Cara Pintar Menerapkan Strategi Penetapan Harga

pricing

Dunia bisnis sangat erat kaitannya dengan harga. Harga menunjukkan besar pengorbanan yang dikeluarkan oleh pembeli untuk mendapatkan value dalam suatu barang atau jasa. Bagi konsumen, harga merupakan indikator penting dalam menentukan keputusan pembelian. Sedangkan bagi pengusaha, Strategi Penetapan Harga adalah besar jumlah pendapatan yang mereka harapkan ketika suatu barang terjual.

pricing

Betapa pentingnya harga dalam dunia perdagangan membuat para pengusaha tidak boleh asal dalam menentukan harga jual produk. Untuk menentukan harga jual suatu produk, perusahaan perlu melakukan strategi penetapan harga (pricing strategy). Pricing strategy adalah metode yang digunakan untuk menetapkan harga terbaik untuk suatu produk dengan mempertimbangkan keuntungan dan permintaan konsumen.

Langkah-langkah Persiapan

Dalam menetapkan harga jual suatu produk, pada dasarnya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari identitas perusahaan, brand, value yang terkandung dalam produk, serta permintaan konsumen di pasar. Penetapan harga suatu produk merupakan keputusan yang tidak dapat diambil hanya berdasarkan profit yang diharapkan oleh perusahaan.

pricing

Berikut ini adalah langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum menetapkan harga:

Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menyusun strategi penetapan harga ialah menentukan tujuan bisnis Anda. Anda harus benar-benar dapat mendefinisikan kontribusi apa yang ingin Anda berikan pada pasar. Selanjutnya, tuliskanlah tujuan tersebut serinci mungkin.

Dengan menentukan tujuan perusahaan, maka Anda akan lebih mudah menentukan arah langkah perusahaan ke depannya. Selain itu, penentuan tujuan juga akan membantu Anda dalam menciptakan value perusahaan.

Lakukan Riset

Jika Anda sudah menentukan tujuan perusahaan, maka kini saatnya Anda melakukan riset pasar. Langkah ini penting karena sebaik apapun harga produk Anda, konsumen akan tetap membandingkannya dengan harga yang ditawarkan pesaing Anda. Hal tersebut akan berdampak pada kesuksesan dan masa depan bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan internet, setidaknya Anda dapat melakukan online research dan memilih tiga hingga lima pesaing yang produknya mirip dengan produk Anda. Mirip disini bisa dari segi kegunaan, spesifikasi produk, value yang terkandung dalam produk, hingga harga yang ditawarkan. Anda juga perlu menganalisa kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) pesaing Anda. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka mudah bagi Anda untuk membuat perbedaan yang dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Manfaatkan Pelanggan Potensial

Langkah terakhir untuk persiapan Anda ialah menggaet para pelanggan yang potensial. Adapun potensial yang dimaksud disini ialah dari segi daya beli dan promosi. Ketika Anda berhasil mendapatkan pelanggan potensial dan mereka puas dengan produk Anda, maka mereka akan membagikan pengalaman pada orang-orang terdekat. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi produk Anda sekaligus peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Macam-macam Strategi Penetapan Harga

Selesai dengan langkah persiapan, kini saatnya Anda beralih untuk menyusun strategi penetapan harga. Terdapat lima macam strategi penetapan harga yang akan dijelaskan sebagai berikut:

pricing

Price Skimming

Strategi ini meliputi penetapan harga tinggi ketika suatu produk baru diperkenalkan (launching), dan kemudian secara bertahap menurunkan harga setelah banyak pesaing memasuki pasar. Jenis strategi ini sangat cocok diterapkan untuk bisnis yang baru memasuki pasar negara berkembang.

Strategi ini menciptakan peluang untuk memanfaatkan pengadopsi awal sekaligus mengurangi pesaing masa depan saat bergabung dengan pasar yang sudah berkembang. Kunci utama dari strategi price skimming ini adalah pasar yang Anda tuju.

Market Penetration Pricing

Harga yang ditetapkan menurut strategi ini justru kebalikan dari price skimming. Jika price skimming memulai dengan harga tinggi, strategi market penetration pricing memulai dengan harga rendah. Tujuannya ialah meremehkan pesaing Anda sekaligus membangun pijakan yang kuat di pasar. Kemudian setelah Anda berhasil menggaet pelanggan yang setia, barulah Anda menaikkan harga produk.

Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan strategi ini, salah satunya ialah kemampuan bisnis untuk menanggung proyeksi kerugian di muka. Selain itu, Anda juga membutuhkan strategi pemasaran dan pencitraan merek untuk menarik pelanggan.

Premium Pricing

Strategi ini umumnya digunakan apabila Anda menciptakan produk yang berkualitas dan memasarkannya pada konsumen yang berpenghasilan tinggi. Tujuannya ialah agar produk Anda dianggap bernilai tinggi oleh pelanggan. Untuk dapat menerapkan strategi ini, maka Anda perlu mengembangkan kualitas produk yang berbeda dari produk lainnya. Mungkin Anda juga harus mengembangkan pencitraan merek “mewah” atau “gaya hidup” untuk menarik jenis konsumen yang tetap.

Economy Pricing

Jika premium pricing menargetkan pelanggan yang berpenghasilan tinggi, economy pricing justru menargetkan pelanggan yang ingin menghemat uang sebanyak mungkin. Strategi ini bergantung pada kemampuan Anda dalam mengelola pengeluaran, khususnya biaya overhead, namun tetap mempertimbangkan value yang sesuai.

Bundle Pricing

Perusahaan yang menerapkan strategi bundle pricing biasanya memasangkan beberapa produk bersama-sama lalu menjualnya dengan harga lebih murah dibanding harga produk secara individu. Misalnya, perusahaan yang memproduksi shampoo akan menjual shampoo satu paket dengan conditioner dengan harga lebih murah.

Keuntungan menetapkan strategi ini ialah perputaran barang yang cepat. Kunci penerapan strategi ini ialah menutup kerugian pada penjualan barang yang bernilai rendah menggunakan keuntungan pada penjualan barang yang bernilai tinggi.

Memilih Strategi Penetapan Harga

Sebelum Anda menentukan harga jual produk, Anda harus terlebih dahulu mencocokkan strategi yang Anda pilih dengan kondisi perusahaan. Anda mungkin bisa memilih salah satu dari lima strategi tersebut, atau membuat kombinasi lebih dari satu strategi. Akan tetapi dalam memilih strategi penetapan harga, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

Product value

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah value yang terkandung dalam produk atau layanan. Semakin banyak value yang terkandung dalam produk, maka semakin tinggi kualitas produk tersebut. Saat menentukan harga, pengorbanan yang Anda keluarkan untuk menambahkan value dalam produk harus sesuai dengan harga yang Anda tetapkan.

Harga Pesaing

Kedua, Anda harus benar-benar mengikuti pergerakan pasar khususnya harga yang ditawarkan oleh pesaing. Pahamilah bahwa ketika Anda mencoba untuk melakukan sesuatu yang berbeda guna menarik pelanggan, pesaing Anda tidak akan tinggal diam. Merekapun akan melakukan evaluasi terhadap strategi mereka dan membuat perubahan yang berdampak pada usaha Anda.

Break-Even Point

Break-even point merupakan titik dimana pendapatan sama dengan modal atau biaya yang dikeluarkan. Dalam menentukan harga, penghitungan break-even ini sangat penting. Secara umum, terdapat dua hal yang menentukan biaya yakni kualitas produk dan volume produksi.

Jika Anda ingin memproduksi suatu barang yang berkualitas, maka otomatis biaya produksi akan meningkat, sehingga Anda harus menjual produk dengan harga tinggi. Sebaliknya jika Anda ingin menjual barang yang murah, maka Anda harus bersedia menurunkan kualitas produk.

pricing

Salah satu kunci menetapkan harga jual ialah menjaga efektivitas produksi agar harga jual produk sesuai dengan value yang terkandung di dalamnya. Dengan bantuan aplikasi JojoExpense, Anda dapat mengatur pengeluaran dari mana saja dan kapan pun. Anda pun tidak perlu khawatir akan terjadinya penipuan keuangan, karena sistem yang otomatis akan memberikan Anda peringatan.

Berikut ini merupakan fitur-fitur andalan JojoExpense yang dapat membantu Anda dalam mengelola pengeluaran:

  • Otomatisasi pengajuan cash advance dan reimbursement
  • Pengajuan uang panjar kerja
  • Kendali penuh atas anggaran perusahaan dengan custom approval flow dan policy

Tertarik untuk mencoba? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan fasilitas coba gratis sekarang juga!