Struktur Organisasi HRD Serta Bagan Department SDM

Struktur Organisasi HRD

Struktur Organisasi HRD yang sering kita kenal sebagai departemen SDM merupakan pengembangan dari departemen yang sudah ada sebelumnya, yaitu departemen administrasi. Departemen HR bertugas melakukan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas sumber daya manusia dari mulai pencatatan dan semua kegiatan yang berkaitan administrasi atau penggajian sumber daya manusia yang ada.

Struktur Organisasi Departemen SDM

Setelah kita mengetahui jika departemen HR merupakan pecahan dari departemen administrasi. Selanjutnya kita dapat mulai mengetahui kepada siapa HR ini melaporkan terkait kegiatan yang menjadi tugasnya dalam struktur organisasi HRD itu sendiri. Departemen HR memegang peranan penting dalam suatu organisasi atau perusahaan karena itu jabatan manager HR kebanyakan bersinggungan langsung dengan petinggi perusahaan seperti CEO atau COO perusahaan.

Selain memegang peran penting, departemen SDM atau HR juga memiliki ukuran yang pada umunya bergantung pada besar perusahaan atau organisasi anda. Dalam menentukan struktur departemen HR yang baik sehingga mampu membawa dampak besar bagi perusahaan anda, pada umumnya bergantung pada individual tim HR sendiri. Secara umum tim pada manejemen HR sudah mengantongi spesialis.

Seperti misalnya ada yang memang berfokus atau bertanggung jawab dalam hal pengembangan pelatihan terkait kenerja terhadap kemampuan sumber daya manusia. Ada yang berfokus pada hal terkait administrasi atau transaksi mengenai gaji, tunjangan dll. Dan yang terakhir yang juga yang berfokus pada hal terkait hubungan kerjasama atau sosialisasi antar sumber daya manusia atau karyawan yang ada. Namun semua kembali lagi kepada bagaimana jalannya dan kebutuhan perusahaan atau bisnis anda.

Kepala departemen HR meski pada dasarnya tidak bergabung dalam tim eksekutif suatu perusahaan. Namun kepala departemen HR tetap bertugas untuk melaporkan kerja kepada CEO sebagai mitra terpercaya dari tim eksekutif. Terdapat beberapa jenis organisasi yang terdapat dalam departemen HR bergantung dengan besar dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Pada dasarnya HR bisa melakukan pekerjaan yang sesuai kecondongan keinginan dan kebutuhan jika dalam perusahaan kecil. Berikut ini adalah struktur departemen HR yang pada umumnya terbagi menjadi tiga struktur tim.

struktur organisasi HRD

Struktur Pelaporan Organisasi SDM Pada Bisnis Kecil

Pada umumnya pada struktur Organisasi HR pelapor pada bisnis kecil hanya terdiri dari manager atau direktur HR. Spesialis HR dan koordinator perekrutan. Seperti jumlah karyawan yang tidak banyak, maka anda masih dapat membuat menejemen HR yang sekiranya tidak begitu rumit karena hanya menangani SDA dalam jumlah kecil. Berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam menejemen HR dalam bisnis kecil.

  • Manager HR pada umumnya mengerjakan banyak hal seperti melaporkan gaji, tunjangan, perekrutan dan lain – lain kepada CEO.
  • Direktur HR secara umum betugas untuk bertanggung awab atas tim HR yang  berada dibawahnya atau dengan kata lain dia memegang peran tertinggi dalam departemen HR.
  • Spesialis HR bertugas untuk memfokuskan diri pada masalah administrasi, penggajian dan pelatihan atau orientasi karyawan. Pada faktanya tidak semua perusahaan memiliki spesialis HR. Ada perusahaan yang memiliki spesialis informasi HR yang tugasnya merekrut, memelihara dan juga mengawasi sumber daya manusia. Spesialis informasi HR juga memiliki hubungan erat dengan departemen IT, atau bahkan justru berada dibawah departemen IT.

Yang terakhir yaitu bagian perekrutan, biasanya pada struktur pelapor organisasi HR pada bisnis kecil memiliki bagian perekrutan berupa HR coordination atau recruiting coordination. HR koordinasi bertugas lebih terkait kepada pengarsipan. Baik berupa membuat laporan, memproses gaji, mengatur komunikasi dengan perusahaan luar. Sedangkan koordinator perekrutan lebih bertugas untuk menangani perekrutan struktur organisasi HRD yang ada, diaman dia bertanggung jawab besar ada bagian perekrutan ini.

Jika ada banyak orang yang bertanya terkait kenapa departemen HR sudah ada untuk mengurus masalah administrasi jika pada perusahaan tersebut juga memiliki departemen administrasi sendiri. Jawabannya adalah departemen HR bertugas menghitung atau mengurus administrasi yang berhubungan dengan SDM. Sedangkan departemen administrasi bertugas mengatur administrasi semuanya yang ada di perusahaan. Tidak hanya berkaitan pada SDM, tapi semua masalah administrasi perusahaan.

struktur organisasi HRD

Struktur Pelaporan Organisasi SDM Pada Bisnis Menengah

Dikatakan sebagai bisnis menengah ketika suatu bisnis atau perusahaan memiliki karyawan lebih dari 100 hingga kurang dari 1000 karyawan. Biasanya dalam bisnis menengah memilki struktur HR yang tentu saja memiliki lebih banyak tim (individu) di dalam departemennya. Berikut ini adalah struktur menejemen HR yang terdalam bisnis menengah.

  • Direktur HR yang bertugas membuat dan menjalankan strategi untuk mengoptimalkan kerja HR sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan.
  • Wakil presdir HR yang bertugas dan berkerja sama bersama dengan tim eksekutif untuk menganalisis kerja SDM dan juga dokumen keuangan yang ada untuk memikirkan strategi dalam meningkatkan pendapatan.
  • Direktur perekrutan bertanggung jawab besar terhadap perekrutan SDM. Direktur SDM bertanggung awab terhadap anggaran dan fasilitas baik berupa sistem atau perangkat lunak untuk memfasilitasi kerja SDM.
  • Menejer kompensasi seperti namanya, bertanggung jawab dan mengurus kompensasi untuk para karyawan. Misalnya seperti asuransi kesehatan, keselamatan kerja dan lainnya. Spesialis HR bertugas untuk mengurus masalah administrasi dan pelatihan karyawan.
  • HR generalis melakukan tugas secara umum atau tidak terfokus. Karena itu mencakup banyak pekerjaan sekaligus seperti masalah administrasi dari mulai penggajian, asurasi dan juga masalah perekrutan.
  • Koordinator perekrut dan juga perekrut, keduanya memiliki tugas yang hampir sama mengenai perekrutan SDM namun koordinator bertugas menerima laporan dari perekrut.
  • Koordinator HR memiliki tugas yang lebih berfokus kepada engarsipan dan pelaporan terkait kegiatan yang berhubungan dengan SDM baik berupa wawancara, mengatur dan menjadwalkan acara.
struktur organisasi HRD

Struktur Pelaporan Organisasi SDM Perusahaan Besar

Perusahaan dalam skala besar tentu saja memiliki cakupan dan managemen HR yang lebih besar, banyak dan juga rumit. Biasanya perusahaan dikatanya berada dalam skala besar ketika memiliki keyawaan lebih dari 1000 orang. Pada dasarnya struktur yang dimiliki sama dengan struktur pada perusahaan menengah, yang membedakan adalah adanya jabatan berikut.

  • Chief Diversity Officer, bertugas menangani adanya differsity atau perbedaan SDM karena skalanya sudah semakin besar perlu adanya pengaturan.
  • HR Bussnines partner, bertugas dan bertangung jawab terkait konsultasi yang disediakan untuk kebutuhan komunikasi atau hubungan yang baik antar SDA dengan tetap berfokus pada tujuan visi misi organisasi atau perusahaan.

Cara Menentukan Jumlah Anggota Departemen HR

Sekali lagi, umlah anggota departemen HR ini bergantung terhadap besar perusahaan anda dan juga fokus seperti apa yang ingin perusahaan anda tuju. Tidak hanya dari besar perusahaan, namun juga bentuk kepemimpinan  dan tujuan serta visi misi juga berpengaruh pada managemen HR ini. Secara mudah dan umumnya pemilik perusahaan membuat struktur organisasi HRD menggunakan jumlah karyawan yang dimiliki bisnis atau perusahaan anda.

Misalnya ketika sekiranya umlah karyawan yang anda miliki tidak sekian banyak. Maka anda tidak perlu membuat managemen HR yang sekiranya besar karena tentu saja justru malah akan memberikan dampak negatif kedepannya. Atau sebaliknya ketika perusahaan anda besar dan memiliki banyak karyawan lebih dari 1000. Managemen HR yang anda buat terlalu sederhana akan berpengaruh pada kinerja dan ketercapaian perusahaan anda nantinya.

Oleh sebab itu ayo segera mencoba JojoTimes di perusahaan Anda. Jangan khawatir akan uji coba berbayar seperti kebanyakan software lainnya. Kami menyediakan coba gratis sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Dapatkan manfaat terbaik melalui JojoTimes yang bekerja dan sistem perusahaan Anda menjadi lancar serta maksimal.