Sponsorship Dalam Perannya Pada Pendanaan Perusahaan

Sponsorship pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka mendukung seseorang atau uatu organisasi. Dalam hal ini ada berbagai bentuk layanan yang bisa diberikan oleh suatu perusahaan pada orang atau organisasi yang membutuhkan dukungannya dalam bentuk sponsor. Perusahaan biasanya memberikan dukungan dalam bentuk finansial atau mungkin dalam bentuk materi apa saja yang disesuaikan dengan kebutuhan dari lembaga penyelenggara event. Sponsor yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada event tersebut menjadi suatu bentuk dari hubungan kerja sama antara pihak perusahaan dengan publik. Tentu saja melalui kegiatan sponsor yang dilakukan oleh perusahaan ini bisa timbul keuntungan kepada kedua belah pihak baik kepada lembaga pengada event maupun pada perusahaan itu sendiri.

Tujuan Sponsorship

Adanya sponsorship ini pada dasarnya memiliki beberapa tujuan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Melancarkan kegiatan periklanan.

Kegiatan periklanan tentu dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan maksud dan tujuan untuk menambah daya tarik dari para konsumen kepada produk yang diiklankan. Pembuatan iklan biasanya dilakukan untuk membantu memasarkan produk sehingga produk bisa diketahui oleh konsumen. Selanjutnya produk diharapkan agar dapat dikenal dan disukai oleh para konsumen sehingga daya beli konsumen terhadap produk bisa meningkat. Tentu saja pembuatan iklan harus menarik sekaligus unik sehingga bisa menarik perhatian para konsumen. Jadi bahasa yang digunakan untuk membuat iklan sebaiknya menarik dan bersifat persuasif. Kalimat yang digunakan di dalam iklan sebaiknya bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk yang sedang diiklankan. Oleh karena itu pembuatan iklan sudah seharusnya bisa mengungkapkan banyak kelebihan produk dan bisa juga mengandung slogan tertentu yang bisa selalu diingat oleh para konsumen.

2. Mendukung pemasaran.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam rangka memasarkan produknya. Pemasaran produk pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk membuat produk yang dijual semakin laris di pasaran. Termasuk di dalamnya yaitu kegiatan sponsorship yang dipandang sebagai suatu cara efektif untuk mendukung kegiatan pemasaran. Hampir setiap perusahaan melakukan sponsor untuk mendukung proses pemasaran. Bahkan kegiatan sponsor ini bsia menjadi salah satu dari sekian banyak strategi yang diperkirakan dapat membuat produk lebih mudah diterima oleh pasar. Apapun bentuk sponsor yang dilakukan oleh sebuah perusahaan tetaplah kegiatan ini bisa dijadikan sebagai suatu bentuk upaya untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini pihak sponsor memiliki hak untuk memasang berbagai pesan mengenai kegiatan pemasaran yang dilakukannya. Kegiatan sponsor dan pemasangan iklan produk ini bisa dilakukan sepanjang acara berlansung.

3. Tanggung jawab sosial.

Kegiatan sponsor juga bisa dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Hal ini seringkali disebut dengan istilah Corporate Social Responsibility atau biasa disingkat CSR. Kegiatan sponsor sebagai bentuk CSR umumnya dilakukan dalam berbagai macam bentuk. Misalnya saja seperti mengadakan kegiatan di bidang seni dan budaya. Atau bisa juga kegiatan ini dilakukan dalam bidang pendidikan hingga sampai ke bidang politik. Bagaimanapun bentuknya rupanya kegiatan sponsor ini banyak dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Tak jarang kegiatan ini disebut sebagai suatu gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membantu masyarakat sekitar.

Manfaat Sponsorship

Melalui aktifitas pengumpulan sponsorship, maka ada beberapa manfaat yang pada akhirnya dapat diperoleh, misalnya yaitu sebagai berikut:

1. Brand equity

Brand equity memiliki arti yang sama dengan nilai persepsi komersial. Brand equity pada dasarnya menunjukkan bahwa suatu produk akan dipengaruhi oleh nama atau mereknya serta jaminan kualitasnya. Untuk itu perusahaan melakukan kegiatan sponsor dengan tujuan agar produk diketahui dan dikenal oleh masyarakat sehingga jumlah permintaan dan jumlah konsumen bisa semakin meningkat. Adanya sponsor dapat menambah nilai kepercayaan yang diberikan oleh pihak konsumen. Selain itu bisa bertambah pula loyalitas konsumen kepada produk danjuga kepada konsumen. Dengan demikian maka produk akan semakin lebih mudah untuk dipasarkan setelah kegiatan sponsor berakhir.

2. Commercial programme

Tindakan sponsor umumnya juga dilakukan untuk commercial programme. Artinya tindakan sponsor ini merupakan suatu program yang dijalankan atau diselenggarakan untuk kepentingan promosi produk. Kegiatan ini tentu sangat penting dan bermanfaat bagi sebuah perusahaan terutama dalam menjaring konsumen dan pelanggan. Oleh karena itu kegiatan sponsor ini sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang penuh dan matang sehingga dapat mencapai target sasaran perusahaan. Kegiatan sponsor yang di dalamnya mengandung aktivitas promosi ini turut menjadi bagian dari upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan secara terpadu. Tentu saja kegiatan sponsor ini bisa menjadi salah satu upaya terbaik yang dirasa bisa berjalan secara efektif untuk memasarkan produk yang sedang diluncurkan oleh sebuah perusahaan.

3. Selling product

Aktivitas sponsorship pada dasarnya juga bisa berguna dan bermanfaat dalam hal finansial bagi sebuah perusahaan. Sebab aktivitas ini bisa diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembalikan dana perusahaan yang telah dikeluarkan dalam rangka memberikan dana sponsor pada suatu event atau acara tertentu. Mungkin saja dana sponsor yang diberikan cukup besar sehingga perusahaan mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu melalui kegiatan sponsor ini maka perusahaan dapat melakukan penjualan produk secara langsung kepada konsumen. Hasil penjualan produk bisa saja tinggi sebab pengunjung biasanya tertarik untuk melakukan pembelian produk dari perusahaan sponsor.

4. Brand awareness

Perusahaan yang mengeluarkan suatu produk rupanya juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya dari kegiatan sponsor yang dilakukannya. Pada akhirnya kegiatan sponsor oleh perusahaan yang diselenggarakannya sini bisa turut membangun kesadaran merek di dalam diri konsumen. Kesadaran merek sebenarnya memiliki arti yang sama dengan istilah brand awareness. Istilah ini memiliki makna adanya kesadaran dalam diri konsumen terhadap suatu merek tertentu. Jadi merek akan selalu diingat oleh para konsumen dan selalu muncul di dalam benaknya. Bahkan kesadaran merek dalam diri konsumen ini bisa timbul dalam waktu yang cukup lama. Kesadaran merek ini bisa bertahan pada diri konsumen dalam jangka panjang.

Adanya sponsorship secara tidak langsung memiliki peranan serta manfaat yang cukup penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Sama halnya saat memutuskan penggunaan sistem payroll yang lebih efektif dan efisien, misalnya yaitu menggunakan JojoPayroll. Dengan produk tersebut maka sistem pembayaran payroll perusahaan dapat dilakukan secara otomatis setiap bulannya. Termasuk cetak slip gaji maupun pemotongan pajak dan BPJS juga bisa dilakukan lebih efektif.

Beberapa manfaat ini dapat diperoleh berkat beberapa fitur menarik dari JojoPayroll. Misalnya yaitu fitur One-Click Generate Payroll Data, Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, serta beberapa fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mendapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan sistem payroll yang lebih efektif dan efisien bersama dengan JojoPayroll.