Strategi Pemasaran : Coba Ini untuk Suksesnya Penjualan Perusahaan!

Saat memulai bisnis, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah strategi. Memahami strategi pemasaran ini dapat diibaratkan sebagai peta yang menunjukkan arah kesuksesan. Filosofi pemasaran menempati posisi strategis dalam mencapai kesuksesan bisnis.

Sekalipun produknya berkualitas baik, namun tidak akan bisa menghasilkan banyak keuntungan tanpa strategi pemasaran yang baik. Tanpa strategi pemasaran yang baik, sulit untuk menjalankan bisnis. Apalagi, risiko kehilangan daya saing sangat mungkin terjadi.

Oleh karena itu, pemahaman tentang pemasaran sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dalam strategi pemasaran, dapat dikatakan bahwa dalam lingkungan yang kompetitif dan terus berubah, untuk mencapai tujuan yang diharapkan, kegiatan atau upaya pemasaran perusahaan menjadi dasar.

Untuk itu, mohon diperhatikan penjelasan berikut tentang pengertian strategi pemasaran dan implikasi keberhasilan penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan strategi bisnis yang tepat. Di sini, silakan lihat instruksi berikut:

Mau kan produk atau jasa yang perusahaan kamu tawarkan bisa lebih dikenal luas ke masyarakat atau konsumen? Supaya usaha kamu bisa cepat berkembang dan diketahui banyak orang, butuh strategi pemasaran yang efektif dan maksimal juga untuk meningkatkan performa perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Nah, apa pengertian dan strategi yang wajib kamu ketahui untuk kesuksesan penjualan perusahaan kamu? Yuk, kita pelajari bersama-sama!

Pengertian Strategi Pemasaran

Dalam perkembangan ekonomi modern, konsep pemasaran sangat penting dan merupakan salah satu kegiatan pokok untuk mengembangkan usaha atau bisnis, mempertahankan kelangsungan hidup usaha atau bisnis tersebut, dan menghasilkan keuntungan.

Lebih jauh lagi, setelah ekonomi bebas diterapkan, orang dapat dengan bebas memproduksi dan menjual barang tanpa batasan. Dengan demikian, persaingan pasar antar pelaku usaha akan semakin ketat. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha harus dapat memuaskan konsumen, hal tersebut dapat dicapai dengan menjual produk berkualitas tinggi dan mengidentifikasi cara-cara untuk menarik minat masyarakat atau calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Namun untuk melakukan pemasaran, Anda harus terlebih dahulu mengembangkan strategi untuk memulai. Pengertian strategi pemasaran oleh para ahli Tull dan Keble menyampaikan pemahaman tentang tujuan dari strategi pemasaran, yang merupakan alat dasar yang dirancang untuk mengembangkan keunggulan berkelanjutan melalui pasar yang masuk dan rencana pemasaran yang digunakan untuk pemasaran Tujuan organisasi atau kelembagaan. Sajikan pasar sasaran ini.

Namun secara umum, memahami strategi pemasaran merupakan cara untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, hal ini penting karena berkaitan dengan keuntungan yang ingin dicapai perusahaan. Jika didukung oleh rencana terstruktur internal dan eksternal, strategi pemasaran akan sangat berguna.

Apalagi sebelum melakukan berbagai promosi atau metode pemasaran lainnya, perusahaan harus terlebih dahulu membidik pasar atau segmen pasar secara jelas. Kebanyakan kegagalan bisnis yang terjadi adalah karena kegagalan perusahaan dalam menentukan target pasar dan potensinya.

Karena jumlah konsumen yang banyak dan keragaman keinginan beli, maka perusahaan tidak dapat memasuki semua segmen pasar, sehingga perusahaan harus dapat menentukan segmen pasar yang dapat terlayani secara paling efektif yaitu dengan memahami strategi pemasaran .

Mengapa harus ada Strategi Pemasaran?

Strategi Pemasaran ini penting sekali lho untuk perusahaan atau bisnis kamu! Karena strategi ini berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaanmu, baik itu harga barang maupun jasa yang ditawarkan.

Terus, apa sih yang dimaksud dengan strategi pemasaran? Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa secara lebih luas ke masyarakat.

Pemasaran yang dilakukan dapat menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Jadi, strategi pemasaran ini juga bisa diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan kamu dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi pemasaran juga bermanfaat untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda.

Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan kamu di masa mendatang. Karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme pasar. Tapi jangan lupa juga ya, kalau gebrakan dengan sesuatu yang baru juga bisa meningkatkan minat pembeli dan meningkatkan penjualan.

Teknik atau Strategi Pemasaran Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari strategi penjualan, yuk cari tahu 5 strategi pemasaran terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa dari bisnismu! Kira-kira apa saja ya teknik atau strateginya?

Berikut ini pembahasannya akan dapat membantumu menentukan strategi yang berguna untuk bisnismu kelak. Supaya nantinya usahamua dapat berkembang menjadi perusahaan besar, yuk simak ulasannya!

Menggunakan Social Media

Kita semua pasti setuju kan, kalau social media ini merupakan alat  pemasaran yang paling ampuh untuk memasarkan produk atau jasa bisnis kamu?

Hal ini karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda pada jaman sekarang, sangat aktif menggunakan berbagai media sosial.

Dengan media sosial, kamu juga bisa lho menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan! Hanya dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi, kamu bisa berinteraksi dengan konsumen.

Oops! We could not locate your form.

Berbagai macam media sosial bisa kamu gunakan, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau WhatsApp. Sosial media ini bisa dipakai untuk menawarkan dan berkomunikasi dengan konsumen dan calon konsumen kamu.

Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka. Sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual. Hebat sekali, kan?

Menawarkan Produk Secara Gratis

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat pemasaran produkmu lebih baik adalah penawaran secara gratis. Cara ini sangat ampuh untuk menarik perhatian para konsumen, karena sesuatu yang gratis pastinya akan sangat sulit dilewatkan begitu saja bukan?

Nah, alasan lain kenapa strategi ini juga sangat penting yaitu karena bisa saja seorang costumer belum pernah mencoba atau membeli sebuah produk yang kamu tawarkan.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

Kalau perusahaaan kamu menawarkan jasa ataupun aplikasi, maka kamu bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen.

Dengan begitu, akan dijamin banyak konsumen yang tertarik dan berinisiatif menggunakan barang atau jasamu. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan memperkenalkannya ke orang-orangnya terdekat mereka.

Memilih Tempat Strategis

Kamu juga harus mempertimbangkan untuk memilih tempat atau lokasi penjualan yang strategis. Karena dengan tempat penjualan yang strategis, berarti bisnis kamu memiliki kemungkinan terlihat lebih berguna dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi.

Kriteria pemilihan tempat strategis ini juga harus kamu sesuaikan dengan target sasaran dan kemudahan untuk menjangkaunya ya!

Misalnya, kalau memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka kamu bisa berjualan di dekat area kampus atau sekolah. Ini akan membuat kemungkinan produk kamu cepat laku jika dibanding berjualan di lokasi lain.

Memberi Insentif untuk Rekomendasi

Produk yang kamu tawarkan bisa terlihat lebih bagus dan bisa dipercaya kalau ada yang merekomendasikannya. Nah, untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk kamu, akan lebih baik kalau kamu memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.

Insentif sebuah testimoni tidak harus selalu berupa uang ya, tapi bisa juga berupa hadiah produk atau potongan harga. Dengan adanya insentif ini, secara tidak langsung perusahaanmu memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yakni pelanggan loyal dan calon konsumen.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan yang loyal merupakan aset penting untuk perusahaan kamu. Mengapa? Karena, mereka sudah berulangkali membeli produkmu dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin.

Kalau tidak mau kehilangan konsumen di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya kamu memberi penghargaan kepada para pelanggan setia.

Caranya bisa dengan menaggapi masukan mereka, maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan. Mereka pasti akan lebih senang karena merasa dihargai dan diperhatikan.

Sasaran strategi pemasaran

Saat menjalankan strategi pemasaran, Anda bisa mendapatkan sasaran saat menjalankan strategi pemasaran. Berikut beberapa sasarannya:

  • Strategi pemasaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran agar setiap anggota tim dapat bekerja sama dengan benar, efektif dan efisien.
  • Penerapan strategi pemasaran adalah mengukur hasil pemasaran berdasarkan standar kinerja yang berlaku.Tanpa buku rekening yang jelas, perusahaan tidak dapat mengukur apakah nilai penjualan naik atau turun.
  • Tujuan selanjutnya adalah memberikan dasar yang logis untuk setiap keputusan.Dengan bantuan data penjualan, perusahaan dapat menentukan strategi yang akan dikembangkan. Apakah akan menambah atau mengurangi produksi, atau keputusan strategis lainnya.
  • Dirancang untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi saat pemasaran berubah. Karena lingkungan pasar sangat dinamis, maka perlu dilakukan integrasi dengan departemen perusahaan lain untuk membentuk strategi pemasaran yang tepat.

Contoh strategi pemasaran

Pengertian strategi pemasaran telah dijelaskan diatas.Berikut beberapa contoh strategi pemasaran yang mungkin Anda temui dalam kehidupan sehari-hari:

Kerja sama dengan influencer (pengakuan)

Contoh strategi pemasaran, selain strategi pemasaran langsung yang mungkin sering Anda lihat di pasar atau di tempat lain, Anda juga bisa menemukan strategi pemasaran melalui media sosial. Seperti yang Anda lihat di Instagram, banyak selebritas yang mendapatkan pengakuan melalui bentuk komunikasi persuasif tentang produk ini.

Dengan melakukan strategi pemasaran ini, konsumen dapat mengetahui gambaran produk, sehingga membuat konsumen tertarik dengan produk yang di-review oleh selebritis, vloggers atau blogger. Kembangkan strategi yang menarik agar konsumen dapat menarik banyak minat dari konsumen Anda ketika melihat produk yang ingin Anda promosikan.

Sampel gratis

Banyak perusahaan besar akan memberikan contoh produk baru mereka secara gratis sebelum meluncurkan produk baru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui reaksi pasar serta kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijual di pasaran. Anda juga bisa mendapatkan beberapa saran dari konsumen untuk penggunaan produk Anda di masa mendatang.

Beli satu gratis satu

Selain itu, strategi pemasaran yang dapat membuat produk Anda laku dengan cepat adalah dengan menerapkan “beli satu gratis satu”. Strategi ini biasanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru atau mengkonsumsi persediaan barang yang kurang populer. Produk yang diberikan tidak boleh sembarangan, Anda harus menyediakan produk yang berkelanjutan antara satu sama lain.

Diskon

Strategi ini biasanya dilakukan oleh para pebisnis yaitu diberlakukan diskon. Saat menggunakan strategi diskon, sebaiknya sertakan juga harga normal produk sehingga pelanggan mengetahui perbedaan harga sebelum dan sesudah diskon. Keuntungan pembeli.

Diskon (sering disebut diskon) merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang masih efektif dalam bisnis saat ini. Banyak pengusaha dari kecil hingga besar menggunakan strategi ini.

Sebenarnya memang tidak ada konsumen yang benar-benar membutuhkan produk tersebut, namun nyatanya konsumen tersebut menjadi pelupa karena adanya label diskon. Karena penggunaan strategi seperti penawaran diskon dapat membuat perilaku konsumen menjadi lebih konsumtif.

Konsep Strategi Pemasaran

Tentunya dalam membangun strategi pemasaran yang tepat dibutuhkan konsep yang sesuai. Sehingga nantinya strategi tersebut tepat pada sasaran yang diinginkan. Seperti yang dijelaskan dalam teknik yang telah disebutkan di atas. Maka dari itu dalam pelaksanaan perencenaan teknik ini juga harus disertai konsep serta penekanan yang jelas tentang apa yang ingin diraih dari pemilihan strategi tersebut. Berikut ini beberapa konsep strategi pemarasan yang bisa mendatangkan banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan secara maksimal.

Pengecekan Segment

Sebelum memasarkan sebuah produk, ada baiknya melihat segment mana yang akan dibidik oleh produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Apakah untuk masyarakat bawah, menengah, atau ke atas. Sehingga hal ini membantu untuk memfokuskan penyusunan maupun pelaksanaan strategi pada akhirnya nanti. Oleh sebab itu selalu pertama-tama pusatkan perhatian pada segmentasi pelanggan tersebut. Ini merupakan konsep penting dalam menyusun strategi pemasaran yang sesuai.

Melihat Posisi Produk Pada Pasar

Perhatikan juga bagaimana posisi produk yang diluncurkan pada pasaran. Bagaimana respon masyarakat dan pasar dalam menerima produk tersebut. Lantas bagaimana posisinya jika dibandingkan dengan produk yang sejenis. Lakukan riset agar memperoleh informasi yang jelas sebagai bahan pendukung untuk menyusun strategi pemasaran yang paling tepat. Tanpa adanya informasi tersebut, tentu cukup sulit untuk memastikan bahwa pemasaran nantinya bisa berjalan sesuai harapan. Maka dari itu sebaiknya selalu perhatikan hal ini dengan baik bila meluncurkan produk ke pasaran.

Strategi Market Entry

Konsep dari melakukan dan merencanakan strategi untuk pemasaran produk tentunya harus meliputi strategi untuk memasukkan produk ke pasar pertama kalinya. Hal ini berlaku jika perusahaan mengeluarkan produk yang baru dan belum dikenal oleh pelanggan dan masyarakat. Pastinya diperlukan strategi jitu untuk mengenalkan produk-produk tersebut. Sehingga dapat diterima dengan baik di masyarakat dan bahkan disukai oleh seluruh kalangan. Maka dari itu selalu pertimbangkan strategi yang satu ini sebagai konsep dalam penyusunan teknik dan metode pemasaran yang akan dilakukan.

Menguatkan Posisi Produk

Sangat penting untuk memastikan menguatkan posisi produk di pasaran. Tentu saja bisa jadi produk yang dibawakan oleh perusahaan memiliki banyak saingan. Sehingga sangat penting untuk tetap membuat produk yang dimiliki bertahan dan disukai oleh banyak pelanggan. Maka dari itu hal ini membutuhkan perhatian lebih dalam memastikan kontinuitas produksi ke depannya.

Efektifitas Waktu

Melihat efektifitas waktu dalam memasarkan produk juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai salah momen dalam mengenalkan atau memasarkan produk tertentu. Karena hal ini bisa berakibat fatal pada kerugian. Perhatikan momen-momen yang tepat untuk memasarkan produk, misalnya produk A cocok untuk hari lebaran, lalu produk B cocok untuk di musim panas. Dengan melihat hal tersebut, maka tentu saja strategi yagn digunakan jauh lebih efektif.

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Konsep terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk yang diluncurkan. Jangan hanya tertarik di awal saja namun tidak melakukan pembelian kembali. Maka dari itu pastikan untuk menjaga supaya bukan hanya produk dikenalkan, tetapi juga bagaimana caranya supaya produk tetap disukai dari waktu ke waktu.

Perencanaan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Supaya teknik maupun strategi pemasaran yang diinginkan dapat berhasil, maka sebaiknya lakukan perencanaan yang sesuai. Jika tidak tentu saja pada akhirnya target yang telah disusun tidak bisa dicapai secara maksimal. Oleh sebab itu saat melakukan perencanaan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut di bawah ini.

Cek Permintaan Pasar

Pertama-tama lihat dulu bagaimana respon serta permintaan pasar terhadap produk yang diluncurkan. Dengan demikian maka strategi pemasaran yang dipilih dapat disesuaikan dengan hal tersebut. Jika produk sudah cukup disukai maka pemasaran dapat diminimalkan. Namun jika produk masih belum mendapatkan respon yang memuaskan maka strategi pemasaran tentu dapat ditingkatkan.

Cek Kapasitas Produksi

Perhatikan juga kapasitas produksi yang dimiliki oleh perusahaan. Jangan sampai permintaan dari pasar membludak namun sayang sekali karena kapasitas produksi terbatas. Maka dari itu upayakan supaya kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan sama besarnya dengan rencana yang ditetapkan pada kebutuhan pasar sendiri. Sehingga dengan demikian suplai produk terus terjaga dan pemasaran berjalan lancar.

Cek Media Pemasaran

Lakukan pengecekan mana media pemasaran yang paling strategis dan efektif. Hindari melakukan pemasaran pada media yang ternyata tidak banyak mendatangkan manfaat. Maka dari itu sebaiknya pastikan bahwa media yang dipilih sudah sesuai. Sehingga nantinya strategi pemasaran yang dipilih juga berhasil.

Lakukan Evaluasi

Dari seluruh langkah perencanaan di atas, selalu lakukan evaluasi secara berkala. Sehingga dapat melihat mana strategi yang kurang tepat dan mana yang paling efektif untuk dilanjutkan. Dengan demikian perusahaan dapat memiliki pola teknik pemasaran yang paling sesuai dan mampu mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya. Target tercapai maka otomatis pendapatan perusahaan juga akan terus meningkat tajam sesuai harapan.

Tips Melakukan Strategi Pemasaran Efektif

Bukan hanya strategi dan perencanaan yang baik saja, namun memastikan seluruh rencana berjalan lancar juga penting dilakukan. Sehingga nantinya pemasaran berjalan efektif dan mendatangkan hasil yang optimal. Maka dari itu saat melakukan dan menerapkan strategi yang telah disusun perusahaan, sebaiknya perhatikan pula tips berikut ini untuk memastikan pelaksanaan yang efektif.

Libatkan Seluruh Elemen Perusahaan

Jika ingin strategi yang diterapkan berhasil sepenuhnya, maka jangan ragu untuk melibatkan semua elemen pada perusahaan. Setiap tim dalam perusahaan sama pentingnya dalam mendukung kesuksesan memasarkan produk. Misalnya meminta karyawan untuk memberikan info produk baru pada kerabat dan teman secara tidak langsung. Tentunya hal ini bisa membawa dampak yang baik pada produk yang diluncurkan.

Promosi Yang Tepat Sasaran

Pastikan bahwa perusahaan melakukan promosi yang tepat pada sasaran. Sehingga nantinya produk yang dipasarkan akan mendapatkan respon yang baik dari konsumen yang ditargetkan. Maka dari itu selalu lakukan evaluasi pada pembelian produk. Apakah sesuai dengan segmen yang ditetapkan atau tidak. Perhatikan selalu grafik penjualan di tiap daerah. Karena hal ini juga membantu memberikan informasi yang diperlukan terkait keberhasilan pemasaran tadi.

Analisa Kompetitor

Tentu saja produk yang diluncurkan sering kali juga memiliki kompetitor. Maka dari itu sebaiknya perhatikan dan lakukan analisa pada kompetitor dengan produk yang serupa. Pastikan bahwa produk yang diluncurkan memiliki kekuatan persaingan yang hampir sama. Sehingga nantinya produk perusahaan tetap bertahan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan sepenuuhnya. Meskipun ada banyak produk sejenis yang diluncurkan perusahaan lain di pasaran.

Layanan Pelanggan Memuaskan

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, selalu berikan layanan pelanggan yang mudah dan memuaskan. Hal ini sedikit banyak membantu untuk membuat pelanggan tetap mempercayakan diri pada produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan adanya layanan pelanggan yang baik, tentu saja semua kesulitan konsumen juga dapat diatasi. Sehingga loyalitas terhadap produk juga tetap tinggi.

Kesimpulan Strategi Pemasaran

Misalnya, jika Anda ingin sekali melayani demografis yang lebih muda, Anda harus menggunakan layanan seperti PayPal dan kartu kredit untuk memberikan opsi pembelian untuk ponsel dan tablet. Memang, memberi pelanggan Anda metode belanja yang lebih mudah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pengertian strategi pemasaran ini semua telah dijelaskan di atas, Dalam kaitan dengan strategi pe-masaran, strategi pe-masaran mengandung beberapa contoh, tujuan, dan fungsi. Namun dalam strategi pe-masaran, Anda tidak dapat melihat bagaimana produk pasar Anda dijual, tetapi Anda harus terlebih dahulu bisa memperhatikan strategi keuangan bisnis Anda.

Jojonomic

Kamu bisa melakukan beberapa strategi pe-masaran di atas untuk meningkatkan kepuasan dan menarik perhatian konsumen. Nah, setelah strategi pe-masaran bisnis kamu berjalan dengan lancar, kamu juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik.

Hal ini perlu dilakukan supaya perusahaan atau usaha kamu bisa cepat sukses dan berkembang. Untuk pencatatan laporan keuangan kamu serahkan saja semua di aplikasi JojoExpense dari Jojonomic!

Dijamin semua pelaporan keuangan perusahaan kamu akan terlihat lebih rapi, aman, dan cepat. Sehingga kamu bisa bekerja lebih efektif dengan sistem otomatisnya! Masih ragu untuk mencobanya sekarang?