Strategi Bisnis UMKM yang Efektif di Tengah Pandemi

Strategi Bisnis UMKM

Sejak mewabahnya virus corona di Indonesia bulan Maret silam, membuat banyak rutinitas dalam hidup pun mulai berubah. Salah satu yang paling jelas terlihat adalah banyaknya perusahaan yang mulai mempekerjakan karyawannya dari rumah (work from home) bahkan tak sedikit dari mereka yang sampai gulung tikar karena menurunnya omset yang didapatkan.

Kondisi ekonomi yang sedang turun membuat banyak orang harus berpikir dua kali pada saat akan melakukan pembelian sebuah produk. Terlebih beberapa perusahaan atau bisnis hanya memberikan setengah gaji pada karyawan mereka karena situasi yang memang sedang kurang stabil.

Meski banyak terjadi efisiensi karyawan bahkan hingga bangkrutnya sebuah bisnis di tengah pandemi virus corona ini. Namun sebenarnya para pelaku usaha dapat mengantisipasinya dengan menerapkan berbagai macam strategi bisnis yang dirasa cukup efektif. Baik perusahaan besar maupun para pelaku UMKM, menggunakan strategi bisnis yang tepat di tengah kondisi sulit tentu akan membuat mereka lebih mudah untuk survive.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan Anda mengenai beberapa strategi bisnis UMKM yang efektif diterapkan di tengah pandemi virus corona. Harapannya Anda dapat menerapkan strategi yang kami berikan dan berhasil melewati masa-masa sulit seperti saat ini. Penasaran apa saja strateginya? Simak lengkap artikel berikut ini, ya.

Strategi Bisnis UMKM yang Efektif di Tengah Pandemi

1. Fokus pada hal yang dibutuhkan oleh konsumen

Fokus pada kebutuhan konsumen

Di tengah pandemi virus corona saat ini, minat konsumen yang menurun pada pembelian sebuah produk membuat Anda harus berpikir dan menyusun strategi ulang untuk memasarkannya. Jika dulu konsumen bebas membeli produk apapun yang mereka inginkan, hari ini beberapa di antara mereka benar-benar membatasi pengeluaran hanya untuk membeli produk yang dibutuhkan.

Nah, maka dari itu Anda harus memastikan bahwa setiap produk yang Anda jual adalah kebutuhan bagi mereka. Misalnya dalam hal ini Anda menjalankan bisnis kuliner, maka Anda bisa menawarkan menu-menu makanan sehat yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Contoh lain jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, Anda bisa memproduksi masker atau APD yang belakangan banyak dicari dan dibutuhkan. Kuncinya, Anda hanya harus mencari peluang dari setiap situasi. 

2. Selalu beradaptasi dan berinovasi

Strategi bisnis umkm dengan selalu berinovasi

Berikutnya, sebagai seorang pelaku usaha Anda dituntut untuk harus selalu beradaptasi dan berinovasi terhadap situasi yang ada. Jangan sampai terbuai dalam zona nyaman dan terlalu percaya diri dengan produk Anda saat ini. 

Ingatkah Anda pada kisah brand ponsel Nokia? Pada awal kemunculan Android, Nokia sama sekali tidak tertarik untuk mengembangkan ponsel mereka dengan sistem tersebut. Sayangnya, hal ini justru menuntunnya pada jurang kematian bisnis yang dijalankan.

Hal seperti inilah yang perlu Anda hindari. Tidak peduli seberapa bagus atau keren kualitas produk yang Anda jual ke pasar, inovasi akan selalu dibutuhkan. Idealisme dalam berbisnis tentu diperbolehkan, namun Anda juga harus realistis dalam menghadapi kenyataan. Karena bagaimana pun, jika bisnis yang dijalankan rugi, bukankah Anda sendiri yang akan merasakan dampaknya?

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam situasi seperti saat ini, Anda bisa menciptakan berbagai macam inovasi dari berbagai lini bisnis. Untuk bisnis di bidang kuliner, Anda bisa membuat menu produk baru yang berisi healthy food atau makanan sehat. Karena seperti yang kita tahu, untuk terhindar dari virus corona diperlukan imun tubuh yang kuat sehingga banyak orang mulai memperhatikan pola makan mereka.

Untuk bisnis fashion, Anda bisa menciptakan inovasi APD atau masker dengan desain yang unik dan kreatif. Hal ini akan jadi poin plus bagi calon konsumen yang menjadi target market bisnis Anda. 

Sedangkan untuk lini bisnis yang lain, bisa dengan membuat ragam inovasi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Misalnya di setiap pembelian produk, Anda memberikan bonus sehelai masker kain untuk pelanggan.

3. Pertahankan kualitas produk dan pelayanan

Perhatikan kualitas produk dan pelayanan

Meski kondisi sedang sulit, bukan berarti Anda bisa setengah-setengah dalam memberikan pelayanan serta kualitas produk yang ditawarkan pada pelanggan. Tetap Anda harus memperhatikan faktor tersebut untuk semakin menarik minat pelanggan yang potensial.

Selain itu, pelanggan yang puas terhadap pelayanan maupun kualitas produk yang Anda tawarkan juga biasanya tidak akan segan untuk merekomendasikan bisnis Anda ke orang-orang di sekitarnya. Hal ini tentu akan berdampak baik pada tingkat penjualan produk Anda nantinya.

4. Lebarkan pemasaran di media digital

strategi bisnis umkm dengan pemasaran digital

Sosial media menjadi salah satu segmen pemasaran favorit para pelaku bisnis di era digital seperti saat ini. Platform ini pun memudahkan mereka dalam menjangkau calon konsumen yang potensial atau sebelumnya sudah tertarik dengan brand bisnis Anda.

Ditambah dengan ragam fitur iklan berbayar yang ditawarkan oleh masing-masing sosial media. Sehingga membuat Anda dapat menjangkau target pasar yang lebih spesifik. Anda bisa menentukan range usia, jenis kelamin, domisili hingga minat target market Anda dengan lebih detail. Hal ini akan memudahkan iklan yang Anda buat bekerja dengan lebih maksimal nantinya.

Facebook dan Instagram merupakan sosial media yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten marketing untuk TikTok maupun sosial media yang lain untuk menjangkau lebih banyak audiens.

5. Memperluas relasi dan berkolaborasi dengan brand yang sudah ada

Strategi bisnis umkm dengan berkolaborasi bersama brand lain

Strategi bisnis UMKM yang cukup efektif berikutnya adalah dengan memperluas jejaring relasi dengan pengusaha lain. Anda juga bisa mengajak mereka berkolaborasi atau kerja sama dalam meluncurkan inovasi produk terbaru yang saling berkaitan dan menguntungkan. Produk kolaborasi seperti ini biasanya cukup banyak diminati oleh konsumen, bahkan tak sedikit di antaranya yang menunggu kolaborasi antar brand yang menjadi favorit mereka.

Selain efektif untuk meningkatkan minat pelanggan juga cukup baik untuk meningkatkan trafik penjualan. Kuncinya, Anda harus menawarkan produk kolaborasi yang unik dan out of the box. Sehingga konsumen pun akan tertarik dan mencari tahu terkait produk tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai strategi bisnis UMKM yang cukup efektif. Kondisi yang sulit seperti saat ini memang banyak membawa perubahan dalam sektor bisnis dan industri. Namun demikian bukan berarti Anda tidak bisa melewatinya, ada begitu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang tingkat penjualan. Anda hanya harus berusaha untuk tetap optimis serta menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Misalnya, jika di hari-hari biasa dulu Anda memproduksi banyak barang. Kini karena permintaan yang menurun, Anda bisa mengurangi tingkat produksinya. Dengan demikian biaya operasional pun dapat ditekan dan kerugian dapat dihindari. Anda juga bisa menjual produk-produk dalam gudang yang sekiranya sudah cukup lama dengan memasang diskon atau membuatnya dalam bentuk bundling dengan penawaran yang menarik. Dijamin pelanggan akan berbondong-bondong untuk membeli paket produk tersebut nantinya.

Selain harus menjaga operasional perusahaan agar tetap stabil, sebagai seorang pelaku usaha yang baik Anda juga diwajibkan untuk mengontrol setiap pengeluaran yang ada dalam bisnis atau perusahaan. JojoExpense dapat dijadikan andalan bagi Anda untuk membantu mengelola keuangan dalam usaha. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melacak setiap pengeluaran yang terjadi dalam bisnis, mengontrol anggaran perusahaan hingga memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran reimbursement pada karyawan.

JojoExpense juga dilengkapi dengan fitur menarik yang lain, salah satunya ialah teknologi Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang terpasang dalam aplikasi ini dapat membantu Anda agar terhindar dari risiko fraud financial atau penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoExpense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!