Cara Menciptakan Keunggulan Kompetitif Melalui Strategi Bersaing

competitive

Jumlah lapangan pekerjaan yang tidak seimbang dengan angka pengangguran mendorong banyak orang, khususnya kaum milenial, untuk mengadu potensi dalam berbisnis. Bermodalkan kemudahan akses internet dan kemajuan era teknologi untuk mendapatkan informasi, bisnis-bisnis baru pun mulai dibuka. Lahirnya pebisnis baru ini turut meramaikan pasar yang sebelumnya sudah semakin ketat dipenuhi oleh para pemain lama. Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis memunculkan satu pertanyaan, yakni bagaimana agar dapat tetap bertahan. Jawabannya, tentu saja merumuskan Strategi Bersaing.

Strategi Bersaing adalah suatu rencana aksi yang menyeleraskan sumber daya dan komitmen organisasi untuk mencapai kinerja yang lebih unggul dibanding pesaing.

Apa yang dimaksud dengan Strategi Bersaing?

Hariadi (2005) menyebutkan bahwa strategi bersaing merupakan langkah-langkah strategis, baik terencana maupun tidak terencana, untuk dapat keunggulan bersaing. Strategi bersaing memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan, yakni:

  • Menarik perhatian konsumen
  • Memperkuat posisi dalam pasar
  • Bertahan terhadap tekanan persaingan

Strategi bersaing dapat berjalan dengan baik apabila perusahaan mampu menciptakan nilai-nilai dalam produk yang dihasilkan, yang membuatnya lebih unggul dibanding produk pesaing. Keunggulan bersaing (competitive advantage) yang terkandung dalam produk inilah yang akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan Anda. 

competitive

Jenis-jenis Strategi Bersaing

Michael Porter dalam bukunya menulis bahwa pada dasarnya terdapat dua tipe keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan, yakni lower cost dan diferensiasi. Berdasarkan hal tersebut, maka strategi bersaing dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Low-cost Strategy

Sesuai namanya, perusahaan yang menerapkan strategi ini senantiasa berfokus untuk memproduksi suatu produk atau layanan dengan biaya seminim mungkin. Dengan demikian maka perusahaan dapat menarik pelanggan melalui harga jual produk atau layanan yang lebih murah tanpa mengurangi nilainya dari segi kualitas. 

Kunci keberhasilan strategi ini ialah manajemen biaya. Anda perlu mengidentifikasi pos-pos biaya sepanjang proses produksi untuk mengetahui manakah biaya yang dapat diminimalkan dari masing-masing pos. Dalam usaha mengurangi biaya pada masing-masing pos, Anda juga perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap kualitas produk yang diproduksi. Tujuannya agar konsumen tetap memperoleh barang yang sesuai dengan pengorbanan yang mereka keluarkan. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Differentiation Strategy

Berbeda dari low-cost strategy, perusahaan yang menerapkan strategi diferensiasi fokus untuk menanamkan nilai-nilai yang unik untuk membedakan produk dari produk pesaing. Adapun nilai-nilai unik yang ditanamkan dalam produk didasarkan pada dimensi sejauh mana hal tersebut masih dihargai oleh pembeli.

Perusahaan yang menerapkan strategi ini tidak memperhitungkan aspek biaya produksi, meski bukan berarti tidak memperhatikan aspek biaya sama sekali. Bisa dikatakan sebagian besar perusahaan yang menerapkan strategi ini menghasilkan produk atau layanan dengan harga jual lebih tinggi atau lebih premium. 

Focused or Market Niche Strategy

Strategi ini biasa digunakan untuk menghadapi persaingan yang sempit dalam suatu industri. Perusahaan yang akan menerapkan strategi ini perlu mengidentifikasi segmen atau kelompok segmen yang dituju. Tujuannya ialah agar dapat secara fokus merumuskan strategi yang efektif guna melayani segmen pasar yang dituju. 

Terdapat dua jenis strategi fokus, yakni:

  • Focused Strategy based on Lower Cost. Strategi ini berfokus pada penyediaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang spesifik dengan harga yang lebih rendah dibanding pesaing.
  • Focused Strategy based on Differentiation. Strategi ini berfokus pada produksi barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan segmen pasar yang spesifik dengan cara yang berbeda dari pesaing.
competitive

Bagaimana Cara Menciptakan Keunggulan Kompetitif?

Keunggulan kompetitif merupakan indikator keberhasilan strategi bersaing yang diterapkan oleh perusahaan. Ketika perusahaan Anda mampu menciptakan keunggulan kompetitif, maka secara otomatis perusahaan Anda telah unggul dalam persaingan. Pertanyaannya, bagaimana cara menciptakan keunggulan kompetitif? Ini jawabannya:

Menciptakan Budaya Perusahaan

Tahukah Anda, bahwa cara Anda memperlakukan karyawan merupakan gambaran bagaimana Anda memperlakukan pelanggan? Pelanggan dapat menilai kualitas suatu perusahaan hanya dengan melihat bagaimana karyawan mereka. Hal tersebut dikarenakan setiap karyawan merepresentasikan budaya perusahaan dimanapun mereka berada. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menciptakan suatu budaya perusahaan.

Budaya perusahaan merupakan nilai-nilai atau norma-norma yang dianut dan diturunkan serta kemudian menjadi ciri perusahaan. Budaya perusahaan menjadi sarana penting untuk menciptakan citra atau image yang positif dalam masyarakat. Mengembangkan budaya perusahaan memang tidak mudah karena Anda harus menyatukan berbagai pola pandang dan pola pikir seluruh karyawan. Namun jika Anda berhasil menerapkannya, maka ini akan mendatangkan keunggulan kompetitif. 

Melayani Ceruk Pasar

Lahirnya pemain-pemain baru membuat persaingan di pasar semakin ketat, akibatnya menemukan pelanggan cukup sulit untuk dilakukan. Solusi untuk permasalahan ini ialah mencoba mencari ceruk pasar. Ceruk pasar yang dimaksud ialah tempat-tempat dimana pelanggan kurang terlayani yang diakibatkan oleh berbagai macam alasan. 

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, mencari informasi mengenai ceruk pasar harusnya sudah bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan melayani ceruk pasar maka selain Anda dapat memperoleh pasar yang baru, Anda juga dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar melalui pengenalan merek lebih awal. 

competitive

Memahami Pelanggan

Kunci penting dalam menciptakan keunggulan kompetitif ialah pemahaman mengenai pelanggan. Ketika Anda menyusun strategi penjualan, pastikan Anda telah menentukan target pelanggan yang tepat. Anda juga perlu mempertimbangkan kapan saat biasanya pelanggan melakukan pengambilan keputusan untuk pembelian dan informasi apa saja yang dibutuhkan. Jika perlu, Anda dapat melakukan survei mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk Anda. Ketika pelanggan merasa bahwa perusahaan memahami kebutuhan mereka, melayani dengan tepat pada saat mereka membutuhkan, maka mereka akan menempatkan Anda sebagai prioritas dibanding pesaing.

Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Setiap perusahaan pada intinya memiliki kekuatan dan kelemahan, baik dari segi proses bisnis, penggunaan teknologi, keahlian karyawan, pengalaman, dan sebagainya. Penting bagi Anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam bisnis Anda. Dengan mengetahui kekuatan, Anda dapat fokus menyusun strategi untuk memasuki pasar baru. Selain itu dengan mengidentifikasi kelemahan bisnis, Anda juga dapat terus melakukan pembaharuan secara berkala untuk perlahan mengatasi kelemahan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengembangkan Keunikan Produk

Keunikan produk merupakan value penting yang menjadi faktor pembeda antara produk yang Anda tawarkan dari produk pesaing. Oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk menciptakan dan mengembangkan keunikan setiap barang atau jasa yang dihasilkan. Perusahaan yang mampu mengembangkan nilai-nilai dalam produk yang ditawarkan akan memperoleh image yang lebih positif di mata pelanggan.

Memberi Motivasi pada Karyawan

Kesalahan umum yang sering terjadi dalam perusahaan ialah mengabaikan hak-hak karyawan. Bukan melulu tentang gaji, namun juga hak memberikan pendapat untuk berkembangnya perusahaan, serta hak untuk terlibat dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut cukup sepele, namun berdampak besar pada motivasi kerja karyawan. Akibatnya tak jarang jika karyawan merasa bosan, dan performa kinerja mengalami penurunan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, mulailah memberi motivasi pada karyawan Anda dalam hal kecil. Anda dapat mulai mendengarkan ide-ide mereka untuk mengembangkan perusahaan ke depannya, atau mungkin melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian mereka akan merasa “memiliki” perusahaan sehingga mereka lebih termotivasi dalam bekerja.

competitive

Pada dasarnya karyawan merupakan asset penting perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif. Oleh sebab itu diperlukan manajemen yang baik untuk memastikan bahwa setiap karyawan berhak untuk menikmati hak mereka, salah satunya gaji. JojoPayroll membantu Anda untuk mengelola gaji karyawan secara digital berbasis cloud. Dengan aplikasi JojoPayroll, Anda dapat menghitung dan membayar gaji karyawan secara akurat sesuai dengan tanggal bergabungnya mereka di perusahaan. Anda juga dapat dengan mudah melakukan konfigurasi data untuk pemberian tunjangan, uang lembur, uang hadir, dan sebagainya.

Aplikasi JojoPayroll memiliki berbagai fitur andalan, diantaranya:

  • Dengan HRIS Integration, Anda dapat memberikan gaji karyawan sesuai dengan laporan kehadiran sehari-hari
  • Transfer gaji karyawan ke lebih dari 150 akun bank di Indonesia secara real time
  • Otomatisasi penghitungan pajak dan BPJS
competitive

Tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati fasilitas coba gratis selama 14 hari!