Strategi Conversation Marketing : Pengertian, Peran dan Cara Kerjanya

strategi conversation marketing

Dalam bidang pemasaran tidak diragukan lagi, perlu dikaitkan dengan Strategi Conversation Marketing, dengan kata lain Conversation Marketing adalah strategi yang berkaitan dengan bidang pemasaran. Dengan cara ini, Anda bisa langsung menjalin kontak dengan konsumen dan mendiskusikan pemasaran antara konsumen dan pemasaran dalam dialog.

Percakapan bisa saja terjadi saat kamu memasarkan suatu produk, atau saat kamu memposting di media sosial tentang aplikasi atau apapun yang ingin kamu pasarkan, dan dari postingan tersebut pasti ada banyak orang yang mungkin belum kamu kenal yang akan berkomentar atau bertanya. Yang Anda pasarkan di media sosial pilihan anda.

Pengertian Strategi Conversation Marketing

strategi conversation marketing

Strategi Conversation Marketing adalah cara tercepat untuk menggunakan kekuatan dialog untuk mendorong pelanggan melalui saluran penjualan. Ini dapat membangun hubungan antara Anda dan konsumen, dan juga dapat menciptakan pengalaman pengguna.

Strategi Conversation Marketing merupakan cara yang bagus untuk memulai percakapan dengan konsumen. Anda dapat menggunakan Strategi Conversation Marketing untuk menyelesaikan tugas ini tanpa mengharuskan pengunjung situs web Anda mengisi formulir yang terkadang terlalu panjang dan mengganggu.

Chatbot yang cerdas akan menggunakan opsi tanya jawab yang disiapkan dengan cara ini untuk menyapa dan berinteraksi dengan semua orang yang mengunjungi situs web Anda. Inilah sebabnya mengapa Strategi Conversation Marketing dapat membantu Anda menghasilkan prospek penjualan lebih cepat.

Peran Strategi Conversation Marketing

strategi conversation marketing

Dalam operasi bisnis, Strategi Conversation Marketing memainkan peran yang sangat penting. Misalnya memberikan informasi, membujuk, secara langsung maupun tidak langsung mengingatkan konsumen tentang produk dan merek yang dijual. Strategi Conversation Marketing juga memiliki banyak fungsi bagi konsumen, terutama untuk memberitahu dan menunjukkan bagaimana dan mengapa produk digunakan, untuk mengetahui lebih jauh tentang produk dan dimana serta kapan mendapatkan produk tersebut.

Saat menerapkan Strategi Conversation Marketing, sebagian besar perusahaan atau pemasar akan cenderung fokus pada media sosial. Faktanya, Strategi Conversation Marketing mengacu pada media sosial. Silakan lihat pengantar singkat untuk metode Conversation Marketing di bawah ini:

  • Pemasaran email adalah strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah dengan mengirimkan informasi tersebut ke pelanggan melalui email. Informasi yang diberikan dapat berupa penjelasan tentang produk atau jasa yang diberikan, fungsi utama yang dimiliki atau bahkan kegiatan promosi yang sedang berlangsung.
  • Dukungan pelanggan. Ini juga penting untuk menerapkan strategi pemasaran percakapan. Memberikan dukungan pelanggan atau layanan pelanggan adalah salah satu cara Anda menghargai pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat menerima saran dan kritik yang membangun dari konsumen. Niscaya ini sangat bagus untuk perkembangan bisnis anda kedepannya.
  • Program loyalitas pelanggan. Anda dapat menggunakan metode ini untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Dan buat mereka setia pada produk dan merek Anda.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara Kerja Strategi Conversation Marketing

strategi conversation marketing

Tidak perlu merombak dan mengulang implementasi Strategi Conversation Marketing. Ini lebih seperti menambahkan saluran baru untuk melengkapi upaya pemasaran yang telah Anda lakukan selama ini. Conversation Marketing menggunakan kerangka kerja sederhana yang disebut Kerangka Percakapan untuk bekerja: “berpartisipasi, memahami, merekomendasikan”. Ini penjelasan lengkapnya.

Engange (partisipasi aktif)

Apa yang terjadi jika Anda dapat berbicara dengan audiens Anda secara langsung tanpa meminta mereka mengisi formulir? Untuk beberapa perusahaan, ini mungkin berarti tingkat konversi yang lebih tinggi, lebih banyak peluang, dan pemahaman yang lebih baik tentang audiens yang mereka ajak bicara.

Ketika audiens Anda ingin mendownload sesuatu, hubungi penjual atau mencoba produk demo, Anda dapat menggunakan chatbot pintar untuk memandu mereka. Tidak hanya itu, chatbot ini juga dapat memandu audiens Anda melalui saluran penjualan dengan lebih cepat.

Pemahaman

Metode yang biasanya digunakan merek untuk menghasilkan prospek membutuhkan waktu berhari-hari dan proses yang lama. Merek perlu merespons dalam lima menit setelah interaksi pertama untuk mendapatkan peluang terbaik dan calon pelanggan. Apakah lebih panjang dari itu? Peluang Anda berkurang hingga 400%.

Chatbots dapat belajar secara real time dengan siapa mereka mengobrol dan apa yang mereka inginkan. Biarkan bot bekerja untuk Anda dan memfilter audiens yang memenuhi syarat.

Sarankan

Chatbots sangat efektif dalam menarik dan memahami calon pelanggan, tetapi begitu mereka memasuki tahap penjualan, tidak ada yang bisa mengalahkan interaksi antar orang. Inilah sebabnya mengapa chatbots menggunakan pemetaan cerdas untuk menghubungkan prospek penjualan ke tim penjualan Anda dan bahkan menjadwalkan secara otomatis. Dengan cara ini, tim penjualan Anda dapat fokus 100% pada penjualan.

Strategi Conversation Marketing dengan Chatbot

chatbot

Chatbots dapat membantu pemasaran suatu perusahaan untuk melakukan aktivitas pemasaran produk dengan lebih mudah dan sederhana. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengotomatiskan banyak proses dan mempermudah pemasaran untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Apa yang dapat dilakukan chatbot untuk menjalankan strategi ini? berikut ulasannya:

  1. Bisa meningkatkan prospek. Dengan chabot, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan dan mencari tahu perjalanan pelanggan dalam siklus penjualan. Selain itu, chatbots juga dapat mempersonalisasi cara Anda mengumpulkan informasi secara lebih efektif tanpa harus menyediakan beberapa formulir kueri.
  2. Teknologi Chatbot dapat digunakan untuk membantu mempromosikan produk dengan mudah. Chatbot jenis ini dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk membantu mereka menemukan produk yang mereka butuhkan dan membuat mereka ingin membelinya.
  3. Chatbots dapat menjadi alat yang baik untuk mengumpulkan berbagai bentuk informasi pelanggan.
  4. Teknologi Chatbot hadir untuk menyambut dan melayani pelanggan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengkonfigurasi chatbot agar dapat berbicara dengan konsumen melalui obrolan.

Strategi Conversation Marketing dengan Content Marketing

Strategi tersebut berfokus pada pembuatan konten yang mendukung aktivitas pemasaran. Content Marketing merupakan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan distribusi konten yang relevan dan konsisten sehingga konten dapat menarik setiap konsumen yang melihatnya dan mempertahankan audiens yang telah ditentukan.

Ketika Anda membuat pemasaran konten lebih menarik, lebih banyak konsumen akan melihat dan tertarik dengan produk melalui Strategi Conversation Marketing yang Anda coba pasarkan. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan di masa depan.

Sekarang anda sudah tau apa itu Strategi Conversation Marketing dan bagaimana bisnis Anda berkembang? Integrasikan situs web toko online Anda dengan gateway pembayaran sehingga Anda dapat menerima pembayaran langsung di situs web Anda.

JojoPayroll adalah payment gateway terbaik di Indonesia dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Dengan gateway pembayaran milik Jojonomic, semua transaksi online Anda akan berjalan otomatis tanpa konfirmasi manual.

JojoPayroll juga menggunakan CyberSource API yang merupakan perusahaan pengelola pembayaran terbesar di dunia dibawah VISA sehingga bisnis Anda akan mendapatkan nilai tambah di mata konsumen dalam hal keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Daftar sekarang untuk menikmati layanan uji coba gratis JojoPayroll yang memiliki fitur lengkap, dukungan penuh dari tim Jojonomic, dan kemampuan konversi dengan mudah untuk mengaktifkan akun pemilik bisnis. Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang produk Jojonomic, Anda dapat menghubungi tim Jojonomic disini.