Solusi Pendanaan Ekspansi Serta Langkah Perencanaannya

solusi pendanaan ekspansi

Solusi pendanaan ekspansi bisa datang dari pihak mana saja. Hal ini sebenarnya bergantung dari Anda sebagai pemilik usaha atau bisnis yang akan melakukan ekspansi. Memang ekspansi bukanlah hal sepele sebab hal ini membutuhkan cukup banyak biaya. Namun jika Anda bisa melakukan perhitungan secara tepat maka ekspansi yang direncanakan bisa berjalan secara lancar. Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai ekspansi. Selain itu Anda juga perlu memahami bagaimana cara mendapatkan pendanaan untuk ekspansi bisnis Anda.

Merencanakan Solusi Pendanaan Ekspansi

Pemasukan lebih besar daripada pengeluaran

Untuk merencanakan ekspansi maka terlebih dahulu pastikan keuangan bisnis Anda. Tentu saja pemasukan yang Anda terima harus lebih besar daripada biaya pengeluaran usaha. Jika pemasukan Anda lebih besar dari pengeluaran maka Anda bbisa menjadikannya sebagai modal untuk ekspansi. Profit yang diperoleh dari pemasukan Anda bisa ditabung untuk dijadikan sebagai dolusi pendanaan bagi ekspansi usaha Anda.

Alokasi pengeluaran dana cadangan untuk solusi pendanaan ekspansi

Merrencanakan ekspansi tidak bisa dilakukan secara sekilas saja. Tetapi perencanaan ini perlu dilakukan secara lebih detail dan jelas. Dengan adanya perencanaan yang tepat maka Anda juga bisa mengalokasikan pengeluaran. Alokasi pengeluaran ini bahkan bisa dilakukan secara lebih mendetail sehingga Anda bisa mempersiapkan dana cadangan. Bagaimanapun juga dibutuhkan dana cadangan yang mungkin saja diperlukan sebagai dana untuk kebutuhan mendesak atau dana lain-lain.

Bebas dari hutang

Hutang pada dasarnya bisa membuat arus kas perusahaan menjadi tidak sehat. Bahkan hutang yang menumpuk dan tidak dibayar tepat waktu bisa menimbulkan kerugian bagi usaha Anda. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis maka hindarilah hutang. Jika Anda telah terlibat hutang maka pastikan bahwa hutang Anda telah terlunasi semua.

Tahapan Solusi Pendanaan Ekspansi Yang Harus Dilalui

Perencanaan yang matang

Tanpa adanya perencanaan yang matang maka bisnis tidak akan berjalan dengan lancar. Begitu pula dengan ekspansi bisnis. Jika Anda ingin melakukan ekspansi maka terlebih dahulu Anda harus memiliki perencanaan yang tepat atas bisnis Anda. Perencanaan ini juga mencakup dana yang dibutuhkan untuk mengadakan ekspansi. Oleh karena itu rencanakan dnegan matang mengenai ekspansiyang akan dilakukan pada bisnis Anda.

Tentukan model bisnis

Pada dasarnya ekspansi yang dilakukan terhadap bisnis Anda akan berbeda dengan model bisnis yang sebelumnya atau yang saat ini sedang berjalan. Biasanya usaha atau bisnis yang meluas membutuhkan SOP yang baru dan disesuaikan dengan kondisi usaha terbaru.Untuk mendukung model bisnis yang baru tersebut maka Anda tentu membutuhkan pengeluaran dana. Sebab model bisnis yang akan dijalankan tentunya membutuhkan biaya atau dana tambahan. Dana tambahan inilah yang nantinya perlu dipikirkan ulang agar Anda bisa mendapatkannya.

Perkiraan modal

Dana tentu saja dibutuhkan dalam pengembangan usaha termasuk dalam melakukan perluasan atau ekspansi bisnis. Banyak modal yang akan dibutuhkan misalnya untuk menggaji karyawan dan mungkin saja untuk membangun gedung perkantoran yang baru. Selain itu dana atau modal juga dibutuhkan untuk melakukan hal lainnya dalam pengembangan usaha. maka berikan perkiraan secara jelas mengenai modal yang dibutuhkan agar pengelolaan keuangan bisa terus dilakukan dengan baik.

Mendapatkan Solusi Pendanaan Ekspansi Yang Tepat

Menabung

Tampaknya menabung menjadi suatu cara yang paling aman bagi saiapa saja untuk bisa mengumpulkan dana. Hingga saat ini menabung laba atau keuntungan menjadi pilihan utama bagi beberapa orang untuk mengumpulkan dana. Dengan adanya tabungan inilah maka Anda bisa terus mengembangkan usaha Anda. Setiap apa yang dibutuhkan oleh usaha Anda tentunya bisa terpenuhi dengan bantuan modal dari tabungan Anda. Oleh karena itu usahakan untuk menabung hasil laba usaha Anda saat ini. Maka saat Anda membutuhkan modal untuk ekspansi bisnis tentunya Anda tidak perlu berhutang.

Partner

Mencari partner juga bisa Anda lakukan untuk membantu pendanaan perluasan usaha Anda. Namun sebaiknya Anda menemukan partner yang tepat. Terutama jika partner atau rekan Anda tersebut memang berminat dan tertarik dengan jenis usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Partner memang bisa saja berpengaruh terhadap eksistensi suatu usaha. partner juga bsia memberikan bantuan dalam hal pendanaan termasuk untuk melakukan ekspansi. Oleh karena itu carilah partner yang memang bisa memberikan Anda solusi dalam hal pendanaan ekspansi.

Investor

Sama halnya dengan partner sebaiknya Anda bisa mencari dan menemukan investor yang sekiranya memang tertarik dengan bidang usaha atau bisnis Anda. Untuk menemukan investor maka setidaknya Anda perlu membuat sebuah proposal pengajuan dana. Melalui proposal inilah nantinya investor bisa mempelajari bisnis Anda. Bila tertarik dan berminat dengan usaha Anda maka investor akan membantu Anda dalam menyiapkan dana yang dibutuhkan. Karena itu Anda perlu mempelajari berbagai trik mengenai bagaimana cara mendapatkan investor dengan metode yang tepat.

Pinjaman

Melakukan pinjaman dan untuk memperluas usaha seringakloimenjadi solusi bagi kebanyakan pemilik perusahaan. Meminjam dana atau hutang dianggap sebagai suatu jalan keluar termudah. Terlebih lagi sekarang ini semakin banyak tempat peminjaman dana untuk usaha. Bahkan syarat yang diberikan tidaklah begitu sulit sehingga peluang untuk mendapatkan pinjaman semakin mudah. Namun untuk melakukan pinjaman terlebih dahulu Anda haruslah menyiapkan beberapa hal yang menjadi syarat dari tempat peminjaman dana. Jika Anda telah memenuhi semua syarat yang ditentukan maka Anda bisa melakukan peminjaman dana. Namun pastikan bahwa Anda bisa melakukan pembayaran cicilan pinjaman tersebut secara tepat waktu.

Pentingnya Solusi Pendanaan Ekspansi

Solusi pendanaan ekspansi seperti yang telah dijabarkan di atas mungkin bisa menjadi informasi bagi Anda. Setidaknya Anda bisa mengerti dan memahami secara lebih jelas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pendanaan ekspansi usaha. Ekspansi pada awalnya memang tidak bisa dengan mudah dilakukan. Sebab Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan siap menerima kerugian dari tindakan ekspansi tersebut. Jika perencanaan telah dilakukan dengan baik maka segera perkirakan cara untuk mendapatkan dana atau modal ekspansi. Dana ekspansi tentunya tidak sedikit namun Anda bsia mencari solusi untuk memenuhi dana tersebut.

Pengolahan dana ekspansi sama pentingnya dalam pengolahan sistem absensi karyawan yang efektif. Tanpa sistem efektif tentu absensi karyawan tidak optimal dan sulit dikelola. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba sistem yang terbukti lebih baik, salah satunya yaitu JojoTimes. Sistem ini memberikan banyak manfaat termasuk sistem absensi online yang bisa diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Perusahaan bisa melakukan pemantauan absensi lebih cepat dan lebih akurat. Sehingga tidak perlu khawatir terjadi pemalsuan absensi karyawan.

Tentu saja semua manfaat tersebut berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoTimes. Misalnya fitur pengenalan wajah dengan geo-locator, maupun fitur pengelolaan kehadiran dan cuti karyawan. Oleh sebab itu segera beralih pada JojoTimes. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan miliki sistem absensi tepat berkualitas dalam bisnis Anda.