Sustainable Business : Arti Penting dan Contoh Perusahaan Sustainable

sustainable business

Jika kita memiliki bisnis, maka tentunya kita berharap bisnis kita bisa sustainable business atau bisnis yang berkelanjutan. Namun, sebagian besar dunia didominasi oleh pemikiran jangka pendek dan persepsi dari banyak masalah yang dihadapi manusia saat ini, dan merupakan fakta yang menyedihkan untuk membiarkan individu atau kelompok melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan mereka di masa depan.

Terlepas dari hal tersebut, pemahaman istilah “sustainable” yang berarti keseimbangan atau keberlanjutan. Dalam tatanan kehidupan, keberlanjutan biasanya diartikan menjaga keseimbangan kehidupan di bumi, yaitu melalui kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan untuk menggunakan atau memanfaatkan lingkungan secara berkelanjutan tanpa merusak keseimbangan.

Kemudian dengan keberlanjutan yang tepat, akan menciptakan kehidupan yang berkelanjutan antara sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada, dan akan selalu menjaga keseimbangan baik di zaman sekarang maupun generasi mendatang.

Pengertian Sustainable Business

sustainable business

Kata “berkelanjutan” sendiri menggambarkan atau memberi arti dari suatu proses atau tindakan berkelanjutan jangka panjang, yang menyebabkan atau memungkinkan sesuatu berlangsung selama jangka waktu tertentu, serta proses atau tindakan untuk membuat sesuatu berlangsung atau membuat sesuatu berjalan.

Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam konteks bisnis yang “berkelanjutan”, melibatkan pemeliharaan proses dan tindakan perusahaan dari waktu ke waktu. Perusahaan yang berkelanjutan mengacu pada perusahaan yang dapat mencapai tujuan bisnis jangka panjang dan menambah nilai dengan memasukkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan ke dalam strategi bisnisnya.

Secara umum, bisnis berkelanjutan mengacu pada “triple bottom line”, yaitu perusahaan akan mencontoh bisnisnya dengan mengelola dampak keuangan, sosial dan lingkungannya.

Keuntungan = Profit/uang

Setiap bisnis ingin menghasilkan keuntungan, sehingga fokus kegiatan bisnis adalah mengejar keuntungan. Kegiatan yang dilakukan untuk mencari keuntungan adalah meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi dengan mengorbankan biaya.

Peningkatan produktivitas juga dapat dicapai dengan perbaikan manajemen kerja, misalnya dengan menyederhanakan proses, mengurangi aktivitas yang tidak efisien, serta menghemat proses dan waktu servis. Efektivitas biaya dapat dicapai dengan menggunakan bahan seefisien mungkin dan mengurangi biaya sebanyak mungkin.

Orang-orang dalam Lingkup Sosial

Orang atau masyarakat adalah pemangku kepentingan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha dan perkembangan usaha. Oleh karena itu, perlu adanya janji untuk saling memberi manfaat kepada masyarakat dan yakin bahwa kegiatan komersial yang dilakukan akan berdampak pada masyarakat. Hal itu juga harus diperhatikan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat

Lingkungan

Lingkungan sangat erat kaitannya dengan semua aspek kehidupan manusia. Misalnya air minum dan udara yang kita hirup. Sayangnya, banyak dari kita yang masih kurang peduli terhadap lingkungan karena belum merasakan manfaatnya secara langsung.

Pemikiran ini harus berubah. Perlindungan dan pemeliharaan lingkungan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan bisnis. Dalam lingkungan yang terpelihara dengan baik, akan ada manfaat yang sangat besar, antara lain menjaga kesehatan, kenyamanan, dan ketersediaan sumber daya.

Mengapa harus Sustainable Business?

sustainable business

Strategi ini memastikan bahwa perusahaan dapat beroperasi untuk generasi mendatang dan perusahaan yang berkelanjutan akan menjadi perusahaan global. Namun di sisi lain, untuk mentransformasikan strategi menjadi bisnis yang berkelanjutan, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Pertama, diperlukan perubahan mendasar, terutama dalam pemikiran dan manajemen bisnis, agar menjadi bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial dan lingkungan. Tantangan kedua terletak pada para pemimpin yang akan ditunjuk untuk mengelola perubahan tersebut.

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa konsep sutainable business atau keberlanjutan dalam kehidupan bisnis sangat perlu kita terapkan, karena apa yang kita lakukan sekarang, mungkin akan berdampak positif atau negatif. Namun yang pasti adalah bagaimana kita menerapkan konsep tersebut untuk meminimalkan dampak negatif pada keberlanjutan bisnis tersebut.

Perusahaan “Sustainable Business”

sustainable business

Secara garis besar, bagaimana suatu perusahaan berkembang secara berkelanjutan tidak hanya terkait dengan lingkungan semata. Memang lingkungan harus tetap menjadi isu utama, karena setiap bisnis dan kehidupan membutuhkan sumber daya dari lingkungan tersebut. Namun, selain lingkungan, keberlanjutan perusahaan juga mencakup aspek hukum, keuangan, ekonomi, industri, sosial, material, dan perilaku.

Aspek-aspek ini memiliki bahasa, adat istiadat dan budayanya sendiri, sehingga mereka berdiri di dalam lingkaran. Namun, tetap memiliki kesamaan, yaitu menghilangkan pemborosan dan memperluas sumber daya yang ada.

Singkatnya, inti dari keberlanjutan adalah menghilangkan pemborosan dan memperluas sumber daya. Dari perspektif bisnis, keberlanjutan mengacu pada pengurangan biaya saat ini dan kemungkinan biaya masa depan dalam bentuk apa pun untuk meningkatkan keuntungan, daya saing, dan kehidupan bisnis.

Contoh Perusahaan yang sudah “Sustainable Business”

Berikut daftar penerima Sustainable Business Award: Winners of Sustainability Categories yang dikutip dari merdeka.com:

  1. Best, Strategy & Sustainability Management: Holcim. Special Recognition, Strategy & Sustainability Management: Bayer Indonesia.
  2. Best Workforce: Vale Indonesia. Special Recognition, Workforce: Trakindo Utama.
  3. Best Sustainability in the Community: Corteva Agriscience, melalui Program Benih Hibrida. Special Recognition, Sustainability in the Community: United Tractors
  4. Best Energy Management: PT Pertamina. Special Recognition, Energy Management: Ispat Indo
  5. Best Water Management: PT Multi Bintang. Special Recognition, Water Management: Asia Pulp and Paper (APP)
  6. Best Waste and Material Productivity: PT Multi Bintang. Special Recognition, Waste and Material Productivity: Kreskros
  7. Best Supply Chain Management: H&M Indonesia. Special Recognition, Supply Chain Management dPT Astra International.
  8. Best Land Use and Biodiversity: Rimba Makmur. Special Recognition, Land Use and Biodiversity diterima oleh Chevron Indonesia.
  9. Best Business Responsibility & Ethics: Vale Indonesia. Special Recognition, Business Responsibility & Ethics: APRIL Group
  10. Best Stakeholder Engagement & Materiality: PT Asia Pulp and Paper (APP). Special Recognition, Stakeholder Engagement & Materiality: PT Pertamina
  11. Best UN SDGs: APRIL Group. Special Recognition, UN SDGs: PT Pertamina
  12. Best Cooling Efficiency Award: Ispat. Special Recognition Cooling Efficiency: Nestle Indonesia dan United Tractors.

Kesimpulan

Keberlanjutan bisnis atau disebut juga bisnis hijau dapat diartikan sebagai bagian dari aktivitas bisnis yang meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat lokal maupun global dalam aktivitas bisnisnya.

Bisnis berkelanjutan juga merupakan syarat bagi perusahaan untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan memasukkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam keputusan bisnis. Menghasilkan atau menyediakan produk yang ramah lingkungan, dan dengan tegas menjaga prinsip-prinsip lingkungan dalam perjalanan pengembangan bisnis.

Sebagai contoh, bagi perusahaan di bidang industri, peran perusahaan tidak hanya untuk menghasilkan produk yang dihasilkannya, tetapi juga bagaimana perusahaan mengelola daur ulang sisa komponen atau limbah dari produk yang dihasilkan, yaitu melalui penggunaan sistem produksi siklus tertutup.

Artinya perusahaan mendaur ulang limbah produksinya menjadi sumber daya yang dapat digunakan kembali dalam kegiatan produksi, untuk dapat menghasilkan kembali dan selanjutnya dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan dan menghindari defisit anggaran dari perusahaan, yang artinya memunculkan profit tambahan.

Software JojoExpense hadir memberikan kemudahan perusahaan dalam mengelola laporan keuangan yang ditimbulkan dari perilaku sustainable business agar menghasilkan profit yang lebih besar dan meminimalisir defisit anggaran dalam wujud mengurangi dampak negatif yang dilakukan perusahaan.

Tunggu apalagi, segera daftarkan perusahaan anda bersama JojoExpense untuk mengelola laporan keuangan perusahaan anda dan nikmati uji coba gratisnya sekarang juga!