Strategi Bauran Pemasaran 7P dalam Bisnis

Istilah bauran pemasaran bukanlah hal yang baru di kalangan para pelaku bisnis. Strategi bauran pemasaran atau marketing mix ini dipahami karena menyangkut tentang perkembangan bisnis. Selain itu juga sebagai strategi untuk mencapai target penjualannya. Lalu apa dan bagaimana bauran pemasaran itu? Simak penjelasan berikut ini.

Tentang Strategi Bauran Pemasaran

Setiap bisnis pasti membutuhkan pemasaran produk atau jasanya. Pemasaran adalah suatu kegiatan perusahaan yang sistematis dengan menyusun dan merencanakan strategi, menentukan harga, melakukan promosi, dan mendistribusikannya kepada masyarakat dan mencapai kepuasan konsumen. Salah satu komponen penting dalam pemasaran atau marketing adalah bauran pemasaran atau marketing mix.

Pada dasarnya, bauran pemasaran adalah ruang lingkup dari pemasaran. Bauran pemasaran merupakan suatu aktivitas dan variabel pemasaran yang bisa menentukan kesuksesan penjualan produk atau jasa dari sebuah bisnis. Selain itu, bauran pemasaran juga bisa dikatakan sebagai suatu strategi promosi dan penentuan harga yang bersifat unik, dan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar.

Manfaat Memahami Strategi Bauran Pemasaran

Sebagai salah satu komponen pemasaran, bauran pemasaran juga memiliki manfaat yang sangat optimal dalam perkembangan suatu bisnis. Beberapa manfaat bauran pemasaran adalah :

  • Suatu bisnis bisa memahami konsumen. Menjalin hubungan yang baik antara pelaku bisnis dengan konsumen adalah hal yang penting, karena bisa memuaskan konsumen dan bisa menjadi pelanggan tetap. Sehingga sangat penting untuk memahami konsumen atau pengguna produk berapapun usianya, dan sebagainya. Dengan bauran pemasaran, suatu bisnis bisa melihat persoalan yang dihadapi konsumen dan cara menyesuaikan produk yang dijual serta menyampaikan produk yang tepat untuk konsumen tersebut
  • Jika sudah mengetahui tentang konsumen, maka perusahaan harus menyesuaikan produk yang tepat untuk konsumen. Hal itu bisa dilakukan baik secara online maupun offline melalui door to door. Nah dari sini bisa dilihat bahwa bauran pemasaran bisa memberikan manfaat yaitu bisa menyesuaikan produk dengan permintaan konsumen
  • Dan yang terakhir adalah strategi mendesain tampilan fisik. Selain produk yang cocok dengan kebutuhan konsumen, hal yang diperhatikan adalah keadaan fisik produk. Produk yang dijual sebisa mungkin didesain sedemikian rupa sehingga memiliki tampilan fisik yang meyakinkan. Dengan strategi bauran pemasaran, bisa memastikan bahwa konsumen benar-benar menyukai produk yang dibelinya dari bisnis Anda.

Konsep 7P dalam Bauran Pemasaran

Teori Bauran Pemasaran pertama kali diciptakan oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960. Awalnya, Konsep bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Kemudian Boom dan Bitner menambahkan konsep 3P yang berkaitan dengan jasa, yang terdiri dari People, Physical Evidence, dan Process. Dari situlah maka bisa disimpulkan jika konsep bauran pemasaran terdiri dari 7P, yaitu :

1. Product (Produk)

Produk ialah sesuatu yang baik berwujud fisik maupun tidak, yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen. Istilah mudahnya adalah segala sesuatu yang dijual oleh seorang pelaku bisnis. Sebagus apapun sebuah produk, jika sasaran pasarnya tidak tepat, dan tidak dibutuhkan oleh konsumen, maka itu semua tidak akan berguna.

Karena produk akan selalu berkembang mengikuti teknologi yang selalu berkembang, maka produsen harus tanggap terhadap perubahan tersebut. Dengan bauran pemasaran, bisa menganalisa dan melihat pangsa pasar tentang kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap produk yang dibutuhkan, serta bisa memberikan manfaat kepada konsumen.

Ada beberapa strategi dalam pengembangan produk agar sesuai dengan keinginan dan bisa menarik perhatian konsumen, yaitu :

  • menentukan logo atau moto yang indah namun mudah diingat
  • menciptakan brand atau merk yang terkesan hebat, memiliki arti positif, dan mudah diingat pula, serta bisa menarik perhatian
  • memberikan kemasan atau pembungkus produk yang menarik
  • Menggunakan label yang eye catching pada produk yang ditawarkan

2. Price (Harga)

Selanjutnya adalah harga. Dalam strategi bauran pemasaran, pelaku bisnis harus bisa menentukan harga yang cocok untuk produk yang diproduksi dan juga kemampuan konsumen. Harga bisa muncul karena nilai tukar sesuai dengan produk yang ditawarkan dan fungsi yang dirasakan konsumen. Maksudnya adalah jika produk yang dibeli harganya sesuai, maka akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Jika harga terlalu tinggi, konsumen akan enggan membeli, dan sebaliknya jika terlalu murah, bisnis yang dijalankan bisa terancam karena profit yang sangat rendah.

3. Place (Lokasi)

Menentukan lokasi yang tepat adalah strategi yang sangat penting. Karena dalam persaingan bisnis, lokasi yang strategis bisa lebih banyak menarik perhatian masyarakat karena lebih terjangkau dan mudah dicari.

Dalam hal ini, tempat, tidak hanya berupa toko offline, namun bisa juga online. Sebagai contoh, jika target pasarnya adalah anak-anak muda, maka biasanya tempat berjualan dilakukan secara online juga melalui sosial media atau marketplace. Sehingga, dalam strategi bauran pemasaran, anda harus memiliki toko online syukur-syukur jika memiliki toko offline juga. Sehingga hal tersebut bisa memberi nilai tambah terhadap brand atau bisnis anda.

4. Promotion (Promosi)

Konsep selanjutnya adalah promosi, yang merupakan konsep yang paling penting dalam strategi bauran pemasaran.  Promosi adalah seluruh aktivitas yang dilakukan penjual untuk berkomunikasi dengan calon pembeli agar mereka mau mengenal dan membeli produk.

Seperti halnya tempat, promosi juga harus menyesuaikan siapa target pasar anda. Jika calon konsumen lebih banyak menggunakan media sosial, gunakan iklan-iklan di media sosial seperti di instagram, youtube, facebook, dan sebagainya. Jika target pasar anda tidak seperti itu, maka anda bisa melakukan promosi seperti dengan brosur, mengikuti pameran-pameran, melalui radio, televisi, koran, dan sebagainya.

5. People (Orang)

Orang atau sumber daya manusia adalah hal yang cital dalam segala proses kegiatan. Dalam sebuah bisnis, dibutuhkan orang-orang yang tepat untuk menyampaikan produk pada pembeli dan juga penunjang lainnya. SDM tersebut bisa dijadikan seperti customer service, bagian produksi, marketing, hingga manager. Dan dalam teori bauran pemasaran, SDM yang tepat dan kompeten dikatakan bisa mendongkrak kemajuan bisnis secara signifikan.

6. Process (Proses)

Proses, adalah gabungan dari semua aktivitas, mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas dan hal-hal rutin di mana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen. Dalam strategi bauran pemasaran, segala proses mulai dari produksi hingga distribusi harus terencana. Untuk itu sangat penting untuk dibuat SOP yang jelas untuk seluruh SDM.

7. Physical Evidence/Packaging

Dan yang terakhir adalah bukti fisik atau pembungkus. Dalam bauran pemasaran, tampilan fisik adalah unsur yang sangat penting, karena kadangkala konsumen membeli produk karena tampilan fisiknya. Elemen dari Physical Evidence termasuk seluruh aspek fasilitas fisik dari organisasi jasa yang terdiri dari atribut eksterior dan interior serta hal berwujud lainnya. Dalam teori bauran pemasaran, efek positif dari tampilan fisik sangat penting bagi seseorang ketika membeli sebuah produk.

Kesimpulan

Pemasaran tidak hanya sebatas menjual produk kepada pembeli, namun juga memberikan manfaat dan kepuasan dari perusahaan ke konsumen. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa konsep bauran pemasaran agar bisa memberikan keuntungan jangka pendek dan manfaat jangka panjang.

Nah ketika suatu bisnis sudah memberikan keuntungan yang lumayan tinggi, pastinya dibutuhkan pengelolaan keuangan yang ekstra. Dalam hal itu, baik pemasukan, pengeluaran, hingga anggaran harus diperhatikan. Dan yang lebih penting adalah gaji karyawan. Karena sebagai pelaku bisnis yang baik, harus memberikan gaji karyawan yang sesuai dan tepat waktu. Untuk bisa mengelola gaji karyawan secara otomatis dan mudah, bisa menggunakan Jojo Payroll.

Jojo Payroll adalah sebuah software yang bisa mengelola jurnal gaji karyawan secara otomatis dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Dalam software ini, bisa melihat Data Gaji Karyawan dalam bentuk PDF yang dapat diakses online kapan saja, Menghindari Human Error dalam Perhitungan Gaji Manual, dan Memangkas penggunaan kertas dan biaya untuk penggunaannya.

Fitur menarik lainnya adalah terdapat alat monitoring karyawan yang terdiri dari sistem absensi mobile, approval cuti praktis dan Lembar Pengelolaan Tugas. Dan juga terdapat alat penggajian otomatis yang bisa memperhitungkan gaji karyawan secara otomatis dan bisa melihat slip gaji secara otomatis.

So tunggu apalagi? Yuk coba gratis sekarang, dan rasakan kemudahannya!