Langkah Membuat Surat Keterangan Sehat Secara Lengkap

surat keterangan sehat

Surat keterangan sehat tampaknya sudah tak asing lagi bagi hampir kebanyakan orang. terutama bagi para profesional dan juga para kaum akademisi yang seringkali membutuhkannya sebagai syarat pelengkap administrasi. Pada dasarnya surat ini merupakan sebuah bukti atau dokumen pribadi yang isinya merupakan pernyataan bahwa Anda telah dinyatakan sehat baik secara jasmani maupun secara rohani oleh pihak lembaga kesehatan.

Biasanya lembaga kesehatan yang mengeluarkan surat jenis ini adalah lembaga puskesmas dan juga bisa rumah sakit. Dengan adanya surat ini maka sudah terbukti bahwa nama yang tercantum pada surat dinyatakan sehat. Kebenaran dari surat keterangan ini bisa dipastikan dan tidak perlu diragukan oleh pihak mana saja.

Membuat Surat Keterangan Sehat

Siapkan dokumen

Untuk membuat surat keterangan kerja maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut antara lain meliputi KTP sebagai kartu identitas diri. Selain itu diperlukan pula dokumen lainnya yang juga menunjukkan identitas diri seperti misalnya pas foto. Selain itu untuk membuat surat keterangan ini diperlukan pula biaya administrasi sehingga biaya ini perlu dipersiapkan sejak awal.

Kunjungi puskesmas atau rumah sakit

Jika memang seluruh dokumen yang diperlukan telah siap maka segera kunjungilah puskesmas. Sebab surat keterangan sehat hanya bisa dikeluarkan oleh lembaga puskesmas. Selain puskesmas sebenarnya Anda juga bisa berkunjung ke rumah sakit umum atau RSUD untuk mendapatkan surat keterangan tersebut. Sebaiknya kunjungan baik ke puskesmas maupun ke RSUD dilakukan pada pagi hari.

Ambil nomer antrian

Setelah sampai di puskesmas maka tentunya petugas akan menyarankan Anda untuk segera mengambil nomer antrian. Sebab biasanya ada banyak orang pula yang datang ke puskesmas baik untuk berobat ataupun kepentingan lainnya. Maka dari itu setiap pengunjung haruslah antri. Jika ke RSUD maka setelah sampai di RSUD segeralah mengunjungi bagian customer service untuk menyatakan keperluan. Maka nantinya petugas akan menunjukkan cara mengantri agar bisa mendapatkan surat keterangan sehat.

Serahkan dokumen

Di puskesmas jika memang nomer antrian sudah dipanggil maka segeralah menujuke petugas untuk mneyerahkan dokumen. Jangan lupa pula katakan maksud dari kedatangan diri di puskesmas. Namun bagi yang berkunjung ke RSUD tampaknya prosedur yang dilalui sedikit berbeda. DI rumah sakit hanya perlu dilakukan pendaftaran diri saja tanpa harus mengumpulan berbagai macam berkas.

Tunggu panggilan

Tahapan selanjutnya adalah menunggu panggilan untuk segera di cek kesehatannya oleh dokter. Tunggulah dengan sabar panggilan dari dokter yang mungkin saja bisa cepat atau cukup lama.

Cek kesehatan

Jika sudah tiba giliran Anda maka setelah nama dipanggil segeralah masuk ke ruangan pemeriksaan kesehatan. Sebelumnya mungkin dokter akan menanyakan riwayat kesehatan. Jawablah segala pertanyaan yang dilontarkan olehdokter dengan jujur. Setelah itu sesi wawancara dilanjutkan dengan cek atau pemeriksaan fisik. Mulai dari pengukuran berat badan hingga tinggi badan sampai ke pemeriksaan organ tubuh misalnya dengan menggunakan stetoskop.

Surat keterangan sehat siap

Setelah seluruh prosedur atau tahapan di atas dilalui maka berarti apa yang harus dijalani dalam hal pemeriksaan fisik telah selesai. Setelah pemeriksaan fisik selesaimaka tentunya Anda hanya tinggal menunggu hasilnya.Tentunya hasil yang dimaksud adalah surat keterangan sehat daripihak puskesmas atau RSUD.

Ketentuan Pembuatan Surat Keterangan Sehat

Fotokopi KTP dan pas foto

Membuat surat keterangan sehat tidak serta merta begitu saja dilakukan. Namun pembuatan surat keterangan tersebut memerlukan adanya beberapa dokumen terutama bila hal ini dilakukan di puskesmas. Beberapa dokumen yang diperlukan seperti misalnya KTP dan pas foto. Pas foto yang diperlukan biasanya berukuran 3×4.

Tidak bisa diwakilkan

ketentuan lainnya yang perlu diketahui dan dipahami oleh semua orang adalah bahwa permohonan surat keterangan ini tidak bisa diwakilkan oleh siapapun. Sebab pada proses ini akan terjadi hal dimana kondisi fisik haruslah dicek dan diperiksa. Oleh karena itu pembuatan surat keterangan ini tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

Harus mendatangi puskesmas atau RSUD

Untuk mendapatkan surat keterangan kerja maka sudah tentu Anda harus mendatangi lembaga kesehatan. Lembaga kesehatan yang dimaksud dalam hal ini adalah puskesmas dan RSUD. Kedua lembaga ini menjadi lembaga yang memang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengeluarkan surat keterangan sehat secara sah atau legal. Maka setiap orang yang ingin mendapatkan surat keterangan ini sudah tentu harus berkunjung ke puskesmas atau ke RSUD.

Wajib mengikuti prosedur

Di puskesmas ataupun di RSUD tentu saja orang yang membutuhkan surat keterangan sehat haruslah bersedia untuk mengikuti seluruh prosedur yang telah ditentukan secara singkat. Bahkan sesi wawancara mengenai riwayat kesehatan dan juga pemeriksaan fisik haruslah juga dilalui sekalipun dibutuhkan waktu yang mungkin saja cukup lama dalam melakukannya. Jika prosedur tidak diikuti secara lengkap maka Anda tidak akan bisa mendapatkan surat keterangan sehat.

Surat berlaku selama 1 – 2 minggu

Hal terakhir yang juga perlu diketahui dan dipahami saat ini adalah bahwa surat keterangan sehat baik yang dikeluarkan oleh puskesmas maupun oleh RSUD berlaku hanya selama 1 hingga 2 minggu saja.

Penggunaan Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat sudah jelas isinya adalah pernyataan yang menjelaskan bahwa seseorang disebut sehat baik dilihat dari segi jasmani maupun rohani. Umumnya surta keterangan ini dibutuhkan untuk melamar pekerjaan terutama bila proses lamaran ditujukan untuk menjadi pegawai PNS ataupun bekerja di BUMN. Seringkali pula lembaga swasta menyertakan surat ini sebagai suatu syarat bagi para pelamar kerja.

Tidak hanya untuk pekerjaan saja tetapi surat keterangan ini juga seringkali dibutuhkan seseorang saat hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Begitu banyak lembaga yang rupanya memerlukan surat keterangan sehat sebagai syarat kelengkapan administrasi. Melalui surat ini diharapkan agar lembaga yang membutuhkan bisa memahami kondisi Anda yang sehat sehingga segala macam urusan bisa berjalan dengan lancar. Maka ke depannya segala tujuan bisa tercapai karena adanya bukti yang menunjukkan bahwa diri Anda adalah sehat.

Tentunya seperti juga saat mengatur perusahaan agar lebih baik. Menggunakan aplikasi yang tepat tentu dapat menunjang operasional perusahaan. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes untuk keperluan absensi karyawan harian. Sehingga absen dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Belum lagi aplikasi ini didukung oleh banyak fitur-fitur yang menarik. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan ragu, segera saja beralih pada aplikasi absen dari Jojonomic tersebut. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga dan rasakan seluruh manfaatnya.