Surat Permintaan Penawaran : Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Surat Permintaan Penawaran

Surat Permintaan Penawaran merupakan Surat dari calon pembeli kepada penjual atau pemasok. Surat permintaan ini dirancang untuk menanyakan informasi tentang barang yang dibutuhkan dan akan dibeli. Biasanya calon pembeli akan menuliskan pertanyaan atau pertanyaan atau informasi tentang apa saja yang dibutuhkan untuk bertransaksi. Informasi seperti informasi; inventaris produk dan merek serta spesifikasinya, daftar harga, cara memesan dan membayar, paket diskon, dll.

Definisi

Surat Permintaan Penawaran

Surat Permintaan Penawaran adalah surat yang ditulis oleh calon pembeli kepada penjual dengan tujuan menanyakan informasi tentang barang yang akan dibeli. Dalam kutipan tersebut, calon pembeli dapat menuliskan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Umumnya informasi umum yang dibutuhkan calon pembeli, seperti daftar harga, ketersediaan produk atau kapasitas, kualitas, syarat pembayaran, diskon, cara perawatan, dll. Oleh karena itu, request for quotation adalah surat yang berisi permintaan informasi atau informasi (harga, diskon, pembayaran, dll) dari calon pembeli kepada penjual.

Selain surat permintaan kutipan, sebenarnya informasi mengenai barang yang dibutuhkan juga bisa disampaikan melalui katalog atau daftar harga yang tertuang dalam surat permintaan daftar harga.Pada intinya kedua jenis surat tersebut adalah sama.

Format Surat

Surat Permintaan Penawaran resmi harus memiliki format surat berikut:

  • Kop. Berisi informasi perusahaan / agen. Logo perusahaan, nama perusahaan, alamat perusahaan, contact person (telepon, email, website, media sosial, dll.).
  • Kepala Surat. Tanggal penerbitan surat, nomor surat, subjek, lampiran, dan alamat tujuan surat.
  • Kata sambutan. Contoh; Yang Terhormat, / Assalamu’alaikum Wr. b
  • Isi surat. Berisi artikel inti yang menanyakan informasi atau informasi yang diperlukan tentang harga, barang atau jasa.
  • Penutup. Himbauan dan harapan untuk kerja sama, salam terakhir.
  • Pengirim. Hormat kami, nama dan gelar pengirim, tanda tangan, dan cap.

Fungsi

Surat Permintaan Penawaran

Fungsi utama supply demand adalah memberikan pertimbangan sebelum pembeli melakukan pembelian. Dengan cara ini, kita dapat memilih dan membeli produk yang sesuai dengan keuangan dan kebutuhan kita. Sebelum memulai permintaan kutipan, yang terbaik adalah mengembangkan rencana yang jelas dan akurat.

Rencana tersebut juga perlu memuat informasi yang lengkap dan jelas agar penjual dapat memahami dengan jelas kebutuhan calon pembeli. Saat mengirimkan surat penawaran, perlu diperhatikan dengan jelas dan lengkap poin-poin utama dari konten dalam buku tersebut. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam surat persyaratan umum, yaitu:

  • Jenis barang yang dibutuhkan.
  • Jumlah item yang dibutuhkan.
  • Berikan barang dan sampel berkualitas tinggi sebanyak mungkin.
  • Berikan diskon.
  • Ketentuan pengiriman dan pembayaran.

Jika sudah mengetahui isi surat permintaan yang akan diserahkan. Kemudian, pedoman berikut tentang cara membuat permintaan kutipan yang baik dapat digunakan untuk segera menyusun permintaan kutipan:

  • Penjelasan rinci tentang produk atau barang yang dibutuhkan diperlukan.
  • Sebutkan dengan jelas alasan surat penawaran kepada pelancong.
  • Dengan menampilkan semua data yang berhubungan dengan barang yang dibutuhkan, ada baiknya pihak penjual atau pembaca menyediakan barang yang kita butuhkan.
  • Surat itu berakhir dengan bersahabat, menunjukkan hubungan yang saling menguntungkan antara kedua pihak. Misalnya mengungkapkan rasa syukur atau penghargaan.

Dalam praktiknya, calon pembeli bisa langsung meminta surat kutipan dikirim ke banyak perusahaan. Tidak apa-apa untuk mengingat minat pembeli, yaitu mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan.

Contoh Surat Permintaan Penawaran-1

Surat Permintaan Penawaran

Contoh surat bisnis ini yang meminta penawaran dari sebuah department store atau TOSERBA BUNAKEN kepada PT Borobudur adalah daftar harga kosmetik dan perlengkapan mandi.

Nomor : 003 / SPPDH / TB / I / 2020

Perihal : Minta Daftar Harga

Bandung, 1 Januari 2020

Yang Terhormat,
Manajer Penjualan
Borobudur
Jalan Kali Malang 12, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari situs web PT Borobudur, kami tertarik untuk membeli produk tertentu yang Anda sediakan.

Oleh karena itu, kami meminta Anda untuk mengirimkan daftar harga kosmetik dan perlengkapan mandi, serta metode pembelian dan sistem pembayaran. Mengingat produk ini sangat dibutuhkan perusahaan kami untuk menjalankan kegiatan usaha, kami berharap anda dapat mengirimkan daftar harga ke Jakarta Timur Aran Afrika 15 sebelum tanggal 2 Januari.

Oleh karena itu, surat ini kami sampaikan dengan harapan dapat terjalin hubungan kerjasama yang baik. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo,SH
Pengelola

Contoh Surat Permintaan Penawaran-2

“PT mengirimkan contoh permintaan kutipan ini. AZ-ZAHRA Indonesia di Indonesia. PADANGLARANG FURNITURE bertujuan untuk meminta penawaran produk furniture, serta daftar harga furniture dan foto sampelnya.”

PT. AZ-ZAHRA Indonesia
Jl. Cokroaminoto No.271 Telp / Fax (021) 775201

Jakarta, 10 April 2020

Nomor : 2767/7 / BCB / IV / 2020
Lampiran : –
Perihal : Permintaan Pasokan Barang

Yth. PD. Furnitur Padang Lalang
Jl. Soekarno Hatta (No.261)
Padang

Dengan hormat,

Dengan senang hati kami informasikan bahwa perusahaan kami sedang membuka cabang baru di Jl. Soekarno Hatta 120, Padang. Namun, kantor pemasaran Az-Zahra Padang belum dilengkapi dengan peralatan kantornya.

Menurut salah satu pemasar kami, PD. Padanglarang Furniture adalah pengrajin furniture terbaik di Padang. Sehubungan dengan hal ini, dengan ini kami mengirimkan kepada Anda daftar harga (dan gambar) detail furnitur klasik untuk melengkapi perlengkapan kantor Az-Zahra Padang.

Karena ini adalah kontak pertama kami dengan perusahaan Anda, kami meminta Anda untuk memberikan informasi berikut:

  1. Ketentuan pembayaran;
  2. Ketentuan pengiriman;
  3. Memberi diskon;
  4. Dan sampel kargo;

Terima kasih atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo,SH
Direktur Utama

Contoh Surat Permintaan Penawaran-3

Nomor : BA / AC / 25

Kelapa Gading, 25 Februari 2018

PT. Guna India
Rawamangun, Jakarta

Dear Bu Morning:

Memuaskan selera masyarakat akan makanan (terutama roti berkualitas tinggi) di Jakarta dan sekitarnya, serta memiliki selera yang beragam. Berikut kami perkenalkan kepada Anda bahwa kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi roti berkualitas tinggi. Sejak 19 Februari 2018, kami menamakan perusahaan roti ini RELISTA BREAD yang berlokasi di Passion, Jakarta Utara.

Sejak berdirinya perusahaan kami, kami akan menanyakan kepada Anda tentang perusahaan-perusahaan berikut:

  1. Apa promosi yang cocok dengan produk kita?
  2. Kapan waktunya tepat?
  3. Media apa yang boleh berjualan?
  4. Apakah peralatan perlu dipromosikan?
  5. Total biaya promosi?

Harap Anda ingin menjawab dan menjawab pertanyaan saya. Terima kasih.

Hormat kami,

Tiyarman Gulo,SH
Manajer umum

Kesimpulan

Ini adalah interpretasi kami tentang arti surat Surat Permintaan Penawaran. Semoga apa yang kami jelaskan di blog ini akan menemukan pemahaman yang bermanfaat.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!