Soft Skill Artinya? Pengertian dan Pembahasan Tipe Soft Skill

Soft skill artinya merupakan suatu kemampuan atau ketrampilan non teknis yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang atau akan anda lakukan. Soft skill bisa termasuk cara atau sifat bagaimana anda berinteraksi dengan rekan kerja anda. Atau bagaimana anda menyelesaikan suatu masalah. Atau bagaimana anda mengatur sistem kerja anda sendiri.

Dalam ulasan kali ini, akan dibahas beberapa hal mengenai pemahaman yang lebih dalam tentang apa itu soft skill – soft skill artinya apa, tipe dari soft skill dan contoh serta cara mengembangkan soft skill itu sendiri.

Soft skill biasanya terdiri dari interpersonal skill, kemampuan atau ketrampilan komunikasi, ketrampilan dalam mendengarkan, management waktu, empati dan masih banyak yang lainnya.

Seorang HR biasanya memiliki kandidat pemalar kerja yang memiliki soft skill bagus karna dinilai bisa sukses di tempat kerjanya. Karna memang faktanya, anda bisa saja sangat jago dalam hal – hal teknikal. Atau memiliki kemampuan ‘pro’ yang sesuai dengan deskripsi job yang diberikan. Namun terkadang, hal ini sangat tidak cukup untuk bisa berhasil di dunia kerja. Mereka yang memiliki kecakapan teknikal belum tentu bisa mengatur sistem kerjanya dengan baik. Atau belum tentu juga bisa berkomunikasi yang selaras dengan tim. Yang mana hal ini biasnaya menjadi sebab utama gagalnya seornag karyawan untuk sukses di dunia kerja.

Pengertian Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan yang menentukan sukses tidaknya anda di tempat kerja. Hal ini dikarenakan oleh fakta bahwa yang namanya bekerja tidak mungkin akan anda lakukan sendirian (secara garis besar). Anda pasti perlu untuk ‘terhubung’ dengan seseorang. Bahkan ketika anda mungkin tidak menginginkannya.

soft skill artinya
Sumber : focusedusolutions.com

Alasan lain yang dijadikan tumpuan oleh HRD untuk mengangkat seorang kandidat dnegan soft skill adalah fakta bahwa kemampuan atau ketrampilan tersbeut bisa ‘menyalur’ dengan anggota lain di perusahaan. Atau karyawan lama yang telah bekerja disana.

Untuk pekerjaan – pekerjaan yang mengharuskan karyawan berhubungan langsung dengan costumer, soft skill merupakan aspek penting yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan. Karna merekalah yang akan berhubungan langsung dengan pembeli. Dibutuhkan soft skill yang tidak sedikit untuk mampu mendengarkan kostumer dan menyediakan pelanggan dengan penyelesaian masalah atau bantuan dengan tetap sopan namun informatif.

Tipe – Tipe Soft Skill

Soft skill artinya memang mencakup berbagai atribut pribadi seseorang. termasuk ciri kepribadian dan kemampuan komunikasi yang dibutuhkan agar sukses di pekerjaan. Terkadang, anda bisa melihat soft skill seseorang hanya dnegan melihat bagaimana cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa tipe soft skill yang paling sering digunakan dalam dunia kerja, antara lain adalah :

  • Kemampuan untuk beradaptasi
  • Komunikasi
  • Kemampuan untuk berpikir secara kreatif
  • Ketergantungan seseorang terhadap sesuatu
  • Etik kerja
  • Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim
  • Tingkat kepositifan seorang kandidat
  • Pengaturan waktu
  • Motivasi
  • Kemampuan dalam menyelesaikan masalah
  • Berpikir secara kritis
  • Cara menyelesaikan konflik
soft skill artinya
Sumber : connect2local.com

Bagaimana Cara Mendapatkan Soft Skill yang Dibutuhkan?

Tidak seperti hard skill yang bisa anda pelajari di sekolah atau kampus, soft skill jauh lebih halus. Dimana ia bisa disamakan dengan emosi atau cara pandang yang membuat seseorang mampu membaca orang lain. Jadi, bisa dipastikan bahwa belajar soft skill atau mendapatkan soft skill akan jauh lebih sulit dari yang bisa anda bayangkan. Pun soft skill juga akan sulit untuk diukur dan dievaluasi.

Beberapa ornag mengatakan bahwa dengan bekerja atau memiliki pengalaman di bidang tertentu akan ‘membentuk’ soft skill anda secara mandiri. Hal inilah yang membuat orang – orang percaya bahwa apabila anda telah pernah memagang suatu posisi di perusahaan atau organisasi, anda secara tidak sadar juga akan memiliki soft skill dari pengalaman itu sendiri.

Ambil contoh jika anda mungkin sedang bekerja dalam industry retail. Anda juga telah pernah bekerja dalam lingkungan kerja yang bersifat mengedepankan keanggotaan atau tim. Jika anda pernah membantu kostumer untuk mendapatkan atau menemukan jawaban dari permasalahannya, maka secara tidak sadar anda telah belajar bagaimana menggunakan soft skill penyelesaian masalah dan penyelesaian konflik.

Namun, jika anda masih abru dalam dunia kerja, anda bisa mencoba untuk berpikir tentang apa saja yang telah anda lakukan sebelumnya. Baik yang dari Pendidikan format atau yang tidak formal seperti pelatihan – volunteer dan sebagainya. Hal ini akan meningkatkan kesempatan anda untuk belajar cara komunikasi yang efektif, beradaptasi dengan perubahan serta mampu menyelesaikan permasalahan. Dimana ketiga hal tersebut juga termasuk ke dalam soft skill itu sendiri.

Anda juga bisa melihat jenis soft skill apa yang musti atau harus ditingkatkan. Contohnya, daripada hanya berbedat atau berdiskusi tentang persoalan pada manager, anda mungkin bis amemberi masukan agar permasalahan tersebut lebih mudah untuk diselesaikan. Jika anda koleg ayng merasa kesusahan, jangan ragu – ragu untuk menolong. Atau jika ada suatu hal di tempat kerja yang bisa untuk diperbaiki, katakana dan berikan masukan terkait hal tersebut.

Mengutamakan Soft Skill yang Anda Miliki

Ketika anda melamar kerja, usahakan untuk menampilkan atau meng – highlight soft skill anda selain hanya fokus pada spesifikasi job yang anda tawarkan. Buatlah daftar mengenai soft skill apa saja yang anda miliki – pastikan bahwa daftar tersbeut juga harus relefan dengan posisi yang akan anda lamar. Setelah menulis daftar soft skill, anda bisa membandingkannya dengan list yang ada di deskripsi pekerjaan.

Anda bisa menambahkan daftar soft skill tersebut pada bagian ‘ketrampilan’ atau kelebihan yang anda miliki.

Sebutkan pula beberapa soft skill pada isi surat pengantar. Pilih satu atau dua saja cukup yang anda nilai paling tepat untuk posisi yang anda inginkan. Anda juga bisa menambahkan bukti – bukti atau piagam atau apapun yang bisa menguatkan tanda soft skill anda agar terlihat meyakinkan.

Pun ketika anda sudah menjadi seorang pekerja atau pegawai di suatu perusahaan, anda akan dikenalkan dengan yang namanya sistem absensi.

salah satu sistem absensi online yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan adalah JojoTimes dari Jojonomic. Dengan menggunakan JojoTimes dari Jojonomic, Anda akan lebih mudah tahu dan mengatur apakah karyawan A benar-benar datang tepat waktu atau tidak sehingga gaji juga bisa disesuaikan.

Hal ini dikarenakan oleh JojoTimes yang sudah dilengkapi dengan mobile check in & check out, fake id detection, accurate gps location yang akan memudahkan Anda untuk mengawasi secara real time karyawan atau pegawai perusahaan. Sehingga, jika ketahuan mereka bolos, akan langsung berpengaruh pada sistem kehadiran yang terintegrasi dengan sistem penggajian secara otomatis.

Ayo segera gunakan JojoTimes dari Jojonomic. Dan coba langsung Free Trialnya! Khusus hanya untuk Anda!