6 Strategi Bisnis Online untuk Mendongkrak Penjualan

Strategi bisnis online

Maraknya penjualan online dan penggunaan internet sebagai salah satu alat untuk melakukan kegiatan jual beli telah merubah sebagian besar cara hidup kita sehari hari. Dari yang awalnya selalu melakukan pembelian langsung untuk mendapatkan barang barang yang dibutuhkan, sekarang sudah tergantikan dengan adanya online shop atau kegiatan belanja online lain lebih memudahkan kegiatan belanja konsumen.

Disisi lain, melakukan penjualan secara online juga membuka banyak peluang dari pihak penjual maupun pembeli untuk bersikap asal asalan atau bahkan membuka peluang penipuan karna tidak dilakukan secara bertatap muka.

Hal diatas jelas sangat merugikan para pebisnis online shop dan juga para konsumen yang melakukan kegiatan jual beli secara online. Mendapatkan kepercayaan masyarakat atau pembeli merupakan salah satu cara yang berguna untuk meningkatkan penjualan dari produk yang dijual. Banyak penjual online shop yang gagal mengambil simpati dari pembeli serta mendapatkan kepercayaan sehingga produk yang dijual tidak laku terjual. Berikut 6 strategi dalam melakukan bisnis online yang bisa digunakan untuk mendongkrak penjualan secara efektif menurut Jojonomic:

Strategi Bisnis Online yang Efektif Mendongkrak Penjualan

1. Menentukan target market yang sesuai

Ilustrasi target market

Penentuan target pasar yang tepat merupakan salah satu hal penting yang harus dibangun dalam memulai sebuah usaha bisnis online. Sebelum anda memutuskan untuk melakukan penjualan secara online, penentuan target pasar yang tepat merupakan hal yang wajib dilakukan. Misalkan anda menargetkan target pasar penjualan online shop anda untuk kalangan muda, maka anda bisa melakukan kegiatan promosi melalui berbagai media sosial yang sedang digunakan oleh banyak kalangan anak muda.

Apabila seseorang yang melakukan penjualan menggunakan media online mengabaikan hal ini, maka produk produk yang dijual tidak akan sesuai dengan target pasar yang anda tuju dan akan membuat pihak penjual mengalami kerugian karena tidak mencapai target penjualan yang telah ditentukan.

Penentuan target pasar yang tepat bisa dilakukan dengan cara melihat jenis barang dagangan yang akan dijual melalui media online, melihat kecenderungan demand permintaan dari masyarakat serta melihat dan memprediksi trend yang sedang dan akan berlangsung di masyarakat.

2. Maksimalkan dengan penggunaan iklan

Strategi bisnis online dengan Google Adwords

Kegiatan jual beli produk secara online tentunya harus diimbangi pula dengan cara mengiklankan produk tersebut yang juga harus menggunakan media online. Aktvitas pengiklanan produk bisa menggunakan platform online seperti IG Ads, Facebook Ads dan Google Ads.

Kegiatan pengiklanan produk secara online memiliki banyak kelebihan. Contohnya dalam Instagram Ads, dalam merencanakan iklannya anda bisa menentukan target atau pangsa dari iklan tersebut seperti menentukan preference umur, jenis kelamin, kecenderungan menyukai produk tertentu sampai dengan lokasi. Hal ini tentu memudahkan pihak yang akan mengiklankan produknya di instagram karena akan lebih sesuai dengan target pasar yang mereka tuju.

3. Optimalkan SEO

Strategi bisnis online dengan SEO

SEO adalah suatu cara yang digunakan agar website yang digunakan untuk melakukan bisnis online dapat terlihat di mesin pencarian seperti google atau bahkan bisa menduduki peringkat paling atas pada suatu mesin pencarian. SEO memiliki banyak manfaat dalam meningkatkan penjualan yang sedang dilakukan, antara lain:

a) Membuat website Anda berada di halaman pertama pencarian

Dengan memanfaatkan SEO kita bisa membuat halaman website atau marketplace kita muncul di mesin pencarian seperti Google yang tentu bisa memperbesar peluang mendapatkan lebih banyak pengunjung.

b) Mendapatkan Click-through rate lebih tinggi

Click Through Rate adalah perhitungan jumlah klik terhadap jumlah impression yang didapat. Biasanya jumlah klik yang ada bersumber dari hasil pencarian organik. Sedangkan impression adalah jumlah berapa kali munculnya halaman website Anda di hasil mesin pencarian seperti google.

c) Mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget

Seperti yang telah kita bahas di atas, penentuan target pasar yang tepat sangat mempengaruhi penjualan sebuah online shop. Pengoptimalan penggunaan SEO dapat memaksimalkan pembelian atau meningkatkan jumlah pengunjung dari target pasar yang telah ditentukan.

d) Berpotensi meningkatkan penjualan dan repeat order

Semakin banyak pengunjung atau konsumen tertarget yang datang mengunjungi situs Anda, maka semakin tinggi pula peluang untuk meningkatkan jumlah penjualan. Dengan catatan, produk yang dijual memiliki kualitas yang baik dan siap bersaing.

Jika kualitas barang yang Anda jual terjaga atau semakin baik kedepannya. Maka Anda hanya tinggal menunggu repeat order dari pelanggan saja. 

4. Gunakan marketplace yang potensial

Strategi bisnis online dengan marketplace

Dengan zaman yang serba maju dan jenis social media ataupun marketplace jual beli online yang juga semakin banyak, maka pemilihan marketplace jual beli yang tepat dan sesuai juga sangat penting. Data saat ini menyebutkan banyak konsumen yang telah beralih dan menggunakan seluler atau media online untuk melakukan pembelian barang.

Selain itu kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai marketplace penjualan barang online juga menarik banyak pengguna dan konsumen untuk kemudian terjun dan menjual barangnya menggunakan media penjualan online tersebut. Kemudahan kemudahan yang ditawarkan oleh media jual beli online tersebut antara lain :

  • Tidak harus bertatap muka langsung untuk melakukan kegiatan jual beli, sehingga memudahkan konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk membeli barang yang dibutuhkan secara langsung
  • Proses pembayaran yang lebih beragam dibandingkan dengan melakukan penjualan secara langsung. Proses pembayaran yang dilakukan bisa menggunakan transfer bank / atm, menggunakan CC, menggunakan pembayaran yang telah disediakan oleh media jual beli online tersebut seperti shopeepay, atau bahkan menggunakan Paylater yang memungkinkan customer untuk melakukan pembayaran barang pada bulan selanjutnya.
  • Opsi barang yang diinginkan oleh customer menjadi lebih banyak

5. Buat marketing plan yang matang

Strategi bisnis online - marketing planning

Strategi bisnis online yang efektif selanjutnya adalah dengan membuat marketing plan.

Marketing plan atau perencanaan pemasaran yang tepat sangat diperlukan agar bisnis online yang sedang dijalani menjadi semakin berkembang dan membuatnya memiliki banyak pelanggan. Perencanaan pemasaran yang bisa Anda lakukan antara lain adalah:

  • Merencanakan target pasar yang tepat dan mengikuti keinginan konsumen
  • Menyesuaikan harga dengan pasar
  • Perencanaan pengembangan produk
  • Merencanakan penggunaan iklan di sosial media ataupun secara konvensional

6. Maksimalkan jaringan dan relasi yang dimiliki

Maksimalkan jaringan dan relasi

Dalam dunia bisnis online, memiliki jaringan yang luas adalah salah satu hal yang sangat penting. Dengan adanya jaringan dan relasi yang baik, tentu anda bisa memasarkan produk yang anda jual dalam jangkauan yang lebih luas. Sehingga, kesempatan untuk mendapatkan konsumen yang kemudian akan tertarik dengan produk yang anda jual pun semakin tinggi.

Untuk membangun dan menumbuhkan jaringan atau relasi yang baik, kita bisa memulai dari yang paling sempit kemudian berkembang ke relasi yang lebih luas. Selain itu, para pengusaha online pun harus sudah bisa membangun koneksi dari awal pemasaran yang sudah menggunakan media online.

Maka dari itu, mau tidak mau anda harus belajar menjalin koneksi mulai dari lingkup yang kecil dahulu. Dari lingkup yang kecil ini kemudian bisa berdampak besar pada produk yang akan atau sedang dijual. Contohnya, bisa menjadi sponsor untuk kegiatan sosial, event, pensi atau sebuah pertunjukan seni di sekitar.

Sejatinya, kegiatan jual beli secara online memang membutuhkan strategi bisnis yang kuat. Selain karena jumlah kompetitor yang lebih banyak, pilihan konsumen pun semakin beragam. Dengan kondisi tersebut, maka pengusaha bisnis online harus mencari cara agar tetap bersaing dan disukai oleh pelanggan. Hal tersebut bisa capai dengan cara mengetahui keinginan pasar, membangun kepercayaan dengan konsumen, ataupun memaksimalkan proses promosi yang dilakukan.

Permudah Kelola Bisnismu dengan JojoExpense

Jojo Expense

Berbicara tentang proses promosi atau pengiklanan yang dilakukan maka hadirlah JojoExpense. Sebuah aplikasi yang menghadirkan berbagai fitur yang memudahkan para pengusaha bisnis online untuk mengelola bisnisnya. Dengan JojoExpense, kita bisa dengan mudah mengontrol anggaran iklan yang akan dikeluarkan dengan lebih efektif dan tentunya aman.

Selain itu JojoExpense juga memiliki banyak fitur lainnya yang bisa mencegah kita mengalami penipuan keuangan. Selain itu JojoExpense juga menghadirkan kemudahan lain seperti meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan, serta membantu kita untuk lebih memahami tentang banyak hal terutama pengeluaran.