Surat Keputusan : Pengertian, Jenis, dan Contoh-contohnya

surat

Surat Keputusan adalah surat yang akrab, terutama cocok untuk karyawan perusahaan atau mereka yang bergabung dengan organisasi atau asosiasi lain. Bagi perusahaan atau instansi, tidak sulit untuk membuat surat keputusan, tentunya biasanya begitu.

Namun, untuk perusahaan atau organisasi yang baru mengenal teknologi, ini akan sulit dan perlu melihat contoh pembuatannya. Surat keputusan tentunya memiliki tujuan dan fungsi, sehingga tujuan utama dipertahankannya surat tersebut tetap berlaku. Sebelum kita memulai dan memahami cara membuat surat keputusan, mari kita simak penjelasan tentang pengertian dan fungsi surat pemberitahuan.

Pengertian Surat Keputusan

surat keputusan

Surat Keputusan merupakan surat formal penting yang dikeluarkan oleh lembaga formal seperti sekolah, organisasi, instansi pemerintah dan pengambil keputusan lainnya. Biasanya pimpinan organisasi memiliki hak untuk mengambil keputusan.

Secara umum, fungsi keputusan adalah untuk menentukan status resmi dan hukum seseorang atau organisasi dalam hal status atau status para pihak dalam keputusan atau organisasi yang bersangkutan. Padahal, pihak-pihak tersebut bisa mengambil keputusan secara lisan.

Namun, hal ini tentu saja tidak boleh dilakukan melalui keputusan formal dan penting. Selain itu, putusan lisan tidak memiliki bentuk pembuktian yang sah sehingga tidak memiliki pengaruh hukum yang kuat sehingga mudah untuk disalahgunakan. Secara umum, semua SK mengandung unsur-unsur berikut:

  1. Kata Pengantar: Dasar hukum atau dasar pengambilan keputusan. Bagian ini biasanya berisi hukum yang terkait dengan masalah yang menunggu keputusan.
  2. Desiseratum: Tujuan dari keputusan tersebut.
  3. Diktum: isi keputusan ditandai dengan kata-kata “memutuskan”

Fungsi SK

surat keputusan

Buku pengambilan keputusan tentunya memiliki fungsi dan kegunaan, dan itu mempengaruhi baik pengirim maupun penerima. Fitur lainnya termasuk

  • Berikan solusi deterministik atau menentukan.
  • Dapatkan keputusan tertulis resmi dari instansi terkait.
  • Dapatkan proses hukum.
  • Memiliki jaminan hukum dan hukum tertulis.

Isi Surat Keputusan

Surat keputusan memiliki unsur atau komponen penting yang harus diperhatikan. Komponen tersebut antara lain:

  1. Perkenalan. Pembukaan yang menjadi dasar hukum surat tersebut, bagian ini menjelaskan bagian mana yang harus dituliskan dalam surat tersebut.
  2. Desideratum. Bagian ini menjelaskan tujuan surat, termasuk tujuan keputusan tersebut.
  3. Diktum. Bagian ini menunjukkan isi surat dan merupakan bagian penting dari surat itu. Bagian surat ini menunjukkan kata “memutuskan”.

Komponen penting tersebut harus ada dalam surat keputusan, karena akan mempengaruhi proses surat keputusan. Komponen yang ada merupakan persyaratan yang harus ditempatkan dan dituliskan, karena akan mempengaruhi keabsahan surat tersebut.

Jenis surat keputusan

surat keputusan

Selain wisuda atau wisuda, ada beberapa kegiatan yang biasanya membutuhkan surat keputusan. Nah, contoh surat keputusan tersebut bisa Anda terapkan untuk kegiatan berikut:

  1. Menunjuk karyawan perusahaan. Direktur atau direktur perusahaan biasanya membuat surat keputusan untuk mengangkat atau memberhentikan karyawan. Bentuk hurufnya juga tidak jauh berbeda dengan contoh di atas. Anda hanya perlu mengubah sebagian konten dan hukum serta peraturan yang ada. Selebihnya, kalimat yang digunakan bisa disesuaikan.
  2. Keputusan pertandingan. Bagi para kontestan, keputusan panitia tentang pemenang lomba adalah hal yang ditunggu-tunggu. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak perlu, panitia secara resmi akan menentukan siapa pemenang permainan dengan mengeluarkan keputusan permainan. Dengan cara ini, peserta dapat secara formal dan formal mengetahui hasil akhir kompetisi.
  3. Menetapkan visi dan misi organisasi. Selain keputusan tentang hak orang lain, anggaran dasar juga dapat diterapkan pada organisasi, seperti menetapkan visi dan misi. Setelah keputusan tersebut diundangkan dan disetujui, seluruh anggota organisasi harus melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan atau visi yang ditetapkan. Bagi siapa pun yang tidak menegakkannya, itu dianggap ilegal.
  4. Pergantian staf. Pelamar untuk penugasan atau mutasi karyawan juga membutuhkan surat keputusan. Dengan cara ini, karyawan yang telah resmi dimutasi telah dipindahkan dari perusahaan sebelumnya. Biasanya, PNS lah yang mendapatkan banyak transfer pekerjaan. Nah, Anda bisa meniru formatnya berdasarkan contoh di atas.

Contoh Surat Keputusan

surat keputusan

Surat Penunjukan Karyawan Tetap

Maju Jaya
Jl. Belimbing 198 Yogyakarta
Telepon 7656789 fax. 09840987

Nomor 394 / SK / Desember 2019

Berdasarkan penilaian kami terhadap kinerja Ari Sulistyo dari masa percobaan hingga awal pekerjaan dan akhir masa kerja, kami memutuskan untuk:

Mulai 12 Desember 2019, Ari Sulistyo bersaudara diangkat menjadi karyawan CV. Maju Jaya adalah manajer pemasaran. Ini adalah tanggung jawab dan hak yang menjadi tanggung jawab dan tanggung jawab Anda untuk:

  1. Menjual produk yang diproduksi atau didistribusikan oleh CV. Maju Jaya.
  2. Kunjungi gerai dan cabang secara rutin untuk pemeriksaan.
  3. Dapatkan gaji Rp3.000.000 per bulan.
  4. Berusaha keras untuk mencapai target penjualan memproduksi 300 botol sirup melon per bulan.
  5. Sesuai dengan jumlah penjualan yang bisa ditingkatkan, penghasilan tambahan diperoleh dalam bentuk bonus.

Ini adalah surat penunjukan yang kami keluarkan dan dapat dilaksanakan sejauh mungkin.

Yogyakarta, 10 Desember 2019

Penanggung jawab CV. Maju Jaya

Surat Keputusan promosi

Santa Atmaya
Jl. Surabaya 14 Jakarta
Telp (021) 356723

Nomor: SK.002-156 / RA-SHR / 2019

Yth. Tuan Putri Lesmana
Di tempat

Perihal: Promosi

Berdasarkan evaluasi dan prestasi kerja Anda dari awal pekerjaan hingga akhir waktu kerja yang ditentukan. Oleh karena itu, sesuai dengan peraturan perusahaan dan peraturan yang berlaku, perusahaan memutuskan:

Dipromosikan dari posisi sebelumnya sebagai pejabat keuangan menjadi saudara perempuan, dan kemudian dipromosikan menjadi bendahara. Dalam menentukan nilai dan pemberian gaji serta tunjangan, ditentukan sebagai berikut:

Nama: Putri Lesmana
NIP: 3256098700005
Mulai bekerja: 10 Januari 2018
Gaji bulanan: Rp3.000.000 (3 juta rupiah)

“Peraturan Perusahaan” mengatur dan mengatur hak dan kewajiban para suster lainnya. Para suster berhak untuk mematuhi “Peraturan Perusahaan” dengan benar dan bertanggung jawab. Surat keputusan promosi ini berlaku sejak waktu yang ditentukan. Apabila ada kesalahan dikemudian hari maka kesalahan tersebut akan diperbaiki seperlunya. Oleh karena itu, surat ini siap untuk diketahui dan digunakan dengan benar

Jakarta, 23 Mei 2019

HRD PT. Santa Atmaya

Mohamed Prayoga

Surat Keputusan Universitas

Menteri Pendidikan
Universitas Teologi Indonesia
Jl. 294 Kenanga, Jakarta

Keputusan Presiden Seminari Indonesia
Nomor: 58 / SK / UTI / 2018

Hal: nasihat dari pembimbing akademik

Mempertimbangkan:

  1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan bimbingan kolektif dan individu.
  2. Nama beberapa pembimbing akademik harus dipilih untuk melakukan tugas ini.
  3. Instruktur yang namanya tercantum dalam lampiran SK ini dianggap memenuhi persyaratan dan diharapkan dapat melaksanakan tugas yang ditentukan.

Dari sudut pandang:

  1. Surat Keputusan No. 345 / SK / YP / 09 dari Ketua Yayasan Pendidikan tentang Pengangkatan Ketua Universitas Teologi Indonesia.
  2. Konstitusi Universitas Teologi Indonesia, 20 Mei 1995.

Memutuskan:

  1. Semua dosen yang namanya tercantum pada lampiran SK adalah dosen yang telah dipilih sebagai pembina akademik.
  2. Tugas yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan kepada wakil ketua yayasan.
  3. Segala hal yang terkait dengan penunjukan pembimbing akademik akan diatur dan diumumkan secepatnya.
  4. Keputusan untuk menunjuk seorang penasihat akademis mulai berlaku sejak tanggal yang ditentukan. Misalnya, jika ada perubahan di kemudian hari, keputusan akan ditinjau kembali.

Jakarta, 13 April 2018.

Ketua Jurusan Universitas Teologi Indonesia

Kesimpulan

Itulah contoh-contoh surat keputusan yang bisa bermanfaat buat anda. Bagi anda yang membutuhkan pengawasan dan laporan aktivitas karyawan atau pegawai anda, anda dapat memanfaatkan software JojoTimes yang banyak digunakan oleh para pebisnis di seluruh Indonesia.

Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Daftarkan perusahaan anda dan nikmati uji coba gratisnya!