Strategi Recruitment Perusahaan Yang Lebih Efektif dan Efisien

Strategi recruitment yang tepat tampaknya memang diperlukan untuk merekrut karyawan yang diinginkan. Sebenarnya melakukan perekrutan karyawan baru tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun bagaimanapun juga merekrut karyawan baru juga bukanlah merupakan hal yang sangat mudah sehingga perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Proses rekruitmen atau perekrutan karyawan baru memang membutuhkan waktu yang bisa dibilang cukup lama dan tidak sebentar. Bahkan seringkali proses rekrutment ini dapat mengganggu pekerjaan Anda yang lain sehingga Anda menjadi lebih sibuk dengan adanya hal ini. Selain itu proses rekrutment ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan sebelum diadakan rekrutment tentunya sebuah perusahaan haruslah memasang iklan mengenai adanya lowongan kerja di perusahaan tersebut demi mendapatkan karyawan yang berkualitas dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. belum lagi perusahaan haruslah mengeluarkan biaya untuk proses rekrutment itu sendiri. Seperti misalnya untuk aktivitas tes calon karyawan baru dan lain sebagainya. Waktu yang diperlukan mulai dari proses pemasangan iklan mengenai lowongan kerja hingga proses penerimaan karyawan baru juga tentu saja cukup lama dan bahkan sampai berbulan-bulan lamanya. Oleh karena itu untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan perusahaan maka diperlukan beberapa langkah dan strategi yang tepat.

Cek CV dan Surat Lamaran

Setiap orang yang melamar suatu pekerjaan sudah tentu mengirimkan CV dan surat lamaran kepada pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Maka divisi HR di sebuah perusahaan perlu untuk melakukan cek terhadap berbagai CV dan surat lamaran yang telah diterimanya. Hal ini haruslah dilakukan sebagai opsi strategi recruitment agar HR bisa memilih kandidat yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk menjadi karyawan baru.

Pada dasarnya CV dan surat lamaran kerja dibuat oleh seseorang dengan disesuaikan pada lowongan kerja yang diminati. Adapun CV dan surat lamaran kerja yang baik tentunya sesuai dengan kriteria dari deskripsi pekerjaan yang diminta dan telah diterangkan di iklan lowongan kerja. Oleh karena itu divisi HR di suatu perusahaan haruslah melihat dengan benar apakah CV dan surat lamaran yang dikirimkan oleh beberapa orang tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang Anda terangkan ataukah belum.

Sebagai tim HRD maka sudah seharusnya bagi Anda untuk memilih kandidat yang telah memenuhi berbagai macam persyaratan yang diajukan oleh perusahaan Anda dalam rangka mencari tenaga kerja baru. Pilihlah calon karyawan baru dengan memilih CV dan surat lamaran yang sekiranya memenuhi persyaratan yang telah diajukan oleh perusahaan. Proses ini memang membutuhkan ketelitian dan juga waktu yang sangat lama. Oleh karena itu untuk memilihnya diperlukan waktu luang sehingga HR bisa memilih kandidat yang bernar-benar tepat. Proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun tentu dapat membantu HR untuk bisa mendapatkan karyawan baru yang terbaik.

Wawancara Penyaringan

Mencari karyawan baru memang tidaklah mudah walaupun sebnarnya juga tidak terlalu sulit. Hanya saja dibutuhkan suatu strategi untuk dapat melakukan proses perekrutan tenaga kerja baru agar perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan perusahaan. Oleh karena itu proses perekrutan pegawai baru tidak hanya berhenti sampai dengan cek CV dan surat lamaran kerja saja. Setelah HR melakukan cek terhadap CV dan surat lamaran kerja yang dilayangkan oleh banyak orang kini tibsa saatnya bagi HR untuk melakukan wawancara.

Di sesi wawancara inilah maka HR akan mengajukan berbagai macam pertanyaan kepada para kandidat. Sebaiknya HR membuat daftar pertanyaan yang tepat agar calon karyawan baru bisa menjelaskan tentang dirinya secara lebih rinci. Di dalam sesi wawancara inilah HR bisa mengajukan berbagai macam pertanyaan dasar kepada kandidat. HR bisa saja bertanya tentang latar beelakang keluarga dan pendidikan serta lainnya. Selain itu HR juga bisa bertanya tentang pandangannya mengenai suatu posisi atau karier di suatu perusahaan dan lain sebagainya. Melalui sesi wawancara inilah maka HR dapat melihat apakah orang yang telah dipilih berdasarkan cek CV dan surat lamaran itu memang layak untuk menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan ataukah tidak.

Tanyakan Referensi

Latar belakang seseorang memang terkadang perlu untuk ditanyakan agar orang lain bisa mengetahuinya dan digunakan untuk tujuan positif. Demikian pula dengan acara pencarian tenaga kerja baru di suatu perusahaan. Sudah tentu selain cek CV dan surat lamaran kerja serta selain melakukan wawancara kepada kandididat maka seorang HR harus menanyakan referensi para kandidat. Refrensi sebenarnya cukup perlu untuk dilakukan sehngga Anda bisa mengetahui dengan pasti kualitas dari kandidat yang sedang Anda hadapi tersebut.

Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai berbagai hal tentang kandidat tersebut. Jika Anda tertarik dan memutuskan untuk mernanyakan referensi maka Anda bisa menemukan latar belakan kandiddat serta alasan yang membawanya hingga bersedia melakukan proses melar kerja sampai di perusahaan saya. Bila Anda sudah mendapatkan referensi dari calon karyawan maka Anda boleh saja menghubungi atasan para kandidat yang sebelumnya.

Sebagai HR tentu saja Anda bisa mempertanyakan kinerjanya sehingga Anda bisa melihat apakah kandidat yang sedang menjalani proses wawancara tersebut memiliki kinerja yang efektif dan efisien ataukah tidak. Menanyakan referensi pada kandidat setidaknya perlu dilakukan dengan sangat sopan. Sesi ini mungkin saja bisa menjadi sesi terakhir dari strategi perekrutan pegawai namun bagaimanapun juga hal ini haruslah ditanyakan dengan benar-benar.

Tentu merekrut karyawan dengan strategi recruitment tertentu membutuhkan usaha yang cukup detail. Oleh sebab itu sebaiknya tim HRD perusahaan menggunakan sistem yang tepat untuk hal tersebut. Supaya data calon karyawan tidak berserakan dan teratur dengan rapi. Sedikit banyak hal ini membantu mempercepat proses recruitment beserta pengambilan keputusannya. Salah satunya dengan beralih menggunakan JojoTimes. Dimana software ini akan membantu lebih efektif dalam mendata karyawan yang akan direkrut termasuk mendata proses rekruitmen yang berlangsung terhadap calon karyawan tersebut. Sehingga dengan demikian meski ada banyak personel yang akan direkrut oleh perusahaan, namun tim HRD tidak perlu kewalahan mengaturnya. Semua berjalan otomatis dan lebih efisien.

Hal tersebut karena adanya beberapa fitur menarik JojoTimes termasuk fitur-fitur berikut ini:

  • Secured Cloud-Based Storage
  • Custom Format Report
  • Import and Export Employee Data
  • Actual Real Time Monitoring
  • Task Management Tools
  • Schedules and Job Shifts

Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan perusahaan dalam usaha untuk melakukan strategi recruitment yang lebih efektif dan efisien. Dengan penggunaan JojoTimes sudah pasti sistem recruitment berjalan lebih optimal. Oleh sebab itu segera tinggalkan cara lama yang konvensional. Jangan habiskan waktu mendata satu per satu calon karyawan secara manual. Serahkan segera pada JojoTimes dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda untuk membuktikan hasilnya. Dijamin, pasti Anda tidak akan kecewa dibuatnya!