5 Software Absen Karyawan Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui!

Pada artikel ini kita akan membahas bersama-sama aplikasi atau software absen pegawai terbaik dan pas untuk bisnismu. Bagi sebuah perusahaan, karyawan adalah salah satu sumber daya penting yang harus dikelola sebaik mungkin dalam rangka meningkatkan produktivitas karyawan.

Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja atau produktivitas seorang karyawan adalah jam kerja. Cara mengukur jam kerja karyawan dalam perusahaan manapun adalah dengan melakukan absensi, baik secara konvensional ataupun dengan bantuan teknologi.

Tentu saja, absensi dengan bantuan teknologi lebih efisien dibanding  cara konvensional. Yuk, langsung saja simak pembahasannya.

—–

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Keuntungan Absensi Menggunakan Applikasi

Keuntungan utama dari penggunaan teknologi atau software untuk masalah absensi karyawan diperusahaan adalah efisiensi waktu. Hadirnya sebuah software atau aplikasi absen pegawai akan membuat absensi pegawai menjadi lebih mudah, sehingga akan berdampak pada meningkatnya produktifitas perusahaan secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan bantuan software atau aplikasi:

Digitalisasi data

Hal pertama yang pasti kamu dapatkan adalah digitalisasi data, dengan adanya digitalisasi data kamu akan semakin mudah mengorganisir dan menganalisa data yang sangat berguna bagi perusahaan.

Tidak hanya itu data yang ada, sulit dimanipulasi sehingga dapat dibilang data yang dihasilkan jauh lebih akurat.

Proses yang Otomatis

Untuk mendigitalisasi data tentunya ada sebuah proses penginputan data, dengan bantuan teknologi proses dari input data absensi pegawai hingga penyimpanan kedalam database secara digital akan dilakukan secara otomatis.

Jadi, kamu tidak perlu lagi melakukan input data ulang, layaknya cara konvensional yang memakan banyak waktu.

Fleksibel

Keuntungan yang kamu dapatkan adalah cara absensi menjadi lebih fleksibel. Hari ini banyak sekali software berbasis aplikasi yang dapat melakukan absensi karyawan secara real-time kapanpun dan dimanapun.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tentu saja untuk mendapatkan software absen pegawai terbaik yang tepat bagi perusahaanmu bukan lah pekerjaan yang mudah. Berikut rekomendasi software absen pegawai terbaik yang dapat kamu jadikan pilihan.

Zoho People

List pertama adalah Zoho People sebuah software berbasis aplikasi yang memiliki headquarter di India dengan area service yang mencakup seluruh dunia. Pada tahun 2019 Zoho CRM dinobatkan sebagai pemenang PCMag’s Business choice awards.

Zoho People sendiri merupakan satu dari banyak jenis aplikasi atau service yang ditawarkan oleh Zoho. Zoho People memiliki fitur attendance tracker, leave tracker, mengelola shift atau schedules kerja secara real time dan akurat.

Salah satu keuntungan yang kamu dapatkan adalah kemudahan pengelolaan absensi, baik dari sisi database, proses otomatis, dan fleksibilitas dalam hal efisiensi waktu absensi karyawan.

Performance Evaluations

Salah satu keunikan dari Zoho People adalah fitur performance evaluation yang berguna untuk memantau kinerja karyawan dan memberikan feedback baik dengan comment ataupun dengan tombol “like” layaknya sosial media.

Indikator atau KPI dalam evaluasi kinerja yang dilakukan dapat diatur sendiri oleh masing-masing perusahaan.

JojoTimes

Software absen pegawai terbaik berikutnya adalah JojoTimes. JojoTimes adalah salah satu apliasih HR software yang dibuat oleh Jojonomic sebagi solusi dalam meningkatkan efisensi kerja dan produktivitas karyawan.

Absen karyawanmu akan terekam secara otomatis dan data digital akan langsung tersimpan dalam cloud base server yang sudah pasti aman. Proses penyimpanan yang cepat akan menjamin keakuratan data secara real time.

Fitur yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

Geo Tagging System

JojoTime dilengkapi dengan fitur geo tagging yang memungkinkan proses absensi berjalan lancar dan cepat. Fitur ini mengandalkan geographical identification metadata yang dapat mengetahui lokasi absensi karyawan, dimana saja mereka berada.

Absensi dimana saja bukan berarti kamu tidak memiliki kendali atas absensi karyawanmu. Kamu dapat mengatur pada radius berapa dan dimana saja karyawanmu dapat melakukan absensi.

Anti Fraud System

Fitur kedua adalah anti fraud system yang dapat mendeteksi potensi kecurangan absensi yang mungkin dilakukan oleh karyawan perusahaan.  JojoTimes’s anti fraud system di design mengingat masih besarnya potensi kecurangan absensi, seperti mengunakan program atau aplikasi fake gps yang banyak dan mudah diaksesn oleh banyak orang.

System pencegahan yang ada dalam JojoTimes dibuat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir akan keakuratan dan transparansi data dalam hal absensi karyawan.

Offline Mode

Mengapa JojoTimes memiliki fitur tambahan offline mode? Offline mode diciptakan sebagi preventive measure, jika sewaktu-waktu karyawan atau kamu sendiri tidak memiliki akses internet atau jaringan.

Masalah-masalah seperti ini lah yang banyak menjadi perdebatan baik dari sisi fairness bagi pengguna ataupun dari sisi administratif bagi HRD. Bayangkan, Jika terjadi suatu kesalahan rekam data, maka pihak HRD perlu melakukan perbaikan data yang tentu saja memerlukan lagi waktu untuk memperbaikinya.

Tidak hanya itu bila perbaikan tidak dilakukan, akan berimbas pada payroll karyawan. Tentu saja hal ini justru merugikan karywan, alhasil motivasi kerja dan kinerja karyawan akan menurun karena perlakuan kurang adil yang dirasakan oleh karyawan tersebut.

Seamless Integration

Kentungan utama lainnya adalah kemudahan JojoTimes terintegrasi dengan software-software lainnya. Kamu tidak perlu merombak sistem perusahaan kamu yang memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Jojonomic memiliki banyak produk dan service yang dapat dengan mudah terintegrasi dengan software seperti SAP, ERP dan software sejenis sesuai kebutuhan perusahaan kamu.

Kronos Workforce

Kronos adalah salah satu perusahaan SaaS (software as a service) yang memberikan layanan aplikasi absensi secara online yang berbasis di Amerika. Meski berbasis di Amerika, Kronos memberikan pelayanannya hampir ke seluruh penjuru dunia.

Salah satu produk Kronos untuk masalah abesensi adalah Kronos Time Attendance. Layaknya fitur aplikasi online pada umumnya, service ini memberikan manfaat seperti efisensi waktu dan dan proses yang otomatis, namun ada fitur unik yang ada pada aplikasi absensi pegawai yang ada pada kronos, berikut penjabarannya.

Tandem Clock System

Salah satu fitur unik yang terdapat pada produk absensi online Kronos adalah fiturnya yang menggunakan tandem clock system. Sistem ini berguna sebagai bentuk pencegahan kecurangan ataupun kendala teknis lain yang dapat mengurangi keakuratan data yang dihasilkan.

Interactive Voice Response

Teknologi Interactive voice response adalah teknologi yang memungkinkan sistem berinteraksi dengan manusia melalui media suara. Interactive Voice Response ini berbeda dengan Automated Atendance System yang hanya melanjutkan transfer otomatis pada sebuah panggilan telefon yang banyak digunakan pada customer service sebuah perusahaan.

Teknologi Interactive Voice Response tidak hanya merekam permintaan kamu, tetapi juga melakukan proses dan memberikan hasil sesuai permintaan atau perintah yang diberikan. Hal ini pastinya akan mempermudah proses absensi yang ada.

Clockify

Software absen karyawan terbaik selanjutnya adalah Clockify. Colckify memiliki fitur seperti idle detection dan reminder yang dapat memberi feedback secara real-time kepada karyawan. Aplikasi ini juga memiliki keunggulan lain, berikut penjabarannya.

Gratis

Kamu dapat menggunakan applikasi ini gratis tanpa memungut biaya sedikitpun. Namun, jika anda ingin menambahkan fitur selain fitur utamanya anda bisa menggunakan akun berbayar dan menambah fitur-fitur lainnya.

Web Extension Program

Keunggulan selanjutnya aplikasi ini adalah sebuah web extension program atau software yang dapat kamu unduh dan gunakan langsung pada chrome webstore.

Replicon Time and Attendance

Software absen karyawan terbaik terakhir adalah Replicon. Aplikasi ini memiliki fitur utama layaknya aplikasi absensi online lainnya.

Labor Law Complience

Fitur unik yang dimiliki oleh aplikasi replicon selain fitur utamanya adalah firtu labor law complience yang dapat mengatur berbagai jenis aturan dan regulasi yang perlu diperhatikan perusahaan.

Fitur ini bermanfaat bagi perusahaan multi nasional yang harus berurusan dengan regulasi dari berbagai macam daerah dan negara dimana perusahaan itu berada.

Nah, setelah kamu mengetahui software-software absensi online terbaik, kamu tinggal memilih software yang cocok untuk perusahaanmu. Jojonomic tidak hanya memiliki JojoTimes yang memberikan solusi dalam hal absensi karyawan yang dapat diandalkan.

Ada juga JojoExpense yang dapat membantumu dalam mengelola keuangan perusahaan dan JojoPayroll yang mempermudah pembayaran gaji karyawan.