Tantangan Bisnis yang Harus Dihadapi oleh Para Pelaku Usaha

Dalam hidup sangat mustahil untuk terhindar dari berbagai macam masalah dan tantangannya. Karena kedua hal tersebutlah yang membuat kita kuat dan dapat belajar dari pengalaman agar tidak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang. Hal ini juga berlaku dalam perjalanan sebuah bisnis, di mana masalah dan tantangan bisnis akan selalu ada dan tidak dapat dihindari.

Namun demikian, Anda bisa mengantisipasinya agar hal-hal buruk yang mengancam kelangsungan bisnis Anda dapat ditekan dan dikurangi. Salah satunya tentu dengan beradaptasi dan terus berinovasi mengembangkan produk serta bisnis Anda agar terhindar dari risiko kalah bersaing dengan kompetitor. 

Dalam prakteknya, terdapat begitu banyak masalah dan tantangan bisnis yang harus dihadapi oleh seorang pelaku usaha. Hal ini pun dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal dari perusahaan tersebut.

Nah, pada artikel Jojonomic kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai masalah dan tantangan bisnis apa saja yang harus dihadapi oleh seorang pelaku usaha. Terutama dalam mempertahankan pangsa pasar dan terus mengembangkan bisnisnya. Penasaran, kan? Simak tuntas artikel ini, ya.

Tantangan Bisnis yang Harus Dihadapi oleh Pelaku Usaha

1. Kejujuran

tantangan bisnis terkait kepercayaan konsumen

Seorang pelaku usaha dituntut untuk selalu jujur terhadap semua informasi yang mereka sampaikan pada calon klien atau pelanggan. Tujuannya adalah untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun brand bisnis Anda.

Hindari menceritakan atau menyampaikan informasi yang tidak valid atau tidak sesuai dengan kenyataannya. Misalnya, Anda menipu klien atau pelanggan mengenai kualitas produk yang ditawarkan. Lambat laun mereka akan mengetahuinya setelah membeli produk Anda tersebut yang berujung pada munculnya bad review dari pelanggan yang tidak puas. Hal ini akan sangat mempengaruhi reputasi bisnis yang Anda jalankan sehingga akan membuat semakin banyak calon konsumen yang ragu-ragu untuk membeli produk dari brand Anda.

2. Kemajuan teknologi

Tantangan bisnis - teknologi

Tantangan bisnis yang selanjutnya berkaitan dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini. Bisnis yang Anda jalankan tidak akan bisa berkembang jika tidak mau beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

Hal tersebutlah yang terjadi pada brand ponsel besar, Nokia yang perlahan mulai bangkrut karena tidak mau mengadopsi sistem Android pada ponsel buatan mereka. Akibatnya, bisnis mereka tidak dapat berkembang dan kalah dengan persaingan pasar hingga menyebabkannya harus gulung tikar.

Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut menimpa bisnis Anda saat ini, bukan? Maka dari itu, pastikan untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang ada. 

Jika saat ini adalah eranya bisnis yang berbasis online, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform yang memudahkan Anda dalam menjangkau target market. Sebut saja dengan keberadaan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Blibli dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga bisa menciptakan website model e-commerce untuk brand bisnis Anda sendiri demi memaksimalkan pemasaran lewat media digital.

Peran platform sosial media seperti Instagram, Facebook dan TikTok juga perlu dipertimbangkan untuk memperluas brand awareness bisnis Anda. Lewat platform-platform yang dapat diakses siapapun dengan mudah tersebut akan membuat merek bisnis Anda jauh lebih mudah untuk dikenal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Manajemen sumber daya manusia (SDM)

sumber daya manusia

Dalam menjalankan sebuah bisnis, faktor SDM menjadi salah satu yang terpenting dan harus selalu diperhatikan. Sebagai seorang pelaku usaha yang baik, Anda harus membantu mereka (karyawan) untuk senantiasa berkembang dan memaksimalkan potensi dalam dirinya bagi perusahaan.

Tak hanya itu, Anda harus memastikan bahwa masing-masing dari karyawan tersebut menguasai tanggung jawabnya dan job description-nya. Apabila terdapat karyawan dari divisi produksi yang potensial untuk menjadi bagian dari tim pemasaran, tak ada salahnya jika Anda memindahkan karyawan tersebut ke bidang yang sesuai dengan passion-nya.

Dengan adanya, sistem manajemen SDM yang baik akan membuat operasional perusahaan tersebut berjalan dengan lancar. Misal terdapat kendala pun, Anda bisa dengan mudah memperbaikinya.

4. Persaingan yang semakin hari semakin ketat

Persaingan bisnis

Tak bisa dipungkiri dunia bisnis terus berjalan dan berkembang. Keberadaan kompetitor pun akan semakin banyak seiring dengan berjalannya waktu. Jika Anda tak mau berinovasi dan mengembangkan diri, tentu bisnis Anda hanya akan berjalan stagnan bahkan bisa jadi gulung tikar.

Maka dari itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan pasar dan memahami apa yang konsumen butuhkan. Dengan menyediakan solusi dari segala permasalahan para konsumen, akan membuat bisnis Anda tetap diterima oleh masyarakat dalam kondisi apapun.

Tanpa adanya inovasi, jangan pernah berharap Anda dapat memenangkan persaingan dengan pesaing yang sudah ada maupun para kompetitor pendatang baru. Mereka yang senantiasa mengembangkan produk dan menciptakan inovasi kekinian akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Karena seperti yang kita tahu, kebutuhan orang-orang akan selalu berubah.

5. Kebiasaan masyarakat yang beragam

tantangan bisnis dengan kebiasaan masyarakat

Berikutnya, tantangan bisnis yang juga mau tak mau harus dihadapi adalah terkait dengan kebiasaan masyarakat dalam keseharian. Masing-masing orang tentu memiliki kebiasaan dan kebutuhannya yang berbeda. Anda harus siap untuk menghadapi hal tersebut sebagai tantangan dalam menciptakan inovasi yang bergerak ke arah progresif.

Kita ambil contoh aplikasi ojek online yang populer beberapa tahun belakangan. Kehadiran mereka awalnya diragukan banyak orang, namun perlahan mulai diterima ketika orang-orang mampu merasakan manfaatnya. 

Sadar atau tidak, aplikasi ojek online tersebut telah merubah kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Mereka yang dulu terbiasa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi konvensional, kini lebih memilih untuk berkendara mengenakan ojek online. Mereka yang dulu membeli makanan harus keluar rumah, kini dengan adanya ojek online tersebut order makanan pun jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Kebiasaan-kebiasaan inilah yang perlahan berubah karena adanya teknologi yang lebih praktis dan memudahkan orang-orang. Dampaknya, kini banyak orang yang mulai bergantung pada aplikasi ojek online untuk memenuhi kebutuhan transportasi maupun keperluan yang lainnya.

Tips dan trik untuk Mengatasi Tantangan dalam Berbisnis

Kita tentu sudah mengetahui dengan baik bahwasanya berbisnis tidak selalu hanya berkaitan dengan keuntungan atau keberhasilan. Karena dalam berbisnis tentu ada kalanya anda akan mengalami  hambatan bahkan kegagalan di dalamnya. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan dalam menghadapi masalah atau tantangan dalam berbisnis.

Biasakan Tanggap Pada Masalah yang Ada

Dalam berbisnis tentu saja membutuhkan mental yang kuat. Selain harus siap untuk sukses namun juga harus siapa jika suatu saat menghadapi masalah. Anda sebagai pengusaha harus mampu membuat keputusan dengan membiasakan rekan kerja anda untuk bergerak cepat saat melihat peluang adanta masalah. Dengan membiasakan hal ini kepada karyawan atau rekan kerja, anda dapat menyusun strategi untuk segera mengambil tindakan atas masalah yang akan teradi sehingga anda lebih tanggap dalam menghadapinya.

tantangan bisnis

Tanggap dalam Menyelesaikan Masalah

Menghadapi masalah atau menyelesaikannya membutuhkan tindakan tanggap sehingga nantinya akan membuat masalah semakin melebar dan semakin berdampak besar bagi bisnis anda. Yang perlu anda pelajari adalah tindakan tanggap masalah ini harus anda lakukan semaksimal mungkin dan menyelesaikan masalah sesuai urutan prioritas. Urutan prioritas yang dimaksud yaitu selesaikan masalah dari yang terbesar terlebih dahulu, karena yang terbesar tentu akan membawa dampak yang lebih tinggi jika dibiarkan begitu saja.

Jeli Dalam Menyelesaikan Masalah

Kejelian yang dimaksud disini yaitu dibutuhkannya kemampuan menyelesaikan masalah yang sedang dialami bisnis anda, tidak serta merta mengharuskan kecekatan atau tanggap, namun hal yang juga penting lainnya yaitu pendalaman dan kejelian dalam menyelidiki masalah tersebut. Banyak orang yang hanya mengandalkan kata tanggap sehingga dia tidak sadar bahwa masalah yang dia coba selesaikan hanya merupakan anak dari masalah sebenarnya.

Karena itu yang diperlukan disini yaitu kejelian dimana sebelum anda menyelesaikan masalah anda harus teliti terlebih dahulu akar atau pokok permasalahan yang anda hadapi. Baru kemudian anda mencoba mencari solusi dari pokok masalah tersebut. Dengan melakukan penyelesaian masalah lebih jeli membuat masalah anda lebih cepat teratasi dan tepat sasaran.

tantangan bisnis

Fokus Terhadap Permasalahan yang Ada

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hambatan atau masalah dalam bisnis anda yaitu untuk selalu fokus kepada alur masalah anda. Tidak sedikit atau banyak orang sekarang yang dalam menyelesaikan masalah justru dia terkecoh sehingga keluar jalur dari permasalahan yang sebenarnya sedang dia hadapi. Hal ini mengakibatkan usaha penyelesaian masalah keluar alur sehingga masalah sebenarnya tidak teratasi dan semakin membesar. Karena itu anda perlu memastikan bahwa langkah yang anda ambil tidak keluar dari track masalah yang ada.

Mengikuti Langkah yang Terukur

Tentunya dalam menyelesaikan masalah setelah sebelumnya kita menganalisa masalah tersebut kita akan mencoba mencari jalan keluarnya. Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pelaksanaan dalam mengatasi masalah tersebut. Banyak orang yang justru memilih jalan pintas dalam eksekusi penyelesaian masalah yang ada, namun berakhir dengan adanya beberapa hal atau bagian yang justru tidak terselesaikan dengan baik.

Banyak orang berfikir dengan hanya melibatkan langkah penting, maka penyelesaian masalah atau tantangan akan semakin cepat, padahal adanya kemungkinan kesalahan justru semakin besar. Karena itu dalam mengatasi masalah atau hambatan dalam bisnis anda, alangkah baiknya jika anda melakukannya tidak hanya dengan cekatan dan teliti, namun juga memperhatikan langkah-langkah yang anda lakukan sehingga masalah terselesaikan dengan baik.

Menyadari Bahwa Kegagalan Merupakan Suatu Pilihan

Tips dan trik lainnya yaitu dengan menyadari bahwa masalah atau tantangan yang dihadapi bisnis anda merupakan suatu pilihan. Selain usaha yang baik terkait penyelesaian masalah, seorang pebisnis juga membutuhkan mental yang kuat. Disini mental anda juga diuji, untuk itu anda perlu menyadari hal ini. Masalah dalam berbisnis tentu saja tidak dapat diprediksi jauh-jauh waktu, karena terkadang hal ini dapat datang secara tiba-tiba.

Ketika suatu masalah datang tanpa diduga atau tiba-tiba maka tentu saja akan semakin menumbuk mental anda. Dengan anda berfikir bahwa kegagalan adalah suatu pilihan maka mental anda akan jauh lebih siap ketika suatu saat bisnis anda mengalami suatu masalah.  Anda juga dapat dengan lebih siap dan mampu menyelesaikan permasalah atau tantangan dalam bisnis.

tantangan bisnis

Mempelajari dan Mengkaji Ulang

Tips dan trik selanjutnya yaitu mempelaari dan mengkaji kembali masalah yang sudah anda hadapi sebelumnya. Dengan mempelajari dan mengkaji ulang permasalahan tersebut, jika sewaktu-waktu anda dihadapkan dengan masalah yang sama anda dapat memutuskan dengan bijak jalan terbaik yang akan anda pilih untuk mengatasinya. Selain dari pengalaman pribadi anda dapat mempelajari penyelesaian masalah dalam dunia bisnis dari pengusaha yang sudah lebih berpengalaman dari anda.

Jangan Terlalu Malu Untuk Meminta Tolong

Mengatasi hambatan atau menyelsaian masalah yang dialami dalam dunia bisnis dapat anda lakukan yaitu dengan meminta tolong. Ketika anda terlalu kalut dengan masalah yang sedang bisnis anda hadapi dan bimbang mengenai jalan keluar apa yang akan tempuh, anda dapat meminta tolong. Meminta tolong terkait permasalahan bisnis dapat anda lakukan kepada pengusaha yang sudah lebih berpengalaman dari anda. Anda dapat meminta saran dan masukan terkait jalan keluar yang akan anda pilih. Jika memang itu terlalu sulit anda dapat berkonsultasi dengan konsultan yang memang sudah sering melakukan dan menangani permasalahan dalam dunia bisnis.

Memupuk Sifat Pantang Menyerah

Mental pengusaha atau pebisnis memanglah harus kuat, terutama saat dihadapkan dengan tantangan atau masalah di usaha yang dirintisnya. Dalam mengatasi ini selain memerlukan strategi yang tepat dengan kepandaian otak mengenai penyelesaian masalah, tentu saa dbutuhkan mental yang kuat sehingga mampu memikirkan langkah penyelesaian tersebut dan kembali memperjuangkan bisnisnya. Dengan memupuk sifat tangguh dan pantang menyerah anda dapat lebih siap mental ketika dihadapkan suatu permasalahan bisnis dan semakin gigih untuk terus berjuang dan pantang menyerah.

tantangan bisnis

Berkaca Pada Diri Sendiri

Banyak sekali pengusaha atau pebisnis yang mengalami stress akibat permasalahan yang sedang dihadapi perusahaannya. Namun anda bis mencegah diri anda untuk terjatuh semakin dalam dalam keterpurukan dengan berkaca kepada diri anda. Berkaca disini yang dimaksud yaitu dengan meninjau kembali track record anda. Apa saja yang sudah anda dapatkan dan tuangkan dalam bisnis anda.

Pasti setiap orang memiliki pencapaian dalam hidupnya. Oleh karena itu, dengan berkaca pada diri sendiri dapat mendorong diri anda untuk tidak mudah menyerah setelah melihat apa saja yang sudah lakukan dan capai dari usaha-usaha anda.

Seperti halnya kehidupan yang naik dan turun begitu pula binis. Kadang kita mendapat kesuksesan tapi juga tak jarang kita menghadapi tantangan, kendala atau masalah yang menghambat bisnis kita. Oleh karena itu dalam menghadapi hambatan bisnis anda tidak hanya harus menyiapkan taktik yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan, namun uga anda perlu mental yang kuat untuk menghadapinya.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa tantangan bisnis yang harus mau tak mau dihadapi oleh para pelaku usaha. Dengan mengetahui apa saja tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat membuat Anda akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

Tak hanya faktor eksternal yang berasal dari masyarakat atau luar perusahaan saja, ya. Faktor internal pun juga mencakup hal yang harus selalu diperhatikan. Mulai dari manajemen SDM seperti yang telah disebutkan hingga sistem manajemen keuangan perusahaan yang tak kalah pentingnya.

Untuk memudahkan Anda perihal manajemen keuangan perusahaan. Anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat membuat kinerja perusahaan jauh lebih praktis dan efisien. Salah satu aplikasi yang dapat dijadikan solusi atas permasalahan Anda tersebut ialah Jojo Expense.

Jojo Expense merupakan sebuah software khusus yang didesain untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan dengan cara yang lebih mudah dan efisien bahkan hingga 76%. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol anggaran perusahaan, memudahkan karyawan dalam mengajukan reimbursement, mengizinkan cash advance dan masih banyak kegunaannya yang lain.

Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa OCR Intelligence dan Realtime Geotagging, di mana dengan fitur tersebut Anda bisa terhindar dari risiko fraud financial atau penipuan keuangan yang dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!