Strategi Marketing FOMO Untuk Meningkatkan Penjualan

strategi marketing FOMO

Strategi marketing FOMO mungkin bisa dibilang merupakan salah satu strategi yang cukup efektif dalam hal menjalankan proses marketing. Sedangkan FOMO sendiri merupakan singkatan dari Fear of Missing Out yang menggambarkan adanya perasaan takut atau cemas atau gelisah akan ketinggilan sesuatu. Hal ini cenderung menggambarkan perilaku konsumen yang cenderung melakukan pembelian atas sesuatu karena tidak ingin ketinggalan. Tentunya hal ini dapat membuat penjualan produk barang atau jasa menjadi semakin meningkat. Terutama bila jumlah produk yang dijual terbatas.

Menerapkan Strategi Marketing FOMO

Menciptakan kesan urgensi

Umumnya konsumen akan selalu berusaha untuk bisa mendapatkan produk yang dijual hanya pada saat-saat tertentu saja. Oleh karena itu dalam melakukan penjualan produk maka Anda bisa menerapkan strategi marketing FOMO. Misalnya saja Anda menjual produk pada satu periode tertentu. Tentu saja hal ini akan memancing minat konsumen untuk bisa mendapatkan produk yang Anda tawarkan. Produk yang dijual tersbeut bisa saja dijual dengan harga diskon sehingga konsumen akan berusaha mendapatkannya selama harga diskon berlaku. Ciptakan kondisi urgensi pada sistem penjualan produk Anda sehingga konsumen akan berlomba-lomba untuk segera melakukan pembelian produk brand perusahaan Anda.

Menampilkan testimoni pelanggan

Adanya testimoni dari pelanggan akan membuat konsumen semakin percaya dengan brand perusahaan Anda. Maka sebaiknya penjualan produk yang Anda lakukan disertai pula dengan adanya testimoni dari pelanggan lainnya. Terelbih lagi jika produk yang Anda tawarkan hanya berjumlah beberapa saja atau bisa dibilang jumlahnya terbatas. Maka tentu konsumen akan saling berebut untuk bisa mendapatkan produk yang sedang Anda jual. Ditambah lagi adanya testimoni dari pelanggan akan membuat konsumen merasa bahwa produk yang Anda jual tersebut akan menguntungkan dan bermanfaat. Strategi ini tentu akan menjadi cara terbaik dalam menjalankan bisnis. Anda bisa menarik banyak pelanggan dengan adnaya testimoni untuk beberapa produk Anda yang mungkin jumlahnya terbatas.

Menghadirkan produk eksklusif

Produk eksklusif juga bisa menjadi salah satu hal yang akan menarik minat konsumen untuk bisa memiliki produk Anda. Biasanya produk eksklusif hadir dalam jumlah yang sangat terbatas. Bahkan bisa saja produk eksklusif ini dijadikan sebagai reward atau hadiah bagi beberapa pelanggan yang bsia memenuhi ketentuan untuk memilikinya. Hal ini bisa saja menimbulkan semangat pada para pelanggan untuk berusaha mendapatkan produk eksklusif tersebut. Dalam hal ini perusahaan Anda mungkin bisa mengeluarkan beberapa jumlah produk eksklusif saja di awal. Anda bisa mengeluarkannya di saat-saat tertentu saja. Maka lama-kelamaan pelanggan akan selalu menunggu kehadiran produk Anda tersebut sehingga selalu mengikuti perkembangan bisnis Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memberi beberapa bonus

Pembelian produk yang kemudian disertai dengan adanya bonus tentu akan sangat memikat konsumen. Sebab saiapa saja tentu menginginkan adanya hadiah atau reward berupa bonus tertentu. Maka Anda bisa menggunakan siasat berupa pemberian bonus untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu. Pemberian bonus bisa dilakukan selama beberapa saat saja. Maka tentunya pelanggan akan berusaha untuk melakukan pembelian produk Anda agar bisa mendapatkan bonus yang diinginkan. Semakin terbaatas waktu yang diberikan maka akan semakin banyak pelanggan yang berusaha untuk memburu produk dan bonus dari Anda. Pemberian bonus juga bisa diberikan pada pelanggan yang setia. Anda bisa memberikannya sebagai bentuk reward sehingga pelanggan tersebut tidak akan beralih ke brand perusahaan lain.

Manfaat Strategi Marketing FOMO

Meningkatkan penjualan

Adanya strategi marketing FOMO pada dasarnya dapat mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian produk yang sedang ditawarkan. Konsumen akan berasumsi bahwa produk yang Anda jual harus didapatkan. Asumsi ini bisa saja timbul karena adanya rasa takut untuk melewatkan produk Anda. Maka tentunya strategi ini akan menjadi cara terbaik bagi perusahaan Anda untuk bisa melariskan produk Anda di pasaran. Produk Anda akan semakin laku sehingga omset penjualan akan semakin meningkat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memperbesar keutungan

Meningkatnya omset penjualan tentu akan semakin menambah pendapatan bagi perusahaan Anda. Dengan kata lain keuntungan yang akan diperoleh perusahaan Anda akan semakin meningkat. Memang keuntungan yang semakin meningkat menjadi tujuan dari adanya sebuah perusahaan. Keuntungan ini tentu bisa diraih jika memang penjualan yang dilakukan oleh perusahaan bisa diraih secara maksimal. Oleh akrena itu dalam melakukan proses penjualan sebaiknya gunakan sistem dan strategi yang tepat misalnya dengan menggunakan strategi marketing FOMO.

Memperbanyak pelanggan

Pelanggan memang menjadi suatu aset bagi sebuah perusahaan. Semakin banyak pelanggan yang dimiliki oleh suatu perusahaan maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Untuk menarik pelanggan tentu saja diperlukan suatu strategi pemasaran tertentu. Misalnya dengan menjual berbagai produk dengan menerapkan kondisiurgensi. Tentu pelanggan akan merasa tertarik baik terhadap produk Anda maupun terhadap sistem penjualan Anda yang dianggap cukup unik. Tidak hanya itu saja tetapi perusahaan juga perlu mempertahankan pelanggan setia. Misalnya dengan pemberian reward sehingga pelanggan merasa puas dengan layanan Anda.

Mengembangkan bisnis

Adanya omset penjualan yang meningkat akibat adanya strategi marketing FOMO tentu akan sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda. Dalam hal ini keuntungan yang diperoleh bisa saja semakin mengembangkan bisnis Anda. Jadi strategi FOMO bisa menjadi salah satu teknik dalam sistem pemasaran yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis. Setidaknya strategi ini bisa membantu perusahaan Anda untuk terus maju dan berkembang serta mendapatkan kesempatan untuk semakin memperluas jaringan.

Penerapan Strategi Marketing FOMO

Strategi marketing FOMO saat ini tampaknya semakin banyak diterapkan dalam dunia usaha atau dunia perdagangan. Terlebih lagi saat ini semakin banyak transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Maka penerapan strategi ini dirasa semakin lebih mudah untuk dilakukan termasuk dalam dunia bisnis online. Dengan adanya strategi yang satu ini maka konsumen akan selalu memburu produk yang ditawarkan. Bahkan bisa saja terjadi bahwa konsumen akan saling bersaing untuk mendapatkan produk baru yang diluncurkan oleh brand perusahaan Anda. Maka tentunya strategi ini merupakan salah satu teknik pemasaran terbaik yang bisa mendorong pelanggan untuk terus melakukan pembelian produk.

Adapun pelaksanaan strategi marketing FOMO ini sama pentingnya dengan memilih produk payroll terbaik untuk perusahaan. Salah satunya dengan jalan memilih untuk menggunakan JojoPayroll. Dengan produk tersebut maka pembayaran payroll karyawan dapat dilakukan secara otomatis dan efektif. Selain itu slip gaji yang dikeluarkan sifatnya juga bisa diberikan secara otomatis pula.

Hal ini karena adanya beberapa fitur di dalam JojoPayroll yang mendukung hal tersebut. Di antaranya yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu jangan ragu untuk menggunakan JojoPayroll. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis untuk merasakan sistem payroll terbaik yang paling efektif dan efisien.