dan trik berikutnya yaitu tuntutan anda untuk berperan aktif dalam premasaran produk anda. Misalnya saat anda melakukan kesalahan saat melakukan postingan, baik berupa penulisan dan lain-lain jangan takut untuk meminta maaf. Kesalahan besar lainnya misalnya saat anda sudah berurusan langsung dengan konsumen terkait masalah pembayaran atau pengiriman, apabila anda melakukan kesalahan jangan malu untuk meminta maaf.

Dengan meminta maaf pelanggan akan berusaha memahami anda karena manusia tak luput dari kesalahan, dan dengan anda meminta maaf tentu membuat pelanggan melihat tanggung jawab anda dalam melakukna bisnis. Banyak diluar sana orang yang dalam menjalan bisnis dan membuat kesalahan tidak meminta maaf, bhakan merasa tidak salah. Tentu saja ini akan berdampak buruk pada tanggapan seseorang dengan bisnis anda. Mungkin produk anda sangat baik, namun jika pelayanan dari anda tidak baik itu juga bisa menjadi masalah besar.

Tampilan Konten yang Menarik

Konten yang baik dtidak hanya dengan bagaimana cara anda mengemas kontes atau postingan epmasaran anda. Tetapi juga konten yang baik tentunya memiliki visualisasi yang baik. Seperti saat ini orang sering mengatakan tanpa adanya bukti entah berupa foto atau apa maka sesuatu itu dinggap tidak benar, karena itu visual sangatlah penting disini.

 Dalam membuat postingan misalnya anda menyertakan bukti foto, buatlah atau sertakanlah foto sebaik mungkin. Tidak hanya terkait seberapa jelas foto anda melainkan tampilan foto itu sendiri dibuat semenarik mungkin. Saat ini banyak orang dalam memiih produk atau tertarik dengan suatu produk alasan pertamanya karena tampilan foto pada konten atau postingan anda yang terlihat bagus dan menarik. Barulah dari tampilan atau visualisasi konten anda itu mereka akan membaca tulisan penyerta dari postingan tersebut sebelum memastikan untuk membeli atau tidak.

Evaluasi

Tips dan Trik terakhir yaitu dengan melakukan evaluasi dari pemasaran yang anda lakukan apakah sudah sesuai atau belum. Anda dapat memperhitungkan saran dan masukna konsumen misalnya atau jumlah penjualan menurun atau mengalami peningkatan. Anda perlu menganalisis terkait jalannya bisnis anda dan memikirkan jalan keluar untuk membenahi dan menjadikan bisnis anda menjadi semakin baik.

Misalnya dalam menggunakan media sosial anda bisa menganalisisnya menggunakan jumlah followers apakah terjadi kenaikan atau penurunan, julah suka, jumlah penikmat tayangan anda. Dengan menganalisis hal tersebut dan melakukan evaluasi agaknya bisa menjadikan pembenahan pada bisnis anda untuk semakin baik kedepannya.

Kesimpulan

Menciptakan social media marketing strategy terbaik perlu usaha yang besar. Namun jika dilakukan dengan baik maka akan mendatangkan keuntungan dan kabar baik pula. social media marketing juga memiliki kelebihannya sendiri yang akan membantu Anda meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengkolaborasikan keduanya sebagai strategi pemasaran digital bagi bisnis Anda.

Nah kadangkala, social media marketing membutuhkan biaya untuk mengoptimalkannya. Dan biaya tersebut pastinya berhubungan dengan keuangan bisnis atau perusahaann yang harus dikelola. Pengelolaan keuangan juga harus dilakukan dengan maksimal agar tidak mendatangkan kerugian. Salah satu cara mudah untuk mengelola keuangan perusahaan adalah dengan aplikasi Jojo Expense.

Jojo Expense adalah software yang bisa mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran hingga memudahkan proses pengajuan reimbursement karena dapat dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dengan aplikasi ini, seluruh manajemen perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Jadi apa yang perlu diragukan? Yuk segera coba dan gunakan Jojo Expense untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis anda.