Strategi Pemasaran Merupakan Rencana Permainan Bisnis

masa sulit pemasaran

Strategi pemasaran mengacu pada rencana permainan keseluruhan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan produk atau layanan mereka. Dalam hal ini, strategi pemasaran berisi proposisi nilai perusahaan , pesan merek utama, data tentang  demografi pelanggan target, dan elemen tingkat tinggi lainnya. Strategi pemasaran yang menyeluruh mencakup ” empat P ” pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi.

POIN PENTING

  • Strategi pemasaran adalah rencana permainan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau layanan mereka.
  • Strategi pemasaran harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan.
  • Tujuan akhir dari marketing strategy adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas perusahaan pesaing.

Memahami Marketing Strategy

Strategi pemasaran yang jelas harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan, yang mengkomunikasikan kepada konsumen tentang apa perusahaan itu berdiri, bagaimana perusahaan itu beroperasi, dan mengapa itu layak untuk bisnis mereka. Ini memberi tim pemasaran template yang harus menginformasikan inisiatif mereka di semua produk dan layanan perusahaan. Misalnya, Walmart ( WMT: NYSE ) secara luas dikenal sebagai pengecer diskon dengan “harga rendah setiap hari,” yang operasi bisnis dan upaya pemasarannya berakar pada gagasan itu.

Pentingnya Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan konsep bisnis penting bagi sebuah perusahaan dan manajemen pemasarannya. Marketing strategy yang tepat sangat penting bagi sebuah perusahaan. Ini membantu perusahaan untuk tumbuh dan mendapatkan dominasi industri melalui strategi kompetitif.

Strategi pemasaran yang efektif digunakan untuk bersaing dengan pesaing kamu dan untuk meningkatkan basis pelanggan. Ini membantu mengkomunikasikan visi, budaya, nilai dan tujuan perusahaan kepada pelanggan dan memiliki strategi merek & manajemen merek yang kuat.

Baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar, tujuan utama perusahaan adalah menjual produk atau jasanya yang membutuhkan promosi yang efektif dengan menggunakan strategi periklanan yang baik, sehingga produk atau jasanya dapat menjangkau banyak orang.

Setiap perusahaan memiliki strategi bisnis yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Strategi pemasaran yang efektif harus menawarkan koneksi, kebutuhan produk dan konten nyata dalam iklan untuk menarik pelanggan yang tepat.

Teori Marketing Strategy

Ada beberapa strategi pasar yang dapat diadopsi oleh perusahaan. Namun, beberapa marketing strategy penting seperti yang didefinisikan oleh

1. STP

Segmentasi Pasar, Penargetan & Penempatan adalah marketing strategy utama untuk memahami audiens target yang benar & menargetkan mereka secara efektif.

2. Bauran Pemasaran

Strategi bauran pemasaran berbicara tentang 4P (Bauran Produk) dan mencakup marketing strategy seperti strategi produk, harga, tempat & promosi. Strategi pemasaran 7P (Bauran Layanan) mendefinisikan strategi proses, orang, dan bukti fisik.

3. Ansoff Matrix

Ansoff Matrix menyoroti marketing strategy tipe pasar & tipe produk.

Langkah-Langkah Strategi Dalam Pemasaran

Strategi pemasaran yang efektif mencakup langkah-langkah berikut:

  1. Menganalisis pasar: Langkah pertama dalam marketing strategy & perencanaan pemasaran adalah menganalisis, mempelajari, memahami & mengevaluasi pasar untuk produk atau layanan yang sedang dipertimbangkan.
  2. Menganalisis persaingan: Langkah kedua dalam marketing strategy adalah menganalisis pesaing yang ada serta pesaing potensial, dan juga pesaing tidak langsung.
  3. Riset Pemasaran: Langkah selanjutnya adalah memiliki riset pemasaran yang komprehensif untuk memahami permintaan, kebutuhan pelanggan, dll.
  4. Tentukan bauran pemasaran: Langkah keempat dalam marketing strategy melibatkan penetapan strategi tentang produk, harga, tempat, promosi, dll.
  5. Analisis keuangan: Langkah selanjutnya adalah mengevaluasi dan meramalkan keuangan berdasarkan peramalan penjualan ke pasar sasaran.
  6. Meninjau dan merevisi: Revisi terus menerus dari marketing strategy diperlukan karena ini adalah proses yang berkelanjutan.
  7. Memahami pelanggan: Langkah terpenting dalam setiap marketing strategy adalah terus-menerus memahami kebutuhan & persyaratan pelanggan dan menyesuaikan bisnis dengan itu.

Membangun Strategi yang Efektif

Di zaman modern, ada beberapa cara untuk membuat marketing strategy yang efektif. Beberapa langkah untuk marketing strategy yang efektif adalah:

  1. Strategi pemasaran kamu harus secara langsung memenuhi kebutuhan pelanggan.
  2. Gunakan data besar untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk pemasaran yang tepat sesuai dengan tren dan taktik industri.
  3. Pelajari marketing strategy pesaing kamu dengan cermat. Pelajari apa yang tidak berhasil untuk mereka dan coba terapkan ide-ide inovatif agar berhasil untuk merekmu.
  4. Perusahaan harus fokus pada branding 360 derajat menggunakan saluran komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC).
  5. Strategi pemasaran yang baik juga melibatkan memiliki rencana manajemen merek yang efektif untuk produk & layanannya.
  6. Mendorong audiens kamu untuk memengaruhi dirinya sendiri dengan berbagi konten, promosi, dan informasi tentang perusahaan kamu bisa sangat bermanfaat.
  7. Internet adalah platform terbesar tempat kamu dapat menampilkan iklan. Karena sebagian besar orang menilai internet melalui ponsel mereka, maka marketing strategy kamu harus mencakup perangkat seluler.
  8. Memberikan pengalaman augmented reality kepada pelanggan membantu mereka memahami cara kerja produk atau layanan, manfaatnya, dan akan menambah kenyamanan dalam hidup mereka.
  9. E-Marketing dan email marketing merupakan elemen penting dalam marketing strategy dimana perusahaan dapat langsung menjangkau pelanggannya, menindaklanjuti dan mengirimkan pengingat kepada mereka. Gunakan layanan otomatisasi untuk mengirim surat individu untuk kampanye.
  10. Strategi pemasaran adalah elemen kunci dalam keberlanjutan merek dan profitabilitas. Jadi, setiap elemen dalam strategi kamu sangat penting untuk kesuksesan perusahaan.

Strategi Pemasaran vs. Rencana Pemasaran

Marketing strategy menginformasikan rencana pemasaran , yang merupakan dokumen yang merinci jenis aktivitas pemasaran tertentu yang dilakukan perusahaan dan berisi jadwal untuk meluncurkan berbagai inisiatif pemasaran.

Strategi pemasaran idealnya memiliki rentang hidup yang lebih lama daripada rencana pemasaran individu karena mengandung proposisi nilai dan elemen kunci lain dari merek perusahaan, yang umumnya tetap konsisten dalam jangka panjang. Dengan kata lain, marketing strategy mencakup perpesanan gambaran besar, sementara rencana pemasaran menggambarkan detail logistik kampanye tertentu.

Arti Strategi Pemasaran menurut Banyak Definisi

Akademisi terus memperdebatkan arti tepat dari strategi dalam pemasaran, dan begitu banyak definisi yang ada. Kutipan berikut dari pakar industri membantu mengkristalkan nuansa marketing strategy (modern):

“Satu-satunya tujuan pemasaran adalah menjual lebih banyak kepada lebih banyak orang, lebih sering, dan dengan harga lebih tinggi.” (Sergio Zyman, eksekutif pemasaran dan mantan pemasar Coca-Cola dan JC Penney)

“Pemasaran tidak lagi tentang barang yang kamu buat, tetapi tentang cerita yang kamu ceritakan.” (Seth Godin, mantan eksekutif bisnis, dan pengusaha)

“Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau layanan tersebut cocok untuknya dan menjual dirinya sendiri.” (Peter Drucker, dikreditkan sebagai pendiri manajemen modern)

“Pekerjaan pemasaran tidak pernah selesai. Ini tentang gerakan terus-menerus. Kita harus terus berinovasi setiap hari. ” (Beth Comstock, mantan wakil ketua dan kepala pemasaran, GE)

“Ambil dua ide dan satukan untuk membuat satu ide baru. Lagi pula, apa itu Snuggie selain mutasi selimut dan jubah?” (Jim Kukral, pembicara dan penulis Perhatian!)

Penciptaan Strategi Pemasaran

Tujuan akhir dari marketing strategy adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas perusahaan pesaing dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Baik itu desain iklan cetak, kustomisasi massal , atau kampanye media sosial, aset pemasaran dapat dinilai berdasarkan seberapa efektif mengkomunikasikan proposisi nilai inti perusahaan.

Riset pasar dapat membantu memetakan keefektifan kampanye tertentu dan dapat membantu mengidentifikasi audiens yang belum tersentuh untuk mencapai sasaran garis bawah dan meningkatkan penjualan.

Pengertian strategi pemasaran ini semua telah dijelaskan di atas, Dalam kaitan dengan strategi pe-masaran, strategi pe-masaran mengandung beberapa contoh, tujuan, dan fungsi. Namun dalam strategi pe-masaran, Anda tidak dapat melihat bagaimana produk pasar Anda dijual, tetapi Anda harus terlebih dahulu bisa memperhatikan strategi keuangan bisnis Anda.

Jojonomic

Kamu bisa melakukan beberapa strategi pe-masaran di atas untuk meningkatkan kepuasan dan menarik perhatian konsumen. Nah, setelah strategi pe-masaran bisnis kamu berjalan dengan lancar, kamu juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Dengan JojoExpense, pengeluaran perusahaan tercatat dengan baik dan terhindar dari penipuan keuangan. Solusi digital yang mudah ini, anda tak perlu ribet bagaimana mengatur managemen perusahaan yang sedang anda jalani. Dengan begitu anda bisa memberikan waktu untuk diri anda agar selalu berpikir positif. Yuk, beralih ke digital!