SQL Adalah Dasar Penyusun Software Canggih

SQL adalah sebuah bahasa pemerograman yang lazim digunakan untuk merancang sebuah perangkat lunak. Bahasa pemerograman sendiri dapat dipahami sebagai jalan untuk pembuatan software. Jadi jika anda ingin membuat software maka penguasaan bahasa pemerograman adalah hal yang wajib. Perjalanan SQL sendiri sangat panjang hingga bisa dikenal seperti sekarang.

Bahasa pemerograman SQL adalah kepanjangan dari SEQUEL. Sebab pelafalannya yang terbilang sulit maka penemu darinya menyingkat nama dari bahasa pemerograman ini menjadi SQL. Dengan adanya peralantara ini banyak sekali developer perangkat lunak yang terbantu. Serta menjadi salah satu alasan berkembang pesatnya perangkat lunak.

Maka sudah jelas SQL adalah sebuah piranti yang sangat berjasa dalam kemajuan zaman sampai sekarang. Tanpa adanya SQL mungkin zaman ini tidak mengenal berbagai software canggih yang dapat mengurangi beban pekerjaan seperti sekarang.

Pengertian SQL Adalah Pelantara Dasar Aplikasi

sql adalah

Secara umum SQL adalah pelantara untuk mengakses data didalam komputer. Basis yang dipakai dalam SQL adalah relasional. Berarti Sequel akan menghubungkan seluruh data yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Structured query languange adalah pengertian sesungguhnya dari SQL ini. Penggunaanya sangat massive walaupun sudah banyak dikembangkan bahasa pemerograman lainnya.

Bagi orang ataupun karyawan yang bertanggung jawab dalam bidang IT sebuah perusahaan, pasti akan diwajibkan untuk bisa memahami SQL ini. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa SQL ini adalah sebuah basic pemerograman. Jadi ketika akan membuat sebuah software ataupun aplikasi maka dibutuhkan pemahaman mengenai basis pemerograman ini.

Pada dasarnya SQL adalah hal yang wajib untuk diketahui oleh seluruh orang pada zaman ini. Pasalnya keterlibatan manusia dengan komputer sudah sangat erat. Jadi setidaknya dengan penguasaan dasar bahasa pemerograman ini bisa menjadi modal terbaik untuk bersaing. Lalu apakah sebenarnya SQL baru-baru ini berkembang ?. atau memang sudah sangat lama.

Perkembangan SQL Adalah Jalan Yang Cukup Panjang

Dalam artikel Jonny Oracle dapat diketahui bahwa perkembangan SQL ini sudah sangat lama. Artikel itu sendiri telah diterbitkan pada tahun 1970. Ia menjelaskan bahwa ada sebuah peluang dimana akan dikembangkannya sebuah bahasa pemerograman. Guna kepentingan berbagai kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Kemudian pada tahun 1986 SQL mengalami standarisasi serialisasi. Sehingga mendapatkan berbagai perbaikan dari banyak faktor. Pada momen ini juga kondisi bahasa pemerograman SQL semakin untuk menghasilkan sebuah software yang kompeten dan bisa digunakan untuk berbagai hal. Mungkin pada masa itu bentuk software yang bisa dibuat masih sangat simple.

Mengingat processor dari komputernya saja masih sangat rendah. Tapi SQL adalah penemuan yang sangat berjasa dalam perkembangan teknologi. Akan sangat tidak mungkin jika teknologi bisa berkembang sampai sekarang. Jika tidak ditemukan bahasa pemerograman pertama ini. Kebanyakan bahasa pemerograman terbaru memang mengadaptasi SQL.

Kemunculan berbagai jenis SQL mulai dari tahun 1990an. Dimana kala itu dikenal seri SQL92, SQL99 dan lain sebagainya. Seri-seri tersebut menandakan tahun peluncuran dan perombakan terjadi pada SQL. Tapi mayoritas server yang ada saat ini menggunakan SQL versi 92. Ini artinya dalam seri tersebut memang relevan untuk digunakan.

Perintah Yang Lazim Digunakan Dalam SQL

SQL adalah platform pembuatan software, maka akan dibutuhkan input perintah yang dilakukan oleh sang creator ketika menggunakannya. Pertama adalah dengan perintah DDL atau lebih dikenal dengan data definition languange. Jika diibaratkan dalam pembangunan sebuah gedung ataupun rumah. Maka DDL ini adalah pondasinya.

Artinya dengan menginput DDL sang creator akan membuat sebuah database sistem. DDL juga dikenal sebagai perintah dasar dalam SQL. Jadi sebelum menginput perintah lain maka creator software harus memasukkan DDL terlebih dahulu. Bentuk perintahnya sangat banyak sekali seperti Create, Alter, Rename dan lain lainnya.

DML Dalam SQL Adalah Cara Merubah Data

sql adalah

Jika DDL dalam SQL adalah pondasi. Maka DML adalah alat konstruksi, jadi ketika telah dibuat database dan berisikan berbagai hal. Dengan perintah DML ini kreator bisa merubah data didalamnya dengan sangat leluasa. DML dipahami dengan data manipulation languange. Perintah yang digunakan juga jauh berbeda dengan DDL.

Yaitu seperti insert, select, update dan delete. Terlihat dari bentuk perintah yang bisa dimasukkan kedalam DML ini. Berupa berbagai jenis pengeditan, insert bisa anda gunakan untuk memasukkan record terbaru didalam database. Dengan perintah ini creator bisa menambahkan data terbaru yang dibutuhkan dalam tabel database.

Kemudian ada select, kegunaanya seperti memilih file. Artinya anda bisa mengambil sebuah data yang diinginkan. Tentu saja jumlah yang dibutuhkan tidak terikat hanya satu atau dua saja. Jika memang data yang dibutuhkan untuk pengeditan banyak. Maka creator bisa langsung mengambil seluruhnya dengan option menu select ini.

Data Control Language

Data control language atau DCL adalah sebuah perintah dalam SQL yang memberikan akses untuk penggunaanya. Mungkin perintah ini dalam SQL adalah sama dengan user pada sebuah komputer. Ketika anda ingin membatasi penggunaan database maka bisa memanfaatkan perintah dasar ini. Karena berfokus untuk akses terhadap database.

Maka dari perintahnya juga hanya terdapat dua. Yaitu Grant dan Revoke, makna Grant disini ialah memberikan akses kepada user lain untuk melakukan pengeditan terhadap database yang telah dibuat. Sedangkan untuk Revoke, ini berarti pemilik database akan mencabut akses yang telah dibuatnya.

Keterlibatan SQL Dan Kemajuan Teknologi

Fungsi dari SQL adalah untuk membangun sebuah database dan melakukan berbagai perubahan didalamnya. Sehingga keberadaanya akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi sekarang sangat tenar penggunaan website. SQL juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan website ini.

Dengan berbagai keuntungan seperti ini anda harus sudah bisa mengaplikasikan sebuah software yang berbasis SQL. Untuk keperluan bisnis ataupun perusahaan anda. Perangkat lunak yang demikian efisien adalah JojoTimes. Tentu saja seperti namanya perangkat lunak ini akan membantu anda ketika mengurusi absensi perusahaan.

JojoTimes sudah dirancang dengan integrasi GPS sehingga bisa melacak keberadaan karyawan. Jadi ketika karyawan berniat mangkir kerja ataupun lari dari tanggung jawabnya. Maka software otomatis akan bisa melacak dan memberikan informasi mereka kepada anda. Tidak akan ada lagi tindakan lari dari tanggung jawab yang dilakukan karyawan.

Laporan absensi bulanan menjadi sebuah hal yang sangat mengganggu?. Tenang saja, cukup pergunakan JojoTimes. Maka karyawan anda tidak perlu membuat laporan absensi bulanan ini. Melainkan perangkat lunak akan menyediakannya secara otomatis untuk anda.

Kontrol kebijakan cuti yang merepotkan melalui JojoTimes. Otomatisisasi absensi ini akan mendongkrak kinerja karyawan lebih jauh lagi. Jika bisa menggunakan software untuk memudahkan pekerjaan anda. Kenapa masih mau untuk terjebak kedalam rutinitas yang menguras waktu dan tenaga serta tidak efisien?.

Download saja langsung demo JojoTimes pada website resminya yaitu Jojonomic. Agar perusahaan anda langsung mendapatkan akselerasi.