Subsidiary Ledger – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat

Setiap perusahaan pasti memiliki sebuah pencatatan keuangan, karena hal tersebut adalah yang paling penting dalam melaksanakan sebuah usaha. Dengan memiliki pencatatan keuangan maka kondisi keuangan dapat terpantau dengan jelas dan dapat menjadi sebuah pengambilan keputusan untuk langkah perusahaan berikutnya. Dalam ilmu Akuntansi, pencatatan keuangan menggunakan kumpulan catatan transaksi yang disebut dengan buku besar pembantu (Subsidiary Ledger).

Terdapat dua jenis buku besar pembantu dalam pencatatan keuangan yang sangat diperlukan bagi sebuah usaha. Buku besar dalam ilmu akuntansi adalah serangkaian catatan keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu. Jenis pencatatan keuangan secara keseluruhan disebut dengan buku besar umum. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu buku besar pembantu (Subsidiary Ledger). Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Buku Besar Pembantu (Subsidiary Ledger)

Expense Recognition

Subsidiary Ledger atau Buku Besar Pembantu adalah buku besar umum yang berisi catatan keuangan yang lebih detail dan spesifik mengenai transaksi tertentu. Dalam buku besar pembantu, transaksi dikelompokkan menjadi satu kategori transaksi yang sama agar perusahaan dapat merinci lebih detail atas transaksi yang dilakukan. Buku besar pembantu memang merupakan perluasan rincian detail dari akun-akun tertentu serta perubahannya. Sehingga detail informasi transaksi yang tidak terdapat pada buku besar umum dapat ditemukan pada buku besar pembantu.

Jenis  Buku Besar Pembantu (Subsidiary Ledger)

Setelah mengetahui pengertian buku besar pembantu, terdapat beberapa jenis buku besar pembantu. Ada lima jenis buku besar pembantu sesuai dengan akun yang terdapat dalam sistem akuntansi. Perlu diketahui bahwa banyaknya jenis buku besar tergantung pada banyaknya akun yang dimiliki perusahaan. Misalnya saja buku besar pembantu untuk perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur berbeda. Pastinya perusahaan manufaktur memiliki lebih banyak akun, jadi buku besar pembantu yang dimiliki tentu lebih banyak.

Contoh beberapa Subsidiary Ledger pada perusahaan manufaktur berdasarkan akun-akun  berikut ini:

  • Utang
  • Piutang
  • Persediaan bahan baku dan bahan penolong Expense
  • Biaya overhead pabrik
  • Biaya penjualan
  • Administration Expense

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sedangkan untuk jenis buku besar pembantu di perusahaan dagang terdapat dua akun yang menjadi acuan. Akun tersebut yaitu hutang dan piutang.

1.      Buku Besar Pembantu Utang

Pada buku besar pembantu hutang ini berisi kumpulan catatan transaksi utang yang dilakukan perusahaan. Pada buku besar ini juga perusahaan dapat mencatat perubahan jumlah nominal kepada kreditur. Dengan menyusun buku besar pembantu utang maka akan terlihat informasi yang jelas mengenai siapa kreditur pemberi utang, nominal serta cara pembayarannya sekali saja dalam tempo tertentu atau berkala.

2.      Buku Besar Pembantu Piutang

Jenis buku besar pembantu yang kedua ini adalah kebalikan dari buku besar utang. Pada buku besar pembantu piutang berisi history piutang perusahaan. Dalam hal ini perusahaan menjual barangnya kepada customernya secara kredit. Di dalam buku besar pembantu piutang terdapat rincian data debitur, nominal tagihan, dan cara pembayaran secara kredit dilakukan setiap tanggal yang dilakukan oleh customer.

Kedua jenis Subsidiary Ledger atau buku besar ini merupakan perpanjangan dari perubahan akun utang dan piutang yang dicatat keseluruhan di dalam buku besar umum.  Sehingga, pada buku besar umum hanya mengambil informasi penting seperti nominal utang dan piutang. Selain itu, pada buku besar umum lebih dikenal dengan perkiraan induk dari akun piutang dan utang tersebut.

Fungsi Buku Besar Pembantu (Subsidiary Ledger)

bisnis model canvas

Dengan perusahaan menerapkan pencatatan buku besar pembantu, tentu hal ini akan bermanfaat bagi perusahaan. Namun langkah baiknya jika buku besar pembantu dapat dibuat secara sistem yang terintegrasi dan otomatis. Sebuah perusahaan menjadi sangat terbantu karena adanya sistem akuntansi yang jelas. Terdapat fungsi dari buku besar pembantu dalam sebuah perusahaan, yaitu sebagai berikut:

  • Memudahkan perusahaan dalam proses penyusunan laporan keuangan, sehingga dapat meminimalisir kesalahan pencatatan pada buku besar umum.
  • Menjadi pembandingdalam ketelitian pencatatan buku besar umum, karena dalam buku besar pembantu lebih detail rincian dari saldo-saldo pada buku besar umum.
  • Dapat menjadi pembagian tugas dalam pengerjaan laporan akuntansi keuangan sebuah perusahaan.
  • Mempermudah dalam pencarian informasi mengenai jumlah akun dari pihak-pihak yang terkait.

Sumber Pencatatan Buku Besar Pembantu

hal-penting-manajemen-keuangan

Sumber pencatatan adalah hal yang utama dalam pencatatan transaksi. Tanpa adanya sumber pencatatan maka sebuah laporan keuangan yang disusun dapat dikatakan fraud / kecurangan karena tidak terdapat bukti transaksi. Untuk itu, perlu juga dalam memahami sumber pencatatan dalam buku pembantu.

Sumber pencatatan dalam buku adalah segala bukti transaksi yang berakibat pada perubahan nominal akun utang-piutang tersebut. Contoh dari sumber pencatatan keuangan adalah faktur, nota, bukti penerimaan kas, kwitansi dan sebagainya.

Terdapat metode yang dilakukan untuk memasukkan data dari sumber pencatatan. Yaitu yang pertama pencatatan dilakukan di dalam buku jurnal umum, lalu dibukukan ke dalam buku besar. Dan setiap pos jurnal wajib diposting secara individu maupun kolektif. Kedua, pencatatan di buku pembantu. Pencatatan ini dibuat daftar saldonya setiap akhir periode tertentu. Daftar saldo ini dibuat berdasarkan akun pada buku pembantu tersebut.

Manfaat Buku Besar Pembantu (Subsidiary Ledger)

Jika perusahaan masih menerapkan laporan keuangan secra manual, memang sudah seharusnya perusahaan menerapkan pencatatan buku besar pembantu. Karena hal ini akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan dalam menyusun laporan keuangan. Berikut ini manfaat membuat buk besar pembantu atau Subsidiary Ledger.

1.      Mempermudah Dalam Menyusun Laporan Keuangan

Manfaat dari buku besar pembantu dalam siklus akuntansi adalah mempermudah dalam menyusun laporan keuangan perusahaan. Karena menyusun laporan keuangan harus dibuat sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Buku besar pembantu ini akan membantu meminimalisir kesalahan pencatatan yang kerap dilakukan accounting pada buku besar utama.

2.      Cross Check

Ketelitian pada buku besar umum yang sudah disusun accounting dapat diuji dengan membandingkannya dengan pencatatan saldo akhir pada subsidiary ledger. Sehingga pencattan bisa mendekati hasil yang sempurna karena dapat langsung dilakukan cross check.

3.      Hasil Laporan Menjadi Lebih Rapi

Accounting membagi tugas agar tidak tercampur dan menjadi lebih rapi. Sebagian accounting mengerjakan buku besar utama dan sebagian lagi untuk melakukan pencatatan buku besar pembantu, setelah itu barulah dicocokkan di akhir periode. Dengan begini hasil laporan menjadi lebih rapi dan relevan.

4.      Dapat Menemukan Data Dengan Cepat

Bila ada pihak lain yang mempertanyakan perihal jumlah transaksi yang dilakukan misalnya berapa nilai utang terkini, data cepat bisa diketahui dengan melihat buku besar pembantu utang. Karena dalam buku besar pembantu utang, telah tercatat dengan rinci jumlah utang terkini. Begitu juga dengan piutang perusahaan dapat dilihat di buku besar pembantu piutang.

Dalam rangka menyusun laporan keuangan yang tersistem dengan baik, Anda perlu aplikasi yang dapat mengelola keuangan perusahan dengan mudah. Aplikasi JojoExpense memungkinkan Anda untuk dapat mengontrol anggaran dimanapun dan kapanpun. Selain itu, melalui Anda juga dapat menghemat waktu sekaligus meningkatkan produktivitas.

Semuanya dapat Anda lakukan berkat fitur andalan dari JojoExpense sebagai berikut:

  • Disburse dan reimburse dimanapun dan kapanpun melalui fitur otomatisasi
  • Pengajuan uang panjar kerja
  • Atur kebijakankeuangan dengan custom approval flow policy

Tertarik untuk mencoba? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan fasilitas coba gratis sekarang juga!